. Penyebab dan Cara mengatasi Hp blank putih - IME Android -->

Penyebab dan Cara mengatasi Hp blank putih

Konten [Tampil]

LCD Blank Putih - Layar merupakan display yang penting menampilkan visualisasi dan input device. Peranannya menjadi penghubung pengguna dalam melakukan segala aktifitas , telepon, SMS, chat hingga transaksi pembayaran di smartphone.

Hasil data proses CPU output akan di tampilkan disana , sehingga saat perangkat smartphone lcd blank putih merupakan masalah serius yang harus diperbaiki. Hal itu bisa dipicu oleh kerusakan hardware maupun shoftware. Ini bisa saja terjadi pada hp Samsung , Vivo , Oppo, Xiaomi, Nokia ,maupun merek lain.

Mengatasi hp blank putih

Apa saja penyebab dan cara mengatasi LCD Blank putih pada smartphone, berikut pembahasannya.

Penyebab layar Lcd Hp Blank putih

Tidak perlu panik saat hp mengalami blank putih. Hal ini bisa saja terjadi pada laptop sekalipun, atau pada ponsel yang notabene bukan Android seperti nokia 105 new. Layar berubah menjadi full putih dan tidak menampilkan display, lcd hp china blank putih, Samsung ,Realme, padahal hidup.!

Sebelum membahas solusi mengatasi layar hp blank putih , berikut berbagai penyebabnya yang dapat terjadi di semua perangkat.

Artikel ini dipersembahkan untuk kalian pengguna Andromax, Saamsung, Xiaomi, Vivo, Oppo , Realme , Pocophone, mulai dari model lama hingga terbaru maupun merek lain.

Apakah penyebabnya, Layar menjadi full putih setelah terjatuh? Apapun itu, mari kita simak sumber masalahnya yang biasa dialami oleh ponsel yang tidak dapat menampilkan menu.

Baca juga, Mengatasi Hp Hanya Muncul Logo

1. Kapsitor LCD Short Atau Mati.

hp blank putih

Penyebab pertama yang akan saya bahas yakni dari sektor hardware. Saat ponsel layar berubah menjadi ngeblank putih  yakni bisa di sebabkan oleh Kapasitor Short. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara membongkar.

Teknisnya biasa dilakukan oleh teknisi,setelah membongkar cek kapasitor di flexibel LCD memakai avo meter.

2. Socket LCD Rusak

Selanjutnya tidak kalah pentingnya peranan socket lcd. Merupakan penghubung antara mesin dengan layar menjembatani visualisasi yang dihasilkan oleh data proses.

Dilengkapi dengan konektor presisi sehingga saat mengalami sedikit masalah tegangan yang terhubung ke layar tidak sempurna menyebabkan blank.

Saat hp terjatuh, diduduki, atau bentuk lain menimbulkan benturan dapat merusak soket.

Baca Juga, Cara mengganti LCD Hp Oppo

3. Socket Korosi atau Pelapukan.

Lucunya terkadang kita sibuk mengecek kesana kemari, ternyata hanya disebabkan pelapukan pada soket penghubung display dan mesin.

Sama dengan kondisi penyebab kedua, jika terjadi korosi pelapukan,maka arus tidak bisa bekerja dengan baik yang menimbulkan penampilan visual tidak sempurna.

Korosi umunya dikarenakan embun , atau ponsel pernah kena air maupun seiring dengan umur perangkat.

4. IC display

Cara memperbaiki LCD Blank Putih

Ke empat masih seputar hardware, kalian juga dapat memastikan IC display dalam keadaan baik-baik saja. Saat IC display mengalami kerusakan maka menyebabkan masalah terhadap menampilkan data proses

Baca Juga, Jenis-Jenis LCD hp Android

5. CPU Melemah

Peyebab LCD Blank Putih

Hampir semua komponen pada hp android memiliki keterkaitan. Bekerja secara sinergi menghasilkan data proses dan ditampilkan ke layar disajikan ke user. Nah dalam masalah ini bisa karena CPU yang kalian miliki sudah melemah.

Salah satu cirinya adalah Display berubah menjadi putih tidak menampilkan apapun. Berbeda jika CPU sudah rusak, biasanya ponsel sudah tidak bisa menyala  sama sekali atau mati total.

6. LCD sudah Rusak.

Masih seputaran hardware, yakni masalah teradapat karena benturan atau terjatuh yang menyebabkan LCD rusak. Bahkan penyebab nya tidak harus karena terjatuh, namun berbagai hal memicu kerusakan layar perangkat.

7. Baterai Sudah lemah / Short

Baterai memang merupakan komponen vital berfungsi menyimpan daya. Melalui teknologi charging kalian dapat mengisi ulang hingga penuh dan bisa digunakan untuk menghidupkan smartphone.

Saat layar hanya bisa muncul warnah putih dan tidak menemukan solusi yang tepat, Mungkin ada satu yang terlewatkan. Mengecek baterai !

Daya yang akan dipakai untuk proses tidak mumpuni , atau partikel didalamnya sudah rusak sehingga arus yang disalurkan tidak mempunyai kualitas yang baik.

Seperti yang terjadi pada hp Xiaomi waktu lalu, ternyata hanya disebabkan baterai sudah tidak sehat. Silahkan cek Kesehatan baterai android kalian.

Cara mempercepat pengisian baterai

8. Sistem Operasi Bermasalah.

Penyebab yang kedelapan adalah pada sektor firmware. Yakni masalah disebabkan oleh ROM tidak cocok pada saat flashing, Maupun kendala lain yang menyebabkan crash.

Beragam ,Untuk kalian yang biasa oprek smartphone mungkin ini adalah sumber masalah display hanya berwarna putih. Biasanya ciri cirinya saat sistem bermasalah "Hp Dinyalakan muncul logo namun tidak ada menu hanya blank putih".

Banyak sekali potensi serta penyebabnya yang dapat menimbulkan masalah terhadap OS android kalian, Root, Custom ROM , Kena Virus, Tidak update dan lain sebagainya.

Cara mengatasi hp blank putih.

Setelah mengetahui semua masalah yang dapat menyebabkan Hp Blank putih, kini kita bahas cara mengatasinya.

Saat kalian menerima jasa service hp atau bekerja menjadi teknisi smartphone terkadang bingung juga cara mengatasi hp blank putih, akan dimulai darimana solusi perbaikannya.

Kini kalian dapat mulai mengerjakan dari beberapa hal solusi perbaikan dibawah. Tetapi sebagai saran, setelah membongkar tahapan yang paling utama harus dilakukan adalah dengan mencoba LCD baru. Sehingga tahapan berikutnya akan lebih terarah.

Artikel Menarik lain

  1. 7 Cara mengatasi Hp Lemot dan Cepat panas
  2. Mengatasi GPS Hp Loncat dan tidak akurat
  3. Mengatasi Slot SIM Card Android Rusak
  4. Cara Format Kartu SD Dan Bersihkan Memori Internal
  5. Mengatasi Layar sentuh begerak Sendiri
  6. Cara Menghentikan Hp Download Otomatis
  7. Cara Backup data android ke Laptop

1. Ganti Socket LCD

Yang pertama ketika perbaikan area hardware yakni dengan memeriksa socket. Pastikan dalam kondisi baik, kencang. Gunakan avometer untuk Cek tegangan sekitar Socket LCD dan jika terjadi masalah , maka dapat mulai menggantinya.

2. Membersihkan Konektor LCD / Socket.

Saat hubungan antara mesin dan display sudah tidak baik, selain dikarenakan konektor telah rusak juga bisa hanya korosi. Solusinya sangat mudah.

Silahkan cek konektor LCD dan bersihkan memakai tiner socket korosi sikat secara perlahan , keringkan dan test kembali.

Tujuannya menghilangkan jamur korosi menghambat koneksi mesin dan layar.

3. Ganti IC display.

Peranannya sangat penting, masalah hp blank warna putih juga bisa karena IC display sudah rusak. Kalian dapat mengunduh skema jalur dan komponen sesuai Hp android yang dikerjakan.

Temukan IC display sesuai lokasi masing-masing device , cek tegangan dan Rehot, Test. Apabila sudah done, berarti hanya lemah. Jika memungkinkan lakukan penggantian.

4. Ganti CPU Atau ReHot

Saat Chipset melemah dan tidak dapat menampilkan grafik ke layar, kalian dapat mencoba memanaskan memakai blower. Pastikan mengatur suhu tidak terlalu panas.

Dari sekian kasus yang telah terjadi mengatasi hp blank putih, setelah melakukan pengecekan keseluruhan normal. Maka kamu bisa mencoba untuk  panaskan CPU.

Langkahnya,

Panaskan CPU Dengan suhu sedang, Jangan terlalu panas, Kemudian biarkan dingin.

Tes hasilnya dengan menghubungkan baterai dan layar, Nyalakan,

Done? Rakit ulang.

Belum teratasi?

Maka dapat mencoba mengangkat CPU dan memasang kembali. Kemudian Pengecekan seperti langkah diatas. Apabila hp ngeblank putih telah normal berhasil teratasi, lanjutkan merakit ulang. Namun sebaliknya apabila masih membandel, kalian bisa mencoba mengganti Chipset sesuai tipe milik unit.

5. Ganti LCD

Ini merupakan lanjutan dari tahap pertama sebelum pengecekan komponen lain. Sederhana saja, apabila tes memakai Layar hp baru ternyata done,maka masalah terjadi pada lcd (Layar Rusak) lama dan lakukan penggantian.

Mengatasi LCD Rusak hanya muncul putih atau hitam ya hanya dengan menggantinya. Kecuali terjadi pada jalur flexiblenya ada yang putus, maka kalian bisa mencoba Jumper menyambung ulang jalur memakai wire ukuran kecil.

6. Flash Ulang.

Langkah ini artinya menjadi pamungkas apabila tidak mengalami kerusakan apapun pada komponen. Sehingga dapat disimpulkan masalah terjadi OS (Operating sistem) Android.

Tahapan perbaikan LCD umumnya beragam, dari masing masing teknisi hp dapat menganalisa terlebih dahulu. Apabila ada riwayat pemakaian  ponsel "Terjatuh" ,biasanya mengecek dengan cara bongkar.

Tetapi apabila berdasarkan pengguna ternyata habis download, root, belajar flash hp umumnya mereka akan Flash ulang.

Persiapan,

  • Siapkan firmware sesuai tipe dan merek smartphone.
  • Siapkan perangkat komputer untuk proses flash.
  • Download USB driver sesuai tipe dan merek hp.
  • Download aplikasi flashing (Mi Flash Tools, ODIN, dan lain sebagainya ).
  • Kabel data original.

Lanjutkan proses flash hingga selesai, tutorial lengkapnya dapat mengikuti sesuai tipe hp dan mereknya. Gunakan kolom search diatas.

7. Ganti baterai Baru.

Kesimpulannya tidak melulu disebabkan oleh komponen mesin rusak. Silahkan mengecek baterai normal atau tidak, minimal mencoba mengganti baterai yang sama.

Kemudian nyalakan ponsel,dan putuskan apakah perlu mengganti baterai baru atau memang terdapat masalah lain Seperti penjabaran diatas.

Penutup

Itulah berbagai penyebab dan cara mengatasi hp Blank Putih yang dapat diterapkan pada semua merek hp. Pada umumnya cara penangananya hampir sama , baik di hp samsung, Oppo, Vivo, Nokia,Realme. Dengan mengikuti tutorial diatas maka dianggap setuju bahwa resiko ditanggung sendiri. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel