. 8 Cara mengatasi layar sentuh bergerak sendiri - IME Android -->

8 Cara mengatasi layar sentuh bergerak sendiri

Konten [Tampil]

Cara Mengatasi Layar Bergerak Sendiri - layar sentuh merupakan teknologi input pada smartphone saat ini yang banyak digunakan.

Meskipun pada beberapa tipe masih ada juga yang memakai metode keypad.

Kekurangan pemakaian layar sentuh terkadang jalan sendiri. Meskipun tidak sering terjadi ,melainkan karena ada penyebab menimbulkan eror.

Sedikit solusi mengatasi layar hp/ touchscreen jalan sendiri, "Kalian dapat menggunakan google asisten" saat akan menulis, membuka aplikasi ,kirim pesan.

Pada pembahasan sebelumnya saya telah menulis cara mengaktifkan google asisten, silahkan baca terlebih dulu.

Tentu peranan input memakai suara bersifat sementara, biar bagaimanapun touchscreen harus segera di perbaiki.

Layar Sentuh bergerak sendiri.

Cara mengatasi layar hp bergerak sendiri

Ada berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan layar sentuh bergerak sendiri. Ini bisa terjadi di semua merek dan model smartphone , baik hp Samsung, Xiaomi, Oppo,Vivo, Realme, Nokia dan lain sebagai nya.

Sebelum membahas lebih dalam cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri. Anda harus paham terkait dengan penyebabnya.

Masalah ini dapat di picu oleh berbagai sumber , contohnya : Hp panas (Maka ketahui penyebab hp cepat panas),layar basah, kotor , layar sentuh pecah, kena virus  dan maupun penyebab lain.

Jika melihat penyebab diatas , cara mengatasi layar hp bergerak sendiri bisa dikatakan mudah, tapi bisa juga Sulit.

Pasalnya apabila hal itu terjadi karena layar sentuh telah rusak , maka cara mengatasi layar hp bergerak sendiri paling efektif yakni dengan menggantinya.

Tentu merepotkan , didamping prosesnya sulit juga membutuhkan biaya yang relatif mahal.

Bagaimana cara mengatasi touchscreen hp bergerak sendiri.?

Cara Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri

Cara memperbaiki Layar Bergerak Sendiri di Hp Android tentu dilakukan dari proses paling mudah terlebih dulu. Tidak perlu buru buru mengklaim kerusakan parah.

Pasalnya apabila layar hp gerak sendiri ini dikarenakan hanya sedikit saja, proses memperbaiki touchscreen tersebut tidak lah sulit.

Berikut cara memperbaiki touchscreen eror bergerak sendiri.

1. Restart smartphone.

Memperbaiki layar bergerak sendiri

Pilihan termudah sebagai solusi memperbaiki layar ponsel gerak sendiri yakni dengan mencoba mematikan dan menyalakan kembali. Melalui fitur restart ponsel.

Saat pemakaian tiba-tiba layar berjalan sendiri bisa juga karena terdapat masalah yang ditimbulkan oleh data sistem dan proses.

Reboot akan menyegarkan kembali smartphone kedalam posisi terbaik. Data sistem , cache proses dalam ram akan menjadi lebih segar.

Teknik ini sebagai tips dan trik pertama yang berhubungan dengan eror aplikasi ,sistem , dan kendala lain yang menimbulkan masalah terhadap touchscreen.

2. Keringkan Layar berair dan dari debu 

Cara Mengatasi Layar Bergerak Sendiri

Tidak sadar bahwa keringat membasahi layar sentuh , itu tidak baik dan akan menggangu performa. Kejadian seperti ini sering terjadi , sehingga tingkat sensitivitas sentuhan berubah.

Listrik statis pada display device merespon adanya perintah yang sebenarnya bukan dari pengguna melainkan kotoran maupun air. Langkah perbaikan nya sederhana, yakni cukup dengan mengeringkan dan membersihkan.

Mengatasi tombol home, back Tidak berfungsi

3. Istirahatkan Hp.

Memperbaiki layar hp gerak sendiri

Diantara masalah yang bisa menyebalkan layar menjadi tidak stabil dan gerak sendiri yakni oleh kondisi panas yang di hasilkan oleh proses .

Chip yang ada didalamnya umunya akan mengalami peningkatan suhu saat di pakai terlalu lama, atau menjalankan aplikasi berat seperti game. Cara memperbaiki touchscreen loncat saat di sentuh apabila karena overheat ,yakni silahkan istirahat kan sejenak.

Letakan hp pada lantai yang dingin , yakni supaya panas dapat dihantarkan dan lebih cepat. Setelah dingin silahkan nyalakan kembali, maka kemungkinan akan normal.

4. Kalibrasi layar sentuh.

Mengatasi layar sentuh eror gerak sendiri

Keadaan pemakaian perangkat yang telah lama dapat menimbulkan touchscreen eror. Tetapi Kabar baiknya , smartphone telah dilengkapi adanya kalibrasi touchscreen.

Mengembalikan keseimbangan presisi sentuhan pada setiap koordinat.

Mengembalikan fungsi menjadi lebih responsif.

Cara kalibrasi layar hp android biasanya berbeda beda , kalian bisa memakai mode CIT. Cara masuk engineering mode (CIT) ponsel sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya.

5. Matikan fitur Rendering GPU

Berikutnya adalah menonaktifkan rendering GPU. Yakni fungsi inti pencitraan layar dan digital , pada touchscreen berarti proses menampilkan citra digital ke rendering.

Biasanya pada beberapa perangkat gadget terbaru di beri nama dengan Rendering GPU, Menyempurnakan citra digital dalam visualisasi.

Tetapi ini bisa berakibat pada ketidakstabilan sistem, tidak langsung. Dapat berakibat pada lcd dan layar sentuh gerak maupun hal lain. Kalian dapat mencoba mematikannya dengan cara berikut:

  1. Yang pertama mengaktifkan mode pengembang di hp android kalian. Tanpa aktifkan developer mode tidak dapat melanjutkan.
  2. Masuk ke Setelan atau Settings.
  3. Pilih "Additional setting" dan lanjut klik "Mode Developer" .
    Mengatasi layar smartphone bergerak

  4. Lanjutkan memilih "USB Debuging".
  5. Lalu matikan Rendering GPU 
  6. Restart, dan selesai.
Itulah kelima solusi ketika touchscreen bermasalah, gerak sendiri. Apakah ada cara lain.

6. Tempered Glass

Selanjutnya yakni kalian bisa mencoba melepas pelindung layar. Harga touchscreen terbilang murah dibandingkan dengan masalah yang terjadi.

Tes layar dan bandingkan ketika memakai pelindung dan tanpa tempered Glass terpasang.

Mengatasi data seluler tidak muncul di hp android

Mengatasi baterai di cas malah berkurang.

7. Mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Pilihan terbilang pamungkas. Dengan mereset ulang perangkat ke pengaturan pabrik semua akan menjadi normal. 

Hal ini akan menjadi solusi terbaik saat layar tidak sensitif, bergerak, error' di sebabkan oleh kesalahan pengaturan , terkena virus maupun sumber lain yang di pacu sistem.

Resiko di tanggung sendiri!

Saat mengembalikan hp pada setelan pabrik, semua file data aplikasi akan terhapus permanen. Tidak hanya itu, pastikan kalian mengingat semua akun termasuk Gmail supaya tidak sangkut mentok pada FRP ( Factory reset Protection).

Caranya

  • Masuk menu dan pilih pengaturan.
  • Gulir kebawah, lalu pilih "Backup and reset" / " Cadangkan & Setel ulang".
  • Silahkan buat backup terlebih dahulu , pastikan sampai selesai.
  • Setalah mencadangkan , gulir kebawah pilih " Kembalikan ke setelan Pabrik".
  • Tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai device akan restart otomatis dan mulai lagi konfigurasi sepeti baru beli hp.
  • Lakukan setiap proses hingga normal kembali.

8. Flashing

Flash ulang pada prinsipnya hampir sama dengan factory reset. Mengembalikan hp kedalam setelan pabrik namun dengan metode flash.

Resikonya pun sama, kalian dapat kehilangan semua file penting dalam perangkat karena terhapus permanen.

Pilihan flashing umumnya dilakukan karena hard reset hp sudah tidak lagi menjadi solusi.

Teknik dan tata caranya umumnya mempunyai perbedaan dari masing masing merek. Kamu bisa membacanya dengan mencari artikel terkait dengan flash ulang sesuai merek dan tipe hp yang kamu miliki.

Jika kesulitan, bawa ketempat service terdekat.

Itulah cara mengatasi layar hp bergerak sendiri , semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel