. 6 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Di Hp Android - IME Android -->

6 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Di Hp Android

Konten [Tampil]

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul, Pentingnya peranan internet dalam smartphone. Hampir sebagian aplikasi hanya bisa berjalan setelah terhubung dengan internet.

Tetapi tidak menutup kemungkinan mengalami masalah yang dapat menyebabkan perangkat tidak dapat terhubung dengan jaringan. Data seluler telah menjadi jantung utama aktifitas pengguna ponsel cerdas. Penggunanya memungkinkan Browsing, chating, shoping, dan membayar tagihan hanya dalam genggaman perangkat gadget.


Penyebab Data Seluler Tidak Muncul

Pada saat membahas data internet tidak muncul , ini bisa saja terjadi pada semua merek dan model seluler. Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme , asus, lenovo , infinix, Phocopone dan merek lainya. Semua mempunyai potensi yang sama dalam urusan masalah.

Bahkan penyebab paket data tidak muncul juga tidak lepas dari peranan provider , indosat , telkomsel, axis , xl maupun kartu lain yang kalian gunakan.

Jaringan tidak muncul dapat dikarenakan oleh beberapa faktor. Baik dari sektor device maupun provider dan masalah yang ditimbulkan oleh alam.

Data seluler tidak bisa aktif?

Apabila melihat dari sisi smartphone dapat disebakan oleh kerusakan hardware sehingga sinyal hilang, kesalahan pengaturan, maupun SIM Card yang sudah hangus tanpa disadari. Sehingga ketika kalian menginginkan sambungan internet dan hendak mengaktifkan sudah tidak bisa tersambung.

Selain itu masalah sistem, umumnya pada pengguna yang sering meng-oprek android mereka dan terjadi kesalahan menyebabkan crash mempengaruhi fitur tertentu. Dalam hal ini fitur internet.

Jaringan seluler tidak muncul? 

Meskipun sudah diaktifkan data seluler tidak dapat tersambung. Tenang saja, belum tentu juga karena kesalahan pada kernel android atau kerusakan pada hardware. Justru bisa juga karena hal yang tidak kita sadari seperti : Jaringan sedang perbaikan, gangguan karena cuaca, salah mengatur sim card dan lainya yang menyebabkan pengaturan ponsel berubah yang dapat menimbulkan masalah terhadap jaringan.

Untuk beberapa keluhan , berikut cara mengatasi internet tidak bisa terhubung.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul

Langkah dibawah dapat diterapkan di hp samsung, Di Hp Oppo, Xiaomi bagi pengguna Tri, Axis maupun operator lain.

Kalian dapat mulai memperbaiki kesalahan yang menjadi penyebab koneksi internet menjadi terganggu bahkan seluler tidak bisa terhubung sama sekali.

1. Cek SIM Card.

Cara pertama yang harus kalian koreksi sebelum merambah ke laiya adalah dengan memeriksa kartu sim.

Langkanya mudah, dimulai dari mengecek masa aktif, memakai kode dial cek pulsa seperti biasa. Apabila pesan yang kalian dapat " Kode MMI tidak  Valid" Maka kemungkinan kartu sim sudah rusak, Jaringan sedang eror, kartu sudah kadaluarsa maupun salah pengaturan.

Tidak ada salahnya dengan mengecek kodisi kartu dengan car membuka tray simcard. Pastikan masih normal, penempatan dengan benar, tidak ada kotoran.

Dan sebaliknya apabila berhasil mendapatkan informasi masa aktif, pastikan kamu kartu tersebut masih aktif dan mempunyai paket internet.

Apabila kartu telah rusak , Silahkan ajukan penggantian dengan datang langsung ke gerai sesuai operator yang kalian gunakan.

Daftar alamat GraPari Telkomsel

Alamat Service center Gerai XL

Alamat Service Center smartfren

2. Restart Smartphone

Cara yang kedua apabila terasa pada bagian pertama terlihat normal, maka kamu bisa matikan terlebih dulu perangkat dan nyalakan kembali.

Hal ini dengan tujuan memulihkan kodisi sistem kedalam titik segar. Saat mengalami jaringan internet tidak muncul dikarenakan oleh file cache , maka teknik ini akan cukup untuk mengatasinya.

3. Cek pengaturan jaringan seluler

Setelah mengecek dan melihat kartu sim, reboot ponsel telah dilakukan namun jaringan seluler internet belum juga muncul, maka kamu bisa mencoba cek setelan jaringan. Kemungkinan salah pengaturan bisa terjadi karena dimainkan oleh anak, salah pencet dan lain sebagainya.

Silahkan cek setelan network melalui langkah dibawah:

  • Masuk ke menu perangkat , kemudian klik Setelan, Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian Pilih Opsi Mobile Network / Jaringan seluler.
  • Silahkan Ceklis bagian "Use Packet Data".
  • Selesai, Cek kembali untuk perambahan internet.

4. Setting mode pesawat

Saat data seluler bermasalah dan tidak bisa tersambung ,selain restart hp maka yang bisa kamu coba adalah dengan mengalihkan terlebih dulu dalam mode terbang.

Fitur ini berfungsi memutus semua jaringan , sinyal , paket data, sehingga ponsel kalian akan dalam kondisi tidak dapat dihubungi sama sekali. Namun bukan dalam waktu yang lama, melainkan sesaat saja sekitar 2-4 Menit dan aktifkan kembali.

Berfungsi melakukan refresh jaringan, saat diaktifkan chip kartu dan ponsel akan melakukan ping ulang. Semuanya akan menjadi normal dengan menghapus riwayat eror dan berjalan pada jaringan baru.

Caranya,

Swipe Notifikasi bar di hp kalian, kemudian klik Logo pesawat. Setelah tanda tersebut diaktifkan ,maka logo sinyal akan menjadi berubah mejadi gambar pesawat.

5. Setting APN

Cara kelima yakni mengatur APN. Saat langkah ini dilakukan dan telah melewati 4 tahapan memperbaiki jaringan internet tidak bisa tersambung diatas, maka seharusnya setelah mengatur APN akan kembali normal.

Silahkan Masuk Menu dan pilih pengaturan Smartphone 

Lanjutkan tap jaringan seluler atau Mobile Networks

Tap opsi APN (Access Point Names)

Lanjutkan tulis  APN baru melalui opsi New APN 


Pastikan semua data apn di sesuaikan dengan pemakaian kartu dan provider kalian. Ini cukup sensitive, apabila salah maka jaringan tidak bisa tersambung. Sebaliknya jika dilakukan dengan benar maka dapat dipastikan mampu menjadi solusi memperbaiki jaringan internet tidak bisa terhubung.

6. Mengembalikan ke Pengaturan pabrik.

Cara ke enam terbilang cukup menegangkan, karena saat ponsel dikembalikan ke setelan pabrik semua masalah yang berkaitan dengan software akan teratasi. Hp akan pulih menjadi seperti baru standar pabrik. Hal ini otomatis akan mengatasi data internet tidak bisa muncul dan berbagai eror lain yang berkaitan dengan kesalahan pengaturan.

Tetapi sebelum mengembalikan setelan pabrik pastikan kalian melakukan backup terlebih dulu. Karena proses ini akan menyebabkan semua data yang ada dalam smartphone akan di hapus permanen.

Cara Reset ke pengaturan pabrik.

Mengatasi Hp tidak bisa internetan

Masuk ke menu dan setelan perangkat, kemudian klik " Pengaturan tambahan > Backup And Reset > Factory reset. Tunggu selesai dan ikuti instruksi berikutnya hingga ponsel normal.

Penutup

Itulah berbagai cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp samsung, Oppo, Vivo,Xiaomi dan merek lain dan berlaku pada provider Telkomsel, XL, Axis, Smartfren tri, Indosat, untuk semua kartu. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel