. Mengapa Hp di cas malah berkurang daya nya? Inilah cara mengatasi terbaik. - IME Android -->

Mengapa Hp di cas malah berkurang daya nya? Inilah cara mengatasi terbaik.

Konten [Tampil]

 Penyebab dan Mengatasi Hp Di Cas Malah Berkurang - Bingung tentunya ,bermaksud mengisi daya justru malah mengurangi daya yang ada pada tampungan baterai. Itu bisa saja terjadi pada ponsel kalian , xiaomi, Oppo, Vivo, Xiaomi,maupun samsung.

Penyebabnya beragam, harus dianalisa terlebih dulu dengan benar. Pada dasarnya Karena hardware atau software, mengalami masalah yang berdampak menggangu fitur dan fungsi.

Tetapi, Kabar buruknya hal itu sering dikarenakan oleh kerusakan pada komponen dan mengharuskan untuk di ganti.

Tidak perlu bingung saat hp di cas malah berkurang. Yang pasti ada sebab dan akibat maupun cara mengatasinya.

Prinsip kerja cas / charging.

Hp di cas malah berkurang
Hp di cas malah berkurang / Pixabay

Smartphone merupakan perangkat yang telah mempunyai sistem tampungan daya. Pemakaian nya tidak harus terhubung langsung ke listrik PLN secara terus menerus.

Dibekali baterai dengan kapasitas beragam, mulai dari 1000mAh hingga super besar sampai 10000mAh. Tergantung merek dan harga.

Kini di beberapa model dan merek ponsel rata-rata membawa 4000mAh hingga 5000mAh dengan metode baterai sistem charging. Teknologi charging sudah berkembang mengenal fast charging.

Hampir semua merek mempunyai unggulan produk yang sudah support fast charging.

Pengisian dilakukan pada saat daya yang ada dalam tampungan baterai habis atau berkurang. Setiap unit telah dibekali dengan adaptor travel berfungsi untuk mengalirkan daya dari listrik PLN ke baterai lalu tersimpan.

" Mengisi " bukan di cas malah baterai berkurang. Ketika hp kondisi charging malah mengurangi daya yang sudah tersimpan , artinya terdapat hal abnormal yang harus segera diperbaiki.

Durasi cas hp beragam , yakni di pengaruhi oleh kapasitas baterai  dan teknologi pengisian. Sehingga tidak heran untuk smartphone terbaru yang telah membawa fast charging mampu mengisi daya dalam waktu kurang dari 1 jam untuk kapasitas 4000mAh.

Artikel lainya

Cara mengatasi baterai hp boros sering Ngedrop

Mengatasi Hp di cas lama penuh

Tips baterai awet tidak cepat bocor

Penyebab dan mengatasi Baterai berkurang saat di cas.

Aneh tapi nyata kan?, Itulah dunia teknologi. Apapun bisa terjadi, namun tentu ada cara mengatasi masalah ini.

Pada prinsipnya ponsel di design dengan metode tampungan daya, mampu di isi ulang memakai adaptor charger. 

Berikut beberapa penyebab dan mengatasi baterai hp berukurang ketika di cas.

Restart Hp atau posisi charging mati / jangan menyala.

Selama buatan manusia bukan tidak mungkin terjadi error'. Langkah pertama yang perlu coba mengatasi baterai berkurang ketika dicas yakni di mulai dari reboot.

Restart akan mengembalikan posisi sistem ke normal, bisa saja sistem mengalami masalah dalam menampilkan data baterai.

Setelah Restart, Berikutnya silahkan hubungkan kembali ke pengisian daya. Lihat dan tunggu progres bar baterai bertambah atau berkurang.

Apabila masih sama saja, coba matikan ponsel dan bongkar baterai jika memungkinan. Pasang kembali dan cas, cek kembali perkembangannya.

Untuk beberapa kasus masalah seperti ini tidak karena rusak pada komponen, atau sistem. Hal itu hanya karena error' saja.

Bahkan berbagai pengalaman pernah juga terjadi, baterai tiba-tiba kosong padahal awalnya penuh. Atau ponsel mati dan nyala sendiri secara mendadak.

Sama halnya dengan pengisian , kita tidak dapat mengambil satu kesimpulan secara langsung. 

Kesalahan Ngecas Hp

Sistem menjadi kacau Ngecas hp bukan bertambah malah berkurang. Bisa juga Hal itu disebabkan karena sambil cas untuk mainan.

., bahkan cukup berbahaya mengisi daya sambil memainkan hp. Berpotensi meledak atau kebakar yang dapat mengancam keselamatan.

Charging sambil digunakan paling umum terjadi.  Meskipun pengisian tetap berjalan ,namun akan menyebabkan lama penuh. Karena ada dua pekerjaan secara bersamaan, yakni mengisi dan membuang saat di pakai.

Hal itu tidak disadari, saat lihat progres bar baterai merasa masih sedikit dan cenderung berkurang justru sibuk mencari masalah lain.

Disarankan saat proses charging dilakukan pada dalam kondisi hp mati, penempatan ponsel di area teduh bebas sinar matahari, tidak ada sumber panas yang menghantar ke smartphone.

Karena charger,di cas malah berkurang.

Penyebab  ketiga ketika proses pengisian justru malah mengurangi yakni dari faktor adaptor charger. Bisa karena rusak, bukan original, maupun masalah lain yang berdada dalam adaptor tersebut.

Cara mengatasinya sangat mudah, kalian bisa mencoba memakai Chasan lain. Menganalisa progresnya dan menyimpulkan.

Apabila memakai adaptor dan model charger lain tidak ada kendala, maka kalian sudah bisa mulai berfikir untuk membeli Chasan asli sesuai merek dan model. Ya, sebaiknya membeli original. 

Alasannya,

Setiap perangkat telah didesain dan dibekali teknologi yang sudah disesuaikan. Sehingga ini sangat penting menjadi pertimbangan. Terlebih perangkat yang telah memiliki kemampuan fast charging, saat memakai adaptor merek lain dengan output tegangan berbeda dikhawatirkan tidak akan bekerja dengan baik.

Baterai Rusak.

Penyebab lainnya yang perlu diperhatikan juga yakni baterai. Fenomena baterai bocor, rusak , di cas cepat penuh tapi cepat habis, atau indikasi lain tentu sudah sering kalian dengar.

So, Sama. Untuk masalah ini juga tidak lepas dari analisa baterai telah bermasalah, Apabila semua cara mengatasi diatas telah dicoba namun belum membuahkan jawaban, maka bisa mencoba ganti baterai.

Cara mengecek Kesehatan Baterai

IC Rusak.

Masalah serius yang sering kali tidak dapat kerjakan sendiri, disitulah pentingnya service center. Jangan bingung , pada perangkat seluler terdapat berbagai macam ic yang menunjang kinerja ponsel. Contohnya ic charger, ic power serta lainya yang berkaitan langsung dengan pengisian maupun tidak.

Berikut masalah dan tanda dari hp rusak IC nya.

IC Charging Rusak, penting untuk support cas. Ciri-cirinya ketika masalah terjadi ditimbulkan oleh ic charging rusak. 

  • Charging eror , otomatis cas ulang ( Reconect Charging).
  • Tidak bisa mengisi baterai
  • Pengisian berjalan namun progres bar berhenti pada prosentase tertentu.
  • Baterai drop , pengisian sangat lama.
  • HP Ketika Charging baterai malah berkurang


IC Power Rusak, Sama pentingnya menunjang pengisian. Apabila sudah rusak maka bisa dikenali dengan ciri-ciri berikut.

  • Ponsel Sering restart padahal kapasitas baterai masih,sedangkan saat dihidupkan kembali baterai 100% seperti sulapan.
  • Dicas terlihat normal, tetapi saat Chasan di cabut ponsel tidak dapat menyala.
  • Ponsel menyala saat di cas, sebaliknya apabila langsung mati saat charger dicabut.

Itulah dua IC yang sangat berpengaruh terhadap smartphone dan pengisian daya. Sebagai pembelajaran bersama ,selain dari sisi IC Nya juga bisa oleh jalur.

Jalur charger Bermasalah, Tidak dapat diabaikan ic power maupun ic cas dapat bekerja dengan baik saat jalurnya aman dan normal. Berikut tanda-tanda jalur charger rusak.

  • Pengisian daya sangat sulit penuh 100% meskipun progres berjalan.
  • Baterai terisi , namun stuck pada persentase tertentu.
  • Isi daya normal tetapi lama sekali penuh.
  • Baterai di cas bertambah , atau justru berkurang
  • Tanda pengisian ada, tapi baterai tidak menyimpan.

Itulah 3 pengaruh penting mempengaruhi pengisian dalam sisi hardware. Cara memperbaikinya tentu dengan melakukan pengecekan secara teknis . Jika ic Cas rusak atau IC power silahkan lakukan penggantian.

Berbeda dengan jalur, kalian bisa mencoba melakukan jumper. Dan, Sekali lagi ini biasanya pekerjaan para teknisi. Sehingga untuk kalian yang tidak terbiasa sebaiknya menyerahkan kepada ahlinya.

Mendatangi Service center sesuai dengan merek ponsel di kantor terdekat, Mengajukan klaim garansi apabila masih tersedia dan dalam masa waranty.

Artikel lain

  1. Tips Mempercepat cas Hp Xiaomi
  2. Mengenali Charger Oppo Asli dan Palsu
  3. Penyebab dan Mengatasi Fast Charging tidak berfungsi
  4. Ciri-ciri Baterai Xiaomi Asli dan Palsu
  5. Aplikasi menghemat Baterai android
  6. Tips Merawat baterai Tidak cepat rusak
  7. Begini Cara kalibrasi baterai agar normal kembali

Pentutup

Sekian ulasan kali ini membahas tentang hp di cas malah berkurang dan cara mengatasi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel