2 Tips merawat baterai smartphone awet [tidak cepat rusak]

2 Tips merawat baterai smartphone awet [tidak cepat rusak]

Tips merawat baterai Hp android menjadi awet.

IME android - Pada artikel saya kali ini saya akan membahas tentang tips merawat baterai hp menjadi awet ,baik secara umur dan durasi dari daya baterai itu sendiri.Mengatasi baterai tanam yang boros dengan kualitas daya cepat habis padahal kondisi baterai terlihat masih bagus secara fisik. Baterai pada smartphone cepat rusak atau tidak cepat rusak itu tergantung dari penggunaanya, nah sebagi pihak pengguna yang cerdas maka sebaiknya peduli akan perawatan perawatan smartphone dan hal yang bisa menyebabkan baterai pada hp anda cepat rusak.
Baterai tanam awet
Cara baterai awet

Cara merawat baterai smartphone tidak sulit tapi harus benar, penyebab kerusakan baterai selain dari sisi usia baterai yang paling menyumbang kerusakan terbesar dari sisu prilaku pemakaianya.

1.Beri waktu untuk istirahat dan aplikasi. 

Hal ini sederhana saja sih bukan Trik android yang sangat luar biasa, nah karena ini biasa banyak dari kita menyepelekan padahal menurut saya ini bukan hal biasa untuk mengistirahatkan smartphone.
Maksud dari mengistirahatkan adalah membrikan waktu untuk kondisi mati, bukan hanya pada baterai saja yang di manjakan akan tetapi pada komponen lainnya yang ada pada smartphone akan ikut istirahat, ini lah trik cara merawat agar baterai pada smartphone menjadi awet.

#Meperhatikan install aplikasi. 

Smartphone  memiliki kemampuan multi tasking yang selalu bekerja tanpa kita ketahui, beberapa aplikasi yang di install pada smartphone selalu terhubung dengan internet dan hal tersebut membutuhkan daya tinggi. Untuk itu sebaiknya selalu memperhatikan aplikasi - aplikasi yang terinstall pada hp anda, dengan tidak menginstall aplikasi yang berlebihan dan memenuhi memori anda. 

#Jaga temperatur baterai smartphone. 

Suhu ideal yang aman smartphone adalah kamar kamar, yaitu sekitar 18-35 derajat celcius. Usahakan tidak  terlalu rendah,karena baterai Anda akan mengalami pengurangan kapasitas. 
Sebalikanya apabila di simpan pada temperatur terlalu tinggi /panas maka hal ini dapat menyebabkan keruskan pada komponen smartphone, selalu memperhatikan tempat penyimpanan jang di simpan di bawah jok motor, diatas mesin, di dasbord yang secara langsung terkena terik matahari dll. 

2.Menggunakan charger original dan Penggunaan hp smartphone. 

Cara merawat baterai non removable cukup mudah tapi sering kali di abaikan padahal hal ini sebenarnya spele tapi penting. Dengan memberikan asupan daya sesuai yang di butuhkan baterai dan besaran arus yang tepat ini akan membuat baterai pada smartphone lebih awet. 

Hanya karena jenis soket/port sama bukan berarti setiap carger dapat di gunakan pada smartphone kita, dengan menggunakam carger yang asli kondisi smartphone kita sudah di beri asupan daya yang benar sesuai dengan kapasitas baterai.
Kalau pun terpaksa melakukan carging  menggunakan carger dari smartphone lain sebaiknya perhatikan voltase inputnya, kenapa?

Sel elektronik yang ada pada baterai smartphone kondisi dan strukturnya sudah di sesuaikam antara carger dan baterai oleh produsen secara standart, dengan melakukan carging menggunakan carger asli berarti tidakan yang kita lakukan bukan prilaku penyimpangan.

#Saat mengisi daya tidak sambil di gunakan.

Untuk merawat baterai agar umurnya bisa lebih awet  tidak di rekomendasikan untuk menggunakan ketika smartphone sedang dalam pengisian daya atau di cas, dalam kondisi pengisian daya sebaiknya non aktifkan smartphone setidaknya dalam kondisi mode terbang.

Kemudian beberapa resiko yang dapat menyebabkan kerusakan pada Hp ketika sedang di charging,baterai cepat panas, kerusakan sel komponen baterai, dan bisa berimbas pada komponen lain yang ada pada komponen utama smartphone lainya seperti IC, dan lainya.

#Jangan melakukan pengisian daya berlebihan

Sekalipun saat ini hp sudah di beri kemampuan memutus daya ketika sudah mencapai 100% saat pengisian /charging, tapi tidak di sarankan terlalu lama smartphone anda tetap terhubung  terlalu lama dan membiarkan berjam - jam. Selain itu hal ini sangat berpotensi menyebabkan baterai melembung, bahkan dari berapa kasus bisa menyebabkan meledak. 
Ngeri juga bukan...!!  Nah untuk mengindari hal hal yang tidak di inginkan alangkah baiknya di hindari saja bukan!? 

# Lakukan charging sebelum mencapai 10% 

Daya dalam baterai hp anda sebaiknya tidak di biarkan habis total, selalu mengisi daya secepatnya atau segera menonaktifkan saja ketika smartphone anda sudah diambang kehabisan daya, untuk parameternya kurang lebih setelah baterai smartphone sudah pada posisi 10% untuk di segerakan melakukan pengisian daya atau matikan. 

Jika baterai tanam anda sering di biarkan habis, kapasitas dan umur baterai tersebut bisa lebih pendek. Dan pastikan menggunakan charger original tetapi bila kondisi dalam perjalanan untuk alternatif bisa menggunakan power bank seperlunya.

#Kondisikan baterai terisi penuh ketika akan di simpan. 

Pada saat baterai akan disimpan dalam waktu yang cukup lama maka sebaiknya isi baterai sampai penuh terlebih dulu sebelum menyimpanya, apabial cukup lama untuk waktu penyimpananya maka anda bisa lakukan charging secara berkala 3 minghu sekali, baterai smartphone tidak boleh kosong sama sekali meskipun tidak di gunakan. 
Dengan mengaplikasikan tips diatas pastinya baterai pada smartphone anda menjadi lebih awet, usia baterai menjadi lebih panjang, kadang kita sudah mengerti cara memperlakukan baterai agar menjadi awet tapi malas.  

Demikian artikel saya kali ini tentang baterai smartphone,meskipun sederhana akan tetapi hal ini cukup penting untuk mengatasi baterai hp agar lebih awet,lebih tahan lama.
Share This :