Ciri - ciri baterai Smartphone Bocor / rusak [baterai tanam]

Ciri - ciri baterai Smartphone Bocor / rusak [baterai tanam]
IME android - Pada artikel kali ini saya akan memabahas ciri ciri baterai hp rusak atau bocor pada smartphone menggunakan sistem non removable atau yang kita kenal dengan baterai tanam.

Salah satu komponen yang sangat penting  untuk menopang daya dalam penggunan. 

Sehingga tidak dapat di pungkiri ketika mengalami kerusakan akan terasa tidak nyaman dalam penggunaanya.

Meskipun baterai hp original namun tidak menutup kemungkianan akan mengalami penurunan performa atau bisa saya katakan lambat laun akan mengalami kerusakan.

Cara mengatasi baterai tanam ngedrop sendiri saya pernah memabaca untuk di letakan di freezer kulakas.. entah lah apa ini bisa bekerja dengan baik sebagai solusi cara mengatasi baterai tanam bocor.

Yang saya yakini untuk mengatasi baterai tanam cepat habis ,yang bocor ,ngedrop dan lainya praktek yang terbaik adalah dengan melakukan penggantian baterai baru.

Kesadaran pentingnya baterai inilah yang harus anda perhatikan sehingga anda perlu memperlakukan penggunaan smartphone dengan bijak,lakukan beberapa tips baterai hp android menjadi awet ,seperti mematikan Hp ketika di charge,tidak menggunakan sampai habis total dan lainya.

Ciri Ciri Hp Smartphone Rusak /Bocor
Ciri Ciri Hp Smartphone Rusak /Bocor

Trik deteksi baterai Hp android bocor atau rusak,baterai android saat ini yang sudah banyak menggunakan konsep tanam pastinya suatu saat akan menjadi hal yang menjengkelkan buat user atau pengguna,karena suatu ketika nanti baterai Hp android anda bermasalah menjadi kesulitan tersendiri untuk mneggantinya.

Berbeda dengan hp android yang sistem removeable / bisa di buka,ketika baterai mengalami masalah atau bocor pastinya akan lebih mudah dalam menggatinya.Hanya dengan cara mencopot chasing belangang kita sudah mampu mengganti baterai yang baru tanpa bantuan teknisi.



Ciri - ciri baterai Smartphone Bocor / rusak [baterai tanam]



Inilah Ciri-ciri baterai smartphone yang rusak atau bocor dengan mudah :
  • Salah astu cirinya adalah meningkatnya suhu batterai secara tidak wajar,Smartphone terasa panas berlebihan di bagian baterai atau tepatnya bagian belakang.
  • Secara fisik  baterai terjadi perubahan fisik seperti menggelembung tapi bila anda menggunakan baterai yang tidak bisa dicopot (non removeable) maka ada cara lain untuk memeriksanya dengan mendeteksi tingkat kerataan cover belakang Hp menjadi tidak rata / cenderung tidak normal dari kondisi semula.
  • Saat  di lakukan pengisian  daya (charge) pada baterai, indikator menunjukkan ketidak stabilan arus(kadang ngisi kadang tidak) kondisi seperti ini bisa di pastikan terlebih dahulu slot / socket carger apabila soket aman,maka menandakan bahwa baterai telah  mulai tidak stabil.
  • Indikator baterai naik turun tidak stabil,pengguanan baterai yang sebentar kadang langsung habis dan setelah reboot daya terisi penuh kembali,bahkan tidak jarang karus kerusakn baterai / sudah bocor mengakibatkan Hp android anda sering restart sendiri atau reboot .
  • Baterai hp cepat terisi penuh ketika pengecasan bahkan mudah juga habis,atau sulit terisi penuh tetapi penggunaanya mudah habis ,hal ini di sebabkan karena komponen yang ada dalam baterai sudah tidak setandar atau mengalami kerusakan.
  • Test ampere daya baterai menggunakan multi tester dengan mengukur tegangan baterai maka ini lebih valid lagi untuk memastikan baterai dalam kondisi normal atau tidak normal.
Ciri-ciri baterai smertphone bocor atau rusak-baterai tanam
Cek Kondisi baterai Hp android


Cara test baterai hp android dengan avometer

Dengan Analisa pada Konektor Baterai.


Cara Cek konektor baterai pada Hp :  Setting Multitester anda pada ohm meter x1, selanjutnya hubungkan "kabel warna merah (+)" Ke konektor baterai "kutub positif (+)" serta  untuk kabel "warna hitam (-)" pada konektor "kutub negatif (-)"



Perhatikan gerakan jarum di multitester, kondisi jarum bergerak naik, apabila jarum diam tidak bergerak naik kemungkinan besar kerusakan pada jalur VBatt.


Selanjutnya  cek lagi melalui cara di balik, "kabel warna merah (+)" ke konektor battre "negatif (-)" serta "kabel warna hitam (-)" di hubungkan ke konekor "battre positif (+)"

Untuk hasil dengan cara terbalik seharusnya  jarum tidak bergerak, tetapi apabila jarum bergerak naik tinggi artinya komponen handphone ada yang short (korslet), bisa anda lakukan pengecekan pake Power Suplay.

Cara Mengatasi Hp android baterai Rusak.


Untuk mengatasi hp android yang baterainya sudah rusak atau bocor tergolong mudah akan tetapi sering kali kita di buat pusing atau ribet dengan mendapatkan informasi atau trik yang sama sekali belum tentu kebenaranya.

Cara mengatasi baterai Hp android Bocor Atau sudah ngedrop!

Yang pertama lepas baterai dari Hp android anda,setelah terlepas silahkan letakan baterai yang sudah rusak atau melembung di letakan didalam freezer kulkas selam 1 x 24 jam.Setelah 1 x 24 jam maka ambil baterai dan keringkan.. pastikan baterai telah kering dari air lalu pasang kembali di Hp anda..
Tips trik mengatasi baterai Hp android diatas adalah 100% Tidak Ilmiah..haha.. "JANGAN PERCAYA" Darimana baterai Hp android cuma masukin di kulkas bisa normal kembali justru di masukan kulkas di hawatirkan bisa di masak... bahaya!!

Kesimpulanya tips mengatasi Hp android yang baterainya sudah rusak hanya memiliki satu jalan yang aman,yaitu dengan mengganti baterai Hp yang baru.tidak dengan memasukan kulkas,atau di jemur atau di rebus .. Tapi ganti baterai Hp android anda yang rusak dengan baterai yang baru ! AMAN!.

Demikian artikel saya kali ini tentang ciri ciri baterai tanam bocor atau rusak ,untuk hal ini sangat berkaitan erat dengan safety karena dengan baterai yang sudah melembung di hawatirkan membahayakan ,Terimakasih



Share This :
IME android

Informasi Seputar Smartphone,Harga Hp samung,Xiaomi,Oppo,Asus,Nokia,Lenovo,dan lainya serta membahas tips dan trik.