Cara menggunakan baterai hp aman dan awet tidak cepat bocor

Cara supaya baterai hp awet tidak cepat bocor atau rusak. 



IME android - Baterai hp anda cepat rusak atau bocor padahal belum ada satu tahun?? Hal ini bisa saja terjadi untuk itu kita perlu melakukan cara yang benar agar kesehatan baterai tetap terjaga dan awet tidak cepat rusak.


Komponen hp yang dapat kita katakan memiliki peranan besar dan mampu menimbulkan bahaya adalah baterai, baik itu baterai tanam (non removable) atau baterai yang removable memiliki peranan yang sama.


Daya yang di salurkan dari listrik di tampung pada baterai hp anda dengan kapasitas masing masing dan di diatribusikan menghidupkan seluruh hardware hp sehingga mampu bekerja sesuai dengan fungsi dari masing masingnya.

Tips menjaga baterai hp tidak cepat rusak dapat saya katakan cukup simple dan mudah, namun ini gampang gampang susah jika di lakukan dengan sesuai maka hasilnya justru akan lebih awet.

Saya pernah simpan baterai hp selama satu tahun, sebelum menyimpan saya tidak mengisi baterai secara penuh.

Setelah satu tahun kemudian saya gunakan namun baterai dalam kondisi kosong atau drop. 

Kemudian saya carging terlebih dulu, sekilas semuanya terlihat normal bahkan baterai dapat terisi dengan penuh sempurna hingga saya gunakan beberpa bulan (Kurang lebih 3 bulan).


Disana saya molai merasakan hal yang aneh yaitu masa pakai /waktu pakai yang menurun, nah awalnya karena terlalu banyak aplikasi terinstal ternyata memang beberapa hari kemudian baterai menunjukan perfoma yang buruk, hp sering mati sendiri, di cas cepat penuh dan cepat habis gejala gejala kerusakan baterai sudah molai muncul.


Hal hal yang dapat menyebabkan baterai hp cepat rusak. 


Tentu ada penyebabnya meskipun secara teknis pasti akan mengalami kerusakan, namun dari prilaku yang kita lakukan adalah faktor paling dominan menyumbang baterai menjadi tidak awet seperti :

Sering menggunakan hp sambil di cas, sehingga potensi kerusakan komponen baterai mudah rusak. Bahkan ada yang mengatakan baiknya hp di cas dalam kondisi mati dan hingga penuh 100%.



Saat ini banyak smartphone menggunakan baterai tanam, ini cukup repot apabila baterai sudah bocor atau rusak, pasalnya ganti baterai tanam tidak semudah baterai removable. Membutuhkan cara khusus untuk membuka casing belakang dan ganti baterai.


Terlalu sering menggunakan hp dalam waktu yang lama bahkan hingga panas dan kehabisan baterai hingga benar benar kosong, ini tidak baik untuk kesehatan baterai yang berpotensi bocor atau rusak bahkan dapat menimbulkan baterai mudah melebung.

Penggunaan hp di area terlalu panas, terkena tekanan dari luar, jatuh ini dapat menjadi pilihan penyebab kerusakan baterai.

Jenis carger adaptor / kabel pengisian yang tidak sesuai spesifikasi juga ikut menyumbang menjadi salah satu penyebab baterai cepat rusak.

Baterai hp tidak cepat rusak

Tips sederhana baterai hp awet dan tidak cepat rusak. 

Selalu menggunnakan adaptor charger dan kabel data original.

Tidak menyimpan hp pada area dengan suhu panas yang cukup tinggi seperti di bagasi motor, atau terkena panas matahari secara langsung.

Selalu melakukan charging dalam kondisi hp di matikan atau non aktif.

Lakukan kalibrasi minimal 6 bulan sekali, bagaimana cara kalibrasi baterai,nah sudah saya post di artikel saya sebelumnya.

Tidak menggunakan hp saat di carging,, bukan hanya kerusakan namun potensi bahaya lain seperti terbakar, meledak, dan lain sebagainnya.


Demikian artikel saya tentang cara menggunakan baterai hp agar aman dan awet, yang perlu di gari bawahi dan kita tebalkan adalah selalu menggunakan baterai hp original /asli karena selain awet juga aman dalam di gunakan.


Share This :
IME android

Informasi Seputar Smartphone,Harga Hp samung,Xiaomi,Oppo,Asus,Nokia,Lenovo,dan lainya serta membahas tips dan trik.