Komponen hardware smartphone dan fungsinya lengkap

Komponen hardware smartphone dan fungsinya lengkap

Komponen hardware smartphone dan fungsinya. 

IME android -  Pada artikel saya sebelumnya banyak membahas tentang software atau aplikasi, kalian  ini saya akan membahas tentang komponen smartphone dan fungsinya. Hp atau smartphone sendiri terdiri dari HARDWARE  DAN SOFTWARE  keduanya saling membutuhkan tanpa slah satunya tentu secara fungsi tidak akan bekerja dengan baik. 

# Pengertian  Hardware (Perangakat keras). 
Komponen yang dapat kita lihat adalah perangkat keras atau hardware sperti baterai, casing, layar speaker dan lainya yang terdapat pada hp.komponen yang ada di dalam pun termasuk hardware seperti IC, Antena switc dan banyak lagi.

# Pengertian software (Perangkat Lunak)
Selebihnya adalah software atau perangkat lunak, atau piranti lunak yang ada pada smartphone yang memiliki instruksi menjalankan fungsi fungsi hardware ataubkomponen pada smartphone. Contohnya Sistem oprasi, aplikasi yang terinstall.

Pengertian software dan hardware diatas saya yakin sobat IME android sudah paham mengenai smartphone yang terdiri dari software dan hardware tersebut.

Seperti yang sudah saya katakan software sendiri berfungsi memerintah hardware agar melakukan tugas yang di inginkan software melalui instrukdi pemprograman, instruksi tersebut di perintah oleh aktifitas manusia / pengguan itu sendiri.

Komponen yang ada pada smartphone itu sendiri varianya cukup banyak dan fungsinya berbeda beda, komponen hardware ini akan bekerja secara sistematis sehingga mampu menjadi sebuah unit smartphone yang anda gunakan saat ini.
Fungsi komponen hardware smartphone
Hardware 

Jenis komponen hardware pada smartphone dan fungsinya. 

Ap saja komponen hardware pada smartphone?  Secara umum komponen ini ada pada smartphone apapun merekny, entah samsung, sony, motorola, dan lainya.

Mengenal komponen smartphone saat ini terbilang penting, terlebih lagi bagi anda yang memiki hobi elektro atau memiliki cita cita menjadi teknisi smartphone dengan mengenal nama nama komponen dan mengetahui fungsinya hal ini salah satu dasarnya.

Apa saja nama dan fungsi komponen hardware smartphone!? 

Baterai, cashing, screen, speaker termasuk hardware pada smartphone akan tetapi yang berikut ini lebih ke komponen -  komponennya. 

#Antena Switch-adalah saklar yang melakukan tugas secara otomatis dan mengatur kerja antena, apakah berfungsi sebagai reciving atau sender signal RF.  Antena switch sekaligus berfungsi sebagai pemisah dari gelombang dengsn  frekuensi tinggi (DCS 1800 MHz) dan frekuensi rendah ( GSM 900 MHz).

# Power Amplifier IC (PA) - Komponen ini berperan atau berfungsi sebagai penguat tegangan sinyal yang dihasilkan oleh VCO (Voltage Controll Oscilator).

# IF Filter IC - Kepanjangan dari Intermedia Frequency yang berfungsi mengubah frekuensi yang keluar dari filter menjadi frekuensi tengah.

# Filter IC - Salah satu IC Komponen yang ada pada smartphone yang berfungsi melakukan  filter sinyal jenis RF lalu di tansfer ke next , baik sinyal masuk atau sinyal keluar.

# Signal Processor IC - berfungsi mengerjakan mengolah sinyal keluar dan masuk dan memisahkan sinyal gelombang radio dan suara.

# Crystal atau X-Tal - Komponen yang berfungsi untuk membangkitkan getaran Frekuensi yang telah dihasilkan oleh IC Audio lalu ditransmit  kepada  IC Hagar dalam jenis gelombang RX.


# Power Supply IC - Salah satu Komponen yang sangat penting berfungsi mengatur distribusi arus listrik ke semua komponen hardware pada smartphone yang diperoleh dari baterai.


# VCO - Komponen ini kepanjangan dari Voltage Control Oscilator, memiliki 2 jenis untuk bagian reciving dan bagian transfer sinyal. perannya menjadi pembuat sinyal awal , ketika CPU telah memberikan instruksi smartphone transmit atau receive.

# IC Audio - Komponen smartphone atau Hp yang berfungsi mengolah sinyal dari siynal prosesor selanjutnya diubah menjadi getaran suara dengan bantuan hardware lain yaitu pengeras suara (speaker).

# IC Charger -  Komponen ini juga ada pada hp lain yang berfungsi sebagai mengisi /transfer daya dari arus listrik ke baterai.

# Switch On/off - Saklar yang berfungsi menghidupkan dan menyalakan smartphone.

# Interface Controller - Hardware atau komponem yang fungsinya untik terminal yang mengatur kerja dari komponen lain contohnya lampu LED, dering dan vibratiom.

# CPU - untuk hardware yang satu ini kepanjangan dari Central Processing unit, komponen yang fungsinya secara otomatis melakukan proses seluruh perintah yang dilakukan oleh pengguna smartphone dengan acuan yang ada pada EEPROM juga RAM.

#RAM - Atau kepanjangan dari Random access memory,sebagai media penyimpanan sementara dalam suatu proses yang di jalankan pada smartphone.

# EEPROM - Kepanjangan dari "Electricall Eraseable Programmable Read Only Memory" , hardware yang berisi program dasar supaya bekerjanya Hp yang dilakukan oleh CPU dan tidak dapat diubah oleh pengguna ponsel biasa, kecuali bahasa pemograman serta menggunakan alat khusus.

# IC Flash - IC ini berfungsi untuk mengirim dan memerintah setiap program dan data pada ponsel.

# IR diode - Kepanjangan dari Infra Red Diode, komponen yang berfungsi untuk mengirim dan menerima gelombang yang berisi data tertentu tanpa menggunakan kabel data.

# LED -  komponent ini kepanjangan dari Light Emited Diode, hardware yang bisa memancarkan cahaya bila aliri arus listrik.

# Kabel Flexibel - salah satu hardware bentuknya lembaran cukup tipis dengan jenis  tembaga fungsinya sebagai media distribusi arus listrik  bagian satu dan yang lainnya serta bersifat flexible.

# Buzzer - komponen yang dapat menghasilakan suara untuk tanda.

# SIM Reader - Komponen yang berfungsi sebagai penghubung SIM CARD dan smartphone sehingga menghasilkan nilai berupa Nomor telepon

# Plug In - Hardware  berfungsi menghubungkan perangkat pengisian battery  untuk PCB.

# Board connector - Hardware ini ada pada beberapa ponsel jenis tertentu. Pada umumnya Hp yang memiliki perangkat ini adalah Hp - Hp yang mempunyai 2 buah board (PCB) kemudian kegunaan dari komponen tersebut adalah sebagai penghubung dari keduanya.

# Kapasitor/Kondensator ( C ) - biasanya  hardware Kapasitor ( C ) berfungsi ,sebagai filter tegangan yang dikeluarkan oleh batrai,  sebagai penghubung frekuensi antara komponen dengan Satuan dari kapasitor adalah Farad. Kapasitor dibagi menjadi dua bagian :
Yang pertama  Kapasitor memiliki nilai besar (Elco/Electrolit)

Yang kedua Kapasitor memiliki nilai kecil (non Polar)


# Resistor/Tahanan ( R ) - Hardware yang dinamai Resistor fungsinya untuk menahan serta mengatur arus listrik,dengan Satuan dari resistor adalah OHM.

# Dioda ( V ) - Komponen ini sering di jumpai bagi anak kejuruan elektro Dioda berfungsi untuk penyearah,yang mana merubah arus listrik  kasar di jadikan halus dan sebagai stabiliser tegangan, satuan pada  dioda adalah AMPERE, Dioda ( V ) dibagi menjadi dua bagian : Dioda Germanium dan Dioda lampu/light Emiting Dioda (LED)

# Transistor ( V ) - Mungkin tidak asing Transistor berfungsi untuk penguat frekuensi dalam bentuk gelombang atau denyut Frekuensi, transistor dibagi 2 bagian yaitu : Transistor NPM
Dan Transistor PNP.

# Transformator (L) - hardware berbentuk Lilitan berfungsi untuk penghubung arus satu ke arus yang lain/Jumper. 

# Sikring/Fius (F) - komponen Sikring berfungsi sebagai untuk safety suatu rangkaian apabila terjadi suatu arus pendek /ngesort, atau terjadi gelombang arus listrik tegangan besar ,kemudian sikring  akan otomatis akan putus.

# Mic/Microphones - Komponen ini fungsinya untuk menerima gelombang suara, untuk diolah menjadi getaran sinyal.

# Speaker - Hardware ini memiliki fungsi untuk mengubah sinyal audio menjadi suara yang bisa didengar.

Lengkap sekali bukan komponen hardware pada smartphone, dengan mengetahui komponen dan fungsinya kita bisa menganalisa kerusakan pada smartphone. Naha salah satu trik android untuk menganalisa kerusakan pada smartphone adalah paham dengan hardware dan fungsi sebagai dasar analisanya.

Semoga bermanfaat.. 
Share This :