. Komponen hardware smartphone dan fungsinya lengkap - IME Android -->

Komponen hardware smartphone dan fungsinya lengkap

Konten [Tampil]
Komponen hardware Hp dan Fungsinya -  Pada artikel saya sebelumnya banyak membahas tentang software atau aplikasi, kalian  ini saya akan membahas tentang komponen smartphone dan fungsinya.

Hp atau smartphone terdiri dari HARDWARE  dan SOFTWARE, keduanya saling membutuhkan. Tanpa salah dari hardware dan software ponsel secara fungsi tidak akan bekerja dengan baik. 

# Pengertian  Hardware (Perangkat keras). 

Komponen yang dapat kita lihat atau memiliki bentuk fisik.

Contoh Perangkat keras atau hardware seperti baterai, casing, layar speaker dan lainya yang terdapat pada hp komponen yang ada di dalam pun termasuk hardware seperti IC, Antenna switch dan banyak lagi.

# Pengertian software (Perangkat Lunak). 

Selebihnya adalah software atau perangkat lunak, piranti lunak yang ada pada smartphone memiliki instruksi menjalankan fungsi fungsi hardware atau komponen pada ponsel. Contohnya Sistem operasi, aplikasi yang terinstall.

Pengertian software dan hardware diatas saya yakin sobat IME android sudah paham..

Seperti yang sudah saya katakan, software berfungsi memerintah hardware agar melakukan tugas yang diinginkan melalui instruksi pemrograman, instruksi tersebut diperintah oleh aktivitas manusia / penggunaan itu sendiri.

Komponen yang ada pada smartphone varianya cukup banyak dan fungsinya berbeda beda, komponen hardware ini akan bekerja secara sistematis sehingga mampu menjadi sebuah unit yang anda gunakan saat ini.
Fungsi komponen hardware smartphone
Hardware 

Komponen Hp Android dan fungsinya. 


Apa saja komponen hardware pada gadget?  Secara umum komponen ini ada pada perangkat di berbagai merek, entah samsung, sony, motorola, dan lainya.

Mengenal komponen saat ini terbilang penting, terlebih lagi bagi anda yang memiliki hobi elektro atau memiliki cita cita menjadi teknisi.
.. dengan mengenal nama nama komponen dan mengetahui fungsinya hal ini salah satu dasarnya.

Baca juga

Apa saja nama nama komponen hp android !? 

Baterai, casing, screen, speaker termasuk hardware pada hape  akan tetapi yang berikut ini lebih ke komponen  bagian dalam . 

Secara umum semuanya bekerja secara sinergi menjadi satu kesatuan ponsel pintar yang bisa berfungsi untuk melakukan komunikasi hingga perambahan dan kegiatan lain yang selama ini kalian miliki. Kesimpulan apabila salah satu dari komponen hp android tersebut bermasalah / rusak maka sudah pasti akan berakibat pada fitur.

1. Antena Switch

Antena Switch adalah saklar yang melakukan tugas secara otomatis dan mengatur kerja antena, apakah berfungsi sebagai receiving atau sender signal RF.

 Antena switch sekaligus berfungsi sebagai pemisah dari gelombang dengan  frekuensi tinggi (DCS 1800 MHz) dan frekuensi rendah ( GSM 900 MHz).

2. Power Amplifier IC (PA) 

 Komponen ini berperan atau berfungsi sebagai penguat tegangan sinyal yang dihasilkan oleh VCO (Voltage Controlled Oscillator).


3. IF Filter IC 

Kepanjangan dari Intermedia Frequency yang berfungsi mengubah frekuensi yang keluar dari filter menjadi frekuensi tengah.

4. Filter IC 

Ssalah satu IC Komponen yang ada pada smartphone yang berfungsi melakukan  filter sinyal jenis RF lalu di transfer ke next , baik sinyal masuk atau sinyal keluar.

5. Signal Processor IC 

Berfungsi mengerjakan mengolah sinyal keluar dan masuk dan memisahkan sinyal gelombang radio dan suara.

6. Crystal atau X-Tal 

 yang berfungsi untuk membangkitkan getaran Frekuensi yang telah dihasilkan oleh IC Audio lalu ditransmit  kepada  IC Hagar dalam jenis gelombang RX.

7. Power Supply IC 

Salah satu yang sangat penting berfungsi mengatur distribusi arus listrik ke semua komponen hardware pada smartphone yang diperoleh dari baterai.

8. VCO 

Kepanjangan dari Voltage Control Oscilator, memiliki 2 jenis untuk bagian receiving dan bagian transfer sinyal. Perannya menjadi pembuat sinyal awal , ketika CPU telah memberikan instruksi smartphone transmit atau receive.

9. IC Audio 

Komponen smartphone atau Hp yang berfungsi mengolah sinyal dari prosesor selanjutnya diubah menjadi getaran suara dengan bantuan hardware lain yaitu pengeras suara (speaker).

10.  IC Charger

Ini juga ada pada hp lain yang bekerja sebagai mengisi /transfer daya dari arus listrik ke baterai. Sehingga saat device mengalami masalah pada ic charger biasanya ciri-cirinya ponsel tidak dapat di charge, mati total, mengisi tapi tidak menyimpan dan lain sebagainya seperti yang sudah saya tulis pada artikel ciri-ciri ic hp rusak sesuai jenis

11. Switch On/off 

Saklar tugasnya penghubung dan pemutus menghidupkan, menyalakan perangkat. Prinsipnya adalah sebagai pemutus arus, hanya saja dalam smartphone biasanya saklar berbentuk kecil dan berfungsi sebagai tombol power.

12. Interface Controller 

Hardware atau komponen yang fungsinya untuk terminal yang mengatur kerja dari komponen lain contohnya lampu LED, dering dan vibration.

13. CPU 

Untuk yang satu ini kepanjangan dari Central Processing unit,  fungsinya secara otomatis melakukan proses seluruh perintah yang dilakukan oleh pengguna perangkat dengan acuan yang ada pada EEPROM juga RAM.

14. RAM 

Atau kepanjangan dari Random access memory,sebagai media penyimpanan sementara dalam suatu proses yang dijalankan pada unit perangkat.

15. EEPROM 

Kepanjangan dari "Electrically Erasable Programmable Read Only Memory" , hardware yang berisi program dasar supaya bekerjanya Hp yang dilakukan oleh CPU dan tidak dapat diubah oleh pengguna ponsel biasa, kecuali bahasa pemrograman serta menggunakan alat khusus.

16. IC Flash 

IC ini berfungsi untuk mengirim dan memerintah setiap program dan data pada ponsel. Salah satu ciri-ciri hp android mengalami kerusakan pada ic flash , biasanya perangkat tidak bisa melakukan flashing melalui metode apapun. Cara mengatasinya, selain mengganti biasanya dapat mencoba untuk memberikan panas dengan treatment khusus.

17. IR diode 

Kepanjangan dari Infrared Diode, yang berfungsi untuk mengirim dan menerima gelombang yang berisi data tertentu tanpa menggunakan kabel data. Inilah salah satu kelebihan elektronik, hampir semuanya memiliki tingkat kecanggihan yang sulit ditembus dengan pikiran. Bisa dibilang sangat berbanding terbalik dengan sistem mekanik.

19. LED 

Koponen hp android yang satu kepanjangannya Light Emitted Diode, hardware yang bisa memancarkan cahaya bila dialiri arus listrik. LED memiliki peranan penting memberikan pencahayaan atau Lighting, misalnya pada menu Home, Belakang layar, atau indikator lain yang terpasang di hp android.

20. Kabel Flexibel 

Bentuknya lembaran cukup tipis dengan jenis  tembaga fungsinya sebagai media distribusi arus listrik  bagian satu dan yang lainnya serta bersifat flexible. Secara umum menjadi penghubung antara satu komponen satu dengan lainnya yang bersifat fleksibel.

Biasanya kalian dapat melihat salah satu kabel flexibel terdapat diantara penghubung mainboard dengan LCD display. Sehingga fungsi kabel ini terbilang sangat Vital , apabila terjadi salah satu dari jalur terputus maka sudah pasti akan menimbulkan masalah.

21. Buzzer

Komponen hp yang dapat menghasilkan suara untuk tanda baik sebagai tanda notifikasi atau lain sebagainya. Buzzer tidak hanya terpasang pada hp android saja, melainkan dapat dijumpai di berbagai perangkat baik itu android, iOs, bahkan komputer dan laptop.

Meskipun secara penamaan nya sama, tetapi dalam urusan seri, bentuk pastiknya menyesuaikan kebutuhan dari tipe dan merek hpnya.

21. SIM Reader 

Komponen hp ini tidak kalah pentingnya, bagian yang berfungsi sebagai penghubung SIM CARD dan smartphone sehingga menghasilkan nilai berupa Nomor telepon.
Pada prinsipnya SIM Reader yakni memungkinkan perangkat dapat mengetahui chip dari provider hingga menghasilkan sinyal pada hp.

Sehingga saat hp sinyal hilang, atau tidak dapat mendeteksi kartu salah satunya menjadi indikasi masalah yang terjadi pada sim reader. Sudah saya bahas sebelumnya terkait dengan cara mengatasi hp tidak ada sinyal, jadi sumbernya tidak melulu karena kartu sudah rusak.

22. Plug In

Merupakan komponen yang penting, tugasnya menghubungkan perangkat pengisian battery untuk PCB yang ada pada perangkat hp android atau ponsel biasa.

23. Board connector  

ini ada pada beberapa ponsel jenis tertentu. Pada umumnya Hp yang memiliki perangkat ini adalah Hp - Hp yang mempunyai 2 buah board (PCB) kemudian kegunaan dari komponen tersebut adalah sebagai penghubung dari keduanya.

24. Kapasitor/Kondensator ( C ) 

Para teknisi hp biasa menyebut dengan istilah kutu, biasanya   hardware Kapasitor ( C ) berfungsi ,sebagai filter tegangan yang dikeluarkan oleh baterai.  Merupakan penghubung frekuensi antara komponen dengan Satuan dari kapasitor adalah Farad. Kapasitor dibagi menjadi dua bagian :
  • Yang pertama  Kapasitor memiliki nilai besar (Elco/Electrolit)
  • Yang kedua Kapasitor memiliki nilai kecil (non Polar)

25. Resistor/Tahanan ( R ) 

Nama tersebut tentunya sudah tidak asing bagi pecinta elektro, misalnya misalnya sudah biasa menangani tv , komputer,radio. Hardware yang dinamai Resistor fungsinya untuk menahan serta mengatur arus listrik,dengan Satuan dari resistor adalah OHM. 

Bahkan komponen ini dipakai pada berbagai jenis elektronik, sedangkan dari sisi bentuk dan jenisnya mengikuti dari kebutuhan perangkat.

26. Dioda ( V )

Komponen ini sering dijumpai bagi anak kejuruan elektro Dioda berfungsi untuk penyearah,yang mana merubah arus listrik  kasar dijadikan halus dan sebagai stabilisator tegangan, satuan pada   dioda adalah AMPERE, Dioda ( V ) dibagi menjadi dua bagian : Dioda Germanium dan Dioda lampu/light Emitting Dioda (LED).

27. Transistor ( V )

Mungkin tidak asing Transistor berfungsi untuk penguat frekuensi dalam bentuk gelombang atau denyut Frekuensi, transistor dibagi 2 bagian yaitu : Transistor NPM
Dan Transistor PNP.

28. Transformator (L) 

Nama nama komponen hp ini hampir semuanya bukan hal yang asing untuk mereka yang menyukai dan tertarik terhadap dunia robotik, IotT. Transformator L adalah hardware berbentuk Lilitan berfungsi untuk penghubung arus satu ke arus yang lain/Jumper. 

29. Sekring/Fuse (F) 

Komponen hp Sikring ini berfungsi sebagai untuk safety suatu rangkaian apabila terjadi suatu arus pendek /ngeshoot, atau terjadi gelombang arus listrik tegangan besar ,kemudian sekring   akan otomatis akan putus.

Pada prinsipnya sama dengan sekring yang biasa kalian temukan pada semua alat atau elektronik , hingga mobil dan motor, Sekring bekerja sebagai pengaman arus yang diaplikasikan pada semua lini dengan bentuk dan ukuran telah disesuaikan kebutuhan masing masing.

30. Mic/Microphones 

Komponen ini fungsinya untuk menerima gelombang suara, untuk diolah menjadi getaran sinyal. Yang kemudian dapat ditransfer menjadi output ke dalam speaker atau transfer ke perangkat lain melalui gelombang sinyal.

31. Speaker 

Speaker memiliki fungsi untuk mengubah sinyal audio menjadi suara yang bisa didengar. Sama dengan yang komponen lain, hardware yang satu ini juga familiar sekali pada perangkat elektronik lain dari berbagai ukuran mulai dari kecil -hingga berukuran besar yang menghasilkan suara menggelegar.

Lengkap sekali bukan komponen hardware pada smartphone, dengan mengetahui jenis dan fungsinya kita bisa menganalisa kerusakan . Nah salah satu trik android untuk menganalisa kerusakan adalah paham fungsi dan nama komponen sebagai dasar analisisnya.

Baca juga Jenis prosesor hp android lengkap. 

Semoga bermanfaat.. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel