. Penyebab hp panas dan baterai cepat habis - IME Android -->

Penyebab hp panas dan baterai cepat habis

Konten [Tampil]

Hp mudah panas dan cara mengatasinya - Penyebab hp panas dan baterai cepat habis harus segera kita ketahui dan diatasi, smartphone memiliki baterai yang cukup lama dalam penggunaanya dengan dibekali rata rata 2600mAh hingga 4600mAh seharusnya cukup untuk digunakan selama kurang lebih 24 jam.

Hp panas bukan hal yang sepele, termasuk cukup serius untuk segera ditindaklanjuti karena dikhawatirkan penyebabnya dari sisi baterainya yang sudah rusak.

Belum berhenti disana,tidak dapat kita simpulkan rusak begitu saja gaes.. 
Penyebab hp cepat panas
Cepat panas
Cara mengatasi baterai hp cepat habis / boros secara tiba tiba, atau untuk anda yang sedang bermasalah pada gadget overheat.

Artinya jika baterai mudah habis dan hp cepat panas sebaiknya perlu melakukan tindak lanjut agar bisa di perbaiki

Baterai boros, mendadak mati !! 

Merek smartphone apapun andromax, samsung, lenovo, SONY dan banyak lagi yang mengalami smartphone panas dan baterainya boros.

Apa solusinya? 

Penyebab dan Cara mengatasi Hp cepat panas. 

Bukan tanpa sebab ketika smartphone kita bermasalah, begitupun solusinya tentu harus mendasar sesuai dari sumber masalah.

.. , berikut penyebab dan solusinya hp sering overheat dan baterai boros.


1.Sinyal Hp Bermasalah. 


# Sinyal, kondisi sinyal yang lemah sangat mempengaruhi suhu ponsel, kenapa?  Karena smartphone bekerja secara real time dan extra terus melakukan ping untuk mendapatkan gelombang jaringan tersebut. Melemahnya sinyal bisa dipengaruhi banyak hal seperti area, perangkat itu sendiri dan lainya. 

Cara mengatasi hp sinyalnya lemah bisa dengan melakukan menghapus file sampah, cache terus selanjutnya silahkan lakukan smartphone dalam mode terbang selama beberapa menit, lalu kembalikan ke mode normal.

Trik tersebut adalah untuk kondisi perangkat yang masih normal dan area sinyal yang baik,dengan kata lain anda juga perlu memperhatikan sinyal provider pada area tempat anda tinggal.


2.Kondisi Hp terkena Virus / Malware. 


# Hp kena Virus, kenapa hp kena virus mengakibatkan hp cepat panas? Virus pada mengakibatkan kerusakan sistem sehingga hp android mengalami masalah dalam melakukan tugasnya, analoginya virus hampir sama dengan parasit.

Cara kerja virus /malware memaksa Hp anda mengerjakan sesuatu yang tidak diinginkan oleh hp itu sendiri seperti :Menayangkan iklan, melakukan ping ke server, dan lainya.

Cara mengatasinya : Anda bisa menginstall anti virus dan lakukan scan smartphone anda agar terbebas dari virus.



3.Baterai Hp Sudah Rusak atau tidak Sehat. 


# Baterai sudah Rusak ketika hp usianya sudah lebih dari satu tahun biasanya mengalami penurunan performa daya tampung baterai, artinya tidak secara signifikan menurun sihh..

Nah berbeda lagi antara baterai yang sudah rusak beberapa ciri baterai rusak bisa anda analisa, baterai cepat penuh ketika di charger tetapi mudah juga habis. 

Untuk menganalisa baterai yang sudah rusak secara fisik bisa kita perhatikan dengan adanya perubahan dimensi baterai, seperti melembung.

Adapun kerusakan baterai yang tanpa di barengi dengan perubahan dimensi bisa kita cek menggunakan avo meter, disana kita bisa melihat detailnya, banyak "ciri ciri baterai smartphone rusak"  baik yang tanam maupun removable. 

Cara mengatasinya untuk kasus ini, saya merekomendasikan untuk melakukan penggantian pada baterai smartphone dan usahakan yang original. 

Baterai pada yang rusak jelas ikut menyumbang menyebabkan hp cepat panas cepat habis.


4.Berat terlalu banyak Aplikasi Terinstall


# Aplikasi yang terlalu banyak terinstall, menjadi satu diantara penyebab lain suhu hp android anda cepat panas dan baterai cepat habis.

Aplikasi yang terlalu banyak dapat memicu CPU dan komponen lain di dalam smartphone anda bekerja ekstra dan keras! 

Terlebih lagi aplikasi untuk jenis app berikut.


  1. Membutuhkan grafis yang tinggi. 
  2. Membutuhkan spek gadget kelas dewa dengan RAM, CPU yang tinggi. 
  3. Membutuhkan akurasi GPS dengan terintegrasi secara terus menerus dengan internet, seperti aplikasi Ojek online,game pokemon dan lainya. 
  4. Membutuhkan koneksi internet tanpa putus seperti social media. 


Solusinya dari 4 point diatas silahkan cek aplikasi yang terinstall pada hp. 

5.Komponen smartphone sudah eror


Ketika hp mudah panas dan sering mati sendiri! Penyebabnya ke mengacu ke baterai , tetapi hal tersebut belum 100% karena dari sisi lainya adalah disebabkan kerusakan pada komponen .

Sebelum menyimpulkan baterai ,coba cek komponennya juga, apalagi jika kondisi baterai sudah diganti baru tetapi masih suka mati sendiri .

Contoh komponen penting yang berperan besar dalam distribusi daya ke seluruh komponen smartphone, "Power Supply IC"  dari baterai arus listrik didistribusikan oleh power supply IC. 

Baca juga Jenis komponen hardware dan fungsinya.

6. OS Crash / aplikasi membutuhkan update.


Selain itu tidak kalah pentingnya untuk memperhatikan sistem operasi android,aplikasi yang terinstall pastikan sudah update karena aplikasi tersebut terus melakukan ping ke server membuat hp anda terus bekerja dan menyebabkan panas.

Terlebih untuk perangkat yang sudah root, silahkan pastikan sistem operasinya dalam kondisi sehat. Dan tidak heran apabila hp yang sudah di root gampang panas.


Hp cepat panas dan lemot bisa di sebabkan oleh beberapa hal diatas, silahkan pastikan point yang telah saya sebutkan untuk mengatasinya. 

Baca juga
Ciri ciri baterai samsung ori dan palsu
Cara membedakan baterai Xiaomi asli dan palsu

Hp Panas banget ketika buat main game!! 

Alternatif  ketika anda senang main game dan baterai menjadi aman adalah dengan cara matikan paket data atau dengan menggunakan mode terbang. Kecuali game yang anda mainkan adalah game online pastinya tidak mungkin paket data pada smartphone anda di nonaktifkan.

Dengan menonaktifkan paket data baterai anda menjadi lebih awet pastinya, konsumsi baterai hanya digunakan untuk menjalankan aplikasi game saja sedangkan aplikasi lainnya dalam kondisi idle.

Beberapa masalah yang dialami terkait dengan baterai.

Hp cepat panas padahal tidak dipakai. 

Panas tetapi hp tidak sedang digunakan untuk kasus ini anda bisa melakukan mode pengetesan dengan. 

  • Non aktifkan paket data atau lebih bagus lagi dengan setting mode terbang pada smartphone anda, lalu tunggu hingga beberapa menit apakah hal itu masih sama!! 
  • Apabila dengan solusi diatas hasilnya masih sama silahkan cek baterai anda menggunakan avo meter, nah dari situ anda bisa melihat apa baterai hp masih normal atau sudah rusak. 
  • Dan ketika sudah mode terbang, sudah cek baterai dan masih normal tetapi baterai anda cepat panas..  Saya rekomendasikan untuk cek komponen smartphone anda ke tempat service. 
Nah silahkan lakukan beberapa teknik di atas pasti masalah anda terselesaikan, nah tapi kalau masalahnya seperti dibawah..

Kondisi hp cepat panas saat internetan? 

Kalau hp buat internetan cepat panas biasanya dipengaruhi oleh faktor kondisi jaringan yang buruk, membuat hp anda bekerja keras melakukan searching dan melakukan ping ke server secara terus terusan.Pastikan area /lokasi anda memiliki jaringan sinyal yang baik ya GAES..  halus cache, dan sesekali coba restart.

Nah sekian dulu artikel saya tentang penyebab dan cara mengatasi baterai pada hp yang cepat panas, silahkan share barangkali bermanfaat juga untuk yang lainya.. Terimakasih.. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel