Penyebab dan cara mengatasinya hp panas dan baterai cepat habis

Penyebab dan cara mengatasinya  hp panas dan baterai cepat habis

Baterai Hp cepat habis dan panas, ada penyebab dan solusi. 

IME android - Penyebab hp panas dan baterai cepat habis harus segera kita ketahui dan diatasi, smartphone memiliki baterai yang cukup lama dalam penggunaanya dengan di bekali rata rata 2600mAh hingga 4600mAh seharusnya cukup untuk di gunakan selama kurang lebi 24 jam.
Baterai panas bukan hal yang sepele termasuk cukup serius untuk segera di tindak lanjuti karena di hawatirkan penyebanya dari sisi baterainya yang sudah rusak. Belum berhenti disana,tidak dapat kita simpulkan rusak begitu saja gaes.. 
Penyebab hp cepat panas
Cepat panas
Cara mengatasi baterai hp yang cepat habis / boros secara tiba tiba bahkan dapat di katakan hp tersebut tidak di pakai itu bukan hal yang tidak mungkin. Artinya sudah jelas jika baterai cepat habis dan hp cepat panas sebaiknya anda perlu melakukan tidak lanjut agar bisa di perbaiki

Baterai cepat panas dan cepat habis!! 

Merek smartphone apapun andromax, samsung, lenovo, SONY dan banyak lagi yang mengalami smartphone panas dan baterainya cepat habis. Pasti memiliki sebab dan akibatnya setelah mengetahui sebabnya maka kita bisa melakukan tindakan sebagi trik android dan solusi mengatasinya.. 

Cara mengatasi Hp cepat panas dan penyebabnya. 

Bukan tanpa sebab ketika smartphone kita bermasalah, begitupun solusinya tentu harus mendasar dan cara mengatasinya yang paling tepat adalah dengan berdasarkan sebabnya, berikut penyebab dan solusinya dari baterai hp yang cepat panas dan cepat habis perlu anda cek dan perbaiki. 


1.Sinyal Hp Bermasalah penyebab Hp Cepat panas. 


# Sinyal, kondisi sinyal yang lemah sangat mempengaruhi suhu smartphone, kenapa?  Karena smartphone bekerja secara real time dan extra terus melakukan ping untuk mendapatkan sinyal tersebut. Melemahnya sinyal bisa di pengaruhi banyak hal seperti area, smartphone itu sendiri dan lainya. 

Cara mengatasi smartphone yang sinyalnya lemah bisa dengan melakukan menghapus file sampah, cache terus selanjutnya silahkan lakukan smartphone dalam mode terbang selama beberapa menit, lalu kembalikan ke mode normal.

Cara tersebut adalah untuk kondisi smartphone yang masih normal dan area sinyal yang baik,dengan kata lain anda juga perlu memperhatikan sinyal provider pada area tempat anda tinggal. 


2.Kondisi Hp terkena Virus / Maleware. 


# Hp kena Virus, kenapa hp kena virus mengakibatkan hp cepat panas? Virus pada smartphone mengakibatkan kerusakan sistem sehingga hp android mengalami masalah dalam melakukan tugasnya, gambaranya virus hampir sama dengan parasit. 

Cara kerja virus /malemare memaksa Hp anda mengerjakan sesuatu yang tidak di inginkan oleh hp itu sendiri seperti :Memayangkan iklan, melakukan ping ke server, dan lainya. 


Cara mengatasinya : Anda bisa menginstall anti virus dan lakukan scan smartphone anda agar terbebas dari virus. 



3.Baterai Hp Sudah Rusak atau tidak Sehat. 


# Baterai sudah Rusak ketika smartphone usianya sudah lebih dari satu tahun biasanya mengalami penurunan kapasitas baterai, artinya tidak secara signifikan menurun sihh.. Nah berbeda lagi antara baterai yanv sudah rusak beberapa ciri baterai smartphone rusak bisa anda analisa dengan baterai cepat penuh ketika di carger tetapi mudah juga habis. 

Untuk menganalisa baterai yang sudah rusak secara fisik bisa kita perhatikan dengan adanya perubahan dimensi baterai, seperti melembung. Adapu kerusakan baterai yang tanpa di barengi dengan perubahan dimensi bisa kita cek menggunakan avo meter, disana kita bisa melihat detailnya, banyak "ciri ciri baterai smartphone rusak"  baik yang tanam maupun removable. 

Cara mengatasinya untuk kasus ini saya merekomendasikan untuk melakukan penggantian pada baterai smartphone dan usahakan dengan baterai  original. 

Baterai pada smartphone yang rusak jelas ikut menyumbang menyebabkan smartphone cepat panas cepat habis. 


4.Berat terlalu banyak Aplikasi Terinstall


# Aplikasi yang terlalu banyak terinstall, menjadi satu diatara penyebab lain suhu hp android anda cepat panas dan baterai cepat habis, aplikasi yang terlalu banyak memacau CPU dan perangkat lain di dalam smartphone anda bekerja ektra dan keras!  Terlebih lagi aplikasi untuk apikasi yang memiliki ciri berikut, yang sangat mempengaruhi kinerja dan penggunaan daya smartphone. 

1.Membutuhkan grafis yang tinggi. 


2.Membutuhkan spek gadget kelas dewa dengan RAM, CPU yang tinggi. 


3.Membutuhkan akurasi GPS dengan terintegarasi secara terus menerus dengan internet, seperti aplikasi Ojek online,game pokemon dan lainya. 


5.Membutuhkan koneksi internet tanpa putus seperti social media. 


Solusinya dari lima point diatas silahkan cek aplikasi yang terinstall pada hp anda, apabila menurut anda ada yang berlebihan maka sebaiknya kurangi dengan unistall. 


5.Komponen smartphone sudah eror


Ketika hp cepat panas dan sering mati sendiri! Memang dominan ke mengacu ke baterai akan tetapi hal tersebut belum 100% karena dari sisi lainya adalah di sebabkan kerusakan pada komponen smartphone anda. 
Sebelum menyimpulkan baterai sebaiknya kita bisa cek komponennya juga, apalagi kondisi baterai sudah di ganti baru tetapi masih suka mati sendiri dan cepat panas. 
Contoh komponen penting yang berperan besar dalam distribusi daya ke seluruh komponen smartphone, "Power Supply IC"  dari baterai arus listrik di distribusikan oleh power suplay IC. 

6. OS Crash / aplikasi membutuhkan update.


Selain itu tidak kalah pentingnya untuk memperhatikan sistem oprasi android, aplikasi - aplikasi yang terinstall pastikan sudah update karena aplikasi tersebut terus melakukan ping ke server membuat smartphone anda terus bekerja danmenyebabkan panas. 

Terlebih untuk smartphone yang kondisinya root silahkan pastikan sistem oprasinya dalam kondisi sehat, tidak heran apabila hp yang sudah di root gampang panas. 

Hp cepat panas dan lemot bisa di sebabkan oleh beberapa hal diatas, silahkan pastikan point yang telah saya sebutkan untuk mengatasinya. 



Hp Panas banget ketika buat main game!! 

Alternatif  ketika anda senang main game dan baterai menjadi aman adalah dengan cara matikan paket data atau dengan menggunakan mode terbang. Kecuali game yang anda mainkan adalah game online pastinya tidak mungkin paket data pada smartphone anda di nonaktifkan. 

Dengan menonaktifkan paket data bukan hanya baterai menjadi tahan panas, tetapi baterai anda menjadi lebih awet pastinya, konsumsi baterai hanya di gunakan untuk menjalankan aplikasi game saja sedangakn aplikasi lainya dalam kondiai idle. 


Beberapa masalah yang di alami terkait dengan baterai. 

Hp cepat panas padahal tidak dipakai. 

Panas tetapi hp tidak sedang di gunakan untuk kasus ini anda bisa melakukan mode pengetesan dengan. 

  • Non aktifkan paket data atau lwbih bagus lagi dengan setting mode terbang pada smartphone anda, lalu tunggu hingga beberapa menit apakah hal itu masih sama!! 
  • Apa bila dengan solusi diatas hasilnya masih sama silahkan cek baterai anda menggunakan avo meter, nah dari situ anda bisa melihat apa baterai hp masih normal atau sudah rusak. 
  • Dan ketika sudah mode terbang, sudah cek baterai dan masih normal tetapi baterai anda cepat panas..  Saya rekomendasikan untuk cek komponen smartphone anda ke tempat sevice. 
Nah silahkan lakukan benerapa teknik diatas pasti masalah anda terselesaikan, nah tapiii kalau masalahnya seperti dibawah.. 

Kondisi hp cepat panas saat internetan? 

Kalau hp buat internetan cepat panas biasanya di pengaruhi oleh faktor kondisi jaringan yang buruk, membuat hp anda bekerja keras melakukan searcing dan melakukan ping ke server secara terus terusan.Pastikan area /lokasi anda memiliki jaringan sinyal yang baik ya GAES..  halus cache, dan sesekali coba restart. 

Nah sekina dulu artikel saya tentang penyebab dan cara mengatasi baterai pada hp yang cepat panas, silahkan share barang kali bermanfaat juga untuk yang lainya.. Terimakasih.. 

Share This :