. Jenis - Jenis Prosesor dan GPU Hp Lengkap ( Cipset dan GPU Ponsel) - IME Android -->

Jenis - Jenis Prosesor dan GPU Hp Lengkap ( Cipset dan GPU Ponsel)

Konten [Tampil]

Jenis Prosesor dan GPU smartphone - Pada pembahasan saya kali ini saya akan membahas tentang jenis jenis prosesor hp android ,hampir 80 % indonesia sudah menggunakan smartphone dengan berbagai kelebihan dan fungsinya.

Selain menggunakan sistem operasi android dengan open source menjadi sistem operasi utama hampir mendominasi ponsel pintar.

Mungkin kita kerap mendengar kata prosesor.
Awalnya digunakan pada komputer maupun laptop, namun dengan perkembangan teknologi kini prosesor juga diadopsi atau digunakan pada smartphone,tingkat kecanggihan juga tidak kalah dengan laptop.

Tingkatan prosesor bervariasi dan memiliki kemampuan speed dan harganya berbeda beda.
Secara umum semakin mahal dari  harga hp maka akan semakin bagus kualitas atau prosesor yang digunakannya.

Intel dan AMD menjadi jenis prosesor yang sering kita ketahui pada komputer,dengan memiliki clock speed yang berbeda beda.
Tentunya secara umum hampir sama semakin baik kualitas dan clock speed dari prosesor tersebut maka akan diimbangi dengan harga yang mahal.

Mengenal Jenis Prosesor dan GPU Hp android


Apa itu Prosesor?. 

Mengapa sedemikian pentingnya benda yang satu ini ,,hmm bagaimana tidak penting komponen hardware hp ini adalah modul yang mengontrol seluruh kegiatan pada ponsel yang menjadi motor utama dalam performa dan melakukan tugasnya.

Jika kita dalami tentang susunan perangkat keras pada ponsel sebenarnya tidak ada bedanya kita bisa lihat LCD,Keypad ,RAM,prosesor, semuanya sama namun yang membedakan adalah jika komputer lebih besar dan memiliki sistem operasi windows [pada umumnya] namun pada smartphone hampir rata rata  menggunakan OS android   dan iOS.

Sedangkan fungsi dari prosesor pada smartphone dan komputer secara umum juga sama,jika pada komputer menggunakan keyboard yang terpisah pada sistem Inputnya.

Tetapi pada ponsel menggunakan keypad yang secara aktif dan didesain sedemikian rupa bersamaan dengan layar itulah simpelnya.

CPU kepanjangan dari Central processing unit yang didalam nya terdapat mainboard dan prosesor di dalamnya yang dimiliki oleh komputer atau laptop.

Fungsi dari prosesor sebagai modul otak utama untuk melakukan membagi segala tugas,demikian juga pada handphone android.

Yang membedakannya lebih memiliki peran utama menjadi alat komunikasi dan bebentuk kecil ( Telepon genggam).

Yap Revolusi dari telepon genggam yang awalnya hanya berfungsi untuk melakukan panggilan jarak jauh dan mengirim pesan elektronik secara jarak jauh kini semakin pintar dengan berbagai fungsinya dan hardware   yang terus di kembangkan.

Dan perlu kita ketahui jika kita berbicara prosesor sendiri sebenarnya tidak melulu terdapat pada komputer dan gadget saja melainkan ke perangkat lain sebut saja seperti  modul IoT  Arduino,Raspberry,mereka juga dibekali dengan prosesor sebagai chipset modul utamanya sehingga kita dapat membuat  project IoT dengan mudah dan Open Source.

Baca Juga: cara Mengecek Jenis Chipset yang digunakan pada Hp android

Jenis prosesor smartphone yang perlu diketahui. 


Prosesor hp dan jenisnya

Banyak jenis prosesor yang anda perlu ketahui,pastinya kita sering dengar dengan jenis prosesor Snapdragon,mediatek.

Sebenarnya tidak hanya itu saja melainkan anda beberapa jenis prosesor berikut jenis-jenisnya.
Baca juga, Aplikasi Untuk cek Spek Hp Hardware dan Software

1. Qualcomm Snapdragon

Salah satu prosesor yang sudah digunakan pada gadget dan dianggap cukup berpengalaman dalam mengeluarkan chipset /prosesor dengan kualitas dan kemampuanya yang handal.

Prosesor ini biasanya digunakan pada ponsel yang memiliki harga bisa kita katakan mahal karena akan sebanding dengan performa yang didapatkan dengan penggunaan chipset tersebut.

Lebih berkelas,bisa kita amati setiap perangkat yang menggunakan prosesor snapdragon biasanya akan dibarengi dengan harga yang mahal pula atau banyak digunakan pada gadget dengan kelas atas.
Baca juga, Urutan Chipset snapdragon Mulai dari terendah sampai tertinggi

2. Intel

Bukan berarti tidak ada lagi prosesor selain dari snapdragon intel atom juga ikut andil dalam menyuguhkan jenis prosesor yang dapat digunakan pada smartphone.

Intel mungkin saat ini masih akrab hanya kita kenal pada prosesor Laptop atau komputer saja namun faktanya jenis prosesor ini cukup banyak kita jumpai pada smartphone.

Banyak jenis merek ponsel yang menggunakan chipset menggunakan dari intel ,diantaranya Lenovo dan asus zenfone,yana dan masih banyak lagi.

3. Mediatek

Mediatek adalah satu dari sekian prosesor yang digunakan pada hape ,fokus dalam membuat prosesor dengan jumlah banyak dan dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

Meskipun dianggap tidak mampu menandingi Qualcomm sehingga dianggap memiliki kualitas yang kurang bagus namun faktanya saat ini dapat kita lihat beberapa merek smartphone sudah banyak menggunakannya seperti xiaomi.

Saat ini dapat anda lihat jenis proseor hape dari Qualcomm yang terbaru yaitu Mediatek MT6735 dengan Kemampuan SoC atau Sistem on Chip memiliki kemampuan tinggi hingga 64bit,SoC tersebut di dukung dengan prosesor quad core serta GPU dari ARM dengan Modem 4G LTE.

4. OMAP

Salah satu jenis prosesor dari texas instrument yang sering digunakan handphone dengan kemampuan handal seperti Nexus,OMAP merupakan jenis prosesor dari texas instrument yang secara kemampuanya sudah tidak diragukan lagi,bisa anda lihat beberapa perangkat yang menggunakan smartphone tersebut seperti Nexus,huawei P1 s,tablet Archos.

5. Exynos

Sudah tidak asing lagi jenis prosesor yang dibuat oleh samsung yang hanya digunakan pada ponsel dengan kualitas premium.Kemampuan chipset ini memberikan kualitas yang hampir sama dengan qualcomm sehingga untuk kualitas sudah tidak ada keraguan lagi.

Prosesor ini dilengkapi dengan GPU ARM Mali-400MP$ mempunyai kelebihan pada sisi 3D game   serta penggunaan dalam multitasking.

Baca juga: 6 Smartphone Fitur NFC

6. Nvidia Tegra

Untuk Nvidia Tegra ini adalah chipset yang diperuntukan pada spesialis penggunaan hp gaming sehingga untuk performanya sudah tidak diragukan lagi.

Segala jenis game berat mampu di lahapnya hanya dengan menggunakan prosesor ini .

Itu lah beberapa jenis prosesor hp yang sering digunakan pada smartphone,namun dilihat dari keunggulan bukan berarti pada sisi hardware hp menjadi tidak penting kecuali prosesor.

Namun dalam menentukan kualitas dan performa cukup banyak aspek yang harus kita perhatikan mulai dari prosesor,RAM,memori Internal,GPU dan masih banyak lagi,Berikut Mengenal GPU.


Jenis GPU smartphone. 

Sering kita lihat pada tabel spesifikasi hp menampilkan GPU namun kita sebenarnya sudah tahu mengenai GPU,Apa Itu GPU?

Kepanjangan dari Graphics Processing Unit adalah chip yang digunakan pada sistem android sebagai pelengkap dari CPU dan berperan sebagai perangkat utama dalam pengolahan sistem grafis.

Dengan GPU pertama   pada tahun 1999 yang diluncurkan oleh NVIDIA dengan jenis GeForce 256 ,mungkin jika kita lihat pada komputer bisa kita lihat dengan VGA yakni memiliki peranan penting dalam pengolahan tampilan grafis pada komputer.

Jika pada komputer memiliki GPU besar begitupun pada smartphone jika semakin besar kapasitas GPU yang ditawarkan maka kemungkinan perangkat tersebut memiliki harga yang cukup mahal.

Baca juga: Penyebab dan cara Mengatasi Hp Android Mati Total

Berikut jenis jenis GPU yang biasa digunakan pada smartphone.


1.GPU Tegra

Pada tahun 2008 tegra pertama kali dikenalkan pada tahun 2008 digunakan pada media player Zune HD ,ada beberapa jenis GPU dari tegra Antara lain   Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4 dan Tegra K1,yang pada tahun 2010 GPU tegra digunakan pada Perangkat tablet samsung galaxy Tab 10.1 dan acer Tab A200.

2. GPU Adreno.

Ardeno sudah tidak asing lagi dengan bahasa atau kata ini yang banyak digunakan dan kita lihat pada spesifikasi hp dan berikut jenis dari adreno ,Adreno 130,Adreno 200,Adreno 205 ,adreno 220,Adreno 225,Adreno 230,Adreno 302,Arduino 305,320 dam 330.

3. GPU PowerVR.

Jenis GPU yang ketiga merupakan buatan dari logic yang biasanya kita bisa kita temukan pada perangkat produk dari Apple seperti iPhone,Ipod dan yang pastinya untuk performanya sendiri sudah tidak kita ragukan lagi.Contohnya dapat kita lihat pada ponsel apple atau Iphone 5s yang menggunakan GPU PowerVR G6430.

4. GPU Mali.

GPU mali cukup banyak jenis GPU ini digunakan pada tahun 2005 yang hampir 95%  di dunia.Jenis yang tercepat dari GPU mali ini adalah dengan versi MALi T720 namun sangat sayang sekali belum banyak yang menggunakan ini.

5. VideoCore Broadcom

GPU jenis ini merupakan jenis GPU yang hanya memerlukan daya rendah untuk pengoprasianya dengan menggunakan arsitektur DSP dual dimensi dalam pengaplikasianya sehingga lebih efesien dan flexible.

Dapat anda lihat beberapa GPU terbaik di bawah ini berdasarkan Benchmark untuk smartphone dan Tablet dari peringkat pertama hingga 10.

Yang Pertama  PowerVR SGX 544 MP4,kemudian disusul dengan ARM Mali-T628, PowerVR G6200,Qualcomm,PowerVR G6430,Adreno 330,ARM Mali T760,Qualcomm Adreno 420,PowerVR GX6450,NVIDIA GeForce Tegra K1,Qualcomm Adreno 430

Baca juga: GPU dan Chipset terbaik Saat Ini berdasarkan Urutannya

Berdasarkan urutan tersebut diketahui bahwa Qualcomm Adreno 430 menjadi GPU terbaik. Namun performa pada smartphone tidak hanya ditentukan dari faktor GPU saja tetapi juga faktor prosesor dan memori RAM yang digunakan pada smartphone tersebut.

GPU memiliki fungsi grafis yang sangat penting didalam system smartphone.

Memang kekuatan core pada GPU tidak sehebat core pada CPU yang digunakan komputer, akan tetapi jumlah core yang banyak pada GPU akan menghasilkan kekuatan sendiri.

Sebagai contoh Anda diminta untuk mengecat lapangan dalam waktu 15 menit.

Kemudian saya kira beberapa jenis prosesor Hp diatas merupakan  yang terbaik 2018,entahlah namun yang pastinya semua prosesor tersebut banyak beredar dan digunakan pada smartphone.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel