. Cara cek Chipset Hp Samsung, Xiaomi, Vivo, Realme, Oppo dan merek lain - IME Android -->

Cara cek Chipset Hp Samsung, Xiaomi, Vivo, Realme, Oppo dan merek lain

Konten [Tampil]

 Cara Cek chipset HP- kalian pengguna Smartphone merk Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Realme, Asus, Lenovo, Pocophone, maupun merek lain? Pada sebuah perangkat terdapat sebuah komponen yang biasa dikenal dengan sebutan hardware. Merupakan piranti keras yang bersinergi menjadi sebuah fungsi.

Hardware didukung oleh istilah software atau piranti lunak. Berisi script , logo algoritma yang mampu berinteraksi dengan manusia. Antara software dan hardware tidak dapat di pisahkan untuk menghasilkan GUI ( Grafic User Interface) mempermudah pemakaian user.

Contoh bentuk hardware hp adalah, Baterai layar, Dioda, casing, IC power, IC Charge , Chipset  dan lain sebagainya. 

Sedangkan contoh software , Operating Sistem , aplikasi terpasang. Dalam hal ini sama dengan ragam hardware, Piranti lunak juga mempunyai sub varian. Misalkan OS terdapat Android, iOS , Harmoni sedangkan Aplikasi Ada DANA, link Aja , WhatsApp dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas dari bagian hardware , yakni chipset. Sama dengan OS / Software , Chipset setiap perangkat juga mempunyai banyak variasi.

Tergantung dari tipe hp ,merek. Vendor menetapkan spesifikasi sehingga bisa saja antara merek satu dan lainnya mempunyai jenis chipset yang sama. Sebaliknya , meskipun dalam satu merek antara tipe satu dan lain bisa juga membawa jenis chipset berbeda.

Nah, disinilah artikel ini berfungsi. Yakni akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui chipset hp , mengecek jenis dan tipe nya.

Apa itu Chipset hp?

Komponen penting yang dinilai menjadi motor utama penunjang kecepatan. Prosesor terdiri dari beberapa chipset yang mempunyai clock speed beragam tergantung dari jenis chipset dan tipenya.

Chipset adalah sebuah komponen yang menjadi sumber daya utama dalam peranan unit. Berkerja sebagai controller mendistribusikan perintah yang diminta oleh user dalam interaksi GUI. Peranan dalam Smartphone terdapat controller layar ,RAM, audio, video, dan lain sebagainya. 

Dengan ukuran yang relatif kecil , arsitektur chipset terdapat beragam fungsi didalamnya. CPU, GPU, ISP, dan lain sebagainya. Dalam hal ini chipset pada smartphone tidak hanya di sebut sebagai prosesor saja. Pasalnya ,peranannya meliputi semua hal yang mengatur gambar, sinyal, internet , fungsi ram dan lain sebagainya.

Chipset memiliki rangking yang umunya semakin keluaran dan tipe terbaru nya adalah perbaikan dari model lama. Secara umum menjadi mempunyai daftar list dari terendah hingga tertinggi.

Cara cek Chipset

Ada banyak cara cek prosessor hp xiaomi, Oppo ,Vivo , Samsung. Melihat jenis chipset pada ponsel kalian dan mengetahui peringkat chipset hp berdasarkan keluaran dan vendor. Tidak di pungkiri bahwa hp dengan chipset terbaik dikelas dan versinya pasti mempunyai performa yang sangat bagus.

Bahkan kini beberapa vendor chipset telah memiliki produk yang berkemampuan berjalan pada jaringan internet 5G.

Jenis chipset Smartphone beragam. Snapdragon, mediatek, Bionic , Fusion, Eyxnos, HiSilicon Kirin, Unisoc, Nvidia Tegra dan lain sebagainya.

Dari masing masing-masing mempunyai urutan chipset sesuai keluaran. Sehingga bisa dibilang model yang terbaru merupakan yang terbaik.

Baca juga , Jenis-Jenis layar hp

Cara mengecek jenis Chipset Hp.

Hp yang kita punya pakai chipset apa sih, ? Terkadang penasaran bukan. Itu tentu menjadi hal wajar.

Cara mengecek chipset smartphone sangat mudah kok. Tidak perlu membongkar dan melihat langsung dari komponen tersebut.

Setiap perangkat seluler dibekali informasi terkait dengan spesifikasi didalamnya. Kalian bisa cek jenis chipset Smartphone melalui fitur dan menu, aplikasi maupun cara lain.

Berikut cara mengetahui jenis dan tipe chipset hp android.

Mengecek via Setting.

Cara pertama bisa mengetahui spesifikasi prosesor hp melalui pengaturan. Setiap perangkat telah dibekali info lengkap terkait spesifikasi dari device.

Caranya ,

Pertama buka menu, kemudian pilih pengaturan / settings.

Cara mengecek chipset

Gulir dan pilih Tentang Ponsel / about phone.

Melihat jenis chipset hp
Dari informasi diatas anda dapat melihat spesifikasi hp lengkap mulai dari tipe hp, prosesor, RAM hingga kapasitas penyimpanan dan versi android yang digunakan.

Tetapi apabila dari informasi tersebut tidak terlihat merek chipset yang digunakan. Hanya menampilkan arsitektur dan clock speed dari CPU.

Pada metode ini kalian dapat compare ke spesifikasi dan keterangan lain.

Baca juga, Urutan Jenis layar hp android terendah sampai terbaik

Cek chipset via Aplikasi CPU-Z.

Cara kedua ini akan lebih spesifik mengetahui kapasitas dan device hingga mengetahui merek chipset yang dipakai.

CPU-Z bukan hanya tools mengetahui spek, aplikasi ini juga bekerja menganalisa performa , kesehatan baterai , hingga fitur lain.

Penggunaanya.

  • Kunjungi google play, kemudian pasang CPU-Z hingga selesai.
  • Setelah terinstall di hp , silahkan buka dan tunggu aplikasi melakukan analisa biasanya memakan waktu sedikit lama.
  • Setelah terbuka, klik tab "SoC".
Cek merek chipset hp
  • Kemudian disana kalian dapat mengetahui merek chipset "Snapdragon,mediatek" serta kemampuannya.

Dengan memakai aplikasi maka kini kita dapat mengetahui informasi detail model chipset ,merek , vendor, Clock Speed, CPU load maupun info lain.

Mengecek Via Apps CPU Identifier.

Aplikasi kedua bekerja nyaris serupa dengan CPU Z  , Yakni menganalisa mengecek secara keselurahan data spesifikasi hp mulai dari Kapasitas RAM , memori internal hingga baterai. Pokoknya lengkap dan sangat efektif untuk kalian yang ingin mengetahui spek chipset yang dimiliki oleh smartphone.

Melihat model Prosesor hp

Langkahnya

  1. Sama,silakan download dan install aplikasi CPU Identifier.
  2. Setelah terpasang, buka dan tunggu aplikasi menganalisa dan mengumpulkan data.
  3. Setelah selesai terbuka, pilih Tab "CPU". Maka akan terlihat secara keseluruhan model Prosesor,merek chipset,kemapuan kecepatannya dan lainya.
  4. Selesai.
Sama dengan aplikasi cek hardware hp lainya, penggunanya juga bisa mengetahui spek lain, kamera,baterai maupun komponen lain.

Memakai Aplikasi AIDA64

Tidak salah lagi memilih aplikasi AIDA64 sebagai alat mengumpulkan informasi perangkat dari jenis Prosesor, kecepatannya, kapasitas ram , kapasitas Rom, kamera yang di pakai hingga merek ponsel itu sendiri.

Ringan dan mudah digunakan , desain interface simpel.

Kalian dapat mengunduh melalui Playstore dan tunggu pemasangan selesai. Buka dan tunggu proses pengumpulan data. Jika sudah selesai , klik CPU maka tampilannya sepeti dibawah.

Melihat merek prosesor smartphone

Dari tabel diatas device memakai SoC model Qualcomm Snapdragon 800 28nm serta clock speed range , CPU load tertera.

Memakai aplikasi CPU info

Aplikasi yang terakhir menjadi pilihan yang direkomendasikan imeandroid untuk lihat spek prosesor yakni memakai CPU info.

Aplikasi gratis keren dengan cepat menyajikan info hardware dan spesifikasi smartphone.

Kunjungi google play kemudian download hingga selesai install pada device.

Setelah terinstall , silakan klik untuk membukanya. Seperti biasa akan sedikit lebih lama karena proses konfigurasi mengumpulkan informasi.

Setelah selesai , anda bisa memilih opsi CPU.

Melihat CPU hp

Tampilan bernuansa hitam pada tab cpu memberikan info SoC name sebagai vendor dan model prosesi yang di pakai , ada juga jumlah core,speed setiap core.

Bagi yang ingin mengetahui kapasitas ram,GPU, memori internal,layar bisa meng-klik setiap tabnya.

Baca juga, Cara mengatasi hp sering restart sendiri

Cek prosesor hp melalui web resmi.

Kabar baiknya bagi pengguna yang tidak memungkinkan untuk install aplikasi maka bisa mengunjungi web resmi sesuai merek hp yang kalian gunakan.

Hampir semua vendor mempunyai situs resmi mereka , sebagai media penyebaran informasi, promo, spek hp , harga hp maupun info alamat kantor dan perusahaan.

Kalian dapat menemukan model ponsel yang kalian gunakan. Cek spesifikasi , maka terdapat seluruh spek ponsel seperti jenis prosesor, kemampuan penyimpanan, kamera ,baterai, fitur hingga kapasitas ram.

Tentu lengkap sekali. Menjadi informasi valid menjadi acuan bahwa perangkat miliki anda sesuai dengan spesifikasi tertera.

Via paket penjualan.

Umumnya pembelian ponsel baru akan mendapatkan dus , manual boom, travel charger maupun komponen lain.

Jika di amati disana terdapat info spesifikasi lengkap. Tipe prosesor , memori internal, fitur, baterai dan kemampuan lainya.

Semua informasi bisa diakses dan didapatkan dengan mudah mengecek chipset hp android. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel