. Jenis - Jenis Layar Hp yang di gunakan lengkap - IME Android -->

Jenis - Jenis Layar Hp yang di gunakan lengkap

Konten [Tampil]
Varian jenis layar Hp android, banyak.. 

Tahukah anda, bahwa setiap ponsel di bekali dengan jenis layar yang berbeda-beda,? Sering kali kita hanya menyebutkan dengan nama "LCD" saja untuk mewakili screen ponsel. Namun yang terjadi adalah setiap ponsel yang berbeda menggunakan jenis layar Hp yang berbeda pula.

Standar kualitas maupun yang dibekali memiliki klasifikasi masing-masing berdasarkan jenis layarnya. Sering kali kita melihat pada spesifikasi Hp menyebutkan tipe layar seperti jenis AMOLED, Super AMOLED, LCD, TFT LCD dan lain sebagainya namun secara pengetahuan kita sendiri belum paham secara detail akan hal itu.

Ya, dengan terbitnya artikel di imeandroid.com tentang Jenis-jenis Layar pada Hp Atau smartphone semoga menjadi wawasan baru yang dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat.

Sebelum beli hp bukan hanya melihat spesifikasi RAM dan Prosesor saja, namun ada kalanya kita harus jelih memilih kualitas jenis layar yang dimiliki ponsel tersebut.

Jenis LCD / layar ini akan berpengaruh terhadap kualitas gambar (Visual) yang dihasilkan, bukan hanya itu saja. Ini juga akan mempengaruhi konsumsi baterai pada ponsel anda.

Nah kira-kira bagaimana dengan hp android yang anda miliki, menggunakan tipe layar apa, kelebihannya serta kekurangannya?

Berikut jenis layar hp yang saat ini beredar di pasaran dari berbagai merk hp, mulai dari samsung, oppo, xiaomi, vivo, lenovo, dll.


Jenis layar hp android yang digunakan.


Setiap display yang disematkan pada smartphone mempunyai tipe layar yang berbeda, selain itu mempunyai urutan jenis layar hp terbaik dan terendah dari perkembangan nya.
Jenis lcd hp android


1. Thin Film Transistor LCD Atau TFT LCD. 

 Jika kita kenal berawal dari LCD, layar ini adalah bentuk dari perkembanganya (LCD) yang sudah cukup banyak digunakan perangkat android.

Banyak perbaikan dari sebelumnya, salah satunya sudah mendukung jutaan warna pada setiap pixelnya serta beresolusi tinggi. Varian TFT masih memiliki kekurangan penggunaan daya yang cukup tinggi (Boros baterai). Namun memiliki respon sentuhan yang baik dibandingkan dengan tipe LCD.

Kekurangan yang lainya adalah memiliki sudut pandang yang sempit jika di gunakan di bawah terang matahari, selain itu untuk kekurangan nya dalam segi menampilkan gambar masih belum sempurna.


2. Liquid Crystal Display (LCD).


LCD merupakan penyebutan atau penamaan yang umum digunakan, hal ini mungkin sebenarnya ditujukan pengganti "layar" yang  banyak digunakan di ponsel.

LCD sendiri memiliki kelebihan mampu tampil di bawah terang matahari dengan jelas.

Di jelaskan bahwa LCD terdapat Element Crystall cair yang dapat menghasilkan warna serta dibantu oleh cahaya dari ponsel  pada bagian belakang.

Harga yang ditawarkan pun cukup murah, sehingga layar jenis ini banyak digunakan pada ponsel golongan low end. Selain itu salah satu kekurangannya warna yang dikeluarkan layar LCD tidak terlalu detail dan sudut tampilan yang relatif sempit.

Varian layar ini membutuhkan konsumsi daya yang relatif besar sehingga untuk ponsel yang menggunakan layar ini membutuhkan daya besar untuk kelangsungan layarnya.


3. In Place Switching LCD (IPS LCD) 

Jenis LCD Terus berkembang salah satunya dengan hadirnya kembali IPS LCD yang telah diperbaiki dari versi sebelumnya, yakni dengan sudut pandang yang lebih luas dan banyak digunakan pada ponsel rata-rata.

Selain kualitas yang lebih baik, tipe layar IPS LCD juga jauh lebih irit dalam konsumsi daya yang dibutuhkan dibandingkan dari jenis sebelumnya.
Tipe ini sudah banyak dipakai pada ponsel, Samsung, Lenovo, Xiaomi, Oppo,  Asus, infinix dan masih banyak lagi.

Baca juga Cara cek kerusakan layar hp samsung

4. Organic Light Emitting Diode (OLED). 

Tipe OLED Memang diciptakan lebih unggul dari varian LCD baik dari sisi konsumsi daya dan resolusi sehingga beberapa jenis ponsel yang telah memakai tipe layar ini pada umumnya harganya juga relatif lebih mahal.

OLED tipe layar yang mampu menghasilkan warna yang lebih padat dan kecerahan yang tinggi serta ramah terhadap berbagai jenis kecerahan sinar, baik di bawah terang matahari.

Kelebihan lain-nya adalah flexible dan slim, sehingga layar jenis ini banyak diterapkan beberapa vendor Hp yang memiliki desain tipis.


5. Active Matrix Organic Light Emitting Diode atau Layar AMOLED.


Sering kita lihat pada spesifikasi Hp layar Amoled, namun bagi beberapa orang belum mengetahui persis kelebihan nya.

Ini merupakan teknologi yang menggabungkan antara TFT dan OLED sehingga menjadi AMOLED. Gabungan dari keduanya menghasilkan layar yang memiliki resolusi yang baik dan dinilai irit dalam konsumsi daya.

Tipe layar ini mampu menghasilkan tampilan visual yang tajam dan ramah terhadap mata, selain itu jelas dalam penggunaan di bawah terang matahari.

Secara kualitasnya Lebih unggul dibandingkan dengan beberapa tipe layar diatas, namun sayangnya kebanyakan terpasang pada smartphone flagship yang di bandrol dengan harga relatif mahal.

6. Super AMOLED. 

Layar ini merupakan di kembangkan dari OLED tipe dengan sensor sentuh yang berada di layar sekaligus. Dengan begitu layar AMOLED memiliki desain yang tipis yang dapat digunakan ke beberapa smartphone yang menggunakan desain tipis juga.

Kelebihan hp dengan layar ini yakni memiliki respon sentuhan yang sangat baik, selain itu gambar yang tajam dengan resolusi tampilan yang detail serta konsumsi baterai tidak boros.

Namun kekurangannya juga ada, yakni super AMOLED jika terdapat kerusakan harus melakukan penggantian sepaket antara layar sentuh dan layar sekaligus dengan harga layar cukup mahal.

Baca juga Mengetahui 7 Urutan jenis layar Hp molai kualitas terbaik

7. Retina Display. 

Dikenal dengan layar jenis memiliki piksel yang cukup tinggi dan menghasilkan gambar tajam. Jadi tipe layar retina display merupakan banyak digunakan Apple, yakni layar IPS Dengan pixel yang sangat tinggi.

Nah kelebihanya adalah mata pengguna dapat mendeteksi piksel terpisah pada jarak pandang normal. Kualitas gambarnya sudah tidak diragukan lagi, jernih, detail dan natural namun sayangnya membutuhkan daya yang cukup besar.

Tipe layar ini hanya digunakan pada ponsel Apple, jadi untuk merek lain sejauh ini belum ada yang menggunakanya.

Penutup
Itulah beberapa jenis layar hp android, masing masing tipe layar pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Sekian artikel kami di ime android membahas tentang tipe layar yang di gunakan smartphone, jadi sudah tidak bingung bukan jika menemukan spesifikasi hp samsung, oppo, xiaomi dll yang menyatakan jenis layarnya. Terimakasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel