. Cara mengecek Layar, kerusakan touchscreen dan LCD Hp samsung - IME Android -->

Cara mengecek Layar, kerusakan touchscreen dan LCD Hp samsung

Konten [Tampil]
Cara cek layar LCD samsung - Masih berkaitan dengan melakukan tes atau cek kerusakan pada hp. Jika pada artikel sebelumnya membahas tentang kerusakan hape xiaomi, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara cek layar samsung (touchscreen dan LCD).

Layar sentuh dan LCD menjadi salah satu komponen yang cukup sensitif, dapat dilakukan dengan rawan rusak. Bagi anda yang akan membeli hp bekas atau ingin bisnis jual beli smartphone bekas trik ini cukup penting.

Sedikit menyinggung dunia bisnis, saat ini smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat yang dapat kita sampaikan secara lunak di ibaratkan kebutuhan pokok.

Artinya jika kita sedikit banyak memahami tentang teknis smartphone, cara memperbaiki hardware, software dan lainya maka hal tersebut menjadi potensi kemampuan yang dapat kita giring ke arah bisnis.

Saya kira kita semua sepakat!   Bahwa untuk terjun kedunia bisnis, atau mencari uang internet
atau usaha yang sifatnya fisik maka dalam BAB ilmu sedikit banyak nya harus menguasai.

Analisa terhadap sebuah permasalahan / Kerusakan ponsel adalah suatu kebutuhan. Apalagi jika anda memiliki ketertarikan pada dunia smartphone dan menginginkan menjadi teknisi hp, cara cek LCD dan touchscreen sudah seharusnya di luar kepala.
Cara cek layar samsung

Cek Layar Samsung Touchscreen dan LCD Samsung

Layar sentuh dan LCD itu berbeda, jika touchscreen adalah hardware yang bersinggungan langsung dengan jari dan menerima instruksi melalui sentuhan maka LCD (Liquid Cristal Display)  sendiri berfungsi sebagai menampilkan apa yang telah di instruksikan oleh user melalui sentuhan.

Jenis Layar atau LCD Pada samsung. 

Mengenal sedikit tentang lcd hp samsung, mungkin pernah membaca tipe layar IPS pada smartphone samsung biasanya menggunakan tipe tersebut atau kepanjangannya In Place Switching yang secara kualitas memiliki grade lebih lebih tinggi dari TFT.

Contoh hp samsung yang menggunakan LCD type IPS seperti samsung galaxy young 2,Galaxy V, V2, SAMSUNG galaxy J1, J2, J3 dan masih banyak lagi.

Namun pada hp samsung dengan harga yang menengah sudah tidak menggunakan tipe layar IPS. Karena memiliki harga hp lebih mahal maka kualitas layar yang diberikan juga menggunakan lebih bagus lagi (Amoled), sebut saja samsung J7, Samsung S6, samsung S7, Samsung S8, Samsung Note 8 dan masih banyak lagi.

Baca juga

Cara cek LCD Samsung secara visual. 


Mengecek LCD atau layar pada hp samsung yang pertama dapat dengan cara cek visual, dalam hal ini sangat bergantung pada ketelitian anda bagaimana cara ceknya?

Yang pertama matikan hp samsung anda, kemudian nyalakan kembali pada saat startup atau booting perhatikan setiap sudut LCD. Jika terdapat spot atau warna yang tidak sesuai maka kemungkinan sudah rusak (Meskipun tidak berpengaruh terhadap fungsi).
Cara test lcd hp samsung

Perhatikan setiap tepi layar, atau bagian tengah maupun seluruh area LCD. Jika terdapat warna yang kontras maka salah satu indikasi bahwa screen tersebut sudah rusak.

Layar pada hp bisa saja terdapat spot putih, atau spot hitam yang kecil dalam hal ini kita harus jelih untuk memeriksanya.

Itulah cara memeriksa kondisi LCD yang perlu anda lakukan secara visual
 Hal ini akan memerlukan ketelitian, untuk itu pastikan memeriksanya dengan baik.

Cek LCD  Samsung (Layar ) Menggunakan kode rahasia. 

Sudah pernah saya bahas sebelumnya terkait dengan kode rahasia samsung
, fungsinya bukan hanya untuk cek kondisi layar saja ,namun banyak sekali fungsinya termasuk mengetahui hardware.

seperti kesehatan baterai, kamera, microphone dan lain sebagainya. Selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara cek kondisi LCD hp menggunakan kode rahasia?  Berikut caranya.

Pertama silahkan ketik kode *# 0*# pada dial nomor di hp anda, maka akan secara otomatis muncul beberapa menu seperti dibawah.
Cara test Layar hp samsung
Kemudian akan muncul beberapa tombol /menu seperti Red, Green, Blue dan masih banyak lagi.

Jika memilih salah satu menu warna maka anda dapat melihat seluruh layar hp anda menjadi dalam mode satu warna,tentu akan menjadi mudah untuk deteksi kerusakan layar atau terjadi spot yang tidak normal.

Kemudian bagaimana cara cek Touchscreen atau layar sentuh. 


Nah, berbeda antara layar sentuh dengan LCD suatu bagian yang berbeda, Tingkat sensitifitas pada hp yang bersinggungan langsung dengan jari atau perintah itu sendiri adalah bagian touchscreen.

Kemudian untuk cek kondisi layar sentuh hp samsung anda dapat menggunakan tombol rahasia seperti di atas, setelah muncul muncul menu seperti diatas lanjutkan pilih "touch".

Lanjutkan dengan buat pola sesuai dengan draft yang sudah ada hingga terisi warna yang telah di tentukan, seperti gambar di bawah.
Test layar sentuh menggunakan kode rahasia

Demikian trik cek kerusakan LCD atau layar pada hp samsung, dengan mengerti cara mengeceknya maka kita dapat lebih hati hati jika akan membeli hp bekas.

Bukan hanya itu saja hal ini juga dapat menjadi pengetahuan jika anda akan bisnis jual beli hp. Sekian artikel saya kali ini semoga berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel