. 8 Penyebab Touchscreen Error Dan Cara mengatasinya. - IME Android -->

8 Penyebab Touchscreen Error Dan Cara mengatasinya.

Konten [Tampil]

Penyebab touchscreen Error - Layar sentuh macet?

Kerusakan pada layar memang cukup bikin kita sebel bukan,..? Layar pada hp tidak dapat merespon sentuhan atau Instruksi.Cara mengatasi layar eror atau rusak salah satunya adalah dengan melakukan ganti baru, ini paling manjur. :D.

Tapi apa harus langsung ganti baru ?? Nah ini yang akan kita bahas disini, penyebab touchscreen error , serta cara mengatasinya tanpa harus langsung ganti layar baru.

Berkembangnya teknologi saat ini, hampir semua kegiatan mengandalkan smartphone. Banyak orang yang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi memanfaatkan untuk menghasilkan uang,  media belajar, transaksi dan masih banyak lagi. 

Banyaknya merk smartphone dari generasi ke generasi, mulai dari model keypad sampai yang sekarang menjadi touchscreen . 


Tetapi salah pada penggunaan akan mengakibatkan touchscreen error. Apa saja sih penyebabnya,..

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan penyebab touchscreen error.

Ada beberapa penyebab layar menjadi telat merespon, layar bergerak sendiri atau tiba-tiba keluar. Itu salah satu yang dapat membuat kamu kesal. Kok bisa gitu ? yuk simak penjelasan berikut ini:


Cara mengatasi dan Penyebab Layar Sentuh Error.

yang menyebkan layar hp eror

1. Terjatuh

Pasti kalian pernah mengalami smartphone terjatuh kan ? 

Ini menjadi penyebab yang paling sering  terjadi yang dapat membuat touchscreen error, entah itu karena kelalaian pengguna ataupun jatuh secara tidak sengaja. Kenapa terjatuh bisa menyebabkan hank ?  karena jatuhnya smartphone pertama kali mengenai bagian layarnya.  

Jika kerusakan nampak fisik atau terdapat keretakan pada layar hp anda, mungkin tidak akan bingung permasalahanya adalah layar sentuh tidak merespon ketika meskipun masih utuh.Inilah salah satu penyebab touchscreen yang tidak berfungsi. 


2. Terkena Air

Smartphone layar sentuh ini jika terendam air akan mengalami rusak karena tidak tahan terhadap air.Tetapi tidak dipungkiri bahwa terdapat beberapa ponsel yang yang di bekali dengan IP68 atau water resistant yakni ponsel yang mampu bertahan terhadap air dengan kedalaman maks 1.5m.

Penyebab layar sentuh macet yang kedua ini pastinya hanya berlaku untuk ponsel yang belum dibekali oleh teknologi Ip68. 

Salah satu ciri layar error yang disebabkan oleh air, namun hanya bagian luar saja / tidak sampai rusak biasanya :

  • Touchscreen eror gerak sendiri tanpa disentuh. 
  • Tidak merespon ketika di sentuh pada layar hp. 
  • Tidak presisi / tidak sesuai dengan yang di sentuh. 

3. Baterai Rusak

Jika baterai smartphone kamu rusak itu akan mengganggu kinerja hp kamu tidak maksimal, tidak hanya itu, rusaknya baterai juga akan membuat layar  bergerak dengan sendirinya.

4.Tidak Bisa Merawat Dengan Baik

Memang kebanyakan orang itu tidak bisa lepas dari benda yang satu ini (Hp android) . Kemana-mana harus dibawa, contohnya ketika kamu sedang makan pastinya smartphone ada  di sampingnya. 

Boleh kamu letakkan di samping kamu, tetapi setelah kamu makan gorengan atau yang berminyak kamu jangan langsung menyentuh layarnya meskipun kamu bisa membersihkan dengan lap seadanya. 

Itu dapat merusak layar walaupun tidak secara langsung. Alangkah baiknya kamu gunakan kain microfiber untuk membersihkan debu dan noda yang menempel.

Layar hp cukup sensitif terhadap kotoran, baik debu, minyak yang dapat menyebabkan layar error. 


5. Tergores

Tidak bisa merawat dengan baik otomatis akan membuat smartphone kamu banyak menimbulkan goresan baik yang disengaja maupun tidak. Kamu bisa meminimalisir penyebab yang satu ini dengan memasang anti gores pada smartphone kamu.

Aksesoris hp murah namun sangat bermanfaat melindungi touchscreen terhadap goresan langsung dari benda tajam ini terkadang kita sepelekan. Mungkin ini tidak berlaku jika hp yang anda gunakan sudah memiliki proteksi corning Gorilla glass. 


6. Cara Penggunaan

Cara penggunaan yang tidak tepat juga dapat membuat touchscreen error, hentikan kebiasaan kamu menekan secara berlebihan menggunakan kuku. Penyebab layar sentuh tidak bekerja dengan baik diantaranya yakni dari penggunaan si pemakai. Terkadang ketika hp di gunakan main game, di tekan dengan sekuat mungkin tanpa sadar di lakukan hal ini berpotensi kerusakan. 

7. Retak

Jika layar smartphone anda retak jangan dibiarkan begitu saja itu dapat membuat layar pecah karena terbentur benda keras ataupun terjatuh. Rusaknya layar dapat mengakibatkan kinerja layar yang berakibat fatal.

Meskipun ada beberapa kondisi layar sentuh retak dan masih berfungsi dengan baik tetapi hal ini tidak dapat di sepelekan. Seperti contoh touchscreen hp xiaomi error, setelah diperiksa ternyata di salah satu sisi terdapat retakan sehingga ada beberapa area yang tidak merespon ketika disentuh.


8. Diletakkan di mana saja. 

Jangan meletakkan smartphone di atas barang yang memiliki medan magnet seperti TV, radio, kulkas atau perangkat elektronik yang lain. Medan magnet dapat berpengaruh merusak layar. 

Bukan hanya layar saja yang dapat mengalami kerusakan, tetapi dapat berpotensi mengalami kerusakan yang cukup fatal. 
Baca juga Mengetahui 7 Urutan jenis layar Hp molai kualitas terbaik

Cara mengatasi layar sentuh error pada Hp.


Itulah beberapa point tentang penyebab yang layar sentuh eror, namun disisi lain jika error nya parah maka kita harus memperbaikinya.Cara memperbaiki layar sentuh.dan berikut tips mengatasi touchscreen yang rusak. 

Mengatasi touchscreen yang bergerak sendiri, tidak berfungsi sama sekali dan lain sebagainya maka sebelum dibawa ke tempat service dapat gunakan cara di bawah :
  • Bersihkan layar menggunakan micro fiber dan pastikan tidak ada kandungan air pada layar.
  • Buka baterai jika bukan menggunakan baterai tanam lalu diamkan beberapa menit dan nyalakan kembali. 
  • Factory reset atau hard reset ponsel jika kemungkinan kerusakan terdapat pada software / sehingga mempengaruhi terhadap respon tidak akurat. 
  • Flashing atau melakukan flash ulang pada ponsel. Nah cara ini dan cara diatas tentu di peruntukan untuk ponsel yang secara fisik belum retak atau pecah. 
  • Ganti touchscreen, jika sudah dapat dipastikan bahwa kerusakan terdapat pada layar yang retak dll, maka tidak ada pilihan lain kecuali ganti layar hp baru. 
Baca juga Cara mematikan paksa hp baterai tanam.

Itulah penyebab touchscreen error sehingga membuat kinerja tidak berfungsi dengan baik. Untuk menjaga agar layar smartphone kamu hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk diatas ya….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel