Cara mematikan paksa Hp baterai tanam yang Lag / Bootloop

Cara mematikan paksa Hp baterai tanam yang Lag / Bootloop
Hp. Baterai tanam sulit di matikan

Mematikan paksa Hp yang Lag / Bootloop dengan baterai Tanam

IME android - Masa iya gak bisa di matikan hp yang menggunakan baterai tanam jika dalam kondisi lag !!  Ini di masalah yang akan muncul ketika smartphone kita menggunakan baterai dengan tipe non removable yakni cukup repot untuk melakukan restart jika hp kita sedang lag atau bootloop. 

Salah satu kesulitan tersendiri untuk smartphone non removable untuk melakukan restart atau shutdown ketika hp dalam kondisi bootloop atau lag. Jika hp yang menggunakan tipe removable caranya mungkin mudah hanya membuka cover belakang dan copt baterai maka sudah dapat di pastikan paksa hp mati. 


Saya gak tau bagaimana menceritakan hal ini, meskipun artikel saya bermaksud menceritakan atau menginformasikan bagaimana mematikan hp dengan baterai tanam. Jika hp dalam kondisi normal mungkin anda tinggal menekan tombol power maka sudah bisa mati, namun permasalahnya kalau hp dalam kondisi bootloop. Pastinya anda tau apa yang saya maksud bukan??  Yaitu cara mematikan paksa hp yang menggunakan baterai tanam yang secara pastinya tidak dapat dengan cara melepas baterai itu sendiri, meskipun bisa itu repot. 



Cara mematikan hp yang baterainya tidak bisa di lepas. 

Disini tidak spesifik untuk hp samsung atau xiaomi, tetapi secara umum ini yang di lakukan untuk smartphone yang menggunakan baterai tanam.Kita tau bahwa sebelum melakukan flash perlu masuk ke fastboot, recovery mode, tetapi untuk masuk kesana kita harus bisa melakukan restart terlebih dulu hp yang mentok logo. 


Cara pertama Tekan tombol power dan volume down 
Mari kita coba mematikan hp yang bootloop atau lag dengan cara pertama yaitu memanfaatkan tombol kombinasi. Jika pada smartphone menggunakan baterai non removable kita dapat memaksa matikan dengan cara mencopot baterai ketika hang atau stuck logo namun pada hp yang menggunakan baterai tanam sedikit repot. 

Biasanya secara fungsi menekan tombol kombinasi "Tombol power dan Volume down"  secara bersamaan memiliki fungsi untuk mengambil tangkapan layar atau screen shoot akan tetapi jika di tekan dan tahan beberpa detik ini akan melakukan restart. 
Cara shutdown paksa hp bootloop yang menggunakan baterai tanam yang pertama yaitu kesimpulanya dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan dan tahan hingga berapa detik, setelah muncul opsi restart / matikan maka di lanjutkan pilih matikan. 

Cara kedua menekan tombol Power, Volume up dan Volume Down 
Opsi yang kedua masih menggunakan tombol kombinasi, jika pada merek tertentu menggunakan opsi tombol power dan volume down dapat bekerja namun pada beberapa kasus pada merek hp yang berbeda tidak dapat berfungsi. Nah pilihan kedua untuk memakasa matikan hp yang lag dengan menggunakan bateria tanam yang kedua yaitu menggunakan tombol kombinasi "Power +volume up + volume down"  tekan ketiga tombol tersebut. 
Caranya, tekan dan tahan ketiga tombol secara bersamaan hingga berapa detik dan muncul notifikasi, kemudian silahkan pilih restart  atau matikan. 

Cara ketiga Tunggu hingga baterai habis
Apabila menggunakan cara diatas tidak work maka pada opsi ketiga ini memiliki cara yang sedikit konyol namun pasti, yakni menunggu baterai habis dengan daya pada baterai habis maka sudah dapat di pastikan smartphone anda mati sendiri. Setelah itu silahkan anda charge lagi dan nyalakan kembali untuk dapat melanjutkan proses selanjutnya, entah mau flashing, atau melakukan factory reset. Wipe data and factory reset pada hp yang bootloop adalah salah satu metode memperbaiki hp bootloop yang paling mudah dan ampuh, apapun merek hp tersebut maka dengan cepat dan mudah bisa kembali normal. 

Lihat petunjuk di buku panduan

Jika memungkinkan anda dapat melihat buku panduan yang di dapat ketika pembelian hp tersebut. Biasanya pada manual book terdapat beberapa cara menggunakan dan petunjuk mematikan hp yang anda miliki. Bisa saja model hp. Yang anda gunakan berbeda dalam menangani yang lag atau bootloop sialhkan cari beberpa petunujuk menanganinya,tetapi jika disana tidak ada informasi tersebut ada cara terahir yang dapat anda tempuh sebagai berikut. 


Cara keempat dengan copot baterai.
Jika sudah melakukan beberpa cara diatas tidak berhasil maka ini salah satu cara yang dapat di artikan menjadi cara terahir yaitu  dengan membongkar baterai dan mencopotnya. Memang memerlukan teknik khusus untuk dapat membuka cover bagian belakang baterai tanam, untuk itu saya sarankan anda membaca teknik membokar casing hp yang menggunakan tipe baterai non removable. 
Baca:

Penutup:
Sekian artikel saya tentang cara mematikan paksa hp bootloop yang menggunakan baterai tanam, semoga bermanfaat. 

Share This :