. Penyebab dan Cara memperbaiki Baterai Hp Tidak mau Di Cas - IME Android -->

Penyebab dan Cara memperbaiki Baterai Hp Tidak mau Di Cas

Konten [Tampil]
Hp Tidak Bisa cas - Penyebab dan cara mengatasi baterai hp tidak bisa di charge, Mengalami masalah ponsel di cas tidak mau terisi atau tidak masuk? Hal ini cukup beragam penyebabnya sehingga perlu dilakukan beberapa penangan. 

Cara memperbaiki baterai smartphone tidak bisa di cas itu sendiri tidak dapat dilakukan perbaikan secara langsung terhadap baterainya. 

Jika sudah rusak pada bagian baterai maka tidak ada cara lain selain mengganti baterai. 

Apalagi bila terjadi pada baterai tanam, daya nya habis namun tidak bisa mengisi ketika di charge.

.. pastinya membingungkan. Berbeda pada hp dengan tipe baterai removable kita dapat melakukan pengujian baterai dengan mudah. 

Namun tidak pada smartphone yang menggunakan baterai tanam, pengguna harus tau cara membuka baterai tanam dengan benar untuk menguji dengan mengganti baterai lain.

Sedikit tips bagi anda pengguna smartphone yakni jangan membiarkan daya pada gawai anda sampai benar benar habis. Biasakan melakukan charging setelah daya pada baterai minimal 10%, dikhawatirkan baterai habis tidak bisa di cas, bingung kan?. 

Cara mengatasi hp tidak mau ngisi ketika di cas
Baca juga: Cara mengecek Kesehatan Baterai dan kapasitasnya di Ponsel Oppo

Cara mengatasi Baterai atau Hp Di Cas tidak masuk.


Cara mengisi baterai hp yang kosong pada hp yang bukan baterai tanam mungkin bisa menggunakan bantuan casan desktop untuk memancing arus pada baterai. 

Penyebab hp di cas tidak mengisi cukup beragam, hal ini tidak bisa kita katakan secara spontan bahwa hal tersebut terjadi karena kerusakan baterai. 

Cara menghidupkan baterai hp yang mati total

hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati memang sedikit merepotkan jika hp anda menggunakan baterai tanam atau non removable, namun apa mau di kata suka atau tidak ya harus dicoba.

Baca juga: 2 Terbaik!! Cara kalibrasi baterai hp android manual

Penyebab dan cara  memperbaikinya hp tidak mau dicas


Jika bicara penyebabnya tentunya ini komplek, banyak kemungkinan penyebab yang dapat menjadi sumber ketidaknormalan pada smartphone dalam hal ini adalah baterai. 

# Pertama cek Port mini USB charge pada Smartphone anda. 

Kemungkinan pertama adalah port usb  sudah rusak, soket penghubung kabel data tidak bisa bekerja mengalirkan arus ke perangkat.

Pertama yang perlu anda lakukan adalah cek pada bagian port, jika pada bagian port USB mengalami tekukan atau melenceng, coba gunakan lidi atau tusuk gigi dan naikan sedikit dan lakukan dengan hati hati. 

Apabila port dalam kondisi normal-normal saja maka tidak lupa juga memeriksa kebersihan port USB cas tersebut. 

Pastikan micro USB charge pada smartphone bersih dari kotoran, aliran listrik yang masuk mengisi baterai dikhawatirkan terhambat karena kotor. 

Anda dapat membersihkan kotoran tersebut menggunakan jarum dan lakukan dengan hati hati. 

Baca juga: Mengatasi baterai cepat panas dan boros tanpa ribet caranya

#Kabel data dan adaptor charger sudah tidak normal. 

Jangan heran jika hp di cas tidak mengisi, kita pusing memikirkan segala macam kerusakan, kamu cek dulu kabel data.

Pada smartphone umumnya menggunakan adaptor dan kabel data yang dapat dipisah, artinya tidak dalam satu kesatuan. 

Jangan berpikir ke penyebab lain terlebih dahulu, anda bisa mulai dengan memeriksa kabelnya.

Terkadang perlakuan terhadap kabel yang ditekuk membuat serabut kabel di dalamnya terputus, sehingga aliran listrik yang akan mensuplai ke baterai menjadi terhambat atau tidak sampai. 

Tidak perlu repot mengecek satu persatu menggunakan multitester pada aliran kabel tersebut,  bisa mencoba mengganti kabel data lain sebagai pengetesan. 

Setelah melakukan cek pada kabel masih juga belum selesai atau teratasi,   kamu juga perlu cek kondisi adaptor charger.

Kerusakan komponen pada adaptor ini memang terkadang tidak ada indikator apapun, pasalnya hampir sebagian besar adaptor smartphone tidak dilengkapi dengan indikator atau lampu sebagai tanda pengisian berlangsung. 

Salah satu cara mengatasi hp yang tidak bisa ngecas bisa coba dengan menggunakan adaptor charge smartphone lain. Jika berhasil sudah dapat dipastikan anda membutuhkan adaptor cas baru. 

Tentu tidak mau kehabisan ide, silahkan split beberapa kabel data dan adaptor charge, pastikan keduanya dapat bekerja pada smartphone lain untuk memastikannya.

Baca juga: 2 Tips merawat baterai smartphone awet [Baterai hp tidak cepat rusak]

#Cek kesehatan baterai hp dan lakukan penggantian. 

Saya kira anda sepakat jika ini adalah salah satu kemungkinan yang cukup menyebalkan!  

Tetapi hal ini bukan tidak mungkin, pastinya kerusakan baterai pada perangkat bisa saja terjadi, apalagi jika secara perlakuan dan penggunaan hp sering dibiarkan baterai habis 0%.

Ditambah beberapa kemungkinan terjadi mengenai lifetime baterai atau masa pakai yang relatif sudah lama, kerusakan baterai pada smartphone dapat cek sebelum mengganti. 

Memang repot jika Ponsel anda menggunakan baterai tanam, untuk membukanya di perlukan cara khusus. 

Cara membuka baterai tanam memang tidak semudah membuka baterai pada smartphone yang menggunakan tipe removable.

Sebagai pengguna yang baik seharusnya anda sudah tau beberapa ciri ciri baterai sudah tidak sehat.

Apabila ada beberapa indikasi baterai ponsel sudah rusak, maka saat ini lah salah satu jawabanya, baterai tidak dapat di cas karena baterai rusak. Apa perlu melakukan cek baterainya secara mendetail?? 

Baca juga Ciri ciri baterai tanam bocor.

Jika telah menemukan masalah yang terjadi terdapat pada kerusakan baterai maka tidak ada pilihan lain kecuali mengganti, selama ini banyak beredar di internet tentang cara mengatasi baterai melembung dengan cara dimasukkan ke freezer "That's not true", yang benar adalah dengan cara mengganti yang baru!!  

Dan pastikan menggunakan baterai asli.
Seiring dengan beredarnya produk KW maka pastikan kita membeli produk asli, ciri ciri baterai samsung original sudah pernah saya post.

#Kerusakan komponen IC Supply. 

Pada smartphone terdapat komponen penting di dalamnya yang salah satunya adalah sebagai menjalankan fungsi mengatur pengisian daya pada gawai. 

IC atau komponen tersebut memiliki fungsi sangat vital, namun apa yang terjadi jika IC tersebut sudah tidak dapat bekerja dengan baik?? 

Ponsel tidak dapat di charge!!.. Ya itulah kemungkinan yang terjadi, untuk permasalahan yang satu ini pastinya tidak dapat kita atasi sendiri, anda dapat mengunjungi service center sesuai merek Smartphone anda, samsung, oppo, xiaomi, asus, SONY, Lenovo, apapun itu pastikan mengganti dengan part asli. 


#Tips menghindari kerusakan hp tidak bisa di charge. 

Ini adalah tentang perilaku dan perlakuan terhadap smartphone, tetap saja menyebalkan jika hp tidak bisa di cas terlebih lagi jika perangkat cuma satu satunya.. Hmmm ok!!  Berikut beberapa trik agar baterai menjadi awet dan menekan potensi kerusakan terhadap baterai. 

Selalu menggunakan charger original atau asli bawaan paket pembelian Smartphone, mengapa??  Daya yang dihasilkan pada casan asli sudah di sesuaikan antara arus output dan input sesuai dengan kapasitas hp anda. 

Tidak hanya itu saja meskipun menggunakan tipe charger micro USB yang sama namun terkadang kabel data abal abal mudah menyebabkan kerusakan port charger sehingga rentan terhadap potensi hp tidak dapat di cas. 

Tidak mengoperasikan perangkat ponsel ketika kondisi di cas adalah salah satu etika yang baik dan menekan terjadi kerusakan komponen dari baterai.

Arus yang masuk dan seharusnya tersimpan secara umum tidak menjadi rekomendasi sambil digunakan, alasan berbahaya juga bisa menjadi alasan utama hal tersebut. 

Matikan smartphone saat di cas sebuah hal yang dapat dikatakan wajib jika anda ingin memiliki hp dan baterai awet, perlakuan seperti ini adalah standar safety yang seharusnya kita sebagai pengguna mengetahui. 

Charging dan sambil dioperasikan dapat menyebabkan panas berlebih pada baterai, sehingga proses pengecasan baterai tidak dapat optimal. 

Baca Juga: Tips Merawat baterai Ponsel agar tidak cepat rusak

#Control kesehatan baterai hp anda!!

Cuek dengan kondisi kesehatan baterai namun jika sudah mengalami tidak dapat di cas pusing juga, salah satu tips yang akan saya bagikan melakukan control kondisi baterai dengan cara di kalibrasi. 

Kalibrasi adalah mengukur kapasitas dan kesehatan daya tampung baterai pada hp anda, sebelum beranjak ke kalibrasi anda dapat mengecek suhu, kesehatan baterai menggunakan aplikasi yang dapat anda download di playstore. 
Cara mengecek kesehatan baterai menggunakam aplikasi
Anda dapat menggunakan aplikasi CPU-Z Untuk melihat kesehatan dan suhu baterai hp anda,anggap saja ini alat kontrol yang sederhana namun cukup penting.Kemudian bagaimana dengan kalibrasi baterai hp!? 

Ok ok!!  Mari kita lanjutkan cara kalibrasi baterai, pada sistem smartphone android memiliki kemampuan untuk mengetahui kapasitas baterai dan mengukur persentase aktual. 

Apabila fitur tersebut eror atau menampilkan info yang salah maka anda bisa memulai kalibrasi baterai. Sebelum langkah kalibrasi maka pastikan baterai anda tidak melembung, bocor,dll. 


Cara kalibrasi baterai smartphone. 

  • Yang pertama anda lakukan adalah baterai pada kondisi sudah cas penuh dalam kondisi menyala, selanjutnya mematikan smartphone anda. 
  • Langkah berikutnya silahkan charge lagi hp anda hingga penuh 100%, apabila pada hp memiliki lampu indikator, maka lampu LED tersebut berwarna hijau. 
  • Kemudian hidupkan kembali gadget anda dan cas hingga 100% lagi, selanjutnya habiskan bayeri dengan menggunakan apapun yang sekiranya baterai menjadi cepat habis hingga 0% sampai benar2 kosong dan mati sendiri. 
  • Selanjutnya silahkan cek kembali smartphone anda dalam kondisi mati, hingga 100%,jika sudah penuh benar2 100% maka cabut dan nyalakan kembali hp anda, selesai. 

Mudah bukan cara kalibrasi baterai Hp, namun perlu digaris bawahi hal ini tidak boleh dilakukan secara sering karena dapat menyebabkan memperpendek usia baterai ponsel anda. 

Bahkan jika baterai ponsel anda sudah tidak normal bisa saja terjadi tidak dapat di cas lagi, ini lah kasus yang sedang kita bahas!!  Hp tidak dapat di charge salah satunya adalah bisa saja disebabkan karena keseringan kehabisan baterai hingga 0%!!

Baca juga: Cara mematikan paksa pada hp baterai tanam yang lag.

Jika ini yang menjadi penyebab baterai tidak dapat di cas biasanya dengan cara melakukan pengecasan menggunakan charger yang memiliki daya tinggi,atau bisa menggunakan charger kodok. 
Nah demikian artikel saya kali ini tentang cara memperbaiki hp yang tidak bisa di charge, semoga membantu dan bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel