. Mengatasi baterai hp boros sering drop [Semua Tipe Hp] - IME Android -->

Mengatasi baterai hp boros sering drop [Semua Tipe Hp]

Konten [Tampil]
Baterai boros dan cepat panas,- Pengguna smartphone hampir seluruh lapisan masyarakat sudah menggunakanya,tapi hampir 70% dari kita belum tau cara mengatasi hp cepat panas. 

Jangan bilang wajar.. Hal ini bukan suatu bab kejadian normal jika hp cepat panas.

Power bank merupakan jawaban bagi anda yang mengalami krisis daya atau baterai cepat habis.

Tetapi saya yakin, kalian yang memiliki smartphone kondisi baterainya sudah tidak normal, meskipun memiliki power bank tetap saja tidak nyaman.

Karena Baterai merupakan komponen vital yang berguna untuk kelangsungan hidup dari hp itu sendiri. Bisa di bayangkan bukan jika hp keren tanpa baterai??

Lalu bagaimana cara mengatasi baterai hp boros, cepat panas,sering drop?

Baterai cepat panas

Ponsel cepat panas atau bisa kita katakan suhu pada hp mudah meningkat, hal ini bukan berarti tanpa sebab.

Artinya sebelum kita beranjak pada solusi, sebaiknya kita sudah paham atau mengerti penyebab hp  overheat.

Kejadian seperti ini cukup sering terjadi pada smartphone yang tidak normal, atau yang memiliki gangguan apapun jenisnya,,

Namun gejala tersebut ada yang bersifat berbahaya dan ada juga yang tidak, contoh penyebab panas yang berbahaya yakni dikarenakan oleh kerusakan pada komponen baterai yang berpotensi melembung dan meledak.

Baca juga : Tips Merawat baterai hp agar awet tidak cepat rusak

Penyebab, cara mengatasi hp cepat panas dan baterai boros 


Sebagai pengguna maka kita juga harus cerdas menganalisa baterai sering drop, tidak serta merta langsung memvonis begitu saja melainkan kita harus koreksi.

Saya kira tidak ada cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop, jika anda pernah mendengar atau membaca cara mengatasi baterai ngedrop dan di anjurkan untuk dimasukkan ke freezer kulkas, saya rasa ini tidak benar.

Karena penasaran saya juga melakukan hal tersebut untuk mengecek kebenaran.

Baterai tanam maupun baterai removable merupakan komponen smartphone yang sangat penting untuk kelangsungan, sehingga kehidupan hp sangat bergantung terhadap daya yang tertampung pada baterai.

Permasalahan ponsel pada baterai memang sangat beragam, sehingga kita juga tidak perlu heran jika terjadi baterai cepat penuh dan cepat habis, atau baterai cepat habis padahal tidak dipakai.

Bahkan kasus yang berbeda seperti baterai hp cepat habis padahal masih baru, memang hal ini bukan / tidak bisa menjadi jaminan apalagi jika menggunakan baterai palsu, maka disarankan untuk penggantian gunakan baterai original.

Penyebab suhu meningkat dan baterai ngedrop .


Sadar atau tidak sadar setiap hp di bekali dengan tampungan daya dan kapasitas yang berbeda beda, terlebih lagi berbeda merek ponsel. Setiap kapasitas akan mempengaruhi terhadap masa pakai atau masa hidup dari ponsel tergantung sesuai daya tampung-nya.

Kondisi abnormal yakni jika daya tampung besar namun masa pakainya hanya sebentar, itu bisa terjadi disebabkan oleh kerusakan sel.

Beberapa penyebab baterai drop. . 

  • Banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, sehingga membutuhkan daya atau energi cukup tinggi. Artinya semakin banyak aplikasi maka hp menjadi semakin berat dan baterai cepat habis, jika penasaran silahkan uji coba. 
  • Pencahayaan layar terlalu terang (Brightness) hal ini akan membuat hp menjadi boros, selain cahaya juga widget yang terlalu banyak.
  • Penggunaan yang berlebihan dengan pemakaian aplikasi aplikasi berat, game online, game offline dan lain sebagainya. Cara membuat baterai hp awet kembali salah satunya adalah dengan melakukan seleksi aplikasi yang dianggap membutuhkan daya tinggi. 
  • Kondisi baterai sudah tidak normal sehingga arus yang masuk dan keluar menjadi tidak stabil.
  • Sinyal di area anda tinggal buruk, sehingga aplikasi yang membutuhkan koneksi internet akan melakukan ping dan sistem bekerja cukup berat. 
  • Aplikasi /fitur pada smartphone yang selalu menyala, seperti bluetooth, wifi, gps atau aplikasi yang berjalan di balik layar. 
  • Baterai hp yang sudah rusak, atau melembung sehingga sudah tidak normal untuk menyimpan dan distribusinya. 

Cara mengatasi baterai hp boros

  • Sesuaikan pencahayaan layar ponsel anda, pastikan tidak berlebihan supaya konsumsi daya tidak boros. 
  • Tidak membiarkan aplikasi yang terhubung dengan internet terlalu banyak, gunakan dengan bijak. 
  • Matikan fitur GPS, wifi, Hotspot, Bluetooth jika tidak dibutuhkan atau digunakan. 
  • Tidak menggunakan vibra terlalu banyak, mematikan vibrasi ketika mengetik, menerima telepon, menerima pesan, gunakan hanya ketika berdering untuk panggilan saja. 
  • Pastikan tidak menggunakan wallpaper animasi yang aktif. 
  • Memanfaatkan fitur saving mode pada hp anda sehingga sistem akan mengatur penggunaan baterai menjadi lebih irit. 


Apa hubunganya dengan baterai hp yang cepat panas?

Berbeda dengan baterai yang boros dan cepat panas disebabkan oleh baterai yang sudah rusak, untuk cara memperbaiki baterai hp yang bocor sendiri saya tidak yakin dengan menggunakan trik yang tidak ilmiyah.

Cara mengatasi baterai hp bocor yang paling aman adalah dengan menggantinya dengan baterai original, saya tidak merekomendasikan mengganti baterai palsu.

Mungkin akan sedikit kesulitan dengan mengenali ciri ciri baterai tanam bocor karena sudah dapat dipastikan kita tidak dapat dengan mudah membuka dan menutupnya.

Bukan hanya baterai saja yang menggunakan original namun dalam hal ini sangat vital yang berkaitan dengan daya sehingga faktor charger juga perlu di perhatikan dengan menggunakan charger asli. 

Jangan heran waktu pengisian baterai menggunakan charger palsu kadang lebih cepat penuh namun cepat habis pula, bahkan yang sering kita jumpai adalah charger palsu mengisi baterai lebih lama. 

Selain itu dampak yang dapat ditimbulkan dengan menggunakan charger abal abal yakni dapat merusak baterai yang ada pada smartphone karena spesifikasi suplai tidak standar. 

Bagaimana cara mengatasi baterai yang cepat panas dan boros? 


Ini cukup penting sebagai solusi mengatasi baterai cepat habis yang paling mudah, namun sebelum melakukan hal ini saya harap.anda sudah memastikan kondisi baterai hp anda dalam kondisi normal atau sehat.

Tips sederhana mengatasi baterai panas dan boros. 


Cara yang pertama saya anggap apabila baterai sudah rusak, sering ngedrop, cepat habis bahkan cepat penuh ketika diisi maka yang perlu dilakukan adalah dengan mengganti.

1. Ganti baterai!! Selain mempertimbangkan dari kualitas yang sudah kurang baik hal ini juga mempertimbangkan keselamatan.

2. Unistall aplikasi yang tidak terpakai dan menggunakan /memakan daya cukup tinggi, audit aplikasi aplikasi terinstall sekarang juga.

Anda dapat melihat aplikasi - aplikasi hp yang mengkonsumsi daya tinggi dengan cara "Menu" >> "Setting" >>"Baterai dan performa" nah kemudian pad tab Apl kita dapat melihat persentase konsumsi baterai dari masing masingnya.

3. Nonaktifkan sinyal atau manfaatkan mode terbang di area yang memiliki bukan dari jangkauan sinyal provider yang anda gunakan. Dengan kondisi tidak ada sinyal dan paket data aktif maka aplikasi yang membutuhkan koneksi internet akan terus melakukan ping ke server.

Dengan begitu akan berdampak suhu baterai akan meningkat karena kerja di sistem dan hardware cukup keras

4. Gunakan aplikasi CPU-Z untuk memeriksa suhu baterai, lakukan hal ini sebelum dan sesudah uninstall Aplikasi game, aplikasi sosial media yang berlebihan.

Maka disini perlu di garis bawahi untuk menghindari terjadi kenaikan suhu baterai adalah dengan selalu bijak menginstall aplikasi.

Gampang panas,, Apa hp anda terkena virus?? 

Ini merupakan salah satu ciri-ciri hp kena virus yakni salah satunya cepat panas dan baterai menjadi boros.

.. karena virus yang ada pada hp anda akan memaksa smartphone bekerja melakukan perintah yang diinginkan si virus tersebut.

Misalkan menampilkan iklan pop up, selain itu beban smartphone memberat sehingga mudah mengalami kenaikan suhu baterai. Apabila diperlukan install anti virus untuk proteksi hp anda.

Baca juga : Ciri ciri baterai tanam bocor


Hp menjadi mudah panas setelah root,.! 

Meskipun saya banyak juga berbagi tentang cara root hp, namun dalam hal ini saya tidak menganjurkan root karena memang salah satu dampak negatif hp root adalah salah satunya menjadi mudah panas.

Cara mengatasi hal yakni biasanya dilakukan flash ulang, kesalahaan yang terjadi setelah root yang menyebabkan cepat panas ini tidak dapat dijelaskan secara spesifik.

Penyebab lain adalah salah satunya dari penumpukan junk file sehingga performa smartphone menjadi berat.

.. cara atasinya sebenarnya cukup mudah jika hp mudah panas karena junk file yaitu anda dapat menggunakan aplikasi pembersih.

Aplikasi ini biasanya bekerja melakukan audit file cache maupun file sampah yang membebani hp. Tidak lupa juga untuk memeriksa space yang kosong, selain dapat menyebabkan suhu baterai mudah meningkat hal ini juga membuat hp lambat.

Penyebab baterai cepat panas berikutnya adalah disebabkan oleh aplikasi aplikasi yang membutuhkan update, baik aplikasi yang anda install maupun aplikasi bawaan. Jika baterai hp sering mudah meningkat suhunya anda bisa cek update aplikasi maupun versi android yang anda gunakan.

Jika memang anda tidak menginginkan update maka anda bisa menonaktifkan update otomatisnya.

Sinyal, Apa bisa menjadi faktor?

Ya selain semua hal di atas anda juga harus tanggap bahwa sinyal mampu menyebabkan temperatur baterai meningkat karena aplikasi yang membutuhkan koneksi internet terus melakukan ping dan smartphone terus melakukan scanning sinyal.

Tips-nya anda bisa menggunakan mode terbang apabila berada pada area yang tidak terjangkau sinyal provider kartu yang anda gunakan.

Demikian artikel saya kali ini tentang masa mengatasi baterai boros dan cepat panas, perhatikan semua point diatas. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel