. Cara reset Hp Samsung Kembali kepengaturan Pabrik - IME Android -->

Cara reset Hp Samsung Kembali kepengaturan Pabrik

Konten [Tampil]
Cara reset hp samsung - Semangat saya!! Semangat dari anda,okelah kita lanjut ke pembahasan cara reset hp samsung,atau mengembalikan nha ke pengaturan awal. 

Biasanya kita akrab dengan istilah factory reset, dimana kondisi smartphone akan di setel ulang seperti semula dalam keadaan default setting.

Ada banyak keuntungan melakukan ini, seperti sebagai solusi mengatasi hp samsung bootloop,lupa pola,atau eror ,sering mengalami force close program,cepat panas,sering lag dan masih banyak lagi.

Cara ini juga sering saya gunakan sebagai solusi hp samsung yang lupa password   ,jadi tidak perlu kita flash ulang.

Namun ada beberapa resiko juga ,jadi saya tekankan sebelum anda membaca sampai bawah dan mempraktekkannya, maka harus memahami benar pengertian hard reset dan resiko yang ditimbulkan.

Samsung merupakan vendor smartphone yang sudah cukup terkenal di indonesia, bahkan sebelum mengenal android,secara kualitas sudah tidak diragukan lagi.

Produk keluaran samsung harga murah hingga disajikan untuk kelas menengah keatas sudah banyak beredar.

Kemajuan teknologi tidak bisa di bendung hingga kita mengenal ponsel pintar, salah satunya di sokong dengan sistem operasi android   . Dimana SO dengan Lisensi Open source ini sangat populer hingga bukan hanya samsung saja yang menggunakanya.

Android dibekali dengan fitur recovery mode, dimana pengguna dapat dengan mudah menggunakanya sebagai alat bantu mereset kondisi sistem operasi / permasalahan software ke pengaturan default.

Namun sayangnya saat ini masih banyak yang belum tau ,sehingga tidak jarang mereka yang mengalami hp samsung bootloop, cepat panas ,eror,langsung saja mengambil keputusan dengan flash ulang.

Pembahasan pertama kita kenalan factory reset dan apa fungsinya, sebelum ke cara reset hp samsung ke awal.

Cara reset Hp Samsung Ke Pengaturan Pabrik


Untuk anda yang belum paham dengan reset hp samsung kembali ke pengaturan pabrik tentu harus paham dulu sebelum melakukan eksekusi.

Sedikit pemahaman tentang Factory reset ,adalah mengembalikan kondisi hp kembali ke kondisi pengaturan pabrik. Istilahnya adalah reset ulang hp.

Hal ini jelas ,Segala sesuatu yang notabene adalah bukan dari bagian standar pabrikan dari Hp tersebut maka akan disingkirkan atau dihapus.

Ini bukan tentang cara manual ,namun sistem memiliki algoritma yang mampu memilah ,menghapus,dan mengembalikan kondisi smartphone ke kondisi pengaturan pabrikan standar.

Apa saja yang akan di kembalikan ke standar pabrik?

Sehingga saya katakan berdasarkan pengalaman hp samsung yang di reset akan dikembalikan ke kondisi awal 100 % ,Mulai dari aplikasi,pengaturan,dan lainya.

Artinya secara umum kita sangat dengan mudah dapat mengatasi permasalahan hanya dengan reset ulang hp samsung,berikut beberapa masalah yang bisa diatasi dengan hard reset.

#Manfaat Mereset hp Samsung

1. Mengatasi Hp Samsung bootloop

Satu diantara permasalahan berat yang bisa di taklukan adalah hp yang mentok logo atau biasa dikenal dengan istilah bootloop.

Memperbaiki hp samsung bootloop tanpa flash ulang yakni dengan cara reset ulang melalui recovery mode.

2. Hp samsung Kena virus

Bukan hanya mentog logo namun bagi anda yang hpnya merasa kena virus,maka dapat mengambil langkah ini.

Ciri ciri hp android yang kena virus sudah pernah saya bahas sebelumnya ,salah satu contohnya penggunaan kuota internet membengkak padahal tidak dipakai,hp mudah cepat panas,eror dan masih banyak lagi.

Ada prinsipnya hp tersebut terinfeksi file external yang bersifat merusak atau mengganggu layaknya parasit. Sistem dikendalikan untuk mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan isi dari virus tersebut.

Artinya jika di lakukan hard reset,file tersebut akan di hapus secara permanen karena merupakan bukan dari standar pabrikan dari sistem.

Disini mengapa mengatasi hp kena virus dengan menggunakan factory reset sangat ampuh.

3. Hp Sering Lag / Cepat panas

Bosan dengan hp yang lemot,terjadi penumpukan cache yang memenuhi di internal storage dan membuat hp menjadi berat cepat panas.

Jika sudah dilakukan upaya upaya lain dan tidak membuahkan hasil maka hard reset akan menjawabnya.Performa Hp akan di kembalikan layaknya hp yang baru di beli.

Tetapi apabila permasalahan tersebut ditimbulkan karena kerusakan pada komponen atau hardware,maka sekalipun anda melakukan factory reset hingga 20X tidak akan membuahkan hasil.

4. Hp Lupa pola,Lupa Pin atau password.

Bingung ketika pertama Lupa pola pada hp samsung saya ,awalnya saya kan melakukan flash ulang.

Untuk anda yang mengalami hal tersebut tidak usah bingung karena cara mengatasi hp samsung lupa pola,lupa password dapat dilakukan dengan cara hard reset.

Ini adalah salah satu contoh pentingnya manfaat dari melakukan factory reset,

5. Hp sering error,force close program

Karena ini merupakan Solusi segala penyakit yang ada pada hp berkaitan dengan software setelah flash,maka sudah pasti permasalahan eror dapat terselesaikan dengan baik.

Seiring dengan bertambahnya usia Hp samsung mungkin secara komponen akan melemah namun secara sistem mungkin juga akan terjadi kerusakan apalagi anda yang suka melakukan oprek.

Atau error yang disebabkan oleh hal  lain ,RAM tidak dapat bekerja secara optimal sehingga tidak dapat mengerjakan multitaskingnya...

Itulah beberapa contoh kecil keuntungan melakukan Reset ke pengaturan pabrik,mungkin jika kita bahas akan cukup panjang. Yang inti dan garis bawahnya adalah "HP samsung akan dikembalikan ke dalam pengaturan pabrik/ standar vendor".
Baca juga, Cara mereset hp Samsung A5 Ke pengaturan pabrik. 

#Resiko mereset hp samsung. 

Ketika kita membicarakan keuntungan mereset hp Samsung, maka ada juga kalanya kita harus seimbang membahas tentang kerugiannya.

Bukan untuk ditakuti namun setelah kita tau resikonya kita harus mampu menekan atau mencari solusinya.

Apa sih resiko atau dampak yang disebabkan jika kita melakukan factory reset Hp Samsung / mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Resiko yang ditimbulkan adalah semua data yang ada pada smartphone akan hilang atau dihapus secara permanen,baik itu file,foto,lagu,kotak apapun itu yang merupakan bukan bawaan dari sistem akan sirna terhapus.

Untuk itu sebaiknya sebelum melakukanya anda harus melakukan backup terlebih dulu,atau simpan di memori eksternal karena yang akan di reset ke default adalah memori internal saja.

Jadi sudah pasti apapun yang ada di memori external akan selamat.

Bukan hanya kehilangan data saja,namun resiko terjadi bootloop juga bisa terjadi,,,biasanya ini terjadi karena hp tersebut sudah pernah di oprek pada bagian file sistem.

Cara reset ulang hp samsung.

Cara reset pada hp samsung yang akan saya bahas disini pastinya sebagian besar dapat diaplikasikan di hampir semua tipe seperti samsung A6, J6, J5, J1, samsung duos dan lainya.

Ada dua cara melakukan reset pada hp samsung, namun secara tujuan adalah sama hanya metodenya saja yang berbeda.

Cara mana yang akan kita gunakan yakni dapat menyesuaikan kondisi smartphone,simak metodenya dan langkah mana yang dapat diaplikasikan ke ponsel anda.

1. Factory reset Samsung Via Menu

Cara ini biasanya dilakukan pada hp android yang masih dapat mengakses menu,artinya secara umum masih normal,masih dapat melakukan panggilan,masuk menu,dan lainnya dan berikut langkahnya:

  • Yang pertama silahkan masuk ke menu hp anda .
  • Kemudian silahkan pilih settings .
  • Scroll  ke bawah dan pilih "Backup and reset".
  • Dan di halaman Backup reset ,silahkan pilih "Factory Data Reset". 
  • Silahkan ceklis "Back up my data" atau "Erase Everything " untuk menghapus data sepenuhnya.
  • Terakhir, silahkan pilih Factory Data Reset

Setelah itu tinggal restart,dan ikuti langkah selanjutnya dengan menyetel atau setting seperti hp baru.

2. Via Recovery mode

Yang kedua adalah, anda dapat menggunakan recovery mode,semua tipe samsung dilengkapi dengan fitur ini.

Hanya saja untuk dapat masuk ke sana kita perlu menggunakan akses khusus dengan menggunakan tombol rahasia samsung,atau tombol kombinasi.

Ada sedikit perbedaan dari beberapa tipe samsung untuk dapat masuk ke Mode recovery ini,namun secara umum yakni menggunakan "Tombol Power  + Home + Volume".

Jika anda tidak bisa menggunakan tombol di atas maka silahkan cek cara masuk mode recovery samsung sesuai dengan tipe hp yang anda gunakan.

Baca juga, Cara masuk recovery mode samsung Lengkap Semua Tipe 


Langkah factory Reset lewat Mode recovery

  • Yang pertama silahkan matikan hp anda dan nyalakan kembali dengan menekan tombol kombinasi secara bersamaan " Volume Up + Home + Power" tahan hingga muncul logo samsung .
  • Setelah muncul logo silahkan lepas semua tombol maka anda akan diarahkan ke halaman recovery.

hard reset samsung

  • Setelah berada di menu recovery,Gunakan Tombol Volume Up,Down untuk navigasi dan Tombol power untuk pilih.
  • Gunakan tombol volume dan arahkan ke "Wipe data / factory reset" dan tekan tombol power.
  • Kemudian silahkan konfirmasi "yes -- delete all user data" seperti biasa gunakan tombol power.
  • Tunggu hingga selesai,setelah selesai arahkan ke "reboot system now" dan "pilih". 

Kemudian hp anda akan melakukan restart dan membutuhkan waktu sedikit lebih lama,kemudian hp akan meminta untuk melakukan setelan dasar seperti hp yang baru di beli .

Ikuti instruksinya hingga selesai dan kembali normal seperti hp baru.

Solusi gagal Hard reset / factory reset. 


Jika semua langkah di atas sudah anda lakukan dan merasa gagal maka anda dapat melakukan flashing. Flash adalah langkah akhir untuk memperbaiki hp android yang rusak (Software) .

Mungkin bagi anda yang belum pernah melakukan flashing akan terkesan sulit,sebenarnya gak juga kok !!

Namun yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan flash ulang ada baiknya memastikan bahwa kerusakan yang ada pada perangkat bukan berasal dari hardware / kerusakan komponen.

Kerusakan komponen / perangkat keras tidak dapat diatasi dengan melakukan flash ulang,artinya langkah flashing akan sia-sia.
Baca Cara flash Hp samsung Via ODIN 
Penutup
Demikian artikel kali ini yang bisa saya bagikan cara reset hp samsung,baik dalam kondisi bootloop,lupa pola atau permasalahan yang berkaitan dengan software lainya.Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel