. Cara flash Hp samsung Via ODIN lengkap Berlaku semua Tipe - IME Android -->

Cara flash Hp samsung Via ODIN lengkap Berlaku semua Tipe

Konten [Tampil]

Cara flash Samsung Galaxy Via ODIN- Cara flash Hp samsung sejauh ini ternyata masih saja ada yang bingung dan belum tau sama sekali .

Nah pada artikel saya kali ini tidak spesifik ke satu hp saja , melainkan pemahaman agar dapat anda aplikasikan ke semua jenis hp samsung.

Memperbaiki hp rusak pada bagian software memang paling ampuh dengan menggunakan flashing ulang, baik menggunakan PC maupun tanpa PC.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan langkah tentang flash hp samsung via ODIN.

Pengertian Flash Hp Samsung

Mungkin bagi sahabat imeandroid.com yang belum terbiasa dengan istilah flash kedengarannya masih asing , Tetapi apabila kita sering oprek komputer yakni flash sendiri kurang lebih adalah install ulang OS pada komputer.

... ini berlaku sama dengan pada smartphone, yakni flashing adalah suatu tindakan yang secara sengaja dengan tujuan melakukan install ulang OS android pada Hp anda.

Biasanya untuk mengatasi kerusakan, diantaranya adalah bootloop, Sering Lag, Hp panas, lemot dan masih banyak lagi manfaat dari flash.

Saya Biasanya ketika Hp saya mentok logo tidak usah di flash!

Ya benar, selain melakukan flash ulang ada cara lain ketika hp bermasalah tanpa harus flash ulang yakni dengan melakukan factory reset melalui recovery mode.

Secara fungsi hampir sama yakni mengembalikan hp anda ke dalam kondisi pengaturan pabrik atau kondisi awal seperti halnya hp samsung yang baru di beli.

Cara factory reset sendiri ada dua cara dengan cara yang pertama melalui pengaturan langsung yang ada pada menu dan cara yang kedua melalui recovery mode.

Kedua cara ini pastinya mempunyai tujuan yang berbeda, artinya jika kondisi hp samsung anda masih dapat diakses masuk menu maka untuk reset tidak perlu lagi masuk kedalam factory reset.

Namun kondisi berbeda jika Hp anda dalam keadaan bootloop atau mentok logo saja maka kita tidak dapat masuk ke dalam menu utama hp , untuk itu hanya dapat kita atasi dengan cara flash dan factory reset via recovery mode.

Alasan mengapa Hp perlu di flash Ulang.


Sebelum beranjak ke tutorial flash, saya harap anda bisa memutuskan apakah hp anda perlu di lakukan flashing atau tidak perlu .

Berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada hp android.

  • Hp Samsung bootloop / Mentok logo pengalaman saya dalam mengatasi hp samsung yang bootloop dapat dilakukan dengan dua cara. Yakni dengan factory reset dan flashing.Sebelum anda memutuskan untuk flash ulang , disarankan untuk mencoba factory reset terlebih dulu jika tidak membuahkan hasil, .. Silahkan ke tahap flashing.
  • Hp terkena virus , cukup banyak jenis virus android kini bertebaran sehingga terkadang kita terdanggu dengan hal tersebut bahkan tidak meutup kemungkian akan merusak sistem.
  • Hp Sering eror anda dapat melakukan flashing jika memang error tersebut memang disebabkan karena kerusakan atau gangguan dari sistem / Software bukan dari sisi hardware.
  • Hp android yang lupa pola atau pasword , ini bisa saja terjadi kepada siapa saja dan semua tipe samsung android.Namun salah satu cara mengatasinya salah satunya dengan cara flash ulang hp anda.
Itu beberapa point saja mengenai alasan mengapa perlu di flash ulang, tetapi secara garis besar permasalahan diatas dapat diatasi dengan reset ulang.


Persiapan sebelum flashing

Tidak serta merta begitu saja langsung flashing namun ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelumnya nya seperti berikut.

1. Backup data

Saya sarankan untuk melakukan backup terlebih dulu pasalnya dengan flashing akan menghapus seluruh data yang ada pada smartphone anda secara permanen.

Backup sendiri mungkin yang paling penting dan sering dilewatkan adalah melakukan backup kontak yang ada pada hp anda.

Cara backup kontak sendiri sangat mudah cukup dengan export semua file kontak menjadi file Vcf sehingga setelah selesai anda bisa import kembali.

Bagaimana jika kontak tidak di backup apa hilang?

Jika penyimpanan kontak anda pada memori external atau penyimpanan pada simCard tidak akan terhapus namun jika penyimpanan pada internal storage maka akan terhapus secara permanen.

2. Menyiapkan Komputer / laptop dan kabel data

Karena ini merupakan cara flash via odin maka sudah dipastikan bahwa langkah ini membutuhkan komputer sebagai alatnya.

Untuk lebih mudah pastikan anda menggunakan komputer dengan os Windows  supaya lebih mudah.Sedangkan kabel data sebagai alat penghubung antara komputer dan Hp samsung anda serta pastikan anda menggunakan kabel data Original ( Recomended).

3. Software aplikasi dan Firmware

Dan yang ketiga adalah anda perlu menyiapkan atau download file firmware ini sangat penting sekali untuk keberhasilan proses flashing.

Dalam melakukan download firmware pastikan anda mendownload sesuai dengan tipe hp anda.Selain firmware juga anda perlu download tools flashing ODIN, USB samsung Driver supaya Hp anda dapat terdeteksi.

Download USB Driver Samsung
Download ODIN
Download frimware samsung

Persiapan diatas saya kira merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi , mengapa kita harus download firmware..Sudah tau  pengertian dari Firmware atau stock ROM

Firmware merupakan yang bisa kita katakan adalah sebuah program yang bersifat tetap yang tertanam pada hardware ponsel dan secara garis besar firmware hampir sama dengan framework android .

Frimware ini dapat secara otomatis memperbaiki kerusakan sendiri ketika mengalami masalah fungsional. Yakni seperti yang saya katakan di atas dengan melakukan hard reset hp samsung anda maka akan kembali ke seperti semula.

Jika langkah tersebut tidak membuahkan hasil apa apa, maka kita dapat melakukan install ulang seperti layaknya komputer.

Jika pada komputer mengenal dengan software dengan nama windows, linux maka pada android dikenal dengan nama firmware dan tipenya tergantung / menyesuaikan dengan tipe hp anda.

ROM pastinya anda sering dengar dengan ROM pada hp android Kepanjangan Read Only Memory yang memiliki sifat membaca dengan secara teknis mengacu terhadap penyimpanan pada sebuah Smartphone yang berisi record dari framework Operasi.

Cara flash hp samsung semua tipe

Kemudian kita beranjak ke langkahnya, artikel ini saya buat supaya anda benar benar paham dengan langkah flashing. Tutorial flash hp samsung ini harapannya yang diterapkan adalah konsep dasar dari melakukannya  Dengan memahami firmware, tools flashing.

Penggunaan firmware wajib sesuai dengan tipe yang akan di flash.Contoh jika anda sedang mencari cara flash samsung j1, maka pastikan file firmware yang anda download untuk samsung J1 dan sesuai dengan tipe J1 yang anda miliki.

Contoh Firmware samsung Berbeda Tipe 
  • Samsung Galaxy J1 SM-J100H 
  • Samsung Galaxy J1 SM-J120G 
  • Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110G 
  • Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110F
  • Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110M 
  • Samsung Galaxy J1 Mini SM-J105F 
  • Samsung Galaxy J1 SM-J120H (2016) 
Contoh jenis nama hp dan tipenya maka anda perhatikan di atas mengapa harus tepat dalam memilih file yang akan anda unduh , dari samsung J1 saja terdapat 7 varian ini yang biasanya membuat salah download maka dari itu pastikan benar 100% bahwa yang anda download merupakan yang  anda butuhkan.

Setelah persiapan sudah siap tinggal langkah Flashing.

Yang pertama silahkan Download dan install Samsung USB driver pada komputer anda.
  • Download file Firmware sesuai dengan tipe hp samsung yang akan di flash.
  • Download ODIN flashing tools.
  • Berikutnya adalah masuk ke mode download, cara masuk mode download samsung yaitu pertama silahkan matikan terlebih dulu  kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol kombinasi " Tombol Power + Volume Down + Home " Secara bersamaan kemudian akan masuk ke halaman  Warning!!, Kemudian tekan " volume Up " Maka akan masuk ke dalam mode download seperti di bawah.. 

Cara flash Hp samsung
Cara Flash Hp samsung
Apa harus ke mode download dulu untuk melakukan flash hp?

Nah untuk flash hp via PC untuk dapat hp terhubung dan melakukan instalasi ke ponsel harus dalam mode download , Namun berbeda jika flash hp tanpa pc yakni melakukan flash yang file frimware kita letakan pada sd card.


  • Selanjutnya silahkan hubungkan Hp samsung anda menggunakan kabel data dalam kondisi mode download.
  • Buka ODIN di Pc anda , silahkan lihat pastikan hp anda sudah terhubung dengan ODIN dengan di tandai tulisan "COM" pada Bar ODIN Muncul dan berwarna biru.
flash hp samsung pake odin
  • Selanjutnya Ceklis pada bagian  Auto Reboot, F. Reset time dan AP seperti gambar diatas
  • Kemudian Klik "PDA/AP" Arahkan pada file firmware yang sudah anda download dan extrak, Pilih file yang berextensi MD5.
tutorial flash hp samsung via odin

  • Kemudian langkah berikutnya silahkan klik "START"  dan tunggu proses flashing berjalan dengan sempurna dan selesai dengan ditandai "PASS" kemudian hp anda akan melakukan reboot secara otomatis.
  • Selesai, kemudian setelah berhasil maka hp anda akan meminta untuk melakukan registrasi ulang seperti Hp baru yang anda beli , ikuti instruksinya hingga selesai dan Hp anda kembali seperti new.

Penutup
Demikian artikel saya kali ini membahas tentang konsep dasar yakni cara flash hp samsung via odin artinya secara umum untuk perlakuan flash hp yaitu dengan cara diatas.Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel