Ciri IC smartphone Rusak lengkap jenisnya [98% Penting!!]

Ciri IC smartphone Rusak lengkap jenisnya [98% Penting!!]

Ciri ciri IC pada smartphone Rusak 

IME android -  Setiap smartphone memiliki komponen Integrated Circuit dan perlu yang anda ketehui bahwa bukan hanya smartphone tetapi hampir semua elektronik mempunyai komponen ini "IC".

IC ini memiliki berbagai fungsi dan berbagai jenis, dan kita sedikit banyak harus mengetahui agar kita dapat menganalisa dari ciri IC rusak,  ic power smartphone rusak, ic flash dan lainya,. Dari masing masing IC Tersebut memiki fungsi yang berbeda dan ketika salah satu dari IC tersebut ada yang rusak maka ciri cirinya juga berbeda yang terjadi pada smartphone anda.

ciri ciri ic smartphone rusak akan berdampak pada gagal fungsi terhadap kinerja hp, sperti hp yang tidak bisa di cas, atau hp anda blank, nada dering mati itu bisa di sebabkan oleh kerusakan pada IC di hp anda.

Ciri ciri smartphone  IC rusak
Jenis IC Dan ciri kerusakanya
Komponen hardware smartphone memiliki tugasnya masing masing, agar bisa menganalisa kerusakan pada hp anda alangkah SYAHDUnya anda mengetahui beberapa komponen dan serta fungsi, ciri kerusaknya juga.

Berikut ciri kerusakan pada IC dan komponen lain lengkap. 

#  IC POWER / q  UEMK (Universal Power Management) salah satu IC vital dalam hal pengisian daya pada smartphone anda dan mempengaruhi juga fungsi lainya. Apa yang terjadi apabila IC power rusak, UEM rusak berikut ciri cirinya :
HP mati total karena tidak dapat suplay daya, no signal, identifikasi Insert SIM card, IMEI hilang, tidak dapat di carger, nada dering mati, MIC gagal fungsi, tidak getar, lighting mati, 

Fungsi q UMEK sebagai control distribusi daya ke seluruh komponen dan sekaligus sebagai tenmpat penyimpanan IMEI, kode telepone dan lainya. 

Sedangkan fungsi q  CCONT
Bekerja memberi tegangan ke komponen-komponen pendukung HP,kemudian ciri dari kerusakanya adalah Sinyal hilang, insert SIM CARD, Tidak dapat di Charge atau mati total.


# CPU (Central Procesing Unit) 
Sangat penting sekali IC ini dan ketika CPU rusak maka akan berdampak pada seluruh smartphone anda nah untuk ciro kerusakan pada IC CPU sperti no signal, keypad eror, hank atau blank, hp mati total. CPU sendiri bekerja sebagai pusat control komponen lain jadi untuk smartphone yang CPUnya rusak maka ciri yang paling dominan adalah Mati total.

Ic Flash, berfungsi menyimoan data pada smartphone dan ciri ciri IC Flash rusak seperti Mati total, blanking, IMEI hilanh, hp suka restart sendiri dan lainya.


EEPROM (Electrically Erase Programable Read Only Memory)
Ciri ciri kerusakan pada IC EEPROM adalaj smartphone anda mati total, eror,contact service. Fungsinya EEPROM adalah di buat untuk menyimpan data seperti data produksi, security code, versi program, tanggal pembuatan, IMEI dani lainya. 

#  IC AUDIO  - Adalah komponen smartphone berfungsi mengolah gelombang dan di ubah menjadi suara melalui speker. Dalam IC AUDIO Juga terdalat PCM atau Pulse code module serta EEPROM yang fungsinya buat membaca kode signal yang datang melalui operator dan di sesuaikan dengan IMEI hp. 

Ciri ciri kerusakan pada IC AUDIO adalah mati total, sinyal hilang, audio mati, contact sevice. 


#  IC RAM -  Kompnen IC yang fungsinya untuk menyimpan data ketika smartphone beroprasi dan bersifat sementara. Nah karakter RAM sendiri bersifal volatile atau bekerja ketika terdapat aliran arus listrik dan akan hilang ketika smartphone sudah di matikan.biasanya ketika RAM pada hp anda rusak ciri cirinya Mati total. 


#   IC CHARGING
Ciri ciri dari kerusakan hp pada IC carging adalah, baterai tidak dapat terisi, eror pada indikator baterai walaupun tidak keadan di cas, baterai menjdi boros dan mati total. Nah funsmgsi dari IC carging ino sebagi control carging pada smartphone. 


#   IC UI - Komponen ini berfungsi sebagai controler data yang di instruksika  oleh CPU pada Vibrator,Buzzer,Led dan bersifat sebagai saklar otomatis pada smartphone. 
Nah untuk hp yang mengalami kerusakan pada  IC UI ini biasanya tidak ada getar, tidak berdering, lampu tidak mau nyala atau mati total. 

#   IC PA - IC ini berfungsi sebagai penguat akhir sinyal yang dan dipancarkan melalui antena, ciri pada kerusakan IC PA adalah tidak ada sinyal, baterai boros, tidak dapat melakukan panggilan (SOS), no acces dll. 


IC RF 
Fungsinya untul kontrol sinyal masuk atau RX dan sinyal keluar TX supaya setiap komponen dapat bekerja dengan baik, pada komponen ini terdapat berapa bagian Mixer, IF,detector, Osilator,decoder,encoder,tone frequensi,AFC,  dan Squelch.Ciri ciri kerusakan IC ini Mati total, tidak ada sinyal. 

# IC VCO (Voltage Control Oscilator)
IC ini berfungsi untuk pembangkit atau oscilator frekuensi  yang akan di kirom ke bagian TX dan frekuensi  yang telah masuk akan RX agar teta sama dengan yanh di lancarkan.

Ciri ciri kerusakan IC VCO adalah hp mati total, suka restart ketika mendapat sinyal, call ended, no signal.

Selain IC Juga ada beberpa komponen penting lain yang ada pada smartphone, tidak kalah pentingnya komponen ini pada smartphone, berikut nama dan dampak kerusakanya. 

# Filter RX/TX
Komponen ini berfungsi sebagai penyaring sinyal  masuk dan keluarnya nah untuk ciri ciri kerusaka  pada IC TX/RX yaitu tidak ada sinyal, Sinyal menjadi semu, panghilan gagal terus. 

#  LCD (Liquid Cristal Display)
Salah satu hardware atau perangkat keras yang berfungsi sebagai display atau menampilkan aktivitas smartphone anda, untuk ciri kerusakan pada LCD Sendiro tergolong cukup mudah cukup dengan memperhatikan layar apabila ada yang tidak normal seperti bergaris, spot putih dan lainya. 

#  INFRAMERAH
Komponen yang berfungsi sebagai pemancar gelombang yang dapat di gunakan sebagai alat transfer data antar perangkat. Ciri ciri inframerah rusak biasanya hp tersebut tidak dapat menerima dan mengirim data antar perangkat. Aku 

#  SWICT ANTENNA - Komponen yang ada pada Hp ini berfungsi untuk pemancar gelombang elektromagnetik
Ciri ciri hp rusak pada swit antena seperti tidak ada sinyal, pangilan berahir secara berulang (Gagal panggil), panggilan darurat (SOS). 

Baterai - Berfungsi sebagai penyimpanan daya untuk di diatribusikan keseluruh area smartphone untuk ciri ciri kerusakan baterai pada smartphone seperti, tidak bisa menyimpan daya, smartphone tidak bisa menyala dan lainya.

Untuk manjaga Hp anda tetap awet  setidaknya anda sudah paham akan hardware dan fungsinya, nah salah satu trik android yang keren bukan dengan paham fungsi dan ciri ciri kerusakan pada hp.  

Nah dengan paham pada bagian komponen smartphone dan mengetahui ciri ciri kerusakan IC maka anda bisa lebih menambah wawasan tekniknya, sekian dan terimakasih.. 
Share This :