. Ciri IC smartphone Rusak lengkap jenisnya [98% Penting!!] - IME Android -->

Ciri IC smartphone Rusak lengkap jenisnya [98% Penting!!]

Konten [Tampil]

IC Hp Rusak -  Setiap smartphone memiliki komponen Integrated Circuit dan perlu yang anda ketahui bahwa bukan hanya smartphone tetapi hampir semua elektronik mempunyai komponen ini "IC".

IC ini memiliki berbagai fungsi dan berbagai jenis, dan kita sedikit banyak harus mengetahui agar kita dapat menganalisa dari ciri IC rusak,  ic power smartphone rusak, ic flash dan lainya,.

Ciri ciri IC pada smartphone Rusak  

Setelah mengerti jenisnya, Dari masing masing IC Tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

.. dan ketika salah satu dari IC tersebut ada yang rusak maka ciri cirinya juga berbeda yang terjadi pada smartphone anda.

ciri ciri ic smartphone rusak akan berdampak pada gagal fungsi terhadap kinerja hp, seperti hp yang tidak bisa di cas, atau hp anda blank, nada dering mati itu bisa disebabkan oleh kerusakan pada IC di hp anda.


Ciri ciri smartphone  IC rusak
Jenis IC Dan ciri kerusakanya
Komponen hardware smartphone memiliki tugasnya masing masing, agar bisa menganalisa kerusakan pada hp anda alangkah SYAHDUnya anda mengetahui beberapa komponen dan beserta fungsi, ciri rusaknya juga.
Baca juga, 2 Menit, Cara mengatasi Hp Xiaomi Bootloop

Berikut ciri kerusakan pada IC dan komponen lain lengkap. 

IC POWER / UEMK (Universal Power Management) salah satu IC vital dalam hal pengisian daya pada smartphone dan mempengaruhi juga fungsi lainya. Apa yang terjadi apabila IC power rusak, UEM rusak berikut ciri cirinya :

HP mati total karena tidak dapat suplai daya, no signal, identifikasi Insert SIM card, IMEI hilang, tidak dapat di charger, nada dering mati, MIC gagal fungsi, tidak getar, lighting mati, 


Fungsi q UMEK sebagai kontrol distribusi daya ke seluruh komponen dan sekaligus sebagai tempat penyimpanan IMEI, kode telepon dan lainya. 

Sedangkan fungsi   CCONT
Bekerja memberi tegangan ke komponen-komponen pendukung HP,kemudian ciri dari kerusakanya adalah Sinyal hilang, insert SIM CARD, Tidak dapat di Charge atau mati total.


# CPU (Central Processing Unit) 
Sangat penting sekali IC ini dan ketika CPU rusak maka akan berdampak pada seluruh ponsel. 

Nah untuk indikator kerusakan pada IC CPU sperti no signal, keypad eror, hang atau blank, hp mati total. CPU sendiri bekerja sebagai pusat kontrol komponen lain jadi untuk smartphone yang CPUnya rusak maka ciri yang paling dominan adalah Mati total.

Ic Flash, berfungsi menyimpan data pada smartphone dan ciri ciri IC Flash rusak seperti Mati total, blanking, IMEI hilang, hp suka restart sendiri dan lainya.


EEPROM (Electrically Erase Programmable Read Only Memory)
Ciri ciri kerusakan pada IC EEPROM adalaj smartphone anda mati total, eror,contact service.

Fungsinya EEPROM adalah dibuat untuk menyimpan data seperti data produksi, security code, versi program, tanggal pembuatan, IMEI dani lainya. 

#  IC AUDIO  - Adalah komponen smartphone berfungsi mengolah gelombang dan di ubah menjadi suara melalui speker.

Dalam IC AUDIO Juga terdapat PCM atau Pulse code module serta EEPROM yang fungsinya buat membaca kode sinyal yang datang melalui operator dan disesuaikan dengan IMEI hp. 

Ciri ciri kerusakan pada IC AUDIO adalah mati total, sinyal hilang, audio mati, contact service. 


#  IC RAM -  Komponen IC yang fungsinya untuk menyimpan data ketika smartphone beroperasi dan bersifat sementara.

Nah karakter RAM sendiri bersifat volatile atau bekerja ketika terdapat aliran arus listrik dan akan hilang ketika smartphone sudah di matikan.biasanya ketika RAM pada hp anda rusak tandanya Mati total. 


#   IC CHARGING
Ciri ciri dari kerusakan hp pada IC charging adalah, baterai tidak dapat terisi, error pada indikator baterai walaupun tidak keadaan di cas, baterai menjadi boros dan mati total. Nah fungsi dari IC charging ino sebagai control charging pada smartphone. 


#   IC UI - Komponen ini berfungsi sebagai controller data yang di instruksika  oleh CPU pada Vibrator,Buzzer,Led dan bersifat sebagai saklar otomatis pada smartphone. 
Nah untuk hp yang mengalami kerusakan pada  IC UI ini biasanya tidak ada getar, tidak berdering, lampu tidak mau nyala atau mati total. 

#   IC PA - IC ini berfungsi sebagai penguat akhir sinyal yang dan dipancarkan melalui antena, tanda pada kerusakan IC PA adalah tidak ada sinyal, baterai boros, tidak dapat melakukan panggilan (SOS), no acces dll. 


IC RF 
Fungsinya untuk kontrol sinyal masuk atau RX dan sinyal keluar TX supaya setiap komponen dapat bekerja dengan baik, pada komponen ini terdapat berapa bagian Mixer, IF,detector, Osilator,decoder,encoder,tone frekuensi,AFC,  dan Squelch. Kerusakan IC ini menyebabkan hp Mati total, tidak ada sinyal. 

# IC VCO (Voltage Control Oscilator)
IC ini berfungsi untuk pembangkit atau osilator frekuensi  yang akan dikirim ke bagian TX dan frekuensi   yang telah masuk akan RX agar teta sama dengan yang dilancarkan.

Tanda kerusakan IC VCO adalah hp mati total, suka restart ketika mendapat sinyal, call ended, no signal.

Selain IC Juga ada beberapa komponen penting lain yang ada pada smartphone, tidak kalah pentingnya komponen ini pada smartphone, berikut nama dan dampak kerusakanya. 

# Filter RX/TX
Komponen ini berfungsi sebagai penyaring sinyal   masuk dan keluarnya nanah untuk ciri ciri kerusakan   pada IC TX/RX yaitu tidak ada sinyal, Sinyal menjadi semu, panggilan gagal terus. 

#  LCD (Liquid Crystal Display)
Salah satu hardware atau perangkat keras yang berfungsi sebagai display atau menampilkan aktivitas smartphone anda, untuk ciri kerusakan pada LCD Sendiri tergolong cukup mudah cukup dengan memperhatikan layar apabila ada yang tidak normal seperti bergaris, spot putih dan lainya. 

#  INFRAMERAH
Komponen yang berfungsi sebagai pemancar gelombang yang dapat digunakan sebagai alat transfer data antar perangkat. Ciri ciri inframerah rusak biasanya hp tersebut tidak dapat menerima dan mengirim data antar perangkat.

#  SWICT ANTENNA - Komponen yang ada pada Hp ini berfungsi untuk pemancar gelombang elektromagnetik
Ciri ciri hp rusak pada swit antena seperti tidak ada sinyal, panggilan berakhir secara berulang (Gagal panggil), panggilan darurat (SOS). 

Baterai - Berfungsi sebagai penyimpanan daya untuk di distribusikan ke seluruh area smartphone. Untuk tanda tandanya kerusakan baterai pada smartphone seperti, tidak bisa menyimpan daya, smartphone tidak bisa menyala dan lainya.

Untuk menjaga Hp anda tetap awet   setidaknya anda sudah paham akan hardware dan fungsinya, nah salah satu  trik android  yang keren bukan dengan paham fungsi dan ciri ciri kerusakan pada hp.  

Nah dengan paham pada bagian komponen smartphone dan mengetahui ciri ciri kerusakan IC maka anda bisa lebih menambah wawasan tekniknya, sekian dan terimakasih.. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel