. Cara mengatasi tombol Hp Error dan Tidak berfungsi | √ Ampuh - IME Android -->

Cara mengatasi tombol Hp Error dan Tidak berfungsi | √ Ampuh

Konten [Tampil]

Mengatasi Tombol Hp tidak Berfungsi ~ Smartphone android yang rata-rata hanya di bekali sedikit tombol karena saat ini hampir semuanya sudah menggunakan layar sentuh. Untuk font atau papan ketik kini menggunakan virtual sehingga tidak akan mengalami kerusakan kecuali layar sentuh error.

Hanya ada beberapa tomol saja,Pertama Tomblo Power,Tombol Volume ,Tombol Menu dan tombol back .

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas solusi paling mudah cara mengatasi tombol hp tidak berfungsi.

Pastinya cukup menjengkelkan,sebagus apapun ponsel ketika terdapat salah satunya mengalami kerusakan membuat akan tidak nyaman dalam penggunaanya.

Ada beberapa indikasi yang menyebabkan hal tersebut terjadi,kira kira apa saja penyebab tombol hp tidak berfungsi ? Berikut penjelasannya.


Mengapa Tombol tidak berfungsi ?


Secara umum akan saya jelaskan beberapa penyebab berdasarkan dari kegunaan masing masing tombol .

1. Tombol Power rusak.

Tidak menutup kemungkinan smartphone mengalami kerusakan pada switch On Of. Merupakan button yang cukup vital untuk menyalakan ponsel dan mematikannya.

Ini Cukup fatal apabila sudah error,.

Biasanya di sebabkan karena terlalu keras ketika menggunakannya, seringnya menekan secara berlebihan sehingga switch penghubung menjadi amblas dan susah menyala atau dimatikan si smartphone tersebut.

Penyebab lainya adalah terkena air sehingga mengalami kerusakan  atau korslet, hal ini dapat menyebabkan ponsel sering restart sendiri.

Banyak hal lain yang perlu diperhatikan,seperti jamur,kotor dan lain sebagainya sehingga ketika tombol power Atau Volume macet, yang paling tepat adalah dengan perbaikan ke konter.


2. Tombol Volume Up dan Down.

Hampir sama dengan tombol power ,Pada umumnya masih menggunakan switch sehingga tingkat sensitivitasnya bergantung terhadap switch didalamnya.

Sebenarnya untuk melihat dari penyebab utamanya yang paling ideal adalah dengan membongkarnya dan menganalisa melihat langsung kondisi.

Perawatannya sederhana, pastikan selalu bersih dari air dan debu yang memungkinkan mengakibatkan kerusakan pada switch.


3. Tombol back.


Hampir semua perangkat smartphone menggunakan tombol back dengan konsep sensor , sehingga pada umunya penyebab tombol back tidak berfungsi disebabkan bukan karena kerusakan bagian dalam .

Kecuali habis jatuh atau terendam air,yang memungkinkan merusaknya.

Sensor tidak akan bekerja dengan baik,tidak mau merespon sentuhan sehingga tombol kembali pada ponsel anda tidak bekerja bisa disebabkan oleh:

a. Custom ROM yang tidak compatible ,hal tersebut bisa menyebabkan sistem error dan tidak bisa melakukan beberapa pekerjaan yang diperintahkan.
b. Anti gores terlalu tebal,memungkinkan tingkat sensitivitas melemah.
c. Minyak atau cairan ,pastikan tangan dan layar ponsel dalam kondisi bersih.

4. Tombol Menu.


Dari beberapa varian ponsel sepeti Oppo ,Vivo ,xiaomi hampir semuanya sudah menggunakan tombol menu sensor sentuh.

.. Tingkat sensitif sentuhan dalam hal ini penggunaan layar sentuh KW ketika perbaikan juga mempengaruhi,touch maupun sudah rusak, jadi secara penyebab hampir sama dengan tombol Volume.

Sedangkan pada hape samsung ,pada saat tombol menu atau home eror hal sering terjadi karena penggunanya sering menekan terlalu keras yang mengakibatkan switch rusak.

Secara umum sama dengan penyebab tombol volume eror, air, karat putih, switch amblas maupun kotor.

Anda dapat memastikan terlebih dulu kondisi layar sentuhnya dengan mengecek ,pastikan secara fungsi masih bekerja dengan baik.

Baca juga, 2 Cara cek touchscreen dan LCD Hp android

Kesimpulan penyebab tombol tidak berfungsi.


Pada dasarnya kerusakan bergantung pada bagiannya, jika tombol tersebut menggunakan switch maka ada kemungkinan karena faktor switch yang sudah tidak berfungsi karena, debu, air, karat putih.

Sedangkan yang sudah menggunakan sensor layar sentuh umunya disebabkan karena touchscreen rusak, retak, sistem eror karena virus,terhalang anti gores, maupun tangan yang berminyak.
Cara memperbaiki tombol home macet


Cara mengatasi tombol Hp Rusak.

Permasalahan seperti ini bisa saja  terjadi pada berbagai merek ponsel. Seiring dengan lamanya penggunaan hal tersebut memungkinkan terjadi,seperti tombol power sulit dinyalakan,menu tidak dapat digunakan,atau volume atas bisa,volume bawah tidak bisa.

Ada beberapa alternatif perbaikannya, tergantung dari bagian dan errornya.


1. Melepas anti Gores.

Cara yang pertama adalah dengan melepas anti gores terpasang. Ini untuk masalah terdapat pada tombol kembali maupun menu yang sudah mengandalkan sensor layar sentuh.

Setelah tempered glass sudah dilepas ,anda bisa mengetesnya atau melakukan kalibrasi layar sentuh untuk memastikan kinerjanya.


2. Ganti Layar sentuh.

Untuk beberapa masalah tombol yang tidak bisa digunakan adalah dipengaruhi oleh layar sentuh yang sudah rusak karena retak,meskipun LCD masih bagus.

Silahkan konsultasikan pada teknisi smartphone atau mendatangi service center untuk melakukan penggantian layar.


3. Mereset Hp Ke pengaturan pabrik.

Solusi yang ketiga adalah dengan mereset ulang ponsel ke pengaturan pabrik. Apabila kondisi layar maupun tombol lainya dinilai masih bagus , maka anda dapat mencoba untuk mengembalikan ke factory reset.

Kemungkinannya cukup kecil,tetapi dari beberapa permasalahan ponsel yang disebabkan eror sehingga fungsinya tidak dapat bekerja dengan baik,langkah ini menjadi sangat ampuh tanpa service.

Note:
Pastikan selalu melakukan backup sebelum reset hp ,karena semua data yang ada pada perangkat akan terhapus secara permanen.

Baca juga, 2 cara mereset Hp Vivo Ke pengaturan pabrik

4. Flash ulang.

Cara ke empat adalah dengan flash ulang,hal ini berlaku untuk ponsel yang mempunyai riwayat setelah melakukan custom ROM.

Penggunaan Custom ROM yang tidak sesuai paling fatal dapat menyebabkan bootloop, sehingga secara keseluruhan tidak dapat berfungsi.

Paling ringan adalah terdapat beberapa fitur yang tidak bisa bekerja dengan baik,maka dengan flash ulang menggunakan firmware standard sangat ampuh untuk memperbaiki.

Solusi pengganti Tombol hp ketika rusak

Anda dapat menggunakan fitur yang dapat membantu mempermudah sebagai pengganti. Dengan aktifkan fitur asissive touch atau easy touch.

Fitur bawaan ponsel yang mampu menggantikan peranan tombol fisik ketika macet atau error ,penggunanya juga bisa mengatur peruntukannya "Home, kembali, Menu utama, Sleep, maupun bangun".

Dan ada sedikit penamaan yang berbeda pada Xiaomi, biasanya dikenal dengan sebutan Quiqball.  Sayangnya pada fitur tersebut tidak di bekali dengan pengaturan reboot, Sehingga cara memperbaiki tombol power macet atau rusak paling ideal adalah dengan mengganti.

1. Mengaktifkan Quiq ball Xiaomi


Quiq ball menjadi fitur tambahan dimiliki oleh handphone xiaomi yang menggunakan Versi MIUI 8 Keatas. Sebagai tombol shortcut mampu diatur menggantikan tombol fisik ketika bermasalah.

Sebelum menggunakannya harus mengaktifkan terlebih dulu, ketika sudah siap akan terdapat bayangan bulat hitam sebagai pintasan tombol.


Cara mengaktifkan Bola pintasan.


Masuk ke menu, selanjutnya pilih "Pengaturan >> Pengaturan tambahan".
Kemudian pada tab "Quiq ball, silahkan aktifkan".

Baca juga, Cara mengaktifkan dan mengatur quiq ball xiaomi lengkap bergambar. 

2. Aktifkan easy touch Vivo


Pada hape Vivo terdapat fitur easy touch yang memiliki fungsi yang serupa, sama halnya xiaomi, untuk menggunakannya harus diaktifkan terlebih dulu.

Berikut cara aktifkan Easy touch vivo.

Pertama masuk menu dan pilih "Settings >> More settings dan pilih Easy touch" lalu aktifkan ke "ON".
Kamu bisa mengatur tombol pengganti back, home sesuai kebutuhan pada "Costumeize Menu".

3. Assistant Menu di Hp Samsung. 

Perangkat samsung, terdapat fitur yang dapat menggantikan tombol macet dengan adanya asisten menu. 

Dinamai dengan assisten menu yang dapat membantu pengguna ketika mengalami masalah pada tombol atau sekedar pintasan cepat.

Cara mengaktifkan fitur assisten menu pada hp samsung. 

Masuk Menu,Lalu pilih Settings >> Accesbility  >> Dexterity and interaction dan pilih "Assistant Menu" dan pilih ON untuk mengaktifkannya.

Silahkan atur beberapa keperluan sesuai dengan tombol yang rusak.

4. Mengaktifkan Assistive Ball Oppo


Pada hape oppo juga tidak kalah, hanya saja di beri naman "Assistive touch". Sama halnya dengan perangkat lain, untuk bisa pemakaian fitur tersebut harus diaktifkan terlebih dulu, berikut caranya.

Pertama menuju menu, lalu pilih "settings >> Smart Conventient" kemudian pilih "Assitive Ball".
Berikutnya pilih "Settingan yang di inginkan", untuk melakukan custom menu silahkan pilih "Gesture Operations".
Terdapat 5 pilihan tombol shortcut, Home, menu, screenshot, dan tombol back".


Demikian artikel kami tentang cara mengatasi tombol yang tidak berfungsi,semoga membantu. Dan perlu saya tekankan untuk cara memperbaiki pada perangkat yang sudah menggunakan switch ketika tombol macet adalah dengan membongkar dan menggantinya.

Sehingga dalam hal ini,jika tidak memiliki keahlian membongkar dan melakukan penggantian maka dapat mengkonsultasikan ke teknisi ponsel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel