Mengatasi hp android cepat panas dan mati sendiri


Cara mengatasi Hp Sering Restart dan Cepat panas  - Hp android panas adalah prilaku normal dari smartphone ,akan tetapi apabila itu sudah di pake lumayan lama. Berbeda apabila pemakaian gadget anda baru sebentar.

Overheat  yang berlebihan pada Ponsel itu berbahaya atau tidak?

Jika pertanyaan itu muncul dalam benak anda, maka saya sendiri tidak bisa memastikan seberapa bahayanya.

.. akan tetapi yang pasti adalah panas yang terdapat pada smartphone adalah prilaku yang wajar, namun berubah menjadi prilaku yang tidak wajar jika kondisi panasnya berlebihan dan dalam waktu yang singkat.

Selain berlebihan panas yang didapat pada smartphone tidak wajar adalah waktu yang didapat terlalu cepat, artinya tidak sebanding dengan lama pemakaian.

Ngerikan jadinya.. kalau perangkat anda memanas seperti kompor. Banyak juga di media yang mengatakan kejadian kejadian ponsel meledak.

Smartphone cepat panas dan mati sendiri!

Main game menggunakan gadget memang sudah menjadi hal yang menarik, karena game android sekarang keren-keren banget. Namanya juga jaman now!  Berbeda jaman old game android itu itu melulu uler tangga, puzle blok dll.

Saat ini game hp jauh lebih keren, tidak hanya game onlinenya tetapi game offline pun mantap banget.

Durasi main game hanya sebentar tapi hp panas, nah masalah seperti ini seharusnya tidak di biarkan begitu saja.

Karena bisa saja itu adalah hal yang tidak normal. Biasanya ketika smartphone overheat dan terjadinya sering, maka komponen didalam menjadi tidak optimal / melemah.

Hal ini menyebakan smartphone akan mati sendiri atau melakukan reboot.


Baca juga ,Cara terbaik mengatasi samsung A5 cepat panas dan Lemot


Cara medinginkan Hp Cepat panas dan Kenali penyebabnya. 

Penyebab utama Smartphone suhunya meningkat adalah perilaku yang berasal dari baterai,atau komponen IC.

Bukan hanya ponsel  yang menggunakan Sistem Operasi Android saja, OS Windows ataupun iPhone juga berpotensi.

Penyebab hp cepat panas di picu oleh pemakaian terus menerus,

Ketika Smartphone digunakan maka CPU, RAM, dan perangkat lainnya akan bekerja dan mengkonsumsi dah. Oleh karena itu cenderung lebih mudah panas pada ponsel spesifikasi rendah.

Dan berikut beberapa penyebab hp cepat panas.

1. Kondisi Cuaca Panas Di Sekitar 

Kondisi ini sangat berperan penting yang bisa mempengaruhi suhu perangkat . Ruangan pengap bisa menyebabkan suhu meningkat .

Selain itu penyimpanan yang salah juga bisa menimbulkan memicu suhu naik, bahkan belum lama beredar bahwa larangan /himbauan menyimpan hp didalam bagasi motor.

Hal tersebut tidak lepas dari kondisi lingkungan nya karena suhu didalam bagasi motor akan meningkat panas ketika mesin dioprasikan. Bukan hanya itu sinyal yang ada dalam bagasi motor juga kita tidak dapat di pastikan kuat!

Memang kondisinya banyak pengaruhi banyak faktor , faktor tersebut pastinya kita harus paham agar dapat ditentukan solusi mengatasinya.


2. WiFi Menyala Terus Padahal HP Berada Di Luar Jangkauan. 

Kondisi ini sangat berperan penting yang bisa mempengaruhi ,Ruangan pengap bisa menyebabkan suhu mudah meningkat pada gadget Anda. Tetapi tidak kalah pentingnya menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan suhu meningkat adalah jaringan wifi yang terus terusan menyala.

Apa hubunganya peningkatan suhu sama wifi menyala terus!

Anggap saja tidak ada hubunganya, namun kalaupun tidak ada hubunganya apa juga manfaatnya kalau hp android anda fitur wifi menyala terus terusan kecuali dalam kondisi terhubung.

Sedikit penjelasan yang pernah saya baca dan ahirnya saya terapkan untuk mencobanya dengan perjalanan dari suatu tempat A ke tempat B yang saya tempuh dalam waktu 2 jam kurang lebihnya.

Dimana selama perjalanan saya mengaktifkan fitur wifi hasilnya suhunya meningkat dari pada wifi kita matikan.

Jadi cara kerjanya seperti ini,alasan mengapa menjadi panas. Ketika smartphone kita kondisi wifi aktif maka sistem akan melakukan scaning secara rutin atau berkala mencari jaringan wifi yang aktif.

Selama melakukan scaning konsumsi daya / baterai meningkat hal ini yang menyebabkan timbulnya panas.

3. Kekuatan Sinyal Lemah Di Sekitar 

Kekuatan sinyal pada juga sangat berpengaruh ,. Jaringan yang lemah akan memaksa sistem untuk terus mencari sinyal dan harus bekerja ekstra.

Hal ini akan sangat terasa jika kondisi sinyal disekitar lemah  lalu Anda menggunakan ponsel untuk kegiatan browsing internet.

Untuk itu tidak disarankan Anda memaksa untuk browsing sedangkan jaringan disekitar tidak stabil.


4. Terlalu Banyak Aplikasi Bekerja Di Background

Jangan anggap sepele aplikasi yang bekerja di balik layar atau “background”. Karena aplikasi-aplikasi ini akan menyebabkan gadget Anda terus bekerja keras tanpa disadari. Seperti apakah aplikasi yang bekerja di background itu?

Setiap Anda membuka aplikasi tertentu dismartphone maka akan meninggalkan jejak (recent). Fungsi recent ini adalah untuk mempercepat proses ketika Anda memerlukan lagi tanpa harus kembali ke Home.


Namun jika terlalu banyak membuka aplikasi maka otomatis recent ini akan terus menumpuk dan akan memaksa RAM dan CPU untuk bekerja secara ekstra.

Meskipun kapasitas RAM besar namun tentu saja ada batasannya.

Apalagi jika suka browsing internet dengan menggunakan fitur multi tab. Artinya membuka internet beberapa halaman sekaligus tanpa menutup tab internet sebelumnya.

Meski tidak terlihat ada aplikasi yang bekerja namun dibelakang layar (background) aplikasi tersebut terus bekerja.


5. Baterai Sudah Jelek 

Untuk hal ini jarang terjadi apalagi jika ponsel Anda masih tergolong baru. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga jika HP baru baterainya sudah rusak jika pola penggunaan salah. Baterai rusak ditandai dengan baterai kembung, keluar cairan dari baterai, cepat habis, dan sebagainya. (sumber :info-menarikdotnet/).


Baca juga
Trik mengatasi hp android lemot dan panas 98% Ampuh
Cara mengatasi Hp lenovo lemot dan cepat panas dengan cepat.




Cara mengatasi hp Cepat Panas. 

Setelah kita mengetahui penyebab yangmembuat  suhunya mudah meningkat maka sebaiknya segera diatasi.

Cara mengatasinya cukup mudah dan cepat apabila kita sudah mengetahui penyebab utamanya,in berlaku juga untuk ponsel baterai tanam.

1. Ganti baterai

Jika hal itu terjadi tidak ada solusi lain lagi adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru.

Jangan salah penyebab membiarkan baterai rusak dan terus digunakan bisa membuat perangkat cepat rusak juga. Belilah baterai yang original dan terjamin kualitasnya.

2. Jangan banyak aplikasi yang bejalan

Solusinya adalah Anda harus menutup (logout) aplikasi setiap Anda sudah selesai menggunakannya.

Ketika selesai menjalankan aplikasi tidak cukup hanya dengan meminimize aplikasi saja. Biasanya hal ini kita lakukan ketika selesai menggunakan aplikasi cukup menekan tombol Home saja. Dengan begitu aplikasi sebenarnya masih bekerja di belakang layar.

3. Sesuaikan Provider sesuai wilayah yang pas.


Solusinya jika Anda ingin browsing dengan smartphone kesayangan selain harus mencari tempat sejuk cobalah cari juga tempat yang mempunyai koneksi sinyal kuat.

Biasanya ditempat tertutup koneksi sinyal ini akan tidak stabil atau lemah karena terhalang tembok misalnya. Maka carilah tempat terbuka namun jangan berada di bawah terik sinar matahari atau sekitar yang berdebu.

Gunakan provider yang kekuatan sinyal bagus di tempat anda tinggal.

4. Matikan Wiffi setelah penggunaan


solusi lain lagi untuk mengatasi hal ini adalah hanya Anda harus mematikan WiFi jika ingin bepergian. Dengan begitu Anda telah melakukan hal tepat agar baterai lebih hemat.

Karena wiffi yang terus menyala phonsel anda terus mencari jaringan di sekitar anda dan terus bekerja menggunakan daya daya ponsel

5. Jauhkan dari panas.


Yang ini sudah jelas jauhkan dari panas matahari,kompor atau apaun yang mengandung unsur panas, gak lucu juga bukan kalau kita meletakan hp android kita di atas tungku yang menyala.

Tetapi bukan seperti itu sih maksudnya jauhkan dari panas disini..

Karena saya yakin ketika sadar adanya unsur panas maka kita akan menghindarkanya. Akan tetapi yang perlu diwaspadai disini adalah hal hal yang tidak kita sadari akan tetapi terdapat unsur panas yang tinggi.

Bagasi motor salah satu tempat favorit yang dianggap aman akan tetapi cukup berbahaya apabila kita meletakan atau menyimpan hp didalamnya dalam jangka waktu lama dan kondisi motor / mesin aktif.

Dasbord mobil tanpa kita sadari ketika ada didalam mobil kita meletakan ponsel diatas dasbord. Disana biasanya matahari langsung menyengat tetapi karena fokus berkendara kita tidak menyadarinya.


Bahaya HP android Cepat panas

Penyebab hp android  cepat panas Dan Solusinya
Bahaya Hp android panas
Jelas Dari gambar diatas kalau panas bisa menimbulkan ponsel anda terbakar atau meledak,sebaiknya bijak menggunakan hp.

Selain itu komponen elektronik yang secara umum memiliki batas maksimal menerima panas. Apabila panasnya berlebihan maka bukan hal yang tidak mungkin kinerja menjadi melemah, serta lifetime menjadi pendek.

Sekian artikel tentang penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya, silahkan baca artikel menarik lainya semoga artikelnya bermanfaat dan jadikan kita semua lebih hati hati dalam penanganan hp android. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel