. Trik mengatasi hp android lemot dan panas 98% Ampuh - IME Android -->

Trik mengatasi hp android lemot dan panas 98% Ampuh

Konten [Tampil]
Tips dan Trik -  Cara mengatasi hp android lemot dan cepat panas dengan mudah singkat dan cepat.

Smartphone adalah salah satu telepon pintar yang dirancang sedemikian rupa agar pengguna dapat melakukan apapun di dalamnya, mulai dari melakukan pekerjaan, browsing, chatting dan banyak lagi.

Cara mengatasi hp lemot
Lemot
Tapi hal yang paling menyebalkan ketika kita akan melakukan aktivitas pada smartphone tetapi banyak lag, loading lama, lemot, not responding sehingga waktu kita terbuang dengan adanya hal tersebut. 

Bukan hanya itu, yang lebih buruk lagi hp panas ketika pemakaian.  Terdengar biasa saja, tetapi kondisi panas yang berlebihan itu kurang baik untuk ponsel.

Pada umumnya komponen elektronik yang dialiri listrik akan menghasilkan panas, tetapi idealnya panas dihasilkan tidak terlalu.

Ketika smartphone anda mengalami panas maka bisa di coba dengan menempelkan ke pipi anda, dari sana kita akan tau apakah sudah berlebihan atau dalam tingkat wajar.
Baca juga : Cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi (Not responding) 

Penyebab Hp Android Lemot dan Cepat Panas

Hp Android yang lambat atau lemot merupakan masalah umum yang sering dialami oleh pengguna. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hp Android menjadi lambat atau lemot, di antaranya:

  1. Kurangnya memori internal - Jika hp Android Anda memiliki memori internal yang kecil, maka hal ini dapat menyebabkan hp Android menjadi lambat karena terlalu banyak aplikasi yang diinstal dan tidak cukup memori untuk mengoperasikannya.
  2. Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang - Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka hal ini dapat menyebabkan hp Android menjadi lambat karena terlalu banyak sumber daya yang digunakan.
  3. Penggunaan RAM yang berlebihan - Jika Anda sering menjalankan aplikasi yang memerlukan RAM yang besar seperti game atau aplikasi editing video, maka hal ini dapat menyebabkan hp Android menjadi lambat.
  4. Terlalu banyak file sampah - Jika hp Android Anda memiliki terlalu banyak file sampah, seperti cache dan file yang tidak terpakai, maka hal ini dapat menyebabkan hp Android menjadi lambat karena terlalu banyak sumber daya yang digunakan.
  5. Pembaruan sistem operasi - Pembaruan sistem operasi yang terbaru kadang-kadang memerlukan lebih banyak sumber daya dan dapat menyebabkan hp Android menjadi lambat.
  6. Virus atau malware - Virus atau malware dapat menyebabkan hp Android menjadi lambat atau bahkan menyebabkan kerusakan pada sistem.
  7. Overclocking: - Overclocking atau meningkatkan kinerja hp Android melalui pengaturan tambahan dapat mempercepat hp Android, namun hal ini dapat memperpendek masa pakai baterai dan merusak hp Android. 

Cara mengatasi hp android lemot dan panas.


Trik mengatasi hp android lemot pada smartphone itu sederhana ,tetapi yang paling penting kita mengetahui penyebabnya terlebih dulu. 

Sedikit berbagi pengalaman saya tentang hp android yang lemot dan cepat panas.. 

Saya menggunakan samsung galaxy young duos dan di lihat dari spesifikasi memang memiliki spek yang terbilang low, tetapi dengan trik yang saya gunakan alhasil kecepatan pun cukup lumayan.. 

#1. Kurangi penggunaan widget. 

Diperhatikan saat penggunaan widget pada smartphone anda jangan seperti anu.. Semua widget di terapkan. Hal ini akan menghambat kinerja dari hp android anda. 

Kalau widget kita analogikan sebuah pekerjaan, maka hp terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, untuk itu silahkan gunakan widget secukupnya. 

#2. Perhatikan kapasitas memori smartphone

Kapasitas memori pada hape tidak direkomendasikan dalam kondisi penuh. Hal ini jelas membuat kinerja smartphone melambat karena beban terlalu berat. 

Kalau memang diperlukan, pindahkan file penting ke flashdisk atau komputer sehingga memori   memiliki ruang bebas yang cukup.

#3.  Buang sampah supaya bersih. 

Bukan hanya kehidupan manusia saja, tetapi pada dunia android juga ada istilah sampah, junk file. 

Cache yang menumpuk pada sistem android akan mengganggu kinerja smartphone, untuk itu selalu melakukan pembersihan secara berkala.

Apabila memang diperlukan, bisa menggunakan aplikasi pembersih untuk menghapus file sampah. 

#4.  Aplikasi terinstall. 

Sering saya melihat ponsel yang menginstall aplikasi berjibun tanpa memikirkan spesifikasinya. Cara mengatasi hp android cepat panas dan lemot pasti tidak lepas dari hal ini yang dijadikan solusi.. Tidak ada artikel yang merekomendasikan untuk di taruh di dalam kulkas!!

Solusi. 


(+) Aplikasi yang diinstal jangan berlebihan dan filter aplikasi yang membutuhkan grafis tinggi, seperti game.


(+)  Uninstall aplikasi yang tidak digunakan, apalagi aplikasi yang selalu membutuhkan koneksi internet secara terus menerus, seperti game online, social media dll.


(!) Beri waktu istirahat. 


Dalam sehari usahakan selalu memberikan waktu untuk istirahat perangkat, dengan begitu komponen komponen didalamnya akan lebih awet, setidaknya matikan ketika kondisi charging.

Trik android mengatasi smartphone lemot sebenarnya sederhana saja,  analisa terlebih dulu berdasarkan kondisinya. Seperti yang sudah saya katakan, anda bisa mulai analisa dari spesifikasi dan aplikasi.

Berbeda lagi dengan cara agar hp android tidak lemot saat internetan, faktor yang membuat hp anda lemot saat internetan sebagian besar dipengaruhi oleh sinyal,tetapi bukan berarti dari sisi hardware tidak penting.

Internetan cepat = Hardware dan jaringan!!

Arti Nya keduanya sangat penting, namun yang paling dominan adalah sinyal atau jaringan internetan yang digunakan. 

Dalam hal ini kita bisa sebut dengan 4G Menjadi salah satu jaringan internet yang tercepat saat ini.

Kesimpulanya cara internetan di hp supaya tidak lemot harus memperhatikan jaringan, sesudah itu spesifikasi hp tersebut.

Kemudian apa semua hal di atas ada kaitanya dengan hp panas,? 

Cara mengatasi hp panas dan lemot. 

Kondisi hardware atau komponen yang tidak sehat akan menimbulkan kinerjanya lambat /lemot, untuk mengatasi overheat pada hp android perlu identifikasi yang detail. Bisa saja beberapa kerusakan komponen yang dapat menimbulkan panas. 

(!) Baterai sudah tidak sehat sehingga arus pada baterai tidak stabil dan suhunya mudah meningkat. Nah ciri kerusakan pada baterai sendiri belum tentu melembung, artinya bisa saja secara visual masih bagus tetapi sel didalamnya sudah rusak,detail bisa anda lihat "ciri ciri baterai bocor"

Cara mengatasi baterai rusak atau bocor sebaiknya diganti, imeandroid tidak merekomendasikan teknik apapun memperbaikinya, entah masuk kulkas, atau apapun. 


(!) IC sudah rusak selain baterai juga anda bisa cek untuk IC, dalam smartphone cukup banyak jenisnya. Dan kerusakan salah satu IC bisa menyebabkan suhu pada smartphone mudah meningkat /cepat panas. 

Untuk mengetahui kerusakan IC, bisa serahkan pada teknisi atau service center. Silahkan anda bisa cek "ciri ciri IC smartphone rusak". 


Kesimpulan:
Kesimpulan trik mengatasi hp android yang lemot dan cepat panas adalah dengan memperbaiki software, dan hardwarenya teknik mengeceknya bisa di awali dengan memperbaiki software.
  • Cek aplikasi yang terinstall dan buang aplikasi yang memerlukan grafis tinggi,.
  • Cek memori internal, beri ruang kosong dan supaya beban menjadi ringan.
  • Cek kondisi sinyal karena koneksi internet yang rendah akan membuat smartphone anda melakukan ping terhadap server, alhasil smartphone anda bekerja extra.
  • Apabila cara diatas tidak membuahkan hasil maka pastikan hp anda tidak terinfeksi virus, anda bisa scan menggunakan anti virus.
  • Langkah terakhir   bisa anda tempuh dengan hard reset atau factory reset sehingga smartphone anda akan dikembalikan ke kondisi standar pabrik.
  • Apabila hasilnya sama saja maka bisa anda pastikan dengan hardware/komponen apabila memang ada kerusakan seperti yang sudah saya jelaskan diatas, sebaiknya disegerakan diganti.
Nah sekian dulu artikel saya tentang cara mengatasi hp android lemot dan cepat panas, semoga membantu.. Terimakasih atas kunjunganya..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel