. 7 Cara ampuh mengatasi hp lemot, cepat panas [99% fresh] - IME Android -->

7 Cara ampuh mengatasi hp lemot, cepat panas [99% fresh]

Konten [Tampil]

Memperbaiki Hp overheat ,lambat -  Cara mengatasi Hp Cepat panas,Bukan tidak mengenal kata lemot atau lelet sekalipun itu oppo. Performa smartphone semakin hari akan mengalami penurunan sesuai dengan berjalanya usia dari perangkat tersebut.

Cara mengatasi android oppo yang sudah lemot kali ini akan menjadi salah satu topik pembahasan di imeandroid.com.

Apalagi jika hp kamu oppo a37, oppo neo 3, Samsung ,Asus,yang notabene adalah ponsel yang sudah berumur, pastinya memiliki kendala ataupun permasalahan yang bisa menyebabkan mengalami penurunan performa.

Loading hp lama memang kerap kali membuat kita kesal, tetapi hal ini bukan berarti tanpa penyebab.

Banyak faktor yang menjadi penyebab loading hp tersebut menjadi lama.

Cara mengatasi hp loading lama
Cara mengatasi Hp Lemot

Oppo adalah salah satu smartphone yang dapat dikatakan hadir dengan kualitas prima , spesifikasi yang gahar. Sehingga secara umum performa yang dihasilkan seharusnya tidak mengalami permasalahan.

Coba kita lihat dari sekian banyak ponsel oppo sedikit yang memiliki kapasitas RAM kecil,artinya sudah jelas semakin memiliki RAM besar maka semakin mantap juga performanya.


Cara mengatasi Hp lemot /lelet [Samsung, oppo, advan, andromax] 


Cara mengatasi hp lemot sebenarnya mudah, asalkan penyebabnya bukan berasal dari sebuah kerusakan hardware.

Jika sumber permasalahan tersebut dari kerusakan pada perangkat kerasnya, maka sudah dipastikan agar performanya bisa cepat / lancar kembali harus diperbaiki terlebih dulu (ganti Komponen yang rusak).

Handphone cepat panas adalah salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan, dengan kinerja yang lemot sehingga sistem melakukan upaya eksekusi dengan memaksimalkan hardware hal ini membuat suhu pada komponen tersebut cepat meningkat atau panas.

Untuk mengatasi hp advan, oppo, lenovo, asus,  yang cepat panas maka dapat anda urutkan terlebih dulu, analisa terlebih dulu, pastikan bahwa tidak ada kerusakan komponen, seperti kerusakan pada ic, baterai yang sudah melembung atau tidak normal dll.

Penyebab hp oppo yang cepat panas salah satunya dari komponen seperti yang sudah saya singgung tentang baterai, maka jika suhu yang ada pada hp anda dirasa sudah upnormal sebaiknya periksa kesehatan dari baterai, ic, dan software.

Baca juga
Hp asus lemot dan cepat panas pasti ini penyebabnya ! Cara
Cara dan mengatasi Hp asus lemot


Penyebab hp lemot dan cara mengatasinya. 

Cara mengatasi smartphone lemot dan cepat panas kali ini saya akan jelaskan dari sisi software atau perangkat lunak yang ada di dalamnya.

Artinya mulai dari yang terinstall atau tambahan yang sengaja maupun tambahan yang anda tidak sengaja.

Tambahan yang tidak sengaja dalam hal ini dapat dikatakan malware atau bisa kita katakan sebagai virus yang menjangkit pada hp anda.


1. Gunakan anti Virus. 

Jika hp anda merasa tidak normal, suhu gampang meningkat atau hp cepat panas bisa saja itu salah satu ciri ciri hp android kena virus.

Script virus memaksa sistem untuk melakukan tugas sesuai dengan instruksi atau perintah yang diinginkan virus maker, seperti membuat error sistem, mengirim data informasi tanpa sepengetahuan pengguna, menayangkan iklan dan masih banyak lagi.

Virus ini melakukan segala aktivitasnya di belakang layar, bisa kita katakan bahwa segala sesuatu yang dilakukan sulit kita deteksi mungkin jika semacam malware kita dapat mendeteksinya tetapi ada beberapa virus yang cukup sulit.


2. Beri Free space memori internal yang cukup. 

Mengatasi smartphone cepat panas dan lemot salah satunya adalah dengan memeriksa kondisi memori internal ponsel anda.

Meskipun dibekali memori internal yang cukup besar, tetapi saya sarankan tidak mengisinya dengan penuh.

Silahkan beri ruang yang cukup sebagai menstabilkan waktu loading hp tersebut.

Jika menggunakan penuh sebagai memori penyimpanan, hal ini dapat berakibat menjadi lemot, cepat panas dan berpotensi bootloop atau error stuck logo.

Periksa kondisi memori dan hapus file yang tidak perlu, jika memang dirasa penting jangan simpan di memori internal dan saya sarankan simpan di laptop saja.


3. Gunakan memori external. 

Seperti yang sudah saya tulis diatas, ini berkaitan dengan ruang simpan perangkat anda apapun mereknya.

Jika anda membiarkan ruang penyimpanan penuh, maka sudah dapat dipastikan performanya cepat mengalami penurunan.

Untuk itu agar ponsel menjadi lebih cepat / memulihkan performa dapat memberikan free space minimal 30% sehingga sistem memiliki tempat untuk melakukan aktivitasnya.

Jika memungkinkan, segala sesuatu yang berkaitan dengan penyimpanan selalu menggunakan memori external. Sedangkan memori internal adalah tempat file sistem dan instalasi dari aplikasi saja.


4. Kontrol Aplikasi yang terinstall. 

Perhatikan ini, aplikasi yang terinstall menjadi salah satu penyumbang cepat panas dan menjadi lambat.

Beberapa aplikasi membutuhkan akses internet secara real time, sebut saja aplikasi sosial media, yang membutuhkan setiap saat terhubung dengan internet hal ini memicu menjadi lemot dan cepat panas.

Jika smartphone anda memiliki RAM dibawah 2GB, saya sarankan untuk hanya menginstall 2 aplikasi sosial media saja.

Bukan hanya sosial media yang membuat menjadi lemot, tetapi aplikasi yang membutuhkan grafik tinggi sebaiknya install.

Cara ini adalah paling ampuh kadang orang ingin hpnya jadi cepat dalam melakukan pekerjaan.

Tetapi jangan menutup mata tentang aplikasi yang di install, puluhan aplikasi terinstall meskipun jarang digunakan. Segera lakukan cek total aplikasi yang tidak terpakai dan buang, lalu rasakan bedanya..

Mengatasi smartphone lemot dan cepat panas memang tidak bisa kita serahkan begitu saja menggunakan aplikasi pihak ketiga, tetapi jelas harus ada eksekusi langsung dari penggunanya.

Apabila memang diperlukan juga bisa menggunakan aplikasi pembersih file sampah yang dapat didownload melalui playstore.


5. Format Sdcard via PC. 

Nah salah satu ciri dari kena virus biasanya meskipun hanya menyimpan sedikit file tetapi kapasitas memori membengkak.

Tidak jarang itu terjadi pada memori eksternal, jika dirasa hal tersebut terjadi pada smartphone anda maka tidak perlu ragu untuk memformat sd card sehingga menjadi bersih dan kembali normal seperti baru.


6. Versi OS. 

Ini kadang kita lupa akan hal ini menjadi penyebab lemot juga, dengan kondisi os yang kurang cocok pada perangkat pastinya justru menjadi beban yang sangat berat untuk hp tersebut. Untuk itu sebaiknya anda pahami tentang spek hp anda dan sistem operasi yang digunakan.

Contoh jika anda memiliki Hp samsung young duos dengan spek hanya memiliki RAM, 512 Sementara OS yang digunakan adalah marsmallow hal ini jelas menjadi bumerang yang berimbas kinerja jadi super lambat.

Atau sebaliknya pada beberapa kasus penyebab cepat panas juga di karena beberapa aplikasi atau OS yang tidak update, sehingga ponsel akan selalu melakukan ping terhadap server.


7. Reset Ulang Hp android. 

Cara mengatasi lemot yang dapat anda lakukan adalah dengan reset ulang   di kembalikan ke kondisi seperti layaknya hp baru dalam pengaturan default.

Virus, file cache, dan lainya akan hilang dan menjadi segar kembali dan memiliki performa cepat.

Itulah tujuh langkah mengatasi hp android yang lemot tanpa flash, apapun merek hp anda mulai samsung, asus, lenovo advan agar performa tetap terjaga sebaiknya memperhatikan diatas.

Dengan hp memiliki performa yang baik maka suhu pun tidak cepat meningkat,kecuali memang terdapat kerusakan komponen seperti baterai, ic power atau yang lainya.

Sekian artikel saya tentang cara mengatasi hp lambat,yang akan saya tekankan disini untuk mengatasi smartphone yang performa nya sudah menurun baik dari merek samsung,oppo,lenovo,advan sebaiknya perhatikan memori dan aplikasi yang terinstal. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel