. Hp asus lemot dan cepat panas pasti ini penyebabnya ! Cara mengatasinya mudah Kok - IME Android -->

Hp asus lemot dan cepat panas pasti ini penyebabnya ! Cara mengatasinya mudah Kok

Konten [Tampil]

Hp Asus Cepat Panas - Cara mengatasi HP asus yang cepat panas dan lambat kali ini akan menjadi pembahasan yang akan saya angkat ime android.

Sebenarnya sudah bukan hal yang aneh jika smartphone mengalami penurunan performa karena alasan yang yang sangat mendasar diantaranya adalah, sebut saja komponen bagian dalam sudah moali berumur.

Suka atau tidak memang hp merupakan benda elektronik yang secara umum akan melemah secara perlahan terkait dengan lifetime komponen , kinerja komponen didalamnya pastinya seiring dengan jalannya waktu semakin hari akan semakin melemah.

Bukan suatu hal yang sulit mengatasi hp android yang lemot atau lelet namun bukan berarti juga menjadi hal yang tidak sulit. Apalagi jika ponsel yang anda gunakan adalah keluaran lama sementara aplikasi yang anda gunakan adalah disesuaikan dengan spek hp android keluaran baru yang memiliki spek yang gahar.

Para pengembang software melihat adanya perkembangan teknologi dimana dari sisi hardware terus berkembang sehingga aplikasi yang merek buat sedemikian rupa dibuat secanggih mungkin ,dengan kata lain kapasitas memori yang digunakan membutuhkan tempat yang lebih pada hp.
cara mengatasi hp cepat panas dan lemot


Tentunya ini akan menjadi suatu masalah jika ditemukan dengan hp dengan spek rendah atau keluaran lama dimana hp dengan keluaran lama biasanya memiliki RAM kisaran 512MB,1GB.

Apa ini akan berpengaruh terhadap performa smartphone asus anda??

Sedikit banyaknya jumlah aplikasi yang terinstall pada hp asus akan menyumbang terkait dengan performa yang akan dihasilkan artinya sudah menjadi hal yang pasti jika semakin banyak aplikasi terinstall maka hp menjadi semakin lambat.

Nah artikel ini bertujuan memberikan wawasan tentang pengguna hp terkait dengan penurunan performa dan mengembalikanya.
Baca juga: Cara mengatasi Asus zenfone Cepat panas [Paling mudah ]

Penyebab dan cara mengatasi Hp asus lambat dan mudah panas.

#Aplikasi yang terinstall terlalu banyak

Pengguna mungkin tidak sadar bahwa semakin banyak aplikasi yang berada pada hp adalah merupakan beban untuk hp itu sendiri.

Terlebih lagi antara beban dan spek tidak sepadan ,hal ini mungkin dapat di analogikan dengan sebuah muatan terhadap suatu kendaraan.

Jika semakin sedikit muatan maka kendaraan tersebut maka akan semakin ringan dalam melakukan perjalanannya ,begitu sebaliknya jika semakin banyak muatannya maka akan semakin berat juga dalam melakukan perjalanannya ,hasilnya jelas akan lambat.

Jika dalam smartphone mengenal dengan istilah multitasking yaitu menggunakan aplikasi lebih dari satu secara bersamaan hal ini akan memaksa kerja dari prosesor,RAM,baterai maupun komponen lainya bekerja dengan sangat keras.

Selain membuat hp menjadi lebih lambat hal ini juga menjadi salah satu faktor membuat baterai pada hp anda menjadi boros.

Tidak Heran Jika Hp asus anda seringterjadi Froce Close atau aplikasi tidak menanggapi,bahkan sering lag,baterai boros,cepat panas karenasistem bekerja cukup berat.

Apalagi aplikasi yang bersifat membutuhkan akses internet setiap saat seperti sosial media,game online ini selain membuat hp menjadi berat dan membuat baterai boros juga pemakaian kuota lebih banyak.

Solusinya adalah memilah beberapa aplikasi yang kita butuhkan saja dan memahami spesifikasi dari smartphone asus anda,jangan sampai antara beban dan gadget tidak seimbang.

Jika memang di perrlukan lakukan unistall aplikasi yang tidak terpakai,aplikasi membutuhkan grafis tinggi ,aplikasi game online maupun ofline ini pasti akan menjadi ringan.
Membatasi aplikasi yang berjalan pada hp asus ,contohnya kita matikan aplikasi yang tidak penting dengan cara menekan kapasitif di bagian belakang kanan maka akan muncul Recent aplikasi yang terbuka,Kemudian silahkan tutup dengan menggesek kiri atau kanan,saya merekomendasikan untuk hapus semua saja.

Gunakan pembersih dengan melakukan clear recent application apalagi setelah menggunakan aplikasi berat seperti game.

Baca juga: Cara unbrick ,Flash Asus Zenfone MAX Pro M1 Atasi Bootloop

1. Jaringan Buruk  

Tidak kalah pentingnya adalah jaringan dapat mempengaruhi meningkatnya suhu karena sistem terus melakukan ping terhadap server,loading melakukan pencarian jaringan adalah suatu pekerjaan berat pada asus anda yang menimbulkan komponen hp terjadi peningkatan suhu secara drastis.
Silahkan perhatikan jika hp anda berada pada tempat yang sulit mendapatkan sinyal maka hal diatas pasti akan dialaminya,lemot buka aplikasi sudah pasti terjadi di samping peningkatan suhu.

Bukan hanya itu saja hal ini akan secara otomatis berpengaruh terhadap daya atau baterai menjadi boros juga.

Solusinya lakukan mode terbang pada hp anda untuk menghindari peningkatan panas,jika keberadaan anda tidak terlalu dibutuhkan dalam komunikasi menggunakan hp.Namun jika di tempat tersebut merupakan area yang seharusnya memiliki sinyal yang baik maka silahkan periksa kondisi hp anda,SIM card anda.

2. Disebabkan Oleh Guna guna.

Ini tidak benar!! Yang Saya maksud bukan sebuah guna guna ilmu hitam atau yang berkaitan dengan magic,namun yang akan saya garis bawah adalah kemungkinan terjadi serangan malware atau virus yang menyebabkan hp menjadi mudah panas dan menjadi lemot atau lambat.

Malware melakukan ping terhadap server mereka dan bekerja dibalik layar tanpa diketahui oleh pengguna sehingga hp asus anda dipaksa bekerja ekstra tanpa sepengetahuan anda.

Kita bisa ambil contoh kecil adalah Hp anda selalu menayangkan iklan yang tidak jelas secara tiba tiba,hal seperti ini bukan hal sepele pasalnya perintah   tersebut bukan dari kehendak anda,selain boros baterai ini akan menyita kuota internet anda bukan.

Solusinya silahkan gunakan antivirus atau anti malware sebagai proteksi terhadap smartphone anda,lakukan scanning secara berkala,buang aplikasi yang tidak jelas asal usulnya.


3. Memori Internal terlalu penuh.

Masih berkaitan dengan kinerja,sebab akibat hp menjadi lemot dan cepat panas semua ada aturan mainya mungkin anda lupa bahwa memori internal yang ada pada aplikasi asus anda memiliki kapasitas yang sudah ditentukan.

Free space yang aman pada memori internal hp asus anda saya sarankan adalah minimal 30% sehingga jika ruang penyimpanan anda terlalu penuh dapat menyebabkan hp sering lag,cepat panas,bahkan tidak menutup kemungkinan menyebabkan bootloop.

Solusi dan cara mengatasinya sebenarnya mudah yaitu cukup perhatikan ruang penyimpanan memori internal hp anda sediakan free space minimal 30%,dan selalu melakukan penyimpanan file menggunakan memori external,bersihkan file sampah pada sistem.

3. Terjadi kerusakan komponen / Short Circuit.

Tidak menutup kemungkinan ini terjadi adalah menjadi penyebab hp lemot dan cepat panas ,tidak untuk hp asus saja melainkan kemungkinan ini dapat saja terjadi pada hp samsung maupun hp oppo,xiaomi dan lain sebagainya.

Jika Hp anda pernah jatuh ,terkena air sehingga komponen di dalamnya mengalami korosi maupun disebabkan oleh hal lain sehingga membuat perangkat anda memiliki kerusakan dan menyebabkan hp menjadi lemot dan cepat panas.

Untuk cara mendeteksinya bisa dengan cara sederhana saja yaitu lakukan dengan mode terbang hp anda diamkan beberapa menit atau kisaran 30 menit jika masih mengalami peningkatan suhu artinya perangkat anda diduga mengalami kerusakan pada komponennya.

Tidak perlu terburu-buru mengasumsikan kerusakan pada komponen IC hp anda atau bagian engine asus,namun kerusakan yang dapat menyebabkan hp menjadi cepat panas juga bisa saja terjadi oleh kerusakan baterai,pastikan baterai hp anda tidak rusak ya gaes..


Jika memang sudah yakin maka segera ganti baterai hp anda / Service hp anda ke tempat perbaikan hp (Rekomendasi Service Center ASUS).

Demikian artikel saya kali ini sebagai pengetahuan tentang hp asus lemot dan cepat panas serta cara mengatasinya ,semoga informasi yang anda butuhkan ada disini dan memberikan solusi untuk anda pengguna ponsel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel