. Ciri-ciri HP android terkena virus Dan cara mengatasinya. [ Update ] - IME Android -->

Ciri-ciri HP android terkena virus Dan cara mengatasinya. [ Update ]

Konten [Tampil]
IME android - Ciri ciri hp kena virus dapat saya katakan nyaris tidak ada bedanya, melainkan secara umum performa hp menjadi menurun yang di sebabkan oleh parasit yang berada di perangkat tersebut. Mengatasi hp kena virus pun teribilang gampang-gampang, susah tetapi bukan berarti tidak bisa diatasi asalkan anda sudah memahaminya. 

Maleware adalah salah satu jenis pengganggu atau sebut saja virus yang mampu membuat hp anda kualahan, performanya menurun karena di paksa untuk menjalankan script tertentu.

Ciri ciri hp kena virus cukup beragam sih, artinya tergantung dari jenis yang menyerang dan berada di smartphone. Ada yang berahaya dan ada juga yang tidak terlalu berbahaya, namun sudah dapat di pastikan itu akan mengganggu.

Ciri ciri Hp kena virus Dan mengatasinya. 

Virus itu sendiri biasanya berasal dari aktivitas yang telah kita lakukan atau sebagian besar dari internet, untuk menekan mencegah agar hp android tidak kena virus yang cara yang paling mudah adalah dengan tidak terhubung dengan internet. Tetapi sanggupkah hp kita tidak konek sama internet..

Tanda tanda hp Kena virus

Tidak hanya komputer atau perangkat yang berbasi Windows sekarang para pengembang virus juga sudah merambah ke sistem operasi Gadget atau smartpone yang berbasis Android.Virus pada smartphone sendiri memang belum terlalau ganas ,artinya masih bersifat mengganggu sistem atau menampilkan iklan (malware).

cukup banyak tanda-tanda handphone terkena virus dan seberapa bahaya virus itu dengan smartphone anda itu bervariasi tidak menutup kemugkinan dapat membuat hpa anda lag dan bootloop (keggalan sistem).

Alasan kenapa virus dibuat?

Bukan  tanpa alasan virus di buat,bahkan bukan tanpa sengaja juga diciptakan.Para pembuatnya memiliki tujuan yang kita tidak tau entah berorientasi bisnis atau apa, yang pastinya memiliki tujuan.

Virus dibuat untuk apayah? Iseng atau hanya untuk mengisi waktu senggang para programer atau virus maker tersebut.

Mungkin saya sependapat dengan berapa pendapat dari teman teman yang mengatakan alasan kenapa dibuat yaitu : jawabanya adaah ironi " Kenapa harus ada anti virus".

Baca juga : Cara mengatasi Hp Lambat dengan tepat

Cara agar hp tidak terkena virus

Agar Hp kita aman dari virus, maka ada beberapa tips yang bisa di terapkan untuk menekan penyebaran nya.

Hal ini cukup efektif seagai cara agar hp tidak kena virus dan tetap aman, Berikut tips nya.

1. Manfaatkan aplikasi pihak ketiga

Gunakan aplikasi pelindung gadget anda dari virus seperti anti virus dll yang intinya sebagi proteksi tambahan ponsel anda,banyak kok anti virus yang bagus tetapi setidaknya dengan adanya anti virus potensi terseran virus menjadi sedikit.

2. Hindari aplikasi bajakan (MOD)

Anda harus menghindari aplikasi bajakan ataupun app yang mencurigakan. Sebagai saran sebaiknya  memilih aplikasi yang berbayar agar lebih aman dan terpercaya, setidaknya selalu install apk yang anda unduh dari playstoe atau kios yang sudah terpercaya.

App store tepercaya tentunya sudah memiliki sistem tersendiri yang bisa menghalangi virus berbahaya tersemat pada aplikasi-aplikasi yang disediakan.

Di karenakan Cara mengetahui hp android kena virus cukup sulit, seaiknya sih antisipasi saja. Tanda umum memang relatif meneak,tidak dapat di pastikan 100% hal tersebut adalah virus.

3. Lakukan pengaturan keamanan perangkat

Hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari Android Anda dari serangan virus yaitu dengan memaksimalkan pengaturan keamanan pada perangkat Android Anda. Caranya yaitu buka menu Setelan, pilih Keamanan dan kemudian centang pada bagian Verify Apps.

4. Lakukan update Android

Salah satu upaya yang bisa lakukan yaitu dengan melakukan update Android , selain sistem operasi yang baru memiliki penambahan fitur , biasanya juga sudah di bekali dengan perbaikan bugs dan peningkatan keamanan dari ancaman virus..

5. Hindari aplikasi yang membutuhkan akses data pribadi

Ada banyak sekali aplikasi yang meminta Anda untuk memasukkan data pribadi Anda. Hal ini perlu Anda waspadai dan hindari.

 6. Gunakan anti virus Update

Dengan menggunakan anti virus yang terabaru hal itu memungkinkan mendapat proteksi yang kuat karena keamanan didalam nya sudah di sesuaikan dengan jenis virus Smartphone.

Menggunakan anti virus terbaru dan terupdate.
  • Jangan Koneksi Internet : D
  • Salah satu media transfer firus atau infeksi \virus yaitu dari internet dengan tidak terhubung dengan internet maka anda sudah meminimalisir potensi virus
  • Jangan mengunjungi situs situs yang berbau P#rn#
  • Hati hati dengan situs situs seperti ini karena banyak sekali virus bersarang pada situs seperti ini
  • Hati hati dalam mengunduh File dari internet / link download yang aman

Ciri ciri Hp android kena virus.

Saya tidak mau anda menjadi paranoid tentang virus pada hp,untuk mengatasainya juga sangat mudah. Jika sudah menggunakan segala cara untuk tetapi masih hasilnya sama, maka ada cara berikutunya yakni melalui melakukan flash ulang atau melakukan wipedata / factory reset udah!~ Beres.

Dari berbagai kejanggalan yang terjadi pada ponsel ,mungkin penasaran apakah hp saya terkena virus? Dalam hal ini bisa iya ,atau tidak. Untuk itu pahami tanda dari serangan pihak luar yang menimbulkan eror atau lainya.

Apa sih tanda-tanda hp android kena virus? Berikut maka ada indikasi hp terkena virus atau malware.

1. Baterai Boros.

Tanda pertama yang bisa di perhatikan darri prilaku ponsel yang terkena virus adalah penggunaan daya yang relatif boros.  Konsumsi tersebut diakibatkan karena perangkat bekerja extra di luar dari kendalai user, ada umumnya virus tersebut menjalankan aktifitas di belakang layar.

2. Kuota Internet boros.

Pernahkah merasakan kuota internet cepat habis ? Jika merasa hal tersebut di luar dari wajar pemakaian maka bisa saja itu merupakan ulah dari maleware. Salah satu tanda kegiatan di belakang layar menggunakan paket internet.

Aktifitas mengambil data, mencuri informasi , maupun mengirimkan sesuatu menggunakan akses internet yang ada di ponsel. Si pembuatnya umum nya meletakan algoritma virus tersebut menjadi perintah negatif, nomor kartu kredit, akun dan kata sandi dan lain sebagainya.

3. Iklan Pop-up 

Iklan bisa di katakan bukan hal berbahaya, selama itu adalah kejadian normal seperti iklan website yang tidak menggunakan teknik push notifikasi. Tetapi disisi lain ada jenis iklan yang cukup mengganggu yakni kemunculan pop-up notifikasi degan pomosi.

Yang membuat kesel lagi, iklan tersebut muncul menutupi layar secara penuh dengan gambar yang tidak pantas dan sulit di close. Banyak tanda lain yang tidak wajar, seperti bergetar terus menerus memberikan alert sehingga memaksa pengguna melakukan aksi.

Jadi pastikan tidak klik Push notifikasi yang mencurigakan demi kesehatan ponsel.

4. Kirim, terima SMS mencurigakan.

Tanda ini juga tidak dapat di abaikan begitu saja, salah satu teknik phising menggunakan sms yakni sudah sering terjadi . Pihak pengintai mengirim sms tautan dengan tujuan mengambil alih akun dan berbagai informasi yang di inginkan.

5. Folder atau file Rusak

Ciri beriutnya adalah bisanya viru akan merusak file maupun folder pada smartphone, Biasanya folder ,file tersebut tidak bisa dihapus.
cara mengatasi hp kena virus

Sekalipun bisa dihapus dan hilang, sifatnya sementara selang beberapa menit akan muncul kembali seperti hantu,dan memenuhi space memori smartphone kesayangan  yang dapat menyebabkan lemot ,overload bahkan bootloop.

6. Memori internal penuh.

Selanjutnya tanda ini yang paling menjengkelkan yakni memori internal penuh meskipun hanya terdapat file yang sedikit. Ini lah salah satu kerjaan virus yang mampu menduplikasi atau menyimpan file tersembunyi pada peangkat.

Jadi jangan heran apabila akan menyimpan file terdapat notifikasi free spacer tidak cukup ,padahal file tersimpan hanya sedikit.

7.  Malware Redirect.

Meskpiun ini merupakan bukan dari bagian virus yang sudah menjangkit pada hp anda, namun teknik ini umumnya di gunakan oleh mereka untuk menginfeksi. Biasanya ketika pengguna melakukan penjelajahan web , ketika di buka secara otomatis di arahkan ke web lain dan diarahkan install program.

Jadi sebaiknya hindari hal tersebut ,karena ini menjadi salah satu penyebab hp android terkena virus.

8. Aplikasi Error

Saya tidak menyarankan untuk ambil kesimpulan bahwa ini merupakan dari ciri ciri positif terkena virus. Namun dari beberapa tanda yang umum adalah aplikasi pada error, sering froce close program dan lain sebagainya.


9. Hp Booting Lama

Ciri lain yang bisa di lihat apakah hp kena virus atau tidak diantaranya adalah waktu boot yang relatif lebih lama dari waktu normal.

Selain ini faktor dari sepesifikasi hp yang rendah ,tanda ini juga menjadi indikasi smartphone mengalami gangguan yang menyebabkan proses booting teganggu.

10 . Hp sering error atau crash.

Ciri lain andoid kena malware atau virus lainnya adalah smartphone sering mengalam error baik dari sisi sistem maupun dari OS. Ini cukup menjadi perhatian khusus pada mereka yang sudah root hp nya, karena langkah tersebut menjadikan lebih rentan terhadap ancaman sistem.

Ketika sudah di selipi virus menjadikan sistem tidak normal,kinerja terganggu bahkan tidak jarang membuat koneksi terganggu,sinyal sering hilang dan hp lemot ,hang.

Cara mengatasi hp kena virus 

Sederhana saja untuk memperbaikinya, kamu dapat menggunakan aplikasi anti virus yang terpercaya. Jika mmungkinkan gunakan versi berbayar

Jika anti virus tidak dapat mengatasi, maka dapat melalui jalan terakhi yanki meseset hp ke pengaturan pabrik atau flash ulang.

Cara tersebut adalah yang paling ampuh, karena seluruh data pada perangkat akan di hapus secara permanen, semua file yang bukan dari bagia standard bawaan akan secara otomatis hilang dan normal kemali.
Baca juga : 5 Anti virus hp terbaik dan gratis
Tidak perlu takut ,santai saja toh masih bisa kita atasi apapun merek Hp nya entah samsung,xiaomi dan lain sebagainya.

Diatas merupakan bukan sebuah acuan pasti yang dapat di tarik kesimpulanya secara langsung. Ada beberapa ciri yang menyerupai kerusakan pada komponen baterai, Untuk itu sebelum menyimpulakn maka silahkan cek kesehatan hp dari sektor komponen nya terlebih dulu.

Semoga bermanfaat Jangan lupa Share yah ..
#KUVUKILAND

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel