. Mengatasi GPS loncat Tidak Akurat Di Smartphone - IME Android -->

Mengatasi GPS loncat Tidak Akurat Di Smartphone

Konten [Tampil]

Cara Mengatasi Gps Android Tidak Akurat - GPS adalah singkatan Dari Global Positioning sistem, merupakan sistem navigasi yang berbasis terhadap satelit mengetahui posisi objek tertentu yang di terapkan dalam visualisasi peta digital.

Berkat GPS kalian dapat mengetahui posisi seseorang dan berbagi lokasi. Secara akurat berbagi lokasi ke pengguna lain yang dapat diarahkan melalui peta digital, biasa dikenal dengan nama Google Maps.

Tetapi masalah bisa saja terjadi, akurasi kesesuaian antara titik asli dan yang terdapat dalam peta sedikit melenceng atau locat. Hal itu di sebabkan oleh berbagai faktor yang perlu kalian ketahui.

Bagaimana cara mengatasi GPS Locat, tentu ini sangat penting bagi pengguna yang memiliki pekerjaan berhubungan pada pemakaian google map.

Cara mengatasi GPS loncat

GPS loncat dan tidak akurat.

Seiring dengan pemakaian smartphoe kian lama, terkadang mulai mengalami masalah fungsi dari fitur, Salah satunya GPS. Fitur penting biasa dipakai pada seorang yang bekerja dalam bidang jasa seperti ojek online, kurir hingga keperluan share location ( Berbagi lokasi).

Masalahnya datang saat GPS tidak akurat titik lokasi loncat, titik Hilang, berakibat terhadap salah tempat atau nyasar. Apabila hal itu terjadi, maka pilihanya adalah dengan cara mengatasi GPS pada hp android kalian.

Penyebab GPS Loncat dan tidak akurat biasanya karena faktor lokal device kalian. Sejauh ini belum ada masalah yang menyatakan disebabkan dari satelit eror.

Dari sekian masalah terjadi GPS tidak akurat bisanya dikarenaan oleh aplikasi google map tidak update, sistem operasi eror,hp kena virus serta lain sebagainya. 

Tidak mau mengalami GPS android sering hilang , Bagaimana cara memperbaikinya?

Aplikasi GPS sudah secara default terpasang pada hp android atau iOS,jadi pengguna tidak perlu download apps GPS untuk memunculkan sinyal GPS Hilang.

Cara Melacak No Hp

Cara Share Loc Lewat Whatsapp

Cara mengetahui lokasi Hp Xiaomi lewat Google Maps

Ada berapa jenis GPS?

Sejauh ini belum dapat dipastikan ketika masalah sinyal GPS hilang, atau titik lokasi tidak akurat disebabkan karena berdasarkan jenis teknologi GPS yang digunakan.

Pengaplikasian GPS terdapat pada berbagai perangkat, termasuk smartphone. Saat ini terdapat jenis GPS sebagai berikut:

  •  A-GPS kependekan dari Assisted-Global Positioning System merupakan Sistem navigasi yang telah dikembangkan oleh Amerika. Sebuah GPS yang berbasis waktu yang telah di sempurnakan.
  • Glonass, Sama- sama di kemangan oleh Rusia yang menjadi pesaing A-GPS. Glonass memiliki sistem akurasi pembacaan lokasi akurat dengan dukungan satelit cukup banyak.
  • BDS atau dari BeiDou Navigation Satellite System  navigasi satelit yang dikembangkan Tiongkok dimulai pada tahun 2000.
  • Gallileo adalah jenis GPS yang sudah di kembankan Uni Eropa dan di rancang mampu mendeteksi posisi peta digital secara akurat.
  • QZSS (Quasi-Zenith Satellite System) adalah Sistem navigasi ini dibangun oleh Jepang yang dijadikan sistem  transfer waktu regional tiga satelit.
  • NaviC sudah dikembangkan oleh India  yakni dari (Indian Regional Navigation Satellite System).
Kalian dapat mengetahui spesifikasi GPS hp yang di bawanya melaui tabel spek sebelum membeli setiap produk.

Cara Mengatasi Gps Pindah sendiri

Cara Mengatasi Gps Pindah sendiri

Membingungkan saat GPS Locat, pindah sendiri dan tidak dapat mengunci titik lokasi supaya tidak berpindah. Masalah peta online seperti ini biasa di temukan karena set up lokasi ponsel tidak berfungsi dengan baik. 

Untuk itu mari kita bahas memperbaiki GPS sering pindah sendiri tanpa root.

1. Restart Pengaturan location Hp Android

Metode pertama memperbaiki GPS eror adalah dengan menentapkan ulang pengaturan lokasi yang terdapat pada hp kalian.

Langkahnya, masuk ke menu Setting, kemudian tap "General". Kemudian pada opsi "Setting Location" Matikan dalam beberapa menit untuk memulihkan ke kondisi awal supaya tidak terpengaruh terhadap cache. Terakhir,Test titik lokasi Gps kalian, apabila masih tidak stabil silahkan restart.

2. Menghapus data Aplikasi Maps / GPS Peta

Apabila metode pertama masih belum bisa mengatasi titik gps loncat pindah-pindah, maka kalian dapat mencoba cara kedua melalui hapus data aplikasi maps yang kalian gunakan.  Karena bisa saja titik gps berpindah pindah dikarenakan data cache.

Caranya,? Kalian dapat memakai aplikasi pembersih yang bisa didapatkan melalui google play maupun hapus data secara manual. Masuk menu > Pengaturan > Manager Aplikasi > Klik Aplikasi Maps > Hapus data.

3. Update Aplikasi Maps

Yang ketiga ini dianggap cukup ampuh memperbaiki masalah , Sebagai salah satu cara refresh data GPS yang ada dalam ponsel.

Aplikasi yang sudah kadaluarsa dapat menjadi masalah, Bugs menimbulkan sinyal gps rancu hingga berubah-ubah.

Cara update Google Maps sangat mudah, Kunjungi google pay kemudian klik pencarian. Setelah ditemukan "Download dan install" tunggu  sampai selesai dan siap di coba.

4. Update Sistem Operasi.

Pilihan ke empat cukup berat karena memerlukan update OS. Setiap ada pembaruan sebaiknya tidak melewatkannya, karena bisanya selain mendapatkan fitur baru update juga salah satu metode perbaikan bugs sistem.

Silahkan cek update pada model dan tipe perangkat kalian. Pastikan sebelum memperbarui kalian telah melakukan backup data android agar bisa dengan mudah dikembalikan dan menekan potensi kehilangan.

5.Memperbaiki path Aplikasi

Bingung dari sekian cara belum dapat mengatasi GPS tidak terdeteksi atau eror? Kalian dapat mencoba memperbaiki lokasi path aplikasi. 

Biasanya ini dilakukan pada pengguna yang sudah biasa oprek smartphone, Berikut Caranya.

Buka Pengaturan Ponsel > Application Manager.

Lanjutkan cari Google Service Framework > kemudian Clear Data.

Tahap kedua 

Kembali ke Application Manager >Cari dan pilih Aplikasi Maps > klik Force Stop dan Clear Atau paksa berhenti.

Matikan Location Service, caranya masuk ke Pengaturan > Disable / Matikan Location Service. Setelah selesai , restart hp kalian.

Setelah itu silahkan tes kembali akruasi titik lokasi GPS pada android smartphone kalian.

6. Mengaktifkan  Akurasi Tinggi GPS

Akurasi antar titik ponsel dan lokasi yang dikirimkan ke satelit cukup penting. Teknik ini biasanya banyak dipakai para driver gojek, atau pengandara ojek online lain supaya keberadaanya realtime.

Berikut cara mengubah akurasi untuk mengatasi gps hp tidak sesuai dengan lokasi kalian:

  • Buka menu lalu pilih setelan atau settings.
  • Silahkan masuk ke Google Maps kalian lalu klik Lokasi.
  • Pilih Opsi setelah akurasi , dan tingkatkan keakuratan.

Sekarang pengaturan GPS ponsel telah memakai akurasi tinggi, kamu bisa mencobanya.

7. Cek Speed Internet.

Terburu buru menetapkan salah satu objek masalah tidak baik juga, sudah pusing dengan berbagai penyebab seolah perangkat telah lemah justru hanya dikarenakan internet tidak stabil.

Sistem GPS memang sangat bergantung terhadap internet , sehingga sering kali kalian mencoba memakai GPS dan melakukan perjalanan terkadang titik lokasi tertinggal.  Hal Itu juga dikarenakan Koneksi kalian tidak mumpuni dan seiring perpindahan tempat ke sinyal yang lebih lemah.

Buka Brower terbaik yang sudah terpasang pada hp kalian.
Kunjungi web penguji kecepatan internet fast.com
Maka secaa otomatis akan menganalisa ,tunggu dan lihat hasilnya.

8. Reset Hp Ke Setelan Pabrik

Mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik dapat menyelesaikan masalah yang ditimbulkan dari virus,Salah pengaturan, maupun hal lain yang menyebabkan GPS tidak dapat berfungsi dengan baik.

Sebelumnya , pastikan kalian telah mencadangkan file yang ada didalamnya. Proses ini akan menghapus permanen data yang bukan dari kategori standar pabrik.

Masuk ke pengaturan > Setelan tambahan > Backup & Reset > Backup dan tunggu sampai proses mencadangkan data android selesai..

Proses reset ulangi langkah diatas , lalu di akhir proses pilih "Reset Phone"  lalu tunggu hingga selesai

9. Kerusakan pada Hardware

Ini kemungkinan terburuk yang dapat saja terjadi pada semua perangkat seluler yakni mengalami masalah komponen rusak. Berbagai jenis hardware ponsel didalamnya menunjang berbagai fungsi , mulai dari kecepatan, hingga sinyal.

Ini cukup sulit diperbaiki sendiri sehingga kami menyarankan untuk membawa ke service center terdekat sesuai merek smartphone yang kalian miliki.

Kesimpulan penyebab GPS Tidak Akurat

Dari berbagai cara memperbaiki Gps android bermasalah diatas maka dapat disimpulkan ada beberapa kemungkinan yang sering menjadi penyebab.

Mulai dai Koneksi internet lambat.

Koneksi internet sangat penting menunjang peranan GPS dan memberikan titik real time sesuai posisi device.
Fitur gps akan terganggu saat internet yang kalian gunakan melambat. Ini Biasa terjadi pada penguna yang melakukan perjalanan dan mengalami perpindahan lokasi dan sinyal.

Setelan GPS.

Cukup membantu mengatur setelan gps dari Akurasi rendah ke Tinggi. Namun perlu kalian ketahui hal ini juga dapat berdampak konsumsi daya menjadi lebih boros dan menyebabkan baterai cepat habis.

Setelah mengunci menjadi akurasi tinggi ini akan mendapatkan tingkat presisi titik antara sistem satelit dan Perangkat menjadi lebih pas.

Rusak pada komponen hardware.

Masalah kerusakan hardware memang lebih membuat kesal. Pengguna jarang bisa mengatasi sendiri sehingga mengharuskan ke service center hp.

Aplikasi Kadaluarsa.

Penyebab ketiga dikarenakan aplikasi peta yang sudah kadaluarsa. Pembaruan yang telah tersedia tidak segera dilakukan dan terus pakai apl usang dengan bugs menggangu sistem.

Bugs ROM

Setelah update sistem operasi melalui jasa flash,kemudian terdapat fitur yang tidak bisa bekerja dengan baik ? Ini biasanya dikarenakan rom mempunyai bugs.

OS ( Sistem ) Bermasalah

Masalah sistem dapat di timbulkan karena oprek, kena virus. Ini biasa terjadi pada smartphone yang sudah di root dan mengubah berbagai permision / script yang menimbulkan crash.

Itulah penyebab dan cara mengatasi GPS Loncat di Hp android . Ini dapat diterapkan pada semua merek , Samsung,Oppo,Vivo,Xiaomi,  Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel