. Mengatasi Ketika Slot SIM Card rusak Tidak Berfungsi - IME Android -->

Mengatasi Ketika Slot SIM Card rusak Tidak Berfungsi

Konten [Tampil]

Slot SIM Card yang Rusak - Slot SIM card atau tray kartu menjadi wadah penempatan yang mempunyai peranan penting. Bukan hanya untuk kartu SIM saja, namun sebagian dapat dialokasikan untuk menempatkan memori Eksternal.

Cara memperbaiki slot SIM card rusak biasanya tidak melulu Karana SIM itu sendiri. Tentunya dampak yang ditimbulkan diantaranya kartu SIM tidak terbaca, memori card tidak terdeteksi yang berbuntut tidak dapat sinyal, tidak bisa menyimpan file ke micro SD.

Slot SIM Card Tidak Berfungsi
Slot SIM card (Pixabay)

Bagaimana solusinya saat slot SIM card tidak berfungsi?

Cara Memperbaiki Slot SIM Card yang Rusak

cara mengatasi sim card tidak terbaca dan rusak yang berkaitan dengan sinyal tidak muncul karena kartu SIM tidak terbaca bisa mengikuti instruksi dibawah.

Pada prinsipnya apabila slot SIM card rusak jelas bisa di cek secara fisik, seperti patah, retak, bengkok atau macet.

Cara memperbaiki slot tray SIM card rusak dari yang saya sebut diatas terbilang mudah, yakni cukup dengan mengganti.

Tetapi kadang permasalahanya bukan disitu, tray kartu SIM terlihat baik-baik saja. Yakni berhubungan SIM card tidak terdeteksi , memori dan sinyal tidak muncul. Berikut lengkapnya untuk mengecek masalah ini.

Cara membuka mengatasi slot SIM card macet

1. Cek Fisik SIM Card

Penyebab slot SIM rusak biasanya di karenakan terlalu sering mencopot dan memasang.  Tidak ada pilihan lain saat menghadapi masalah kartu memori dan sim Tidka muncul yakni dengan mengecek terlebih dulu kondisi tray bracket kartu memori dan sim card.

Kalian bisa memeriksanya mulai dari retak, patah atau bisa saja kendor dan kurang masuk.

Kamu harus pastikan plat tumpuan kartu dalam kondisi baik, tidak kendor. Pasalnya saat tray slot kartu ini dimasukan dan terdapat kartu perdana akan terdorong oleh socket pin konektor.

Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Xiaomi

2. Cek Konektor Slot Kartu SIM

Cara Memperbaiki Slot SIM Card yang Rusak tidak terbaca di Hp Android tidak pasti kerusakannya pada tray. Salah prediksi, justru konektor SIM yang tertempel pada board PCB. Sebagai pin yang langsung bersentuhan dengan pin SIM card.

Proses mengeluarkan SIM tray , dorong , tekan dan lain sebagainya tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan kerusakan pada pin konektor SIM.

 Peranannya sangat penting, membaca data Sim Card ke Sircuit board. Sehingga kerusakan terhadap konektor pin berakibat fatal menimbulkan tidak dapat sinyal, gesekan ke chip sim menimbulkan kerusakan.

Cara memperbaiki konektor sim rusak tidak ada cara lain kecuali harus membongkarnya dan mengganti. biasanya dilakukan oleh teknisi yang telah terbiasa. Biasanya dalam kasus ini ponsel mendapat notifikasi "Insert SIM Card".

Mengatasi Hp Tidak Ada Sinyal

3. Cek SIM Card

Selanjutnya lakukan pengecekan terhadap sim card. Hal ini sangat penting saat kartu dianggap tidak terhubung tentu jangan melupakan kartu itu sendiri. Bukan berarti sudah pasti kerusakan slot sim card.

Caranya cukup keluarkan tray dan kartu memakai injektor seperti biasa. Lalu cek fisik , pastikan bersih , tidak cacat karena goresan.

Jika kotor atau berjamur, bersihkan menggunakan kain yang di beri minyak kayu putih atau alkohol maupun cairan pembersih.

5 Ganti SIM Card

Apabila masalah tersebut diketahui bersumber dari SIM Card yang telah rusak,maka kalian dapat mengganti dengan kartu baru.

Jika ingin nomor tersebut masih sama, maka silahkan kunjungi gerai sesuai operator yang kalian gunakan. Silahkan bawa persyaratan pengajuan kartu baru, seperti KTP, KK dan lain sebagainya.

Sebaliknya apabila ingin ganti kartu dengan nomor baru, kalian bisa membelinya langsung ke konter.

6. Overheat area slot SIM

Lokasi tray Slot SIM yang berada dalam lingkup mesin cenderung menghasilkan panas yang bisa mempengaruhi frekwensi menyebabkan  kartu tidak terdeteksi.

Kalian dapat mengistirahatkan dan menganalisa penyebab dari Overheat. 

Cara mengatasi Hp cepat panas

Penutup

Dan yang terakhir mengatasi Slot sim card rusak tidak bisa membaca kartu adalah dengan cara mengganti tray yang baru. Hal itu jika merasa kondisinya sudah tidak layak seperti plat jebol, patah maupun hal lain. Sekian

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel