. Alat-alat untuk service hp Dan Harga nya - IME Android -->

Alat-alat untuk service hp Dan Harga nya

Konten [Tampil]

Alat Alat Service hp ; Bisnis service smartphone memang menjanjikan. Untuk mereka yang sudah memiliki modal dan kesempatan lokasi strategis memang layak untuk mencoba menyediakan jasa service smartphone. Namun, pastikan secara ilmunya sudah dikuasai dan mencoba mengumpulkan alat alat untuk service hp secara lengkap.

Mengapa harus lengkap? Ya, sederhana saja. Semakin lengkap berarti semakin banyak jenis masalah ponsel yang bisa anda tangani. Misalnya alat untuk membuka Layar, atau penunjang lainnya.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas terkait dengan berbagai kelengkapan yang harus kalian miliki saat membuka jasa perbaikan smartphone. Saya kira tidak semuanya wajib dimiliki sekaligus, kalian bisa melakukan beberapa pemilihan skala prioritas sesuai kebutuhan bisnis.

Sehingga, meskipun saya akan menyebutkan sebagian besar alat alat untuk service hp tetapi tidak sepenuhnya diwajibkan untuk membeli semuanya secara langsung. anda bisa memilihnya terlebih dahulu wajib dimiliki, dan melakukan beberapa rencana pembelian jenis berikutnya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Komponen IC smartphone Rusak dan berdasarkan jenisnya

Alat Alat Untuk Service Hp Yang Wajib dimiliki.

Ok, Hampir sebagian besar yang akan saya sebutkan di bawah sebagai peralatan service hp dibawah adalah wajib kalian miliki. Pasalnya, seperti yang sudah saya sampaikan diatas semakin lengkap alat yang kalian punya maka tentu banyak jenis kerusakan yang bisa ditangani.

Bukan hanya memberi informasi nama alat nya saja , tetapi kalian akan mengetahui alat servis hp dan fungsinya beserta harga yang bisa kalian dapatkan. Nah, Ngomong-ngomong masalah harga bisanya bervariasi yakni tergantung dari merek alat tersebut, penjualnya dan lain sebagainya.

Misalnya Komputer, tentunya ini menjadi alat wajib yang kalian punya saat akan membuka service hp. Tetapi secara harga juga kan bisa disesuaikan, tergantung dari spesifikasi yang diinginkan, merek, dan faktor lain yang mempengaruhi harga dari perlengkapan service hp tersebut.

Secara kesimpulan singkat terkait dengan harga alat service hp berarti variatif, dan dapat disesuaikan budget yang dimiliki. Tetapi, pada umumnya semakin mahal sebuah peralatan maka secara kualitas juga semakin baik. Dan langsung saja berikut peralatan service hp untuk pemula hingga ekspert.

Baca juga: Tutorial memperbaiki Smartphone android Rusak

#1. Komputer atau Laptop

macam-macam alat service hp
img:blibli.com

Mengapa komputer atau laptop dimasukan dalam kategori alat service ? Ya, tentu kita semua tahu bahwa komputer atau laptop adalah salah satu perlengkapan multi fungsi. Yakni peruntukanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Apabila mereka yang memiliki kantor, maka Laptop menjadi peralatan mengerjakan berbagai tugas yang ada dalam perkantoran tersebut. 

Dan , Jika komputer digunakan oleh seorang teknisi Hp Biasanya dipakai untuk memperbaiki ponsel. Misalnya, flash ulang, melihat skema smartphone, download ROM dan lain sebagainya.

Sedangkan harga laptop atau komputer cukup variatif. Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari budget 4 Jutaan hingga Ratusan juga. Menyesuaikan budget dan keperlua saja, sehingga anda dapat mempertimbangkan spesifikasinya sesuai dengan fungsinya.

#2. Obeng Set Service

Peralatan service hp
Img: Shopee

Berikutnya perlengkapan alat service hp yang kedua yakni obeng . Harga obeng service hp juga terbilang variatif, menjadi salah satu alat wajib kalian miliki saat akan membuka service smartphone.  Umumnya obeng yang di pakai relatif kecil dan terdapat dua jenis, yakni Obeng Plus umumnya untuk perangkat android dan obeng bintang untuk perangkat iphone.

Temukan jenis obeng yang berkualitas, kalian dapat membeli satuan atau set. Biasanya harga saatuan nya sekitar Rp. 20.000 hingga Rp.50 Ribu , sedangkan untuk harga obeng service hp 1 set sekitar Mulai dari Rp.80.000 hingga Rp. 300.000an

Dan kembali kepada anda, jika baru merintis usaha mungkin bisa menghemat budget dengan membeli yang murah terlebih dahulu. Tetapi juga harus sadar secara kualitas nya jelas berbeda.

Baca Juga : Cara mengatasi Layar Hp Ngeblank Putih

#3. Power Supply

Power supply alat service hp
img: Shopee

Biasanya untuk power supply memiliki dua jenis , yaitu model analog dan model jarum. Sedangkan berdasarkan spesifikasinya terdapat banyak jenis, namun direkomendasikan untuk memakai varian berkapasitas arusnya 5A dan tenggan bisa diset ke 30V.

Power Supply Variable merupakan pemasok daya yang mampu memberikan arus tegangan listrik DC atau Direct Current dengan polaritas tetap Negatif dan Positif ketika pengecekan service hp.

Digunakan oleh para teknisi ponsel saat mengisi daya dengan kebutuhan tegangan yang bisa disesuaikan sesuai jenis ponselnya. Selain it juga berfungsi untuk Cas baterai Smartphone bermasalah atau tegangan drop. 

Selain itu fungsi power supply adalah juga dipakai oleh teknisi smartphone untuk mengecek kerusakan. Mereka dapat mengenali tegangan dari monitor sebagai tanda-tanda masalah komponen ponsel dan menjadi keputusan perbaikan.
 

#4. Blower Atau Solder Uap

Blower service Hp
Img: Shopee

Alat selanjutnya adalah Blower menjadi perangkat sangat penting dalam dunia service smartphone. Terutama mereka yang sudah menyediakan jasa service kedalam ranah penggantian hardware. Sejauh ini kebanyakan untuk peralatan service ponsel yang hanya berurusan pada sistem atau softaware, mungkin alat servicenya cukup dengan adanya komputer saja.

Fungsi blower yakni biasa digunakan untuk melepas komponen perangkat keras saat perbaikan, Misalnya IC, dioda, dan lain sebagainya. Blower bekerja memberikan suhu dan tekanan panas sehingga memempermudah saat memudah teknisi dalam pengerjaan melepas komponen.

Harga Blower service ponsel ini beragam, hal ini terantung dari sepsifikasi dan jenisnya. Misalnya Jenis Blower / solder Uap dibawah.

#Tipe Solder Uap Analog Portable LK 8032

Blower alat service Hp
Img: Shopee

Merupakan model Solder Uap portable yang dilengkapi adanya 3 Buah mata dan adaptor, Ringan cocok dipakai teknisi ponsel atau komputer memiliki mobilitas tinggi. Ukurannya relatif kecil , Yakni 17.5*3.8cm dan terdapat tombol pengaturan suhu panas yang diinginkan.

Harga Blower ini Sekitar Rp.400 Ribuan.

  • Output Power: 420W
  • Input Voltage: 220V
  • Max Temperature:480-500
  • Tipe Blower manual LK 8032

Selengkapnya Jenis Blower yang dipakai untuk perlengkapan service Hp

#5. Multimeter atau Avometer

Multi Tester untuk service ponsel
Img: Shopee

Berikuntnya juga kalian wajib punya Multimeter sebagai alat yang digunakan para teknisi untuk mengecek komponen.

 Bukan hanya para teknisi hp saja, Avo Meter juga alat banyak dipakai oleh semua pekerja teknisi. Misalnya mekanik, Service Laptop, service elektronik dan lain sebaganya.

Multimeter memiliki beberapa Penamaan dan jenis, Biasa juga dikenal dengan AvoMeter, Multi tester. Pada Prinsipnya sangat penting, sedangkan jenisnya biasanya terdiri dari berbagai merek yakni model digital dan analog.

Multimeter atau multitester atau avometer ada dua jenis: Analog dan Digital. Multimeter digital digunakan di sebagian besar perbaikan ponsel.  Dengan Alat ini teknisi dapat menganalisa nilai tegangan atau Output.

Direkomendasikan memakai jenis multitester yang berkualitas supaya nilai output yang dihasilkan memiliki akurasi yang baik. Sedangan pemilihan jenis analog atau digital, saya kira bisa disesuaikan dengan kebiasaan namun untuk mempermudah disarankan pakai yang versi digital. 

Setiap kita melakukan pengecekan, maka nilai Output akan otomatis tertera.

Baca Juga: Mengatasi Smartphone Terkena Air

#6. Solder

solder service hp
Img: Shopee

Merupakan perlengkapan alat perbaikan ponsel yang wajib dimiliki. Harganya relatif murah, dan sama dengan lainnya biasanya semakin mahal maka semakin berkualitas.

Fungsi solder sebagai macam-macam alat service smartphone yakni untuk memasang komponen misalnya IC, dioda, jumper.

Mungin dari berbagai jenis kebutuhan yang berhubungan dengan alat yang dipakai dalam perbaikan ponsel, setidaknya solder menjadi salah satu priortias untu dimiliki.

 Anda tidak perlu memikirkan harga alat service hp fullset terlebih dahulu. Solder bekerja mencairkan timah awat saat melepas dan memasang komponen pada PCB. Solder tidak bekerja sendirian, melainkan membutuhkan timah kawat saat akan menempelkan komponen ke ke Printed Circuit Board. 

#7. PCB Holder.

PCB holder service hp
Img: Shopee

Teknisi Saat melakukan perbaikan smartphone, Sudah seharusnya komponen main board ponsel dalam kondisi terjepit agar lebih mudah dan tidak bergerak yang bisa mempersulit proses. Dengan Adanya PCB penjepit tentu akan menjadikan pekerjaan menjadi efektif.

Sehingga papan sirkuit cetak smartphone akan kuat, saat menyolder, memperbaiki , teknisi akan jauh lebih udah. Harga PCB holder juga murah, kalian bisa mengunjungi toko perlengkapan sevice smartphone terdekat dikota anda. 

Selain itu, di era modern seperti ini proses pembelian dapat diantarkan dan gratis ongkos kirim melalui marketplace. Harga PCB Holder dapat kalian peroleh mulai dari Rp 20.000 ~ Rp. 300.000. 

#8. Flux Sloder. 

Flux Sloder service hp
Img: Shopee

Jika ada jual alat service hp borongan karena sesorang akan pindah atau beralih profesi mungkin akan jauh lebih mudah. Apa lagi jika harganya murah, Terlepas dari itu anda juga perlu mempersiapan Flux.

Biasanya dipakai untuk mengolesi komponen yang akan di Blower atau di Solder tujuannya supaya panas menjadi lebih mudah. 

Flux bekerja menghilangkan Oksidasi saat proses menyolder sehingga timah akan mudah menempel ke permukaan ketika dipanaskan den an solder dan komponen akan benar benar menempel.

Harga Flux Solder Sekitar Rp.25.000an Untuk Jenis Minyak Solder UV 50.

#9. Pinset. 

Pinset service hp terbaik
Img: Shopee

Kalian bisa datangi toko peralatan service hp dimanapun dan mulai mengumpulkan perlengkapan perbaikan service smartphone saat akan mulai bisnis ini. Pinset sangat penting, keterbatasan tangan memegang benda kecil , maka adanya pinset akan sangat membantu.

Hampir semua Teknisi pemula dan profesipnal memiliki dan membutuhkan pinset ketika proses perbaikan. Berfungsi untuk Memegang komponen IC saat akan dipasang atau pengambilan, Jumper kabel dan lain sebagainya.

Sehingga tidak dapat ditawar lagi kebutuhannya, dengan bantuan Pinset juga akan jauh lebih mudah karena komponen smartphone berukuran kecil semua. Sebelum membeli alat service kecil ini, pastikan anda memilih jenis pinset berkualitas , pilih yang ujungnya sangat tipis. 

Biasanya pinset yang perlu dibeli adalah jenis cekung atau ujung bengkok dan lurus. Jika Memunginkan kalian bisa membeli secara lengkap atau Full set.

Harga Pinset Service Hp bisa kalian dapatkan dengan Harga Mulai dari Rp.30.000 an untuk jenis Stainless.

#10. Timah Kawat dan Timah pasta

Timah cair solder hp
Img: Shopee

Terdapat beberapa jenis timah yang dipakai sebagai kebutuhan service ponsel, salah satunya adallah Timah cair. Yakni berfungsi untuk mencetak Kaki-kaki IC ketika akan dilakukan pemasangan.

Selain membutuhkan timah cair, kalian juga memerlukan adanya timah Kawat yakni untuk menyolder kaki komponen ke PCB agar dapat terpasang kuat dan aman.

#11. Solder wig.

Kebutuhan peralatan service hp lain yang harus anda persiapan adalah  Solder Wig. Yakni alat yang biasa dipakai untuk membersihkan setiap timah yang ada dalam IC.

#12. Lup kecil. 

Karena Komponen Ponsel berukuran kecil-kecil dan keterbatasan mata untuk melihatnya secara detail, maka Membutuhkan lup yang Fungsinya melihat part-part berukuran kecil.

Sehingga teknisi dapat mengetahui semuanya secara persis saat melakukan pekerjaan perbaikan smartphone.

#13. Tiner Cairan Pembersih

Kalian juga tidak bisa melupakan kebutuhan sebuah cairan pembersih yang akan diperlukan sebagai pembersih komponen yang terkena air minyak atau apapun. Biasanya cairan pembersih yang digunakan berupa Alkohol, Tiner , Atau Contact cleaner.

Biasanya thinner dipakai saat akan membersihkan PCB , atau kalian juga bisa memakai Cairan Isopropil Alkohol. Tidak hanya itu saja, Cairan tersebut juga dipakai untuk membersihkan sisa lem pada casing, baterai.

Dalam hal ini setiap komponen yang sudah dibersihkan memakai cairan pembersih sebaiknya untuk tidak memasang langsung. Diamkan terlebih dahulu hingga benar benar kering menghindari kesalahan menimbulkan short.

#14. Plat pencetak ic. 

Pencetak IC merupakan salah satu hal wajib dipakai ketika seorang tuser hendak melakukan pasang IC ponsel. Saya kira ini menjadi hal wajib dimiliki sebagai perlengkapan service smartphone.

Harga Plat pencetak IC ini bisa kalian dapatkan di toko penyedia macam-macam alat service hp terdekat  atau melalui Marketplace. Dibanderol mulai dari Rp.80.000 an.

#15. UFI Box. 

Ufi Box merupakan alat yang sangat penting digunakan oleh para teknisi untuk memperbaiki ponsel , mengatasi software. Sangat penting karena peranannya mampu mengakses Langsung eMMC dan eMCP ponsel.

Dengan memakai UFI Box berbagai masalah bisa teratasi, Misalnya meperbaiki Hp Hanya muncul Logo, Layar terkunci dan Gagal Reset,  Hp Mati total Tidak terdeteksi USB, Mati total terdeteksi MTK USB Port, Terdeteksi USB 9008,  Hp kena Malware, Restart sendiri berulang/ looping dan masih banyak lagi masalah lainnya.

Untuk tools service smartphone selengkap itu bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar 2 Jutaan, sangat murah dibandingkan dengan manfaat yang akan didapatkan.

#16. Kawat Jumper

Kawat Jumper adalah perlengkapan termurah diantara yang lainnya, yakni bisa dibeli dengan harga seitar Rp.2.500 an saja. Kawat ini berfungsi untuk menyambung kembali jalur yang terputus pada smaerphone.

#17. Lem LCD/Casing B-7000 dan T-7000

Jangan menggunakan Lem Besi saat akan memasang LCD atau Casing! Nah, Lem Khusus yang dipakai dalam perbaikan smartphone umumnya memakai jenis Lem B7000 dan T7000 .

Fungsinya merekatkan kembali Komponen ponsel , misalnya baterai , Casing, Layar smartphone dan lain sebagainya sehingga dikemudian hari tidak akan merusak gawai ketika akan dibongkar. Umumnya setiap merek memiliki daya rekat yang baik dan bersifat tidak permanen seperti lem besi.

Harga Lem LCD ini untuk ukuran 15ml berkisar Rp.15.000an saja, bisa diperoleh di toko perlengkapan service atau marketplace kesayangan anda.

#17. Smart Charger 

Alat untuk service hp
Img: Shopee

Berikutnya kalian juga bisa menyediakan Smart Charger , merupakan tools charger yang memiliki ampere dan volt meter.

Berfungsi saat servis HP  yakni saat mengecek kemampuan aterai mampu mengisi normal atau tidak. Sehingga teknisi bisa melakukan diagnosa, jika arus yang masuk di atas 0.4Am maka dinyatakan Normal, namun jika kurang dari nilai tersebut bisa dikatakan memiliki masalah pada jalur pengisian daya.

#18. Antistatic Mat Atau Karpet statis

Alas Statis Service Hp
Img: Shopee

Atau dikenal juga dengan Nama ESD mat, yakni alat yang dipakai saat perbaikan smartphone sebagai alas. Tidak hanya itu saja, ini juga dapat dipakai untuk menyimpan berbagai peralatan service hp seperti obeng, sekrup, supaya tidak berceceran dan mudah saat pemasangan kembali.

Sehingga secara fungsional ini sanngat penting, alas anti statis ini juga merpakan pelindung dari arus listrik statis yang mampu mengurangi resiko kerusakan komponen ponsel akibat dari arus listrik statis.

Harganya murah, dibanderol sekitar Rp.50.000an saja namun meskipun murah dapat memberikan kesan teknisi service hp profesional dimata konsumennya dan mampu menekan potensi kerusakan perangkat akbibat listrik statis.

#19. Opening Tools

Opening Tools perbaikan Smartphone
Img: Shopee

Berikutnya ada Opening tools yang bisa membantu tenknisi dalam membongkar ponsel. Sebagai alat pemmbuka yang aman supaya perangkat tidak lecet ketika hendak membuka casing , konektor .

Tidak hanya untuk keperluan perbaikan smartphone saja, alat pembuka ini juga banyak dipakai dalam dunia elektronik, perbaikan laptop, tablet, smartphone.

Bukan menjadi salah satu alat service hp canggih, namun dari sisi manfaatnya sangat diperlukan oleh tuser. Harga tools ini juga murah, satu set dibanderol sekitar Rp.40.000 an saja.

Penutup

Itulah Pembahasan Alat-alat service hp yang biasa diperlukan oleh seorang teknisi smartphone pemula maupun profesional. Mulai dari harga Rp. 3000 an saja hingga perlengkapan yang jutaan rupiah. Sehingga dalam hal ini kalian bisa mulai melakukan List berdasarkan prioritas, mana yang harus diadakan terlebih dahulu dan mana menjadi target selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel