. Cara cek Hp Oppo bekas tidak akan terlewat - IME Android -->

Cara cek Hp Oppo bekas tidak akan terlewat

Konten [Tampil]

Saat membeli ponsel tentu berharap mendapatkan kualitas terbaik, awet dan tidak cepat rusak. Ini berlaku pada smartphone baru maupun Hp Oppo Bekas. Pada saat berbicara ponsel baru, tentunya awet atau tidaknya tergantung dari cara pakai pengguna, disinilah yang sudah seharusnya anda lakukan yakni cek hp oppo Bekas.

Sangat disarankan melakukan pengecekan secara menyeluruh. Pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya bagaimana cara cek hp Oppo Bekas, memastikan kualitas hingga fungsinya.

Karena Apabila membeli ponsel bekas pastinya anda memiliki keraguan akan kondisinya, apakah masih bagus atau tidak, Hanya dengan cara cek hp Oppo bekas yang diinginkanlah anda bisa mengetahui secara persis dari berbagai aspek kualitas, Mulai dari spesifikasi, fungsi Fitur, hardware dan lain sebagainya.

Mengecek Kualitas Hp Oppo Bekas.

Ada beberapa metode yang bisa kalian gunakan ketika ingin mengetahui kualitas maupun fungsi fitur dalam setiap perangkat, Contohnya cara cek hp oppo bekas dengan kode yakni memungkinkan mengakses fitur test hardware atau lainnya.

Atau hanya memakai metode paling sederhana, misalcek hp oppo touchscreen memakai visual yani menerapkan gambar gelap untuk mengecek dead pixel.

Masih Banyak lagi, hingba proses mengecek Getar Hp Oppo Pun dapat dikerjakan dan diterapkan ke berbagai type, Oppo A5s, A37f,A37 Standar, dan lain sebagainya.

Langsung saja berikut peembahasan mengecek Hp Oppo Bekas supaya kita bisa lebih teliti mengenali kualitasnya. 

1. Mengecek Masa Garansi

mengecek masa garansi
https://support.oppo.com/id/warranty-check/

Pada saat melakukan transaksi jual beli Oppo bekas, terkadang untuk penjual juga memutuskan jual ulang meskipun masa pakainya belum genap 1 Tahun. Tentu saja akan mengatakan apa adanya, terlebih lagi telah melampirkan sejumlah bukti pembelian yang disertai dengan tanggal dan nama toko.

Apabila masa pakai sejak pembelian adalam belum satu tahun, maka sudah sewajarnya perangkat masih dalam kondisi garansi. Ada beberapa perbedaan garansi yang harus anda ketahui, yakni garansi toko / distriutor atau jenis garansi resmi oppo.

Keuntungannya, Perlu ditekankan bahwa selama masa pakai belum  genap 1 Tahun artinya anda masih bisa melakukan klaim perbaikan oppo garansi. Itu idealnya,.

Nah, anda bisa memastikan kembali apakah benar-benar masih dapat garansi. Jika Perangkat tersebut merupakan ponsel yang masuk ke Indonesia secara resmi, maka seharusnya bisa dilacak sisa masa waranty yang diperoleh.

Namun apabila ponsel tersebut merupakan produk BM ( Black Market) Maka biasanya tidak dapat terdeteksi sisa garansi yang diperolehnya, karena garansi yang diberikan oleh pihak toko atau distributor.

Bagaimana cara mengecek Oppo bekas masih garansi atau tidak?

  • Ok, Selain mengacu pada kartu garansi dan tanggal pembelian yang tertera dalam lampiran paket pembelian, anda juga bisa memastikan kembali dengan langkah dibawah:
  • Pertama, Cek Imei Ponsel Oppo tersebut memakai kode rahasia. Buka Papan panggilan ponsel, lalu ketik kode *#06# , Secara otomatis akan muncul nomor imei dan silahkan Catat.
  • Buka situs cek garansi Oppo di laman resminya, support.oppo.com/id/warranty-check dan masukan nomor imei Hp Oppo bekas yang akan kamu cek sisa jaminan kualitasnya.
  • Masukan kode verifikasi, kemudian klik "periksa sekarang".
  • Setelah berhasil anda akan memperoleh info masa garansi.

Baca Juga: Cara membedakan baterai Oppo Asli dan Palsu

2. Cara Cek Original Produk

Dan yang kedua adalah memastikan bahwa produk tersebut merupakan original bukan hard copy, tiruan atau Barang KW. Tekniknya cukup mudah agar kalian bisa memastikan barang tersebut adalah asli, ini sangat penting saat akan membeli hp oppo second.

Dengan memanfaatkan Nomor IMEI sebagai sarana termudah untuk mengecek keaslian Hp Oppo. Pada prinsipnya setiap perangkat ponsel oppo dibekali dengan nomor imei berbeda-beda, yakni meskipun dalam satu tipe yang sama namun imei menjadi id unix yang tidak akan sama antar satu dan lainnya.

Untuk itu, kita dapat memakai Nomor imei untuk cek hp oppo asli atau palsu. Seperti yang telah saya jelaskan diatas , anda bisa memakai kode *#06# atau melalui Pengaturan > Tentang Ponsel > Status IMEI.

Setelah mengetaui imei Hp Oppo second yang akan dicek, berikutnya untuk memastikan keaslian produk lanjut ke laman web imei.info.

Masukan no Imei dalam kolom yang telah disediakan, apabila muncul info tipe ponsel dan spesifikasinya sesuai dengan dusbox, maka hp tersebut merupakan Asli Oppo.

Baca Juga: Alamat dan Nomor telepon Service Center resmi Oppo

3. Cek Hp Oppo Dengan Kode

Anda juga dapat memeriksa hp Oppo bekas secara keseluruhan mamakai kode. Setiap ponsel android telah disematkan kode dial yan berfungsi untuk berbagai akses, misalnya kode rahasia general test oppo atau biasa juga dikenal dengan enginering mode.

Anda dapat memeriksa kondisi ponsel oppo , mengetahui mana yang bermasalah atau masih normal semua dengan mengetik kode *#800# memakai papan panggilan perangkat. Secara otomatis akan masuk kedalam mode CIT Oppo dan mulai mengecek berbagai fungsi hardware.

Disinilah enaknya, Hanya memakai satu kode anda sudah bisa menegeck normal atau tidak beragam fitur yang dimiliki oleh ponsel anda. Misalnya cek jaringan Wifi, Audio ponsel, kamera , cek sensor Gyroscope, kesehatan baterai Oppo dan lain sebagainya.

4. Memastikan Spesifikasi

Nah memeriksa bagian spesifikasi juga sangat penting. Pastinya kalian sudah tahu kini banyak ponsel Oppo yang memiliki perbedaan tipe hanya dari embel-embel belakang saja. Misalnya Antara Oppo F1s dan F1 ( Yakni memiliki perbedaan Spek) Meskipun secara fisik tampilanya serupa namun didalamnya terdapat perbedaan.

Saat akan membeli Smartphone Oppo bekas, sebaiknya anda tidak melewatkan untuk memeriksa spek secara keseluruhannya. Termasuk melihat detail spek memakai aplikasi CPU-Z.

Caranya cukup Download dan pasang Aplikasi mengecek Spek melaui Google Play, Kemudian Buka. Disana anda akan melihat informasi lengkap spek hardware hingga perangkat Lunak.

Tidak hanya CPU-Z saja, masih banyak lagi jenis lain bisa dipakai saat akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh ponsel bekas untuk memastikan layar, sensor, RAM, Memori internal. Misal Memakai AIDA64, CPU-X dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 Aplikasi untuk mengecek Hardware Terbaik dan gratis

5. Cek Dead Pixel Layar Oppo

Ini dia bagian yang sering dilewatkan, Mungkin pemeriksaan lain akan dilakukan dengan tampilan mulus dan fungsi fitur masih normal semua namun terkadang melewatkan pengecekan display.

Secara simple anda dapat memeriksanya dengan menerapkan mode gelap perangkat, atau coba gunakan tema gelap untuk memeriksa pixel layar. Disinilah harus piawai dalam memeriksa kondisi layar, jika kurang teliti memeriksa maka akan terlewat.

Tenang saja, ada aplikasi mengecek pixel layar kok.

Aplikasi Dead Pixels Test and Fix, biasa dipakai sebagai alat untuk memastikan display perangkat dalam kondisi normal. Apakah ada pixel yang bermasalah dan memmperbaikinya. Download dan Install Gratis melalui google play, hingga pemasangan selesai silahkan buka.

Anda akan melihat opsi , tap "Check Dead Pixels" dan tunggu hasil pengecekan apakah perangkat Oppo sudah mengalami Dead Pixel atau tidak.

Biasanya Pixel mati pada layar ponsel tidak mengganggu fungsinya, namun kadang merasa terganggu. Ciri-ciri pixel mati adalah muncul bayangan dalam laya, terdapat spot putih atau bintik. Itu bisa kalian periksa secara manual , namun harus benar-benar teliti.

6. Cek Suara

Ada banyak aplikasi bisa dipakai mengecek kualitas speaker. Tetapi, saya kira saat akan memastikan kualitas speaker masih baik atau tidak cukup dengan secara manual. 

Sederhana saja, kalian bisa mencoba untuk memutar musik dan mendengarkanya, Dari situ bisa dipastikan apakah speaker dapat mengeluarkan suara, sember atau tidak dan lain sebagainya.

Speaker menjadi hal penting yang tidak boleh anda lewatkan dalam menerapkan prosedur pemeriksaan smartphone oppo bekas.

Baca Juga: Cara Matikan Paksa Oppo Tanpa lepas Baterai

7. Cek Microphone

Ini dia tidak kalah pentingya yang harus dimasukan kedalam list prosedur mengecek hp secod oppo. Microphone adalah komponen wajib dimiliki ponsel, fungsinya sebagai media penyambung suara ketika melakukan komunikasi jarak jauh baik telepon hingga voice recorder.

Bagaimana cara menggecek Microphone oppo ?

Tidak perlu bingung, kalian bisa mencoba melakukan panggilan suara sebagai simulasi sederhana cek Mik, Apabila masih normal untuk melakukan panggilan, maka itu masih baik. Dan sebaliknya jika ketikaa dipakai untuk melakukan komunikasi suara tetapi penerima panggilan tidak mendengar apapun maka kemungikinan mikropon sudah mati.

Pecorbaan selanjutnya bisa memakai fitur perekam suara. Cobalah gunakan merekam suara, ucapkan semabarang kata kemudian simpan hasil rekaman dan putar kembali, Apabila masih normal, seharusnya rekaman akkan berjalan dengan baik.

Pad teknik ini tidak memerlukan Aplikasi perekam suara terbaik apapun, anda bisa memanfaatkan Fitur bawaaan untuk memeriksa microphone.

8. Mengecek Baterai

Baterai Original atau Sudah diganti dengan versi KW? Ya Caranya harus dibuka dan dilihat secara fisik, namun sebelum melangkah kearah sana anda bisa memeriksa kualitas baterai tanam oppo tersebut.

Periksa Bodi bagian belakang, Jika sudah melembung maka kemungkin berasal dari baterai yang sudah tidak normal mendorong bodi belakang.

Memang terkadang samar, tes dengan cara melatakan pada kaca atau keramik yang memiliki permukaan rata. Apabila bagian bodi belakang tidak menempel secara menyeluruh maka tandanya baterai sudah mulai melembung dan berpotensi bocor.

Tidak hanya itu saja, 

Memeriksa baterai Oppo Sudah rusak atau tidak juga bisa memakai Charger, Tes penyimpanan dan memastikan fitur fast charging bekerja dengan baik. Idealnya jika baterai masih normal maka bisa menyimpan daya secara efektif.

Opsi Lainnya bisa mencoba mengoperasikan Ponsel, Mulai amati penggunaan baterai. Jika Persentase daya menurun drastis secara tiba-tiba maka kemungkinan baterai sudah tidak baik.

Ciri-ciri baterai Sudah tidak sehat:

  • Proses charging cepat full secar mendadak.
  • Hp terkadang reboot sendiri
  • Cepat Panas, dan Prensentase baterai terkadang bertambah sendiri atau sebaliknya sering mendadak habis.
  • Proses pengisian lama dari waktu standar.
  • Dan lain sebagainya.

Tidak biasa memeriksa nya, Ingin mengetahui kesehatan baterai oppo lebih lengkap?

Cek Oppo Bekas juga bisa memakai aplikasi mengecek baterai yang banyak tersedia di Playstore, misalnya Battery Benchmark,Battery healt dan lainnya. Memakai Apps tersbut kalian bisa mengecek secara keseluruhan performa dan kesehatannya.

Baca Juga: 10 Cara menghemat Baterai Oppo Paling efektif

9. Mengecek Kamera.

Mengecek Kamera.

Oppo Sebagai salah satu perangkat yang banyak digandrungi karena kemampuan kameranya. Hasil Fotonya sudah tidak diragukan, dan sayang sekali saat anda akan beli hp bekas justru tidak mengecek fungsi kameranya.

Sederhana saja, selain memakai Mode enginering juga bisa kalian lakukan secara manual. Mulai dengan membuka aplikasi kamera , kemudian gunakan untuk memoteret baik kamera utama hingga kamera selfie.

Pastikan masih bisa menyimpan ke memori internal dan Hasilnya masih bening tidak memiliki noice yang disebabkan oleh kerusakan pada modul lensa kamera oppo.

Biasanya hasil foto yang dari kamera bermasalah memiliki kualitas buruk, misal ada bayang seperti asap, warna tidak sesuai dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara tambahkan Watermark Pada Foto Hp Oppo

10. Port Suplai dan Cek Charging

cek Port Suplai dan Cek Charging
https://support.oppo.com/

Pemeriksaan yang terakhir menjadi rekomendasi kami harus anda lakukan adalah cek pada bagian Port Charging, Memastian masih span dan bisa terhubung dengan mudah.

Tentu kalian tau kelemahan dari Port charging, terkadang masalah timbul dan tidak kalian periksa sebelumnya. Seperti harus di doyang dahulu supaya conect, kabel harus di lipat, harus digantung.

Pada sesi pembelian Hp Oppo Bekas saya harap tidak melewati hal itu, periksa dengan baik memastikan masih befungsi dengan normal tanpa harus memakai ritual apapun.

Kesimpulan

Banyak Hal yang harus dilakukan sebagai cara cek Hp Oppo bekas, mulai dari fisik, Piranti lunak, hingga fitur dan performanya. Saat akan membeli Ponsel second, sebaiknya reset terlebih dahulu ke pengaturan pabrik sehingga anda bisa menganalisa performa dan setiap fiturnya, memastikan masih normal atau tidak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel