. Optimalkan Ponsel Vivo Dengan Cara Hapus Berkas Sampah dengan cara Ini - IME Android -->

Optimalkan Ponsel Vivo Dengan Cara Hapus Berkas Sampah dengan cara Ini

Konten [Tampil]

Cara Hapus Berkas sampah di Hp Vivo, Masih banyak yang belum mengetahui tentang masalah yang dapat ditumbulkan terhadap penumpukan file yang tidak terpakai dan membiarkan memenuhi memori internal smartphone.

Tanpa disadari ini dapat berakibat buruk mengenai masalah performa hp android itu sendiri. Dengan banyaknya sampah di hp vivo dan menumpuk maka hal itu dapat berakibat menurunnya performa. 

Misalnya ponsel Vivo menjadi lambat, Hp Menjadi Cepat panas, Aplikasi tertutup sendiri dan lain sebagainya yang ditimbulkan karena Memori internal penuh dengan berkas yang tidak dipakai.

Memerlukan tindakan sederhana, meluangkan waktu untuk memilah berkas sampah dan menghapusnya. Atau setidaknya gunakan memori tambahan, Memindah file Ke Flashdisk, Menyimpan file kedalam Laptop dan metode lain yang memungkinkan internal storage ponsel menjadi lebih longgar.

Cara hapus berkas sampah di Hp Vivo.

Cara hapus berkas sampah hp vivo

Cara membersihkan file sampah di Hp vivo ini cukup mudah kok. Hanya memerlukan tindakan sederhana dan meluangkan waktu sebentar saja namun sangat bermanfaat untuk performa ponsel.

Dalam setiap aktifitas ponsel memerlukan beberapa penggunaan data, sistem akan melakukan pemanggilan file yang memerlukan penyimpanan proses pada RAM. Sehingga saat Memori Internal dipenuhi dengan Junk File dan RAM Penuh adanya chache proses, praktis ini menjadi kendala dalam pemprosesan.

Baca Juga: Cara cek Memori internal dan RAM di Hp Vivo

Jangan heran jika Hp Vivo menjadi lambat, Proses menjadi dramatis dan kinerja tidak optimal hingga dapat berujung pada stuck dan layar ngelag.

Membersihkan file sampah di Hp vivo ini sebaiknya dikerjakan secara berkala, entah bulanan maupun mingguan. Pasalnya adanya junk file di hp Vivo ini terbentuk setiap saat ketika ponsel digunaan, meskipun hanya sekedar browsing, chating, mendengarkan lagu dan aktifitas ringan lain.

Dengan pemakaian yang rutin, maka file sampah dapat menumpuk yang didapat dari setiap proses dan aplikasi. 

Baca Juga: Cara menghapus file cache Whatsapp

Cara membersihkan file sampah Vivo

Sama dengan smartphone android lain, perlakuan membersihan file cache perlu dilakukan. Perbedaanya, Mungkin saja ada beberapa merek ponsel yang belum dibekali adanya alat pembersih sehingga harus memasang aplikasi pihak ketiga.

Namun pada Vivo Smartphone cukup beruntung, karena bisa menemukan fitur i Manager yang bisa dipakai dalam mengelola membersihkan berkas sampah terjadi secara tidak terlihat.

Baca Juga: Cara mengganti bahasa di Hp Vivo

#1. Membersihkan Berkas Sampah di Smartphone vivo via i Manager

Menghapus berkas sampah melalui file manager ini sangat mudah,ya berkas ini biasanya sulit dicari. Tidak seperti file gambar, lagu, atau lainnya yang sengaja disimpan pengguna.

Dengan i Manager pemilik ponsel vivo dapat dibantu dalam melakukan pembersihan dengan cara berikut:

  1.  Masuk menu , Buka [i Manager]
  2. Kemudian Tunggu aplikasi melakukan scaning , memindai berkas sampah yang tidak dipakai pada perangkat.
    Cara hapus berkas sampah vivo

  3. Lanjut ke Menu [Space Cleanup] atau [ [pembersih ruang] > kemudian tap [ Clean Up All] atau [Bersihkan Semua]
    Membersihkan file sampah di hp vivo

  4. Kemudian klik [One-touch cleanup] dan tunggu proses penghapusan dilakukan hingga selesai.

Aplikasi bawaan ini akan melakukan berbagai scaning yang dianggap sebagai berkas sisa proses. Tenang saja, Untuk file yang sengaja disimpan oleh Pengguna tentunya tidak akan dihapus.

i Manager akan menghapus file cache tidak terpakai dan menumpuk pada ponsel, File sementara , Log File.

Dan perlu menjadi catatan, Mengingat adanya berbagai versi Funtouch maka kemungkinan tampilan akan berbeda menyesuaikan dengan versi ponsel dan android anda. Tidak perlu bingung, pada prinsipnya secara fungsi sama saja.

Baca Juga: Cara mengatasi Kamera Hp Android error tidak terbuka

#2. Membersihkan sampah di hp Vivo dengan Apps Files by Google.

Banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa dipakai untuk menghapus files sampah dalam ponsel android. Misalnya 360, atau alat pembersih lain yang sangat bermanfaat.

Saya menyarankan tidak hanya konsentrasi pada berkas tidak terpakai yang dihasilkan oleh sistem saja, namun anda juga perlu mengambil tindakan untuk menganalisa file yang tersimpan memenuhi memori internal secara manual maupun bantuan apps.


Pastikan ponsel memiliki ruang bebas yang sehat, disarankan untuk kapasitas maksimal penyimpanan 70% dari kemampuan menyimpan internal storage vivo anda. Ini Betujuan supaya sistem dapat berjalan dengan baik dan tidak mengalami masalah penyimpanan.

Dalam urusan berkas sampah yang dihasilkan oleh proses aplikasi dan sistem dapat mencoba memakai apps yang diunduh dari Google play. Berikut caranya:

  • Silahkan menuju play store, dan pasang aplikasi Files By Google.
  • Setelah pemasangan selesai, Ketuk [Lanjutkan] atau Continue.
  • Beri Izin aplikasi dengan cara tap [Allow] dan Masuk ke Men [Clean]
  • Kemudian cari opsi Junk Files > tap [Clean] dan Konfirmasi dengan cara kli [Clear]

Baca Juga: Cara membuat Wallpaper Vivo bergerak memakai video

Penutup

Itulah cara terbbaik hapus berkas sampah yang ada di Hp Vivo kalian secara cepat dan mudah. Jika tindakan diatas sudah dilakukan dan ponsel masih lambat, sebaiknya segera memilih file penyimpanan dan menghapus yang tidak terpakai hingga internal storage menjadi longgar.

Gunakan Aplikasi pembersih file cache lain yang bisa ditemukan di Play store.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel