. 5 Detik: Cara cek memori internal Dan RAM Vivo Semua tipe - IME Android -->

5 Detik: Cara cek memori internal Dan RAM Vivo Semua tipe

Konten [Tampil]

 Cara cek ram vivo - Kemampuan sebuah ponsel kerap kali di ukur dari kapasitas yang di milikinya. Antara sepakat dan tidak sepakat ,karena semua yang ada didalam smartphone bersinergi menjadi sebuah performa. 

Hal ini tanpa kecuali , semua merek mulai dari Vivo ,oppo dan lain sebagainya. 

Secara umum memang ketika ram hp memiliki kapasitas besar maka kemampuan ponsel dalam multi tasking maupun membuka aplikasi berat menjadi lebih ringan.

Dan saya sepakat akan hal tersebut, namun jangan lupakan peranan prosesor , maupun internal storage.

Smartphone memiliki kemampuan luar biasa, bahkan semua aktifitas yang tadinya hanya bisa di lakukan pada komputer kini telah dapat di kerjakan melalui ponsel cerdas.

Secara komponen juga hampir sama sih ,hanya saja smartphone berbentuk lebih imut di bandingkan dengan komputer atau laptop.

Dalam komputer juga ada RAM , Sama juga pada Hp Vivo yang memiliki sejumlah kapasitas ram yang mendukung kecepatan dalam mengoperasikan dan memberikan performa.

Cara cek memori ,ram hp vivo

Sebelum beranjak jauh tentang cara cek ram hp vivo dan memori internal , kita bahas satu persatu agar lebih detail.

Pengertian RAM.

Ram kependekan dari Random Acces Memori adalah suatu memori yang terdapat pada smartphone dan komputer memiliki kapasitas menyimpan data secara sementara. Satuan ram biasanya mulai dari MB,GB.

Menyimpan data sementara yang di maksudnya adalah menampung proses , atau aplikasi yang sedang di buka oleh user (sederhana). Karakteristiknya berbanding terbalik dengan ROM atau Hardisk yang bersifat menyimpan data secara tetap.

Pada prinsipnya apapun yang kita kerjakan pada hp Vivo akan di tampung oleh ram sebelum di tutup kembali.

Sifat ram yang hanya menampung sementara disini adalah , memungkinkan prosesor dapat melakukan panggilan dengan cepat.

Sehingga semakin RAM HP VIVO atau komputer berkapasitas besar, maka memiliki kemampuan daya tampung yang besar pula. Hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja ponsel & komputer .

Apa yang terjadi jika ram full ?

Membuka aplikasi secara berlebihan dan melewati batas kapasitas ram memungkinkan hp menjadi lag ,stuck dan memaksa harus menutup aplikasi lain terlebih dulu.

Hal ini sama dengan komputer, untuk itu harus memperhatikan jenis aplikasi yang di buka, dan memastikan menutupnya apabila sudah tidak di pakai.

Itu akan membantu ram tetap dalam kondisi prima nya. 

Seperti contoh screenshot di bawah, terlihat jumlah kapasitas RAM dan jumlah yang terpakai.

Cara cek kapasitas RAM vivo

Apabila di lihat dari screenshot di atas adalah ponsel mempunyai kapasitas ram 2GB Dan kondisi yang sedang di pakai adalah 625MB.

Apa itu ROM dan Memori internal ?

Sama dengan RAM ,Memori internal juga memiliki kapasitas yang dapat di simpulkan semakin besar jumlah nya maka hal tersebut semakin baik untuk performa smartphone.

Satuan memori internal juga biasanya di mulai dari yang terkecilnya MB, GB , dan mungkin sebentar lagi sudah ada ponsel dengan memori internal TB (Tera Byte).

ROM adalah kependekan dari Read Only Memory yang dalam smartphone merujuk pada penyimpanan internal tempat firmware dan data aplikasi tersimpan.

Rom merupakan sebuah hardware berfungsi untuk menyimpan data data sistem dan aplikasi. Sifat read dan write ,yakni di baca dan di tulis. Pengguna dapat menginstal firmware didalam nya dan menyimpan data lain di dalam Rom.

Dalam hal lain juga banyak yang menganggap "ROM" adalah sebuah firmware dan OS Pada perangkat smartphone.

Seperti yang kita tau bahwa ada beberapa jenis Rom yang biasa kita kenal. Seperti stock ROM,CUSTOM ROM ,branded Rom.

Stock ROM ,merupakan firmware dasar pada android yang menjadi instruksi dasar agar ponsel dapat bekerja dan menampung program lain 

Custom ROM merupakan jenis firmware yang telah di buat oleh seorang pengembang yang tidak berdiri nama perusahaan resmi. Dalam hal ini biasanya hasil dari modifikasi dari resmi dan memiliki berbagai perubahan sesuai dengan ketentuan pengembangnya.

Jadi kesimpulannya RAM adalah memori yang memiliki sifat menyimpan data sementara. Sedangkan ROM merupakan penyebutan lain dari memori internal smartphone.

Setiap hp memiliki kapasitas ram dan memori internal yang berbeda beda. Penggunanya dapat mengecek jumlah ram di hp Vivo nya di berbagai tipe .

Cara cek RAM dan Memori internal Hp Vivo.

Setelah mengetahui fungsi ram dan pengertian dari Rom serta kaitannya dengan memori internal, kita lanjut ke cara cek memori dan ram di hp Vivo.

Pada umumnya setiap tipe hp mempunyai kapasitas ram berbeda dan Memori internal berbeda pula. Hal ini juga akan mempengaruhi harga. Pada umunya semakin hp mempunyai spek yang tinggi ,atau ram besar maka harganya juga mahal.

Contoh nya ,tipe hp Vivo Y12, Vivo Y53 , Vivo Y 81, Vivo V9, V11 , dan berbagai tipe lainya.

Cara melihat kapasitas ram dapat di lakukan menjadi 2 cara. Pertama cek memori dan ram tanpa aplikasi, dan kedua menggunakan aplikasi bantuan.

1. Mengecek RAM Hp Vivo Tanpa aplikasi.

Apapun tipe Vivo yang anda miliki ,kamu bisa melihat kapasitas ram ,mengecek penggunaan dan mengetahui jumlah memori pada sebuah perangkat ponsel.

Caranya.

  • Silahkan masuk menu dan buka pengaturan di hp Vivo anda.
  • Scroll pada menu pengaturan ,dan temukan opsi menu "Pengaturan lainya".
  • Selanjutnya pilih "Tentang ponsel", seperti gambar di bawah.

Cara cek RAM Vivo

Nah pada menu tersebut kamu bisa menemukan berbagai informasi terkait dengan ponsel tersebut , mulai dari kapasitas RAM , jumlah memori internal secara keseluruhan dan sisa yang kosong.

Cek ram vivo

Cara tersebut bisa di gunakan pada tipe hp Vivo Y81,Y83 ,Vivo Y93 ,Vivo Y91 maupun tipe lainya. Jadi pada dasarnya untuk mengecek sisa memori dan kapasitas ram Sama saja sih..

2. Cara mengetahui sisa Memori dan ram vivo.

Cara mengecek dan melihat sisa ram maupun memori yang terpakai. Pada cara ini juga kamu bisa melihat total ruang simpan, ruang yang tersedia dan fitur membersihkan yang membantu melonggarkan memori.

Caranya hampir sama dengan diatas , pertama masuk menu dan pilih pengaturan, kemudian pilih "RAM Dan Ruang Penyimpanan" seperti gambar dibawah .

Cara mengecek ram vivo

Setelah di pilih ,kemudian akan muncul informasi terkait dengan total memori internal Vivo, yang terpakai atau yang masih tersedia.

Disana juga dapat melihat kapasitas RAM hp Vivo. 

Jadi intinya mudah kan,melihat spesifikasi RAM dan sisa memori di hp Vivo. Selain cara diatas, kamu kamu juga bisa memakai alat bantu aplikasi.

2. Cek ram dan memori hp Vivo dengan CPU-Z.

Aplikasi ini cukup efektif mengecek spesifikasi handphone dan berbagai fitur didalamnya .

Kamu bisa memakainya untuk melihat isi ram dan jumlah memori maupun informasi lain ,jenis chipset, jaringan ,infomasi kesehatan baterai dan lain sebagainya.

Caranya, silahkan buka google play dan download aplikasi cek ram dan memori CPU-Z.

Setah selesai terinstall silahkan buka,dan pilih "Device" maka tampilannya seperti dibawah.

Cek sisa ram vivo

Contoh di atas terlihat informasi sisa ram tersedia,total ram yang ada di hp tersebut.

Selain itu pada bagian internal storage  juga bisa di cek total kapasitas yang bisa di pakai,dan sisa tersedia.

Akhir kata.

Itulah beberapa cara cek ram hp vivo dan sisa memori internal yang bisa di gunakan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel