. Cara Tercepat Untuk cek baterai Health Xiaomi Semua Tipe MIUI - IME Android -->

Cara Tercepat Untuk cek baterai Health Xiaomi Semua Tipe MIUI

Konten [Tampil]

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan beberapa cara cek baterai healt Xiaomi. Yakni metode atau langkah-langkah yang bisa anda gunakan saat hendak ingin mengetahui kesehatan penyimpanan daya pada ponsel kalian.

Semaikin hari dengan lamanya penggunaan dari ponsel milik anda, kemampuan dan performanya biasanya akan mengalami perubahan. Dan dalam hal ini termasuk Baterai, sehingga tidak heran xiaomi mati mendadak atau restart sendiri ,atau beberapa jenis pengalaman lain yang berkaitan dengan performa. Sehingg salah satu upaya untuk memastian kinerja ponsel adalah dengan cara cek baterai healt xiaomi anda.

Dalam hal ini tidak melulu mengacu terhadap software saja, bisa saja masalah kesehatan baterai yang belum terlalu parah menjadi kendala performa.

Baca Juga: Cara mengecek Tipe Hp Xiaomi

Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Cara mengecek kesehatan baterai Xiaomi sering kali menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian orang. Tetapi faktanya pihak Xiaomi telah memberikan fitur dapat dipakai oleh pengguna saat ingin mengetahui healt baterai tanpa harus membongkar back Cover.

Seebelum beranjak ke dalam pembahasan lebih lanjut untuk mengecek kesehatan baterai Xiaomi, mari kita pahami beberapa ciri-ciri fisik dalam mengenali baterai Sudah tidak sehat.

Untuk mengetahui healt baterai secara fisik, Anda tidak perlu membongkarnya. Ya, Ini sifatnya sebagai pendekatan saja.

Anda bisa memperhatikan back cover, apabila sudah melembung artinya Baterai sudah mengalami masalah. Tetapi belum terlihat cembung? Kalian bisa meletakan Ponsel Xiaomi diatas kaca, Kemudian Cek Kerataan. Jika pada bagian sisi terlihat tidak menempel dengan Kaca, Maka kemungkinan sudah melembung.

Itulah paling sederhana untukk cara cek kesehatan baterai xiaomi. Tetapi, Apabila anda bisa membogkar baterai, maka bisa mengecek tegangan yang dihasilkan oleh baterai memakai Avometer. Cara ini biasa dilakukan oleh para teknisi ponsel.

Baca Juga: Cara mengecek Sensor Xiaomi

Cara mengecek kesehatan baterai Xiaomi

Sudah sepatutnya anda memperdulikan kesehatan baterai Xiaomi Milik sendiri, karena ini merupakan Komponen vital yang menopang daya agar ponsel bisa beroperasi. Dapat disimpulkan dengan sederhana bahwa apabila ponsel tidak ada baterai maka xiaomi anda tidak bisa digunakan.

Terkesan sederhana, namun kesehatan baterai menjadi hal penting yang wajib diketahui oleh setiap orang. Tidak hanya karena alasan pengoperasian Ponsel saja, namun kesehatan baterai juga kerap kali dikaitan dengan bahaya.

Tidak jarang baterai tanam android melembung, hingga mengakibatkan short dan terbakar hingga ponsel menjadi rusak.

Artinya, apabila healt baterai Xiaomi anda dalam kondisi maksimal maka sebagai pengguna akan merasa nyaman.  Kesehatan baterai juga sangat erat dengan masa pakai, umumnya life time baterai hp Xiaomi Sudah bocor menjadi lebih singkat atau cepat habis dibandingkan yang masih normal.

Bagaimana cara mengecek untuk memastikan kesehatannya? Mudah saja, ada banyak alternatif dapat dipakai oleh anda saat ingin  mengetahui baterai masih normal atau tidak.

Secara umum metode pengecekan dapat diaplikasikan ke berbagai tipe Xiaomi, baik MIUI11, MIUI12, dan lainnya.

Baca juga: Cara cek baterai healt Oppo

Cara Cek Battery Health Xiaomi MIUI 11

Silahkan anda bisa Mulai cek Versi MIUI Xiaomi anda, apakah versi 8,9,10,11,12 dan Lain sebagainya.. Jika memakai versi MIUI 11 Maka bisa cek baterai healt Menggunakan Kode Rahasia atau Melalui Pengaturan. Berikut caranya:

#1.Mengecek Baterai Healt Xiaomi Melalui Pengaturan

Tidak hanya pada MIUI 11 Saja, Mungkin untuk versi dibawahnya juga bisa cek kesehatan baterai memakai fitur yang sudah disediakan secara default oleh xiaomi. Biasanya fitur pengujian ini disebut sebagai engineering mode xiaomi, didalamnya terdapat berbagai mode test hardware.

Misalnya cek Speaker, Cek Kamera, Cek Versi android , hingga mengetahui kesehatan baterai secara umum.

Berikut Cara mengeceknya:

  • Silahkan Masuk dan Buka aplikasi “Settings” atau "setelan"
  • Kemudian temukan opsi, dan ketuk “My device” atau Tentang telepon.
  • Silahkan Anda memilih “All specs”.
  • Kemudian  lanjut ketuk opsi “Kernel version” 3 kali secara beruntun.
  • Selajutnya anda akan diarahkan halaman hardware test , lanjutkan Pilih single test
  • Silahkan cari dan pilih “Battery”.
  • Kemudian anda akan diperlihatkan berbagai informasi terkait dengan baterai xiaomi anda hingga kesehatannya.
  • Selesai.

#2. Cek Baterai Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia

Tidak hanya Xiaomi, hampir semua perangkat ponsel memiliki kode rahasia Android yang bisa digunakan untuk semua keperluan.

Kode rahasia biasanya pada prinsipnya adalah pintasan untuk mengakses sebuah fitur yang tidak terdapat pada menu. Salah satunya adalah kode rahasia health baterai Xiaomi.

Kalian cukup memakai kode dial, untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

  1. Silahkan Buka dial “Panggilan”.
  2. Lalu ketik kode *#*#4636#*#*.
  3. Maka otomatis masuk ke halaman beberapa menu, lalu klik status hp.
    Cara cek health baterai xiaomi
  4. Lalu klik menu “Info baterai” seperti diatas.
  5. Kemudian sistem akan memberikan informasi terkait baterai Xiaomi yang terpasang saat ini. Yakni apakah masih dalam kondisi sehat atau sudah tidak sehat.
    Cara cek baterai health xiaomi

  6. Selesai.

Itulah dua cara paling mudah saat anda ingin mengetahui kesehatan baterai Xiaomi. Hasil pengecekan menyatakan sudah tidak sehat, maka sebaiknya mencoba kalibrasi baterai atau mengganti yang baru.

Cek Kesehatan Baterai Xiaomi MIUI 12

Bagaimana apabila ponsel memakai MIUI versi 12? Ya sebenarnya sama saja, anda bisa mencoba cara diatas. 

Namun apabila tidak bekerja, maka bisa memakai aplikasi tambahan cek health baterai. Selain itu, dalam MIUI12 juga terdapat fitur informasi kesehatan baterai melalui pengaturan.

# Accu Battery

  • Download aplikasi dan install Accu Battery Playstore.
  • Buka Accu Battery yang terpasang pada ponsel anda.
  • Berikan izin akses aplikasi.
  • Aplikasi ini tidak secara langsung untuk menampilkan info kesehatan baterai. Apps akan melakukan evaluasi hasil setelah beberapa jam penggunaan.
  • Gunakan ponsel seperti biasa , hingga pengecasan. Di samping itu, aplikasi accu baterai juga bisa dipakai untuk kalibrasi baterai.
  • Kalian akan melihat informasi baterai, dan kesehatan.

Penutup

Itulah beberapa cara cek baterai health Xiaomi. Anda bisa terapkan hampir ke semua tipe Xiaomi, redmi 4, redmi 6, note, mi dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel