. Jenis lensa kamera hp yang menentukan Kualitas Video dan Foto - IME Android -->

Jenis lensa kamera hp yang menentukan Kualitas Video dan Foto

Konten [Tampil]

Jenis lensa kamera hp - Kualitas gambar atau jepretan dari ponsel saat ini terbilang sudah tidak diragukan lagi. Hal itu berkat dari berbagai macam fitur serta jenis lensa yang dibawa.

Dalam hal ini tidak semua hp android mempunyai spesifikasi dan kapasitas mendapatkan gambar yang sama.

Tergantung dari jenis lensa , jumlah yang dimiliki , dan berbagai faktor lain mendukung.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa faktor yang mempengaruhi dan menentukan hasil foto dan video hp. Hal ini sangat penting di pahami untuk mereka yang menginginkan , memilih ganti hp baru mempunyai lensa kamera hp yang bagus.

Jenis kamera hp
Lagi-lagi saya tekanan , bukan jumlah kamera saja yang mempengaruhi. Tetapi banyak syarat lainya masih banyak lagi , seperti resolusi , aplikasi , maupun teknologi yang dimiliki.

Kalian akan mendapatkan informasi jenis kamera , fitur dan teknologi dari lensa hp tersebut.

Jenis lensa Kamera Hp dan Teknologinya

Tidak untuk membahas cara menggunakan ai camera, atau mengetahui cara menggunakan 4 kamera karena pernah menjadi pembahasan sebelumnya memaksimalkan foto.

Memilih hp Samsung , Xiaomi ,Vivo, Oppo atau merek lain yang mempunyai kualitas foto dan video yang baik. Tidak hanya di tentukan oleh jumlah lensa saja.

Saat ini berbagai jenis smartphone telah mempunyai produk kamera ganda, tripel ,bahkan quad kamera. 

Secara umum semakin banyak biasanya dapat menghasilkan foto yang sangat bagus juga. Apalagi jika sudah mempunyai fitur ultra gimbal seperti Vivo X70 Pro. Hasil video nyaris setara dengan kamera profesional.

Banyak mode dan fitur , kalian dapat mengoptimalkan melalui pengaturan.

Baca juga, Mengatasi Kamera hp Xiaomi tidak terhubung

Mengenal fitur dan jenis kamera Hp Berdasarkan Spesifikasi.

Jenis Lensa HP

Terdapat beberapa jenis kamera yang bisa kalian temukan pada setiap perangkat ponsel, Hal itu tergantung dari tipe dan vendor.

Biasanya setiap produk mempunyai kekurangan dan kelebihan masing -masing, setidaknya untuk urusan kamera kita tidak bisa mematok hanya dari jumlah yang tertempel. Sehingga tidak heran apabila ada smartpone dual kamera justru hasil fotonya mengalahkan Ponsel triple kamera.

Sekali lagi, yang menentukan kualitas gambar tidak terpaku dengan jumlah lensa, tetapi kita juga harus memahami resolusi, apeture, Wide angel hingga kecepatan yang di butuhkan untuk membuka shutter dari lensa yang di bawanya.

Semuanya bersinergi , hingga kita tidak boleh melupakan SoC yang ikut menyumbang memenuhi kecepatan proses. Berikut beberapa istilah yang sering kalian temukan saat membaca spesifikasi hp yang mempengaruhi kualitas lensa dalam mengambil gambar atau video.

Baca juga, Penyebab dan menagatasi Kamera Hp Oppo terhenti

1. Aperture. 

Bukaan kamera hp yang bagus yakni dapat di lihat dari nilai aperture lensa tersebut. Bisanya penulisan terdapat pada tabel spesifikasi, misalnya 48MP f/1.8 Atau 48MP f/2.0.

Aperture adalah bisa disebut dengan diafragma , ukuran lebar bukaan lensa yang bekerja menerima penerangan masuk membantu menghasilkan kualitas foto dan video. Kualitas kamera dengan nilai aperture semakin besar ,maka justru bukaan nya semakin kecil. Dan nilai angka kecil pada aperture artinya mempunyai lebar bukaan semakin besar.

Mana aperture kamera hp terbaik ?

Jika mengacu pada contoh diatas mengetahui aperture yang bagus dari 48MP aperture f/1.8 dan Aperture f/2.0 maka secara spesifikasi nilai 1.8 lah yang lebih baik untuk mendapat kualitas gambar.

2. Fitur OIS / IES.

Fitur ini jarang kalian temukan kecuali pada smartphone Flagship, setidaknya rata-rata di harga yang ditawarkan relatif mahal. Salah satu contoh hp yang kameranya membawa OIE adalah Vivo X70 Pro.

Perangkat tersebut terbilang tidak menggantung dalam memberikan spesifikasi kamera. Membawa Quad Kamera 50MP, 8MP, 12MP, 48MP yang ke empatnya memiliki fitur OIS. Itulah kelebihan Vivo X70 Pro.

OIS ( Optical Image Stabilization) merupakan fitur pada lensa yang bisa mengatur dan menjaga kestabilan gambar saat membuat video atau foto. Proses memindahkan gambar dari satu frame ke frame lainya dengan halus ketika proses berlangsung.

Hp yang sudah memiliki jenis kamera ber fitur OIS / EIS ini pastinya menghasilkan gambar relatif lebih baik di bandingkan spesifikasi standar.

Artikel menarik,  Mengatasi Kamera WhatsApp Eror

3. Fitur AI.

Artifical intellegence merupakan sebuah teknologi kecerdasan buatan yang mampu mengindentifkasi objek, seleksi dan memaksimalkan hasil sesuai dengan aktual. Berkat adanya Kamera AI Memungkinkan mengenali Objek , memungkinkan dengan mudah menghasilkan foto bokeh.

Realme Menjadi salah satu merek yang banyak menyematkan teknolgi AI didalamnya untuk membantu memberikan pengalaman fotografi lebih menari.

Saat ini teknologi tersebut juga tidak hanya di pakai untuk mengambil foto atau video saja. Berbagai kegiatan internet saat ini sudah banyak memanfaatkan teknologi ini.

4. Megapixel.

Sudah Akrab dengan MP? 13MP, 16MP, 48MP 40MP, Maupun ukuran resolusi lain biasa di temukan sebagai spesifikasi lensa pada ponsel cerdas.

Tepat sekali, bahwa setiap perangkat yang mempunyai kesempatan membuat foto seperti DSLR adalah yang memiliki resolusi besar.

Kesimpulan!

Semakin besar Resolusi kamera smartphone, artinya memungkinkan memilki hasil jepretan lebih baik dari pada yang kecil. *Meskipun bukan satu-satuna faktor penentu, setidaknya ini terbukti menjadi salah satu spek penting.

Resolusi Lensa Hape memiliki satuan Mega Pixel, yakni 1MP berupa 1Juta Pixel / Kotak-kotak kecil yang menyusun menjadi gambar hasil foto dan video.

Baca Juga, 5 Cara membersihkan Lensa Hp

5. Lensa Makro

Mulai mengenal tipe lensa , Memilih hp Quad kamera maka umumnya akan menemukan pembagian fungsi dari masing-masingnya.

Lensa makro adalah lensa komponen yang memproyeksikan gambar dalam rasio pembesaran maksimum 1:1, atau "1x" dalam spesifikasi lensa yang dikenakan. Dapat menerapkan ukuran penuh objek dalam sensor gambar kamera. Misalnya Obyek 11mm bisa diproyeksikan ke sensor sebagai gambar 11mm. Rasio zoom maksimum 1:2 atau "0,5x" , maka bisa definisikan ukuran maksimal dari sebuah gambar objek 10 mm yang sama mampu diproyeksikan ke dalam sensor adalah 5 mm. Atau ukuran 1/2 dari yang sebenarnya.

Perannya banyak membantu dalam membuat foto memiliki efek bokeh atau blur. Jarak fokus lensa macro terbilang pendek. Panjangnya sektiar 50mm Hinga 200mm , semakin panjang fokusnya besar berarti semakin bagus. Dan sebaliknya semakin jarak fokusnya kecil maka semakin buruk.

6. Wide angel

Berapa wide angel kamera smartphone kalian ,Atau sedang mencari hp kamera bagus ,? Jangan lupa melirik spesifikasi wide angel yang dibekalkan.

Mode Wide angel adalah definisi dadi sudut tangkapan lensa yang bisa dimuat dalam satu frame foto atau video saat kalian menggunakan ponsel. Kapasitasnya menjadi penentu utama proyeksi lebar tangkapan yang akan dikemas, sehingga semakin besar angka yang dimiliki maka semakin bagus mencetak gambar.

Untuk beberapa ponsel flagship tidak perlu memakai aplikasi kamera wide angle, karena lensanya sudah cukup mumpuni dalam mode panorama.

Cara menggunakan kamera wide angle biasanya terdapat dalam setiap pengaturan, mengubah frame tangkapan yang lebih lebar.

7. Lensa Telephoto

Merupakan teknologi yang dirancang untuk menangkap objek secara detail fokus terhadap objek dan blurkan area yang tidak diinginkan meskipun dalam jarak jauh. Lensa ini juga biasanya terdapat pada hp yang membawa kamera lebih dari satu , telephoto mampu melakukan pembesaran objek menjadi lebih dekat (optical zoom) 2x atau 3x hingga 5x maupun hybrid zoom 10x , digital zoom hingga 50x ,100x.

8. Depth Sensor

Depth sensor adalah lensa yang berfungsi sebagai menganalisa setiap bagian penting terhadap objek, mengatur intensitas buram, menghasilkan video full Bokeh.

Ini tidak dapat kalian lewatkan begitu saja saat memilih device yang siap untuk membuat foto terbaik. Selain kamera sekunder , tawaran lensa tambahan lain cukup penting salah satunya yakni sensor kedalaman.

Penerapan sensor kedalaman umunya lebih kecil resolusinya dari lensa sekunder, yakni kisaran 2Mp, 5Mp,8Mp saja.

9. Periscope telephoto.

Setiap vendor smartphone berlomba lomba menawarkan kemampuan kamera terbaik. Periscope telephoto dianggap sebagai babak baru dalam teknologi kamera ponsel. Setelah persaingan dalam multi lensa, menyajikan pixel yang besar kini mulai menghadirkan periscope yang mampu melakukan pembesaran hingga 5X.

Teknologi periscope sudah di terapkan pada beberapa merek hp seperti Oppo, Huawei dan Vivo yang kini di sematkan dalam VIVO X70 Pro.
Jenis lensa kamera pericope
Gambar :CNN Indonesia

Hasil Zoom Sempurna (tidak Pecah) tanpa harus mendekati Objek saat memotret. Pada prinsipnya periscope yakni pembesaran optik yang dihasilkan dari susunan komponen kamera ponsel.

Itulah jenis lensa kamera hp yang dapat menentukan kualitas video dan foto sebagai pertimbangan saat memilih smartphone. Tidak hanya itu saja, kemampuannya juga di pengaruhi oleh dapur pacu, sehingga kalian juga bisa memperhatikan SoC yang disematkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel