. 13 Cara mengatasi kamera Hp Oppo Terhenti atau Error - IME Android -->

13 Cara mengatasi kamera Hp Oppo Terhenti atau Error

Konten [Tampil]

Mengatasi Kamera hp Oppo terhenti atau error - Ponsel ini merupakan smartphone yang cukup populer di kalangan pecinta fotografi. Memiliki berbagai tipe yang di bekali dengan kamera super dahsyat mampu memberikan resolusi foto dan video terbaik.

Tetapi hal tersebut juga mengalami kendala, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas " Cara mengatasi kamera hp Oppo terhenti".

 Dari kejadian tersebut dapat tarik kesimpulan di pengaruhi oleh dua faktor. Yakni kerusakan terhadap hardware , atau hanya pada sektor software saja.

Beruntung apabila masalah hanya pada piranti lunak, jadi tidak perlu bongkar.

Cara mengatasi kamera Oppo error

Kamera Hp Oppo Terhenti ketika akan di gunakan.

Pernah kah kamu mengalami mendapat notifikasi pesan "Sayangnya kamera telah terhenti" pada saat akan memotret maupun merekam video.

Tidak menutup mata, hal itu merupakan kejadian abnormal yang terjadi karena masalah software atau hardware. 

Penyebabnya cukup kompleks untuk langsung di tarik kesimpulan begitu saja, sehingga harus mengecek langsung ke hp Oppo yang di pakai.

Semua tipe berpotensi mengalami hal yang sama, baik Oppo Reno 2 ,Reno 4,Reno 5 sekalipun. Dan type Oppo lainya, F1, Ace,dan berbagai jenis lainya.

Penyebab kamera Oppo tidak terhubung " Sayangnya kamera terhenti".

Apabila kita klasifikasi yakni ada dua penyebab utama kamera hp terhenti dan tak terhubung.

Software dan hardware, nah dari keduanya akan mengacu ke pada salah satu yang menjadi penyebab utama. Konsepnya sama, temukan sebab nya, lalu disitu lah letak cara mengatasi kamera Oppo terhenti atau error'.

Peranan Hardware (Lensa kamera).

Berbagai jenis komponen ponsel yang mempunyai fungsi masing-masing, bekerja mengoperasikan (control) berbagai fitur dan aplikasi.

Salah satunya lensa atau modul kamera, di balik itu semua tentu tidak berdiri sendiri dan bekerja tanpa sokongan dari piranti lain.

Fungsi Software

Bekerja sama dengan hardware sehingga mampu menghasilkan output dalam bentuk gambar maupun video ( kamera). Apabila mengalami crash atau rusak maka bisa saja menjadi penyebab fitur kamera Oppo tidak terhubung.

Banyak jenis software atau piranti lunak pada hp Oppo atau merek lainya. Mulai dari OS atau sistem Operasi, dan yang kedua adalah aplikasi.

Apabila hardware menjadi back end maka software adalah front end yang memungkinkan mendapat instruksi dari user dan menjalankan nya. Seperti foto, merekam video dan lain sebagainya.

Mengatasi kamera Hp Oppo terhenti , Tidak terhubung.

Dari berbagai sekian masalah yang terjadi menyebabkan lensa kamera hp Oppo tidak bisa terhubung dan berfungsi sebagaimana mestinya, mari kita simak cara mengatasinya.

Beberapa solusi di bawah mengacu pada dua hal , yakni software dan hardware.

Baik lah , mari kita selesaikan mengatasi "Sayangnya kamera telah terhenti" pesan pada saat akan me-foto atau rekam video.

1. Lensa kamera Oppo rusak.

Lensa kamera Oppo rusak

Ada potensi kerusakan uang pertama , yakni pada bagian lensa kamera sudah rusak. Secara teknis cara mengatasinya adalah dengan mengganti modul kamera yang baru.

Untuk memastikannya, kamu bisa tes dari kedua kamera pada perangkat. Apabila hanya berfungsi salah satu, maka kemungkinan rusak.

Tetapi jika dari kamera Selfi dan kamera utama keduanya tidak bisa terhubung , maka ada kemungkinan faktornya dari komponen lain. 

Solusinya, Alangkah baiknya serahkan pada ahlinya . Kamu bisa mengajukan klaim garansi Oppo ke service center terdekat, atau perbaikan ke konter terpercaya di kota anda.

2. Jalur lensa putus.

Sama halnya dengan penyebab yang pertama, kemungkinan terjadi pada smartphone oppo " Kamera tidak terhubung " adalah karena adanya jalur terputus , socket lensa lepas karena benturan.

Atau penyebab lain yang menimbulkan lensa tidak terputus.

Pengujian ,memastikan nya cukup sederhana kamu bisa menggunakan teknik di atas.

Meskipun ketika akan di perbaiki akan menggunakan berbagai teknik pengecekan yang di pakai oleh teknisi, mulai dari cek tegangan,dan lainya.

Sama halnya dengan solusinya, bawa ke service center resmi atau konter terdekat.

Ketahui , 6 Hp Kamera terbaik

3. Terapat komponen short, rusak.

Penyebab yang ketiga adalah dikarenakan terapat komponen yang short. Nah penyebab yang ini cukup sulit, karena harus mengecek beberapa kapasitor atau dioda menggunakan PSU maupun teknik lain yang yang biasa di pakai oleh teknisi ponsel.

Nah dari 3 penyebab di atas adalah kemungkinan terburuk. Namun bisa saja bukan karena hardware kan? Nah kamu bisa mencoba cara mengatasi kamera Oppo yang error' dengan memperbaiki dari sisi software.

4. Hapus Cache Aplikasi.

Dari sisi software ( Aplikasi ) kamu bisa memulai dari mencoba hapus data cache ponsel Oppo. File cache menumpuk dapat menimbulkan masalah terhadap kinerja sistem.

Salah satu diantaranya adalah terhambatnya koneksi antara aplikasi dan modul lensa kamera Oppo menyebabkan tidak terhubung. 

Selain itu juga ini bisa menimbulkan dampak atau masalah lain, ponsel cepat panas, lambat dll.

Teknik kerap kali menjadi problem solving paling sederhana namun jarang di gunakan. Padahal ampuh mengatasi kamera hp tidak dapat terhubung.

5. Hapus Data Kamera

Upaya memperbaiki masalah kamera “sayangnya kamera telah berhenti” smartphone OPPO ialah dengan menghapus data aplikasi kamera. Pada teknik ini memang sering kali membantu memperbaiki namun kerap kali di anggap sepele.

Data proses yang tersimpan mempengaruhi perintah yang mungkin di sebabkan oleh bug maupun crash.

Caranya,

Silahkan buka menu pengaturan pada perangkat  seluler oppo kamu,lalu pilih manajemen aplikasi >Aplikasi sistem > Kamera > Hapus  data.

6. Bersihkan Proses Latar Belakang.

Data proses berbagai aplikasi yang terbuka dan tidak di tutup dengan benar maka secara kinerja akan di simpan pada RAM. Hal ini mampu menyebabkan penyimpanan penuh dan menjadi beban sehingga tidak mampu membuka lagi aplikasi lain.

Bukan hanya  itu saja, ketika data penyimpanan ram sudah full juga bisa berdampak pada aplikasi lain, lag, terhenti,cepat panas dan lain sebagainya.

Tidak ada cara lain kecuali membersihkan ram dan melonggarkan supaya menjadi lebih segar dan mulai mencoba buka kamera.

Paksa tutup kamera Aplikasi lain.

Nah cara menghentikan aplikasi kamera secara paksa sangat mudah , pertama masuk ke pengaturan > Aplikasi sistem  > Kamera > Paksa berhenti.


7. Hapus Aplikasi Kamera Eksternal.

Upaya ke tujuh mengatasi " Sayangnya kamera terhenti" yakni dengan menghapus aplikasi kamera yang di dapat dari meng-install dari sumber external baik google play maupun media penyedia apk lain.

Memang salah cara mendapatkan hasil foto keren terkadang harus memasang aplikasi kamera eksternal seperti google camera, maupun jenis lain. Pada masalah ini kita terpaksa membuang terlebih dulu dan menggunakan aplikasi default.

8. Lepas Perlengkapan Ponsel Dan Reboot.

Yang ke delapan kamu bisa mencoba melepas terlebih dulu berbagai aksesoris dan perlengkapan, seperi SIM card, memori eksternal,lalu restart perangkat.

Berikutnya restart ponsel , ini bermaksud untuk mencoba memulihkan data cache atau mengembalikan beban ram yang berat. Selain itu dengan melepas berbagai perlengkapan menekan kemungkinan gangguan dari faktor lain yang menyebabkan gagal proses

9. UnRoot smartphone Oppo.

Apakah ponsel oppo anda dalam kondisi ROOT? Jika iya, banyak sekali kemungkinan menyebabkan gagal proses aplikasi karena sistem pada perangkat telah mengalami modifikasi.

Upaya yang bisa di lakukan adalah dengan mengembalikan ke setelan pabrikan dengan un root terlebih dulu. Sehingga ini akan memberikan kemampuan perangkat dalam posisi standar

10. Update Sistem Operasi

Berbagai kemungkinan jika telah melewati semua tahapan di atas , nah yang belum di coba adalah update android atau sistem operasi. Adaptasi terhadap aplikasi terbaru dan tidak di imbangi dengan sistem operasi yang kompatibel juga bisa menimbulkan berbagai masalah ,diantaranya terhadap pemakaian kamera.

"Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di OPPO kerap kali terjadi, bahkan aplikasi lain yang mendadak terhenti atau froce close program.

Silahkan cek update sistem operasi pada Handphone oppo, jika memiliki pembaruan lakukan update ya.


11. Factory Reset

Factory reset adalah proses mengembalikan ponsel ke dalam kondisi setelan pabrik, sehingga semua yang ada pada hp oppo akan di kembalikan kedalam default seperti baru beli..

Dalam hal ini pada umumnya akan menjadi normal semua, semua masalah yang di sebabkan oleh piranti lunak akan normal termasuk kamera.

Namun pada teknik ini akan menyebabkan kehilangan data yang terdapat pada smartphone. Untuk itu pastikan kamu telah melakukan backup terlebih dulu.

12. Flash Ulang Hp Oppo

Bisa di pastikan semua kembali normal jika proses mengembalikan hp kedalam setelan pabrik dengan , dengan catatan sistem masih normal.

Namun bila masih bermasalah atau tidak bisa di reset ulang maka bisa menempuh jalan flashing. Secara konsep hampir sama dengan hard reset. Namun proses flash hp oppo lebih ke penggantian rom frimware lama ke yang baru.

13. Downgrade atau Upgrade Aplikasi.


Berbagai masalah yang terjadi pada kamera atau lensa hp oppo,yang diantaranya adalah "Kamera bisa di buka dengan aplikasi foto, tetapi ketika akan di gunakan pada whatsapp tidak bisa."

Yang harus anda lakukan adalah membarui atau downgrade, aplikasi whatsapp maupun aplikasi kamera. Ya, pilihannya ada dua, kamu bisa menurunkan versi whatsapp ke yang lebih rendah untuk menyesuaikan sistem operasi maupun aplikasi kamera.

.. Atau melakukan update whatsapp karena yang terpakai saat ini telah usang dan membutuhkan pembaruan / perbaikan bug.

Penutup
Itulah beberapa teknik yang bisa di gunakan sebagai cara mengatasi kamera hp oppo terhenti dan tidak dapat di gunakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel