. Cara Mengatasi kamera Hp Xiaomi terhenti - IME Android -->

Cara Mengatasi kamera Hp Xiaomi terhenti

Konten [Tampil]

Cara mengatasi kamera hp Xiaomi terhenti - pada saat membuka kamera ponsel tiba tiba terhenti dan tidak mau di buka ? Ada berbagai spekulasi kemungkinan yang terjadi menyebabkan gagal fungsi terhadap lensa kamera Xiaomi kamu.

Cara mengatasi  "Sayangnya Kamera Telah Berhenti" Di Xiaomi juga bervariasi. Hal ini tergantung dari faktor kerusakan atau masalahnya.

Sehingga pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap, apapun penyebabnya mari kita selesaikan satu persatu.

Tentu 100% ada solusinya, jadi tenang saja tetap santai dan nikmati kopi kamu. Mari kita simak berbagai cara mengatasi kamera hp xiaomi terhenti, eror, tidak terhubung ketika akan di gunakan.

Berbagai merek smartphone tentu memiliki potensi yang sama, error' atau muncul masalah dari berbagai fitur yang di milikinya. Mulai dari kamera , speaker maupun lain nya.

Penyebab Kamera hp xiaomi error tidak terhubung.

Secara umum dapat di bagi menjadi 2 Penyebab kamera depan atau belakang hp xiaomi tidak berfungsi, baik pengguna miui 7,miui 8,miui 9, miui 10, miui 11 atau miui 12. Pada dasarnya di pengaruhi oleh software dan hardware.

Cara mengatasi kamera xiaomi redmi 2 bermasalah atau redmi 4a, Redmi 6, bahkan xiaomi terbaru versi mi, Note dan lain sebagainya tentu memiliki kecenderungan yang sama. Kemampuan nya tergantung dari hardware dan piranti lunak.

Nah hanya saja setiap komponen piranti keras dan lunak akan merujuk pada keterkaitan tertentu yang menyebabkan kamera xiaomi tidak bisa merekam video, mengambil gambar,video call dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penggunaan lensa kamera xiaomi.

Keduanya memiliki keterkaitan yang kuat terhadap peranan fungsi pada sebuah perangkat.

Cara mengatasi kamera telah berhenti di hp xiaomi.

Dalam rencana memperbaiki kamera hp xiaomi tidak terhubung,blank hitam pada saat akan digunakan atau kamera xiaomi tidak bisa mengambil gambar , disini saya akan jelaskan secara lengkap dari dua hal. Menganalisa dan mengatasi dari sisi software atau piranti lunak ( Sistem operasi dan aplikasi) serta dari sektor hardware.

Jika akan memperbaiki kamera hp xiaomi yang buram namun penyebabnya karena modul lensa atau komponen telah rusak, maka membutuhkan keahlian khusus.

Tidak jarang mengatasi kamera xiaomi gelap karena hardware mengharuskan kita membawanya ke service center xiaomi atau konter terdekat. Pasalnya harus mengecek terlebih dulu ,mulai dari jalur , dioda ,kapasitor yang memungkinkan mengganggu fungsi kamera.

Oke , langsung saja simak penjelasanya langkah atau upaya memperbaiki "xiaomi can't connect to camera".

Mengatasi kamera hp Xiaomi

1. Modul kamera Xioami rusak.

Cara mengetahui kemungkinan Modul kamera Xiaomi sudah rusak atau belu cukup mudah, meskipun secara teknis harus di uji ulang. Tetapi tidak ada salahnya di coba kan?

Terdapat dua modul lensa kamera di smartphone xiaomi, yakni kamera Selfi dan kamera utama. Kamu bisa mengeceknya dengan membuka satu persatu.

Memperbaikinya apabila sudah rusak tentu harus menggantinya dengan lensa kamera baru, membongkar dan lakukan penggantian.

Solusinya, Alangkah baiknya serahkan pada ahlinya . Kamu bisa mengajukan klaim garansi Xioami ke service center terdekat, atau perbaikan ke konter terpercaya di kota anda.

2. Jalur lensa putus.

Masih berkaitan dengan penyebab yang pertama, selain kerusakan terdapat dari modul nya juga hal ini belu 100% Benar. Pasalnya setiap modul terdapat penghubung ke mainboard ponsel , bisa saja menjadi masalahnya.

Lebih tepatnya adalah antara mainboard dan modul tidak tersambung karena soket atau jalur terputus. Hal ini bisa di sebabkan oleh jamur, kotoran maupun benturan pada saat terjatuh.

Sama dengan pengujian pertama, yakni dengan membuka Selfi kamera dan kamera utama dalam kondisi akan mengambil gambar. Opsi lain nya adalah menggunakan aplikasi kamera eksternal memastikan bahwa tidak ada masalah pada aplikasi bawaan.

3. Komponen terdapat short, rusak.

Penyebab lainya yang mengakibatkan kamera xiaomi terhenti dan tidak terhubung diantaranya adalah terdapat komponen yang rusak. 

Tentunya kita tahu bahwa semua komponen yang terdapat pada smartphone memiliki fungsi dan keterkaitan berdasarkan pengoperasian. Jadi tidak heran jika ada kapasitor short, dioda mati, atau lemah bisa mengakibatkan gagal fungsi.

.. Tidak semua komponen mengakibatkan xiaomi mati total,bisa saja hanya mengalami gagal fungsi seperti bootloop, kamera eror, xiaomi cepat panas dan baterai boros dan masih banyak lagi kemungkinan dari kerusakan komponen. Sedangkan dampaknya tergantung dari posisi dan fungsinya.

Cara mengatasinya? Harus di cek satu persatu yang memiliki kemungkinan berkaitan dengan kamera, jika ada yang short ,rusak atau mati lakukan penggantian.

4. Hapus Data dan cache Aplikasi Kamera.

Cukup kesal jika akan mengambil gambar dengan kamera tiba-tiba eror dengan pesan "sayangnya kamera telah berhenti".

Pada umumnya force close progam seperti ini di sebabkan oleh software, artinya cukup dengan menghapus data aplikasi saja sudah kembali normal kok. Ya mengapa tidak di coba bukan , toh ini sangat mudah.

Caranya,Silahkan buka menu pengaturan atau setelan pada perangkat Xiaomi.

Mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung

Kemudian pilih " Aplikasi terinstall" dan tap Kamera seperti gambar diatas.

Tahap selanjutnya adalah pilih "Hapus data" Seperi gambar dibawah.

Mengatasi kamera hp Xiaomi error

Dan tahap selanjutnya pilih "bersihkan cache dan Hapus semua data".

Selesai,selanjutnya silahkan tes kamera ponsel Xiaomi anda. 

5. Bersihkan Proses  Di Hp Xiaomi.

Metode yang ke lima adalah dengan memberikan space ruang pada sistem. Setiap proses pada hp Xiaomi android akan di simpan pada RAM , dan payahnya setelah tertumpuk banyak dapat menimbulkan masalah.

Pada saat RAM Xiaomi full bisa menyebabkan ponsel lemot, gagal proses. Diantaranya kamera tidak bisa di buka , force close program.

Kamu bisa membersihkan data aplikasi dan melonggarkan supaya smartphone menjadi lebih ringan dengan cara.

  • Masuk ke setelan Xiaomi, lalu pilih aplikasi sistem.
  • Pilih kamera, maka tampilannya sepeti dibawah.

Paksa berhenti aplikasi kamera xiaomi

  • Lalu pilih paksa berhenti. Kemudian coba membuka aplikasi kamera untuk pengujian.

Artikel menarik lain, 8 Aplikasi menggabungkan Foto dan Lagu

6.  Uninstall Apps Kamera Eksternal.

Mengatasi kamera xiaomi error dan tidak bisa terhubung selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi eksternal.

Hal Ini di lakukan jika kamu menggunakan dua aplikasi kamera ponsel, yakni apps bawaan dan aplikasi tambahan yang di peroleh dari download ulang. Silahkan uninstall terlebih dulu, bisa saja kamera tidak terhubung karena crash yang di timbulkan oleh aplikasi external.Setelah selesai menghapus, silahkan coba lagi menggunakan aplikasi bawaan ponsel

7. Lepas Aksesoris xiaomi dan Reboot.

Langkah selanjutnya adalah kamu bisa mencoba melepas semua aksesoris yang ada pada ponsel, mulai dari kartu sim, memori eksternal.

Lalu restart perangkat tanpa terpasang sim card dan memori, setelah menyala silahkan cek kamera jika normal artinya terdapat masalah pada jalur memori maupun kartu sim.

opsinya, kamu bisa mencoba masukan sim card saja dan uji ulang kamera , jika sudah normal susul dengan pasang memori external.

8. UnRoot smartphone Xioami.

Banyak pengguna smartphone yang melakukan modifikasi sistem operasi dengan cara root. Namun hal ini cukup rentan terhadap potensi berbagai masalah karena sistem dalam kondisi terbuka.

Diantaranya masalah terhadap kamera , menjadi sulit terhubung, force close atau tiba tiba tertutup ketika akan di gunakan dan lain sebagainya.

Nah apabila hp dalam kondisi ter-root alangkah baiknya bisa mencoba unroot, atau setidaknya bisa mengecek permision yang sudah kamu buat. Pastikan izin penggunaan kamera dalam kondisi enable.

9. Update MIUI Sistem Operasi

Memang ini kemungkinannya cukup kecil, namun dari beberapa masalah terjadi kamera tidak bisa terhubung disebabkan karena sistem operasi yang telah tidak kompatibel dengan aplikasi kamera ponsel.

Biasanya hal ini terjadi karena penyesuaian aplikasi yang meminta batas dari jenis Android sesuai yang di tetapkan. Pilihannya kamu bisa mencoba upgrade miui , lalu cek kamera. Jika masih mengalami "Kamera telah terhenti" bisa mecoba langkah berikutnya.

10. Melakukan Factory Reset 

Saya tidak berharap anda hingga ke tahap ini, pasalnya setelah mereset xiaomi ke pengaturan pabrik akan kehilangan data yang ada pada perangkat secara permanen. Untuk itu sebagai antisipasi , lakukan backup data terlebih dulu ya.

Mereset ulang adalah teknik mengembalikan hp xiaomi kedalam setelan pabrik, sehingga semua jenis setelan maupun aplikasi yang telah terpasang akan di hapus apabila bukan termasuk dari bagian standar

Dalam hal ini dapat di simpulkan , seharusnya kamera hp akan kembali normal juga seperti pertama kali anda membelinya.

11. Flash Ulang Hp Xioami

Selain hard reset pilihan mengembalikan hp ke setelan pabrik juga bisa dilakukan dengan cara flash ulang. Teknik ini pastinya cukup merepotkan bagi mereka yang belum terbiasa dengan metode flashing.

Flash ulang smartphone xiaomi selain berfungsi mengembalikan ponsel error,menjadi solusi terbaik pada perangkat yang mengalami masalah software secara keseluruhan. Seperti bootloop, hp cepat panas, sering lag, aplikasi tiba-tiba tertutup, kena virus dan lain sebagainya.

12. Downgrade atau Upgrade Aplikasi.

Dalam kasus lain ada juga kamera normal , namun tidak bisa di gunakan pada aplikasi tertentu seperti instagram, whatsapp , telegram dan lainya.

Apabila kondisinya seperti itu,maka yang perlu anda lakukan adalah dengan update versi dari aplikasi atau sebaliknya melakukan downgrade.

"Sayangnya kamera terhenti" pesan seperti itu ketika menggunakan WhatsApp, atau lain nya biasanya di sebabkan karena aplikasi tidak kompatibel dengan ROM yang kamu gunakan.

13 . Akses via Safe Mode

Pada tahap selanjutnya adalah dengan mengakses kamera melalui mode aman untuk mematikan aplikasi lain yang menyebabkan eror

Caranya dengan langkah berikut:

Pertama silahkan tekan dan tahan tombol daya Xiaomi

Pencet dan tahan Opsi power Off, setelah ada pesan pop up untuk reboot dalam mode aman ( safe Mode) silahkan klik OKE..

Tekan dan tahan opsi Power Off

Tunggu hingga selesai, lalu lakukan pengujian pemakaian kamera smartphone Xiaomi anda. Jika normal, Silahkan hapus aplikasi apapun yang terakhir kamu install.

14. Gunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga.

Disisi lain ketika anda belum pernah memakai aplikasi kamera pihak ketiga, maka langkah ini patut kamu coba untuk memastikan bahwa lensa kamera pada hp masih dala kondisi normal.

Banyak jenis aplikasi kamera yang bisa di download secara gratis, install pada perangkat silahkan coba di gunakan untuk pengambilan gambar atau video.

Jika Masih mendapati notifikasi "can't connect to camera" berarti memang masalah bukan terdapat pada software.

Itulah beberapa teknik dan cara mengatasi kamera hp Xiaomi tidak terhubung, eror maupun rusak yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan membantu masalah anda, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel