Pengertian Aperatur dan Ultra Wide Pada kamera Hp Maupun DSLR - IME Android

Pengertian Aperatur dan Ultra Wide Pada kamera Hp Maupun DSLR

IME android - Beberapa phonesel saat ini banyak dibekali dengan spesifikasi yang cukup mumpuni dalam melakukan fotografi yakni dengan kemampuanya yang menghasilkan gambar maupun video yang nyaris sempurna layaknya kamera DSLR.

Bukan hanya dual kamera namun di tahun 2019 sudah banyak hp dengan berbekal lensa utamamnya hingga Quad ( Empat ) Lensa sekaligus .

..Ini menjadi hal yang sangat mengembirakan untuk mereka yang hobi membuat kontent Video maupun fotografi yakni hanya menggunakan smartphone sudah dapat menghasilkan kualitas yang bagus.

Ok,Kembali dari pilar lensa yang di bawa hp biasanya terdapat salah satunya sebagai dept sensor atau sensor kedalaman,ultra wide dan lainya.

Masih bingung dengan pengertian aperatur?

Setiap membaca spesifikasi Hp umumnya disana tertera kapasitas lensa dan teknologi aperatur yang di gunakan.. Nah,sebenarnya untuk apasih...


Apa Itu Aperatur Pada spesfikasi kamera

 
Aperatur Kamera Hp
Aperatur dan Ultrawide

Langsung saja kita bahas pngertiannya agar kita semua bisa paham mengenai spek hp dengan teknologi kamera yang di bawanya (Kemampuan).

Aperatur merupakan Bukaan diafragma lensa yang ada dalam Fotografi yang mana ukuran bukaan tersebut mempengaruhi / Mengatur  kapasitas lintasan cahaya yang lewat.

Nah umumnya nilai aperatur di tandai dengan "f/angka"  Contoh  yang biasanya tertera pada spek Smartphone "48MP  f/1.8" disitu artinya kamera 48MP dengan aperatur 1.8.

Baca
7 Hp dengan Kamera Terbaik harga cukup miring

Lalu pengertian dari huruf  "f" itu apa? 

.. Merupakan nilai bukaan lensa atau diafragma yangada pada lensa tersebut dimana jika semakin besar nilai angka setelah garis miring maka bukaan lensa semakin kecil.

Sebaliknyajika semakin nilainya semakin kecil maka bukaan lensa akan semakin besar.

Penjelasanya lebih detail seperti ini.
Besaran Bukaan diafragma adalah hasil dari pembagian panjang fokus dari lensa atau focal length dengan nilai aperaturnya sendiri.

Misal,

Apabila Nilai dari focal length pada lensa kamera adalah 100mm maka nilai aperaturnya adalah f/4 maka secara pengertianya aperatur  akan terbua pada diameter 25mm yakni dari 100/4.

Dari situ semakin keci anka di belakang dari f/X ,maka lensa memiliki bukaan semakin besar dan sebaliknya.
Ukuran bukaan aperatur umunya di kalibrasi dalam f-nomor atau f-stop yakni angka kecil tertulis di lensa fotografi f/32 (F32),f/16 (F16),f/8.0,f/4.0,f/2.0,dan lain sebagainya.



Kesimpulanya..


Bukaan lensa yang lebih besar akan memungkinkan mendapatkan tangkapan yang lebih banyak cahaya yang selanjutnya akan di teruskan ke sensor dan mempengaruhi kualitas gambar yang di hasilkan.

Artinya pengambilan gambar dan settingan aperatur besar maka akan menghasilkan gambar yang lebih terang.

..jadi sudah tau bukan memilih hp dengan kamera yang seperti apa yang akan anda gunakan?

Lalu apa itu Ultra wide?

Pengertiannya sangat sederhana mengenai ultrawide yakni sebuah sudut pengambilan gambar dalam foto maupun video.

Artinya semakin besar maka memungkinkkan akan lebih banyak objek yang bisa di tangkap dengan kamera dalam frame.

Penutup
Demikian pengertian dari ultrawide dan aperatur pada kamera hp maupun dslr yang dapat kami sampaikan.Semoga berguna.
Share This :
IME android

Informasi Seputar Smartphone,Harga Hp samung,Xiaomi,Oppo,Asus,Nokia,Lenovo,dan lainya serta membahas tips dan trik.