. Pengertian Aperture dan Ultra Wide Pada kamera Hp Maupun DSLR - IME Android -->

Pengertian Aperture dan Ultra Wide Pada kamera Hp Maupun DSLR

Konten [Tampil]

Aperture Kamera - Beberapa ponsel saat ini banyak dibekali dengan spesifikasi yang cukup mumpuni dalam melakukan fotografi ,yakni dengan kemampuanya menghasilkan gambar maupun video yang nyaris sempurna layaknya kamera DSLR.

Bukan hanya dual kamera, namun di tahun 2019,2020,2021 sudah banyak hp dengan berbekal lensa hingga Quad ( Empat ) Lensa sekaligus .

..Ini menjadi hal yang sangat menggembirakan untuk mereka yang hobi membuat konten Video maupun fotografi.

Hanya menggunakan smartphone sudah dapat menghasilkan kualitas film bokeh, foto berkualitas profesional dalam genggaman.

Ok,Kembali dari pilar lensa yang di bawa hp. Biasanya terdapat salah satu peranan lensanya sebagai depth sensor atau sensor kedalaman,ultra wide, Telephoto tergantung dari vendor.

Dalam spesifikasi kamera ponsel sering kali menyebut aperture. Ini merupakan salah satu skala kualitas atau satuan kemampuan dari lensa tersebut.

Masih bingung dengan pengertian aperture?

Setiap membaca spek Hp umumnya disana tertera kapasitas lensa dan teknologi aperture yang digunakan.. Nah,sebenarnya untuk apa sih...

Apa Itu Aperture Pada Spesifikasi kamera Hp

 
Aperatur Kamera Hp
Aperture dan Ultrawide

Langsung saja kita bahas maksud dari aperture agar kita semua bisa paham mengenai spek hp dengan teknologi kamera yang dibawanya (Kemampuan).

Aperture adalah  Merupakan satuan Bukaan diafragma lensa yang ada dalam Fotografi. Yang mana ukuran bukaan tersebut mempengaruhi / Mengatur  kapasitas lintasan cahaya yang lewat. Nah umumnya nilai aperture ditandai dengan "f/angka"  Contoh  yang biasanya tertera pada spek Smartphone "48MP  f/1.8" disitu artinya kamera 48MP dengan aperture 1.8.

Baca juga
Trik Foto bokeh menggunakan Hp tanpa aplikasi tambahan.
7 Hp dengan Kamera Terbaik harga cukup miring

Lalu pengertian dari huruf  "f" itu apa? 

.. Merupakan nilai bukaan lensa atau diafragma yang ada pada lensa tersebut.

Dimana jika semakin besar nilai angka setelah garis miring, maka bukaan lensa justru semakin kecil dan berarti kualitas foto yang dihasilkan kurang bagus.

Sebaliknya jika nilainya semakin kecil,  maka bukaan lensa akan semakin besar kemungkinan foto maupun video semakin baik.

Penjelasanya lebih detail seperti ini.
Besaran Bukaan diafragma adalah hasil dari pembagian panjang fokus dari lensa atau focal length dengan nilai aperturenya sendiri.

Misal,

Apabila Nilai dari focal length pada lensa kamera adalah 100mm maka nilai aperturenya adalah f/4 maka secara pengertianya aperture akan terbagi pada diameter 25mm yakni dari 100/4.

Dari situ semakin kecil angka di belakang dari f/X ,maka lensa memiliki bukaan semakin besar dan sebaliknya.

Ukuran bukaan aperture umumnya di kalibrasi dalam f-nomor atau f-stop yakni angka kecil tertulis di lensa fotografi f/32 (F32),f/16 (F16),f/8.0,f/4.0,f/2.0,dan lain sebagainya.


Kesimpulanya..

Bukaan lensa yang lebih besar akan memungkinkan mendapatkan tangkapan lebih banyak cahaya yang selanjutnya akan diteruskan ke sensor dan mempengaruhi kualitas gambar dihasilkan.

Artinya pengambilan gambar dan settingan aperture besar maka akan menghasilkan gambar yang lebih terang.

..jadi sudah tau bukaan, memilih hp dengan kamera seperti apa yang akan anda gunakan?

Lalu apa itu Ultra wide?

Pengertiannya sangat sederhana mengenai ultrawide. Yakni sebuah sudut pengambilan gambar dalam foto maupun video.

Artinya semakin besar maka memungkinkkan akan lebih banyak objek yang bisa ditangkap dengan kamera dalam frame.

Penutup
Demikian pengertian dari ultrawide dan aperture pada kamera hp maupun dslr yang dapat kami sampaikan.Semoga berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel