. Cara setting kamera HP agar bagus dan Foto layak Jual - IME Android -->

Cara setting kamera HP agar bagus dan Foto layak Jual

Konten [Tampil]

Cara setting kamera HP agar bagus memang diharuskan untuk anda yang hobi dalam mengambil gambar memakai ponsel. Terlebih lagi jika untuk keperluan uplaod ke Microstock, tentu memerlukan spesifikasi dan kualitas foto yang baik agar bisa terjual. 

Saat ini banyak sekali merek ponsel dan tipe yang memiliki kemampuan membuat foto HD berkualitas tanpa harus edit ulang. Namun tida jarang juga sebagai pengguna memerlukan sentuhan, setting agar hasil lebih maksimal.

Terdapat beragam fitur yang dibekali dalam setting kamera hp, biasanya semakin spesifikasi ponsel tinggi maka semakin banyak juga fitur yang dimiliki. Misalnya, OIS, Telephoto dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Jenis lensa kamera smartphone

Apa saja yang perlu di setting pada Hp Agar Hasil Foto Bagus?

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, pengaturan kamera hp biasanya tergantung dari masing masing ponsel. Secara umum smartphone dengan spesifikasi tinggi, biasanya juga dilengkapi adanya berbagai fitur canggih mendukung hasil gambar foto HD dan berkualitas tanpa harus melakukan banyak pengaturan.

Ada beberapa alasan mengapa setting kamera HP yang tepat bisa menghasilkan foto bagus di malam hari atau siang, di antaranya:

# Resolusi Kamera

Dengan mengatur resolusi kamera HP, maka kalian dapat mengatur ukuran dan kualitas gambar yang dihasilkan. Dalam hal ini Semakin tinggi resolusi, semakin besar ukuran gambar dan semakin jelas detail hasil jepretan foto kamera ponsel kalian.

# Titik Fokus Objek

Fokus yang tepat akan memastikan bahwa objek utama dalam foto terlihat tajam dan jelas. Dalam setting kamera HP, pengguna dapat mengatur fokus otomatis atau manual untuk memastikan fokus yang tepat.

# Menentukan Exposure

Exposure atau pencahayaan yang tepat akan mempengaruhi kualitas foto. Jika terlalu terang atau terlalu gelap, foto akan kehilangan detail dan warna yang tepat. Setting kamera HP dapat mengatur exposure secara manual atau otomatis untuk memastikan kualitas foto yang optimal.

Baca Juga: Memperbaiki Kamera Hp Oppo Error

# White balance

White balance yang tepat akan memastikan bahwa warna dalam foto terlihat natural dan tidak terdistorsi. Setting kamera HP dapat mengatur white balance secara manual atau otomatis untuk memastikan warna yang tepat dalam foto.

# ISO

ISO mengontrol sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO, semakin sensitif sensor kamera terhadap cahaya, yang memungkinkan pengambilan foto dalam kondisi cahaya rendah.

Namun, semakin tinggi ISO, semakin banyak noise atau grain yang muncul dalam foto. Setting kamera HP dapat mengatur ISO secara manual atau otomatis untuk memastikan kualitas foto yang optimal.

Dengan mengatur setting kamera HP dengan benar, pengguna dapat memastikan bahwa foto yang diambil akan memiliki kualitas yang optimal. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering menggunakan kamera HP untuk mengambil foto dalam kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Cara ubah foto jadi HD gratis paling mudah

Cara Setting Kamera Smaartphone Agar Hasil Bagus

Selanjutnya setelah memahami beberapa fungsi diatas, trik fotografi hp agar hasil seperti DSLR salah satunya harus mencoba menerapakan beberapa pengaturan.

Konsepnya, dengan mencoba setting maka perangkat bisa menjadi lebih optimal lagi digunakan ketika untuk foto atau membuat video.

Sekali lagi, perhatikan spesifikasi lensa kamera ponsel anda. Dari pengalaman saya pribadi, sekelas Xiaomi Redmi 4A dengan single kamera aja hasilnya bisa approve Shutterstock.

1. Mengatur kamera ultrawide di HP

Mengatur kamera ultrawide di HP

Perlu anda ketahui, Ini tidak semua dimiliki oleh smartphone, lensa utrawide dapat meningkatkan kemampuan kamera untuk menangkap gambar yang lebih luas dengan lebih banyak detail dan kedalaman. 

Untuk mengatur ultrawide pada kamera HP, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi kamera di HP Anda.
  • Pilih mode kamera "Ultrawide" atau "Wide Angle" (dalam beberapa kamera, mode ini dapat ditemukan dengan menggeser menu mode kamera ke kiri atau kanan).

Pastikan Anda mengatur fokus dengan benar dengan mengetuk layar di area yang ingin Anda fokuskan atau dengan menggunakan fitur autofocus pada kamera.

Pastikan pencahayaan cukup baik dan tidak terlalu kontras. Kamera ultrawide rentan terhadap distorsi dan noise pada area yang kurang terang.

Perhatikan komposisi gambar. Ultrawide memiliki sudut pandang yang sangat luas, oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan objek dan latar belakang agar tidak mengganggu komposisi.

Jika tersedia, Anda dapat mengatur aperture untuk menyesuaikan kedalaman lapangan dan memperbaiki distorsi yang terkait dengan sudut pandang yang lebar.

Jangan terlalu dekat dengan objek, karena ini dapat menyebabkan efek distorsi pada sudut gambar.

Terakhir, pastikan Anda memeriksa hasil foto dan memodifikasi pengaturan kamera yang diperlukan agar mendapatkan hasil terbaik.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghasilkan gambar yang lebih luas, lebih detail, dan lebih menarik dengan menggunakan mode ultrawide pada kamera HP Anda.

Baca Juga: Pengertian Lensa Ultrawide dan Aperture

2. Setting resolusi kamera hp

Setting resolusi kamera hp

Hampir semua merek hp memiliki pengaturan resolusi kamera, baik samsung, Oppo, Xiaomi,realme , vivo dan lain sebagainy. Dengan mengubah setinggan kamera hp menjadi resolusi terbaik , hal ini memngkinkan mendapat foto auat video paling optimal pada ponsel. Untuk mengatur resolusi kamera pada HP Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi kamera di HP Anda.
  • Cari dan pilih opsi "Pengaturan" atau "Settings" (biasanya ada di sudut kanan atas atau bawah aplikasi kamera).
  • Di dalam menu pengaturan, cari opsi "Resolusi" atau "Resolution". Jika Anda tidak menemukan opsi ini, cobalah cari di dalam menu pengaturan lainnya.
  • Pilih resolusi yang diinginkan dari daftar yang tersedia. Resolusi yang lebih tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih besar dan lebih jelas, tetapi akan memakan lebih banyak ruang penyimpanan.
  • Pastikan untuk menyimpan pengaturan yang baru dengan mengetuk tombol "Simpan" atau "OK".

Kalian dapat memeriksa kembali pengaturan kamera yang telah diatur dengan kembali ke mode kamera dan memastikan apakah resolusi kamera sudah berubah sesuai keinginan.

Selain mengatur resolusi, beberapa kamera HP juga memiliki opsi untuk mengatur rasio aspek gambar, seperti 4:3 atau 16:9, atau opsi lainnya seperti mode High Dynamic Range (HDR) atau mode malam.

Perlu diingat bahwa pengaturan kamera  lebih tinggi atau resolusi gambar tinggi maka kualitas foto dan video menjadi lebih baik dan ukuran foto menjadi lebih besar sehingga membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Jadi pastikan ponsel memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan foto dan video berkualitas tinggi. Selain itu, perhatikan juga kualitas cahaya saat memotret, karena kualitas gambar yang dihasilkan dapat berbeda tergantung pada kondisi cahaya saat pemotretan.

3. Cara Mengatur Aspek Rasio Kamera

Yang berikutnya agar kamera hp bisa bagus dalam pengambilan foto maupun video bisa dengan cara mengatur aspek rasionya. Untuk mengatur aspek rasio pada kamera HP, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi kamera di smartphone kalian seperti baisa.
  • Cari opsi "Pengaturan" atau "Settings" (biasanya ada di sudut kanan atas atau bawah aplikasi kamera).
  • Di dalam menu pengaturan, cari opsi "Aspek Rasio" atau "Aspect Ratio". Jika Anda tidak menemukan opsi ini, cobalah cari di dalam menu pengaturan lainnya.
  • Pilih aspek rasio yang diinginkan dari daftar yang tersedia. Beberapa pilihan umum termasuk 4:3, 16:9, dan 1:1.
  • Pastikan untuk menyimpan pengaturan yang baru dengan mengetuk tombol "Simpan" atau "OK".

Setelah pengaturan disimpan, Silahkan pastikan dengan cara memeriksa aspek rasio yang telah diatur dengan kembali ke mode kamera dan memastikan apakah tampilan gambar telah berubah.

Perlu diingat bahwa aspek rasio yang berbeda akan mempengaruhi sudut pandang dan tampilan gambar. 

Misalnya, aspek rasio 4:3 cocok untuk foto-foto standar, sedangkan aspek rasio 16:9 lebih cocok untuk foto panorama atau video. Sementara itu, aspek rasio 1:1 biasanya menghasilkan foto kotak yang populer di platform media sosial seperti Instagram.

Jadi, pastikan untuk memilih aspek rasio sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, perhatikan juga pengaturan lain pada kamera HP seperti resolusi, fokus, dan pencahayaan saat memotret untuk menghasilkan gambar yang lebih baik.

4. Cara mengubah exposur kamera Smartphone

Untuk menentukan eksposur kamera pada HP Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka kamera di HP Anda seperti akan memotret seperti biasa.
  • Cari opsi "Pengaturan" atau "Settings"
  • Pada menu pengaturan, ketuk opsi "Eksposur" atau "Exposure". Jika tidak menemukan opsi ini, cobalah cari di dalam menu pengaturan lainnya.
  • Pilih opsi "Manual Exposure" atau "Eksposur Manual" jika tersedia.
  • Untuk menyesuaikan eksposur secara manual, kalian dapat mengetuk area layar yang ingin Anda fokuskan dan kemudian menyeret slider eksposur ke kiri atau kanan untuk menyesuaikan kecerahan gambar. Menyeret slider ke kiri akan membuat gambar lebih gelap, sedangkan menyeret ke kanan akan membuat gambar lebih terang.
  • Setelah menentukan eksposur yang diinginkan, pastikan untuk menyimpan pengaturan dengan mengetuk tombol "Simpan" atau "OK".

Selain mengatur eksposur kamera secara manual, beberapa kamera HP juga memiliki opsi untuk mengatur eksposur secara otomatis, yaitu dengan menekan dan menahan area fokus di layar kamera. Kamera akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan gambar berdasarkan area fokus yang dipilih.

Perlu diingat bahwa penyesuaian eksposur yang tepat sangat penting untuk menghasilkan gambar yang bagus berkualitas layak untuk di jual di microstock.

Jika gambar terlalu gelap atau terang, kemungkinan perlu menyesuaikan eksposur kamera memilih yang terbaik sesuai kondisi. Selain itu, pastikan juga memperhatikan pencahayaan ketika memotret, karena kualitas gambar yang dihasilkan juga akan tergantung pada kondisi cahaya saat pemotretan.

Baca Juga: Cara mematikan suara kamera Hp

5. Mengatur fokus kamera  Smartphone

Perlu diingat bahwa fokus yang tepat sangat penting untuk menghasilkan gambar yang bagus. Jika gambar terlalu buram atau kabur, mungkin perlu menyesuaikan fokus kamera hp secara manual dengan mengaturnya.

Untuk mengatur fokus kamera pada HP Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu dan Ketuk aplikasi kamera di gadget kalian.
  • Pastikan kamera berada dalam mode foto atau video.
  • Tempatkan objek yang ingin difokuskan di tengah layar kamera.
  • Biarkan kamera mengenali objek dan menyesuaikan fokus secara otomatis. Pada kebanyakan kamera HP, fokus akan ditandai dengan tanda titik atau kotak muncul pada layar kamera.
  • Jika ingin menyesuaikan fokus secara manual, cari opsi "Pengaturan" atau "Settings" (biasanya ada di sudut kanan atas atau bawah aplikasi kamera).
  • Di dalam menu pengaturan, cari opsi "Fokus" atau "Focus". Apabila tidak menemukan opsi ini, cobalah cari di dalam menu pengaturan lainnya.
  • Pilih opsi "Manual Focus" atau "Fokus Manual" jika tersedia.
  • Dengan opsi fokus manual, pengguna dapat menyesuaikan mengetuk area layar yang ingin Anda fokuskan dan kemudian menyeret fokus ke kiri atau kanan untuk mengubah kedalaman fokus. Menyeret ke kiri akan membuat area di depan dan belakang objek menjadi lebih kabur (depth of field yang rendah), sedangkan menyeret ke kanan akan membuat area di depan dan belakang objek lebih tajam (depth of field yang tinggi).
  • Setelah menyesuaikan fokus yang diinginkan, pastikan untuk menyimpan pengaturan dengan mengetuk tombol "Simpan" atau "OK".

Setelah pengaturan disimpan, kemudian bisa mencoba melakukan foto ponsel anda apakah sudah lebih baik.

6. Mengatur ISO

ISO adalah singkatan dari International Organization for Standardization, dan dalam fotografi, ISO mengacu pada sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. 

Semakin tinggi ISO, semakin sensitif sensor kamera terhadap cahaya, artinya kamera akan mengambil gambar lebih terang dalam kondisi pencahayaan rendah. Namun, semakin tinggi ISO, semakin banyak juga noise atau grain muncul pada Foto.

Untuk mengatur ISO pada kamera HP Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka kamera di HP Anda.
  • Cari opsi "Pengaturan" kamera.
  • Di dalam menu pengaturan, cari opsi "ISO". Jika Anda tidak menemukan opsi ini, cobalah cari di dalam menu pengaturan lainnya.
  • Pilih opsi "Manual ISO" atau "ISO Manual" jika tersedia.
  • Dalam opsi manual ISO, Anda dapat menyesuaikan ISO secara manual dengan menyeret slider ke kiri atau kanan. Menyeret ke kiri akan mengurangi ISO, sedangkan menyeret ke kanan akan meningkatkan ISO.
  • Setelah menyesuaikan ISO yang diinginkan, pastikan untuk menyimpan pengaturan dengan mengetuk tombol "Simpan" atau "OK".
  • Setelah pengaturan disimpan, Anda dapat memeriksa ISO yang telah Anda atur dengan kembali ke mode kamera dan melihat apakah tampilan gambar telah berubah.

Perlu diingat bahwa pengaturan ISO yang tepat akan tergantung pada kondisi pencahayaan saat pemotretan dan preferensi pribadi. 

Untuk kondisi pencahayaan yang rendah, Anda mungkin perlu meningkatkan ISO untuk menghasilkan gambar yang lebih terang. Namun, pastikan juga untuk tidak mengatur ISO terlalu tinggi karena dapat menghasilkan noise atau grain yang tidak diinginkan pada gambar.

Baca Juga: Mengatsi Kamera hp Xiaomi terhenti

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang cara mengatur kamera HP untuk menghasilkan foto dan video yang bagus. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur kamera HP, seperti resolusi, aspek rasio, fokus, ISO, dan  aspek lain seperti konsentrasi, cahaya, dan lainnya. 

Dengan memahami dan mengatur pengaturan kamera yang tepat, Anda dapat menghasilkan foto dan video yang memuaskan dengan kamera HP Anda. 

Namun, selain dari pengaturan kamera, perlu diingat bahwa komposisi, pencahayaan, dan pengambilan gambar yang tepat juga merupakan faktor penting untuk menghasilkan gambar yang baik. 

Oleh karena itu, teruslah berlatih dan eksplorasi dengan kamera HP Anda untuk menghasilkan hasil yang semakin baik dan memuaskan. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel