. Penyebab tidak muncul dan Cara Aktifkan Fitur Fast Charging Vivo - IME Android -->

Penyebab tidak muncul dan Cara Aktifkan Fitur Fast Charging Vivo

Konten [Tampil]

Cara aktifkan fast charging vivo - Saat ini di beberapa tipe ponsel dari berbagai merek selalu berlomba-lomba menyuguhkan beragam fitur yang menjadi andalan. Misalnya dari sisi kamera, hingga memberi kemampuan Fast Charging. Ya, tentunya semua sudah mengetahui bahwa fitur tersebut sangat menarik, yakni mampu mempersingkat proses pengisian baterai menjadi lebih cepat.

Sehingga, dapat dipastikan jika Fitur fast charging dan proses pengisian baterai vivo yang benar sudah dilakukan, maka tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mencapai 100% ketika cas ponsel.

Tetapi, Hal lain bisa saja terjadi sehingga meskipun ponsel Vivo sudah mendukung pengisian cepat namun dalam kenyataannya isi daya masih lama.  Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara aktifkan fast charging Vivo, saya akan membahas berbagai penyebab fast charging tidak muncul.

Baca Juga: Cara yang benar cas hp Vivo android aman dan cepat full

Penyebab Fast Charging Vivo Tidak Muncul

Smartphone Vivo merupakan ponsel yang hampir semua tipe nya memiliki kapasitas baterai cukup besar. Secara teori, semakin besar kapasitas daya yang dimiliki maka membutuhkan waktu lebih lama dalam proses cas mengisi daya.

Namun berkat fast charging, ini mampu mempersingkat. Dapat disimulasikan apabila Hp Vivo Kapasitas 4500mAh umumnya di cas membutuhkan waktu 3-4 Jam untuk penuh 1005, maka dengan adanya fast charging menjadi lebih singkat hanya memerlukan waktu sekitar 2 Jam kurang saja.

Pada prinsipnya, fast charging biasanya secara default aktif, sehingga pengguna tidak perlu cara aktifkan fast charging Hp Vivo secara khsusus. Tetapi, dalam suatu kondisi berbeda bisa saja terjadi, sehingga memerlukan tindakan perbaikan ketika pengisian cepat tidak bisa bekerja dengan baik.

Ini tentu ada sebabnya, Apa saja penyebab Fast Charging Vivo tidak Berfungsi? Silahkan pastikan terlebih dahulu sebagai berikut sehingga menjawab alasan mengapa pengisian cepat tidak bekerja.

Baca Juga: Cara mengubah tema di Hp Vivo

#1. Tidak  Menggunakan charger Vivo original

Penyebab fast chaging vivo tidak muncul
Img:Shopee

Yang pertama kemungkinan penyebabnya adalah tidak memakai charger yang ori atau bukan charger bawaan, nah ini sering banget sih terjadi dimana pengguna asal pakai charger.

Yang penting masuk dan konek banyak pengguna yang seperti itu, namun tidak ingat bahwa hpnya sudah fast charging jika chargernya saja bukan yang dibekali untuk hp pengisian cepat ya tidak berfungsi.

#2. Masalah pada Komponen Ponsel

Penyebab fast charging vivo tidak berfungsi

Penyebab fast charging vivo tidak berfungsi yang kedua adalah dari sektor masalah pada komponen ponsel. Ini cukup rumit, karena membutuhkan pengecekan secara teknis menganalisa beberapa komponen yang terlibat dalam proses pengisian daya.  Misalnya IC charger, atau komponen lain yang ada dalam perangkat Vivo.

Sehingga , dalam kasus ini sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan teknisi. Terlebih jika dirasa bukan hanya Fitur fast charging tidak muncul , tetapi hingga ke tahap pengisian daya yang sulit penuh. Inilah waktunya kalian membawa ke serivce center vivo terdekat.

#3. Adaptor charger Vivo bukan fast charging

Penyebab fitur fast charging vivo tidak aktif
img:Shopee

Nah banyak pengguna yang hanya memakai kabel saja namun asal dalam menggunakan kepala charger, nah untuk hp dengan tipe fast charging usakahan memakai charger atau pinjam kepada charger yang sudah dibekali fast charging.

Kan ada tuh disetiap kepala charger tentu ditulis fast charging, quick charge, dan super fast charging kebanyakan pasti ada tulisanya seperti.

Baca Juga: Cara split Screen di hp Vivo Lengkap

#4. Belum Aktifkan fitur Fast Charging Vivo

Kemungkinan lain yang menyebabkan cas hp vivo lama penuh yakni karena fitur fast charging tidak aktif. Entah Belum mengaktifkannya, atau karena masalah lain yang menimbulkan secara tidak sengaja menjadi nonaktif.

Untuk Itu, kalian perlu memeriksa dan mengaktifkan fast charging vivo secara manual untuk mendapatkan kembali performa pengisian daya terbaik.

Memang beberapa tipe ponsel vivo akan secara otomatis aktif fast chargingnya, namun tidak jarang juga tipe lain yang perlu diaktifkannya.

#5. Kualitas Kabel Pengisian daya.

Bahkan kita tidak menyadari pentingnya memakai Kabel pengisian daya berkualitas. Saat fitur fast charging akitf, namun Baterai Vivo Kalian sulit terisi penuh atau lama Maka kalian juga wajib memastikan bahwa kabel daya yang digunakan adalah produk original.

Penggunaan kabel daya abal-abal tidak direkomendasikan, pasalnya fast charging umumnya menghantarkan daya dalam jumlah cukup besar. Karena memakai Kabel data palsu, maka bisa menimbulkan dispansi yang membuat arus yang sampai kedalam baterai kecil.

Itulah beberapa penyebab fast charging vivo tidak muncul, Kalian perlu mengecek kembali semua poin diatas untuk memastikan tidak ada masalah dalam pengisian daya. Sebagai informasi tambahan, faktor lain menimbulkan pengisian daya cepat tidak berfungsi juga bisa dikarenakan perangkat panas. 

Sebaiknya, cas ponsel dalam kondisi mati atau memakai mode terbang.

Baca Juga: Cara mengubah kartu SD menjadi penyimpanan internal di Hp Vivo 

Cara Mengaktifkan Fast Charging Vivo

Hingga semua point yang diatas sudah anda pastikan, ya ke tahap akhir yakni memeriksa pengaturan pengisian daya vivo anda.

Apakah Hp Vivo mendukung Fast Charging?

Tidak semua tipe ponsel Vivo dilengkapi dengan fitur pengisian daya. Misalnya pada Vivo Y21T yang telah siap dengan Proses pengsian daya 18W ,yakni kapasitas baterai 5000mAh mampu terisi full dalam waktu kurang dari 2 jam.

Sehingga kesimpulannya , bukan hanya tentang tipe Vivo Y12, Y91, V23, V11 Atau Vivo S1 , Y30 saja. Namun Anda terlebih dahulu haarus memastikan spesifikasi Hp Vivo tersebut apakah sudah dilengkapi adanya dual engine fast charging.

Sehingga jika ponsel kalian sudah dilengkapi oleh kemampuan dual engine pengisian daya cepat, umumnya pihak vendor telah mengaktifkannya secara otomatis. Anda hanya perlu melakukan beberapa prosedur pengisian yang benar, mulai dari penggunaan adaptor vivo original dan kabel nya, dan lain sebagainya.

Untuk memastikan kembali, Bisa cek melalui pengaturan. Misalnya pada smartphone Vivo Y17, silahkan ikuti langkah dibawah:

  • Buka Menu di ponsel Vivo dan Pilih aplikasi pengaturan atau settingan.
  • Lalu Lanjutkan dengan pilih opsi baterai.
  • Disana anda akan menemukan menu fast charging.
  • Kemudian apabila belum aktif ,silahkan aktifkan.
  • Selesai.

Penutup

Itulah cara aktifkan fast charging Vivo, dan perlu diingat bahwa tidak semua gawai sudah dilengkapi oleh fitur tersebut. Jadi, jangan berfikir untuk memaksanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel