. Mengenal Google Meet Dan Aplikasinya - IME Android -->

Mengenal Google Meet Dan Aplikasinya

Konten [Tampil]

Mungkin masih belum banyak mengetahui tentang Google Meet. Merupakan salah satu layanan dukungan yang hebat dari google yang memungkinkan pengguna smartphone maupun komputer dapat bertatap muka secara virtual. 

Sangat menguntungkan menyambut era digital, adanya Google Meet memungkinkan seseorang untuk Melakukan komunikasi maupun pertemuan berbagai pekerjaan tanpa dibatasi oleh jarak.

Tentu sangat mendukung dengan istilah bekerja dari rumah , Saat masa pandemi pastinya semua orang mengetahui istilah tersebut " WFM (Work From Home)". Bukan hanya dalam urusan pekerjaan saja, kini siapapun bisa melakukan meeting , proses belajar mengajar dan kegiatan organisasi lain dengan Aplikasi Google Meet.

Baca Juga: Cara bercanda dengan google asisten, Gombalin

Adanya google meet menjadi angin surga tersendiri untuk mematahkan ruang jarak dalam bertatap muka. Ya, Meskipun secara virtual tentunya ini dapat mewakili semua percakapan yang akan disampaikan. 

Google meet, saya kira ini wajib dikeetahui oleh semua orang dan semua instansi. Pasalnya apabila Panggilan Video whatsapp lebih dari beberapa orang masih terbatas oleh jumlah, maka berbeda dengan adanya google meet yang mampu menamping 100+ Peserta.

Mengenal Google Meet

google Meet

Google memenuhi keinginan kebutuhan  meruntuhkan kemungkinan hambatan komunikasi mengharuskan tatap muka langsung. Kini dengan adanya Google Meet menjadi lebih mudah untuk mendiskusikan berbagai hal.

Setiap kemudahananya juga dapat dilakukan oleh pengguna ponsel cerdas maupun laptop. Memiliki beragam fitur, di kembangakan oleh perusahaan dunia yang sangat ternama sehingga kecil kemungkinananya mengecewakan anda.

Baca juga: Cara mengatasi Google Play terhenti pada Hp Android

Apa itu Google Meet?

Dari pembahasan diatas tentunya sedikit banyaknya anda sudah paham. Secara singkat Google meet Merupakan platform yang sudah dirilis oleh google untuk mempermudah pengguna internet dalam melakukan tatap muka secara virtual memakai laptop atau Ponsel cerdas mereka.

Kapasitas Google Meet dalam melakukan panggilan Video cukup banyak, bahkan anda bisa melakukan panggilan Video langsung lebih dari 100 orang. Aplikasi google meet juga tersedia untuk laptop dan Smartphone , nah kapan lagi mau mencobanya.

Aplikasi Google Meet

Apa Itu Aplikasi Google Meet

Disederhanakan bahwa Google Meet adalah sebuah layanan aplikasi konferensi video premium yang telah dibuat oleh  Google yang bisa diakses memakai ponsel dan laptop. Kapasitas pengguna dalam  konverensinya mampu menamping hingga 250 Peserta secara bersamaan dalam layar grid.

Google Meet dengan mudah seseorang membut link untuk dibagikan kepada orang lain untuk bergabung dalam meet virtual. Yang terpenting adalah mereka dalam jaringan koneksi internet stabil. 

Awalnya bernama Google hang out, kini berubah menjad Google Meet.

Siapapun Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Meet melalui PC, laptop atau mengaksesnya dengan smartphone Anda dengan dua jenis layanan yakni Gratis dan premium. 

Untuk berlangganan layanan Google Meet kalian bisa memakai jenis paket yang ditawarkan Google, yaitu paket 100 peserta dengan biaya $6 per bulan, sedangkan paket 120 peserta cukup $12 per bulan, dan paket 250 peserta. $25 per bulan.

Baca juga: Cara menggunakan OK Google

Cara Penggunaan Google Meet.

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas anda bisa menggunakan google meet melalui laptop atau ponsel cerdas. Ya pada prinsipnya sama saja, yang membedakan jika pada komputer anda tidak memerlukan install aplikasi google meet sedangkan jika memakai perangkat seluler dapat download aplikasi google meet terlebih dahulu.

Persiapan lainnya adalah cukup dengan akun email, sehingga jika belum memilikinya maka bisa membuat gmail baru di hp anda atau menggunakan PC.

Sedangkan untuk Memulai maupun menjadwalkan rapat online video memakai Google Meet anda juga bisa dari Situs Google Meet langsung, Goole Kalender, Google Duo atau sistem penjadwalan lain

Cara memakai google Meet Di Hp android

  1. Download aplikasi Meet Melalui Play Store.
  2. Lakukan Download dan instal aplikasi Google Meet seperti biasa 
  3. Selanjutnya pada perangkat, Buka dengan ketuk aplikasi Google Meet Meet app yang sudah terpasang.
  4. Lakukan Sinkronasi panggilan supaya bisa mulai panggilan video dengan perangkat lain.
  5. Selanjutnya sudah mulai rapat.
Mulai Rapat:

Pilih Aplikasi Google Meet App Lalu Ketuk rapat baru.

Lanjutkan dengan Pilih salah satu opsi tersedia diasan.

# Dapatkan link rapat untuk dibagikan.

Yakni untuk membuat link Google Meet yang bisa dibagikan ke pengguna lain untuk bergabung. Anda juga bisa menentukan bagikan sekarang atau nanti.

Proses mengundang orang lain bergabung dalam google Meet , tap bagikan undangan. Sedangkan untuk bergabung cukup dengan salin kode dan masuk ke kolom "gabung pakai kode"

# Opsi Mulai RapatInstan yakni pilihan membuat meeting online yang bisa diikuti sekarang

#Calendar Jadwalkan di Google Kalender adalah opis menjadwalkan rapat yang akan diarahkan ke Google kalender.  Anda bisa menambahkan acara dalam kalender kemudian > Tambah Acara > Selesai dan Simpan.

Baca Juga: Mengenal Google Go, Pencarian Memakai gambar

Cara menggunakan rapat video dari Meet Google di Komputer

​Seperti yang sudah saya sampaikan diatas , bahwa penggunaan nya sama mudahnya. Anda hanya memerlukan browser saja tanpa harus instal aplikasi meet google.

1. Pertama Buka Buka laman Google Meet.

2. Berikutnya Klik opsi Rapat Baru.

3. Lalu tentukan  opsi rapat yang akan anda lakukan.

  • Buat rapat untuk nanti , Yakni tujuannya supaya bisa melakukan setelan detail rapat , membuat link meet google yang akan dibagikan ke peserta. Saat akan langsung mulai rapat , tempel tautan link meet google ke browser dan masukan atau masukan kode link undangan lalu klik gabung.
  • Sama dengan memakai ponsel anda juga bisa membuat pilihan "Mulai rapat instan" Yang bisa langsung diikuti peserta.
  • Membuat rapat terjadwal, sama dengan penjelasan diatas memakai ponsel.

Membuat rapat video Meet Google dari Gmail

Pastikan sebelum memulai rapat video dari Gmail, Anda harus sudah mengaktifkan Meet di Gmail. Selain itu anda juga harus memberikan izin akses microfon dan Kamera.

  • Silahkan Buka Gmail seperti biasa.
  • Lalu Di bagian Meet silahkan ketuk opsi Rapat baru.
  • Klik Kirim undangan apabila anda akan membuat link meet google dan kirim melalui email.
  • Saat akan Menyalin Detail undangan , Ketuk pilihan "Salin Undangan Rapat".
  • Dan Saat Akan Kirim email undangan, ketuk Opsi " Bagikan Melalui Email"
  • Setelah sudah siap bergabung dalam Rapat, Klik gabung Sekarang.

Kesimpulan

Google Meet dirancang untuk konferensi video dapat dipakai melalui Hp android dan Komputer yang bisa digunakan dalam sekali meet hingga 250 peserta. Anda bisa memakai gratis atau berlangganan dengan harga relatif murah setiap bulannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel