. Cara kalibrasi layar hp android semua Merek - IME Android -->

Cara kalibrasi layar hp android semua Merek

Konten [Tampil]

Android merupakan sistem operasi dengan memiliki beragam fitur. Memungkinan pengguna dapat melakukan berbagai pengetesan, misal mengecek kecepatan internet, cek sensitif layar, mengcek kesehatan baterai, hingga kalibrasi. Cara kalibrasi layar hp ini terbilang mudah kok, Sesuaikan sensitivitas layar ponsel Android dengan kalibrasi layar sentuh memakai aplikasi atau tanpa memakai tools apapun.

Cara kalibrasi layar sentuh hp

Seperti yang kita tahu saat ini Sebagian besar smartphone Android hadir dengan layar sentuh. Sehigga sensitifitas layar menjadi penujang penting untuk respon dalam segala kegiatan anda. Tentu sepakat, Lihat saja dari merek Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme Semuanya hampir menerapkan layar sentuh.

Lalu bagaimana cara kalibrasi layar hp, Berikut pembahasan lengkapnya.

Alasan Harus Kalibrasi layar Hp Android

Mengapa kita memerlukan Kalibrasi layar? Sederhana saja, yakni bertujuan mengembalikan tingkat respon layar. Sehingga saat Hp anda sudah merasa kurang responsif layar sentuhnya, mungkin saja membutuhkan mengembalikan sensitifnya dengan cara kalibrasi layar.

Terdapat kemungkinan ketika layar tidak responsif. Pertama kinerja ponsel sudah lambat sehingga responsif menjadi delay sehingga dalam hal ini tidak terdapat masalah apapun.

Kemungkinan kedua adalah masalah teknis, yakni kendala yang disebabkan kesalahan baik dari sisi software maupun hardware. Apabila masalah datangnya dari kerusakan seperti ini, tentu dengan cara kalibrasi ulang layar ponsel tidak akan menyelesaikan masalah.

Layar ponsel Android samsung, Xiaomi , Oppo , Maupun Vivo adalah bagian terbilang rentan terhadap gangguan dari luar. Misalnya air atau benturan, Bahkan pelindung layar juga bisa menyebabkan responsif touch screen menjadi lebih lambat.

Banyak hal lain yang dapat merusak layar sentuh atau mengurangi sensitivitasnya.

Jangankan Untuk penggunaan bermain game, jika layar sentuh mengalami masalah, terkadang hanya masuk ke menu aplikasi saja bisa menjadi tidak responsif atau bahkan terus-menerus error atau layar sentuh jadi tidak responsif.

Meski kini sudah ada ponsel Android dengan layar yang tahan air dan goncangan, harga ponsel seperti itu biasanya lebih mahal.

Penyebab layar sentuh hp tidak responsif memang beragam, salah satunya tanpa disadari dengan bertambahnya usia penggunaan smartphone, maka daya tanggap touchscreen atau layar sentuh smartphone Android juga semakin berkurang.

Jadi, Anda memerlukan kalibrasi layar sentuh agar layar sentuh tetap responsif kembali supaya nyaman dalam penggunaan. Berikut cara mengatasi layar sentuh tidak responsif dengan cara kalibrasi ulang.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Ketuk layar 2 Kali untuk menghidupkan Ponsel

Cara mengkalibrasi layar sentuh Android

Apabila masalah layar tidak bisa merespon dikarenakan bukan dari kesalahan teknis, atau kerusakan hardware maka Untuk mengatasi layar yang tidak responsif anda dapat mencoba kalibrasi ulang.

Hampir semua merek Android memiliki fitur tersebut, yakni sebuah layanan bawaan yang bisa dipakai sebagai upaya pemulihan sensitifitas layar dengan cara kalibrasi.

1. Kalibrasi Layar melalui Settings.

Sekali lagi saya tekankan bahwa hampir semua hp telah diengkapi kemampuan untuk memulihkan sensitifitas layar dengan cara kalibarasi ulang. Cara pertama ini sebagai upaya pertama tanpa memakai aplikasi tambahan apapun saat anda ingin mengkalibrasi layar android.

Untuk mengkalibrasi layar ponsel Android Anda seperti ini, Anda perlu masuk ke menu pengaturan ponsel Android dan Anda bisa langsung masuk ke menu pengaturan tampilan.

Biasanya dalam pengaturan display terdapat Opsi mengatur ulang kalbrasi layar.

Tahap selanjutnya adalah bisa mencoba menguji sensitif layar ponsel. Dlam hal ini anda bisa memakai aplikasi tester, atau memakai kode rahasia.

Hampir semua Merek Ponsel sudah dilengkapi adanya fitur pengujian, tetapi memang tidak semua orang mengetahnya.

Kalibrasi layar dan tes sensitif layar Hp memakai kode rahasia, Caranya.

Buka papan dialer ponsel anda kemudian ketik kode :

*#0*# atau *#*#2664#*#* Ata Kode lainnya #*#64663#*#.

Anda dapat mencobanya kalibrasi layar hp samsung, vivo, Oppo hingga Xiaomi. Mungkin saja di beberapa tipe tidak bekerja dengan baik.

Setelah berhasil biasanya akan dialihkan ke Aplikasi bawaan Bernama Hw Module test. Memungkinkan pengguna bisa mengetes layar sentuh mengetahui masih berjalan dengan baik atau tidak.

Disana juga anda akan bisa mengecek kondisi LCD, Misalnya apakah masih menghasilkan warna yang baik , sentuhan, dimming dan lainnya.

2. Kalibrasi Menggunakan aplikasi

android menjadi sistem operasi yang sudah didukung dengan berbagai developer, pengembang aplikasi bisa didownload secara gratis. Diantaranya adalah aplikasi untuk kalibrasi layar.

Berikut beberapa langkah untuk mengkalibrasi layar ponsel dengan aplikasi.

#Apps Layar Kalibrasi Sentuh

Aplikasi kalibrasi layar sentuh
  1. Silahkan mulai dari buka Aplikasi Google play Store dan Download aplikasi Kalibrasi Layar sentuh.
  2. Tunggu proses download dan pemasangan selesai pada perangkat ponsel anda.
  3. Setelah proses download selesai dan terinstal, silahkan buka Aplikasi tersebut. Maka anda akan melihat halaman sederhana yang bisa membantu memulihkan sensitif layar sentuh gawai.
    "Klik Tombol Calibrate" Berikutnya anda bisa mulai mengkalibrasi layar sentuh Hp android kalian mulai dari memencet tombol calibrate yang berwarna biru dibagian bawah.
  4. Lalu sentuh bagian yang diarahkan oleh sesuai petunjuk penggunaan aplikasi ini.
  5. Klik Ok ,Setelah kalian selesai mengkalibrasi layar sentuh android kalian dengan menyentuh atau klik bagian yang diarahkan oleh aplikasi ini. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa kalibrasi layar sentuh sudah selesai maka kalian klik ok.
  6. Mulai ulang Android, Anda kemudian dapat memulai ulang atau memulai ulang ponsel Android Anda untuk membuat kalibrasi yang Anda lakukan berfungsi dengan benar.


#AplikasiTouchscreen Dan Perbaikan

Aplikasi berikutnya  yang dapat Anda coba untuk mengkalibrasi layar ponsel Anda adalah touchscreen perbaikan. Sama Seperti aplikasi sebelumnya, Apps ini juga memiliki fitur untuk dengan mudah mengkalibrasi layar sentuh smartphone Android Anda.

  • Pertama Download dan install aplikasi touchscreen Perbaikan
  • Buka aplikasi, Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda dapat membuka aplikasi maka akan menemukan tampilan kalibrasi layar sentuh Android.
  • Setelah itu, Anda dapat mulai mengkalibrasi layar sentuh Android Anda dengan mengklik atau mengetuk kolom yang disediakan di aplikasi ini.
  • Mulai ulang Android, Setelah proses kalibrasi selesai. Anda dapat segera me-restart Android agar kalibrasi dapat dilakukan dengan benar.

Baca Juga: Jenis tipe layar ponsel android yang dipakai

3. Lakukan reset Ke setelan pabrik


Cara terakhir untuk mengkalibrasi layar perangkat Android Anda adalah dengan melakukan reset pabrik pada ponsel Android untuk membuat layar Android Anda responsif kembali. Hal Ini sangat ampuh ketika masalah delay respon dikarenakan oleh piranti lunak atau kesalahan pengaturan.

Namun, ingat bahwa reset ke pengaturan pabrik dapat mengakibatkan hilangnya atau terhapusnya data dan aplikasi di ponsel Android Anda, jadi Anda harus mencadangkan semua file di ponsel Android Anda terlebih dahulu. 

Melakukan reset pabrik atau reset pabrik akan mengembalikan ponsel Android Anda ke pengaturan aslinya saat Anda pertama kali membelinya.

Dengan cara ini, layar smartphone Android Anda akan responsif seperti biasa dan Anda dapat membandingkannya sebelum dan sesudah mereset perangkat Android karena perangkat akan kembali seperti standar pabrik.

Baca Juga:  Cara mencadangkan berkas di Hp anda ke PC

Penutup

Sebainya anda mempertimbangkan kembali untuk kalibrasi layar hp android dengan cara mereset ulang Hp ke pengaturan pabrik. Pastikan sudah memahami resiko dan perbaikan masalah. 

Alternatif, gunakan aplikasi atau melalui pengaturan. Ini Akan lebih aman dan tidak menimbulkan beragam spekulasi lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel