. Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti - IME Android -->

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti

Konten [Tampil]

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti - peranan platform satu ini tidak dapat abaikan begitu saja oleh pengguna smartphone berbasis Android. Pasalnya google play menjadi sumber utama rujukan saat akan download aplikasi baru , atau update.

Meskipun bukan satu-satunya sumber aplikasi , karena pengguna ponsel cerdas android bisa download apk dan memasangnya. Tetapi mendapatkan aplikasi selain dari Play store tidak direkomendasikan, hal ini mengingat resiko Malware maupun ancaman lain.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti , apa saja yang harus dilakukan agar bisa normal kembali.

Google Play store terhenti

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti

Google Play Store Terhenti , Kejadian seperti ini mungkin hampir semua smartphone mempunyai resiko yang sama. Bahkan tidak hanya terjadi pada aplikasi Play store saja , beragam apps lain mempunyai resiko error.

Saat akan buka aplikasi Play store ,kemudian muncul pesan "Sayangnya google play store terhenti". Nah, hal itu bisa di sebabkan oleh beragam faktor.

Pada artikel kali ini saya akan membahas , bagaimana cara mengatasi Google Playstore terhenti , apa penyebabnya.

Kabar baiknya " Google play store terhenti " dapat diatasi tanpa harus membongkar. Pasalnya hal itu tidak ada kaitannya dengan kerusakan komponen.

Baca juga , Cara menggunakan Aplikasi Flip Untuk transfer Uang

Penyebab Google Play Terus terhenti.

Kenapa muncul Google terus berhenti , Ada sebab dan akibat yang harus kita bayar dalam segala penggunaan dan tingkah laku manusia. Yeah... Sok bijak.

Kenapa google play terhenti , saat akan di buka aplikasi menutup secara tiba-tiba. Apa penyebabnya , bagiamana cara mengatasinya.

Bagi sebagian orang awam hal itu membuat panik, muncul pesan "Sayangya aplikasi terhenti".  Oke langsung saja berikut beberapa penyebab umum yang menimbulkan play store menutup sendiri secara tiba-tiba.

Kapasitas RAM Full.

Ram Tidak mampu melakukan menyimpan data proses karena penuh. Biasanya ini terjadi pada smartphone yang mempunyai spesifikasi resah, baik itu Samsung ,Xiaomi, Oppo, Vivo maupun merek lain.

Sistem akan menyimpan data proses sementara ke RAM , saat akan membuat aplikasi di sana terapat proses yang membutuhkan ruang simpan.  Ketika tidak bisa dilakukan maka aplikasi akan menutup sendiri dengan adanya pesan "Sistem tidak dapat membuka aplikasi" atau " Layanan terhenti secara tiba-tiba" maupun informasi lain.

Play store tidak update.

Pentingnya memperbarui aplikasi salah satunya yakni menghindari kegagalan proses yang di sebabkan oleh bug. Ada dua manfaat update google play, umunya penambahan fitur terbaru dan memperbaiki bug.

Ketika tidak update , script tidak compatible dengan sistem operasi berakibat crash.

Memori internal penuh.

Tidak hanya peranan ram saja yang penting , kapasitas penyimpanan internal juga tidak baik saat kondisi penuh. Diantaranya ponsel menjadi lemot, proses pekerjaan sistem terganggu karena beban berat, sering lag , gagal proses membuka aplikasi.

Sebaiknya kapasitas penyimpanan dalam kondisi kosong minimal 30% , selebihnya simpan memakai memori External.

Koneksi internet

Penyebab berikutnya adalah dari sektor jaringan yang bermasalah. Namun umunya saat masalahnya salah dari internet , maka aplikasi tetap bisa masuk. Hanya saja di sana kalian akan menemukan informasi " Tidak ada koneksi internet".

Sistem operasi Eror.

Penyebab aplikasi google play terhenti yang selanjutnya adalah di sebabkan oleh sistem operasi error. Ini yang paling buruk dari semua masalah di atas, pasalnya cara mengatasinya biasanya hanya bisa dilakukan dengan cara reset atau flash ulang.

Sistem operasi bermasalah biasanya disebabkan oleh root atau custom Rom. Tidak support terhadap smartphone , atau kena virus, sistem tidak update dan lain sebagainya.

Baca Juga, Cara Install ulang Google Play store

Cara Mengatasi Google Play Store Terus Terhenti

Memperbaiki hp tidak bisa buka Play store atau terus terhenti terbilang bukan hal sulit, pasalnya masalah seperti ini lebih mengacu terhadap aplikasi atau Prianti lunak.

Sehingga sedikit sekali kemungkinan disebabkan oleh faktor hardware.

Jadi untuk mengatasi google Playstore terhenti dapat mengacu dari penyebab seperti di atas. Langsung saja ,berikut upaya yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

1. Restart Hp

Jangan terburu-buru melakukan tindakan yang susah. Mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu dengan reboot smartphone kalian.

Mengembalikan semua data proses yang dapat menimbulkan gagal membuka aplikasi. Sistem akan kembali normal , dalam keadaan segar tanpa terpengaruh oleh cache proses sebelumnya.

Langkahnya cukup mudah, cukup dengan swipe notifikasi bar , kemudian klik reboot. Setelah menyala kembali, kalian bisa mencoba untuk membuka aplikasi Playstore.

2. Hapus cache Google Play Store

Cara kedua memperbaiki play store yang tidak bisa dibuka di hp Samsung, Oppo maupun merek lainya yakni melalui hapus data cache aplikasi.

Apabila me-restart ulang ponsel tidak membuahkan hasil , kalian dapat mencoba menghapus data cache yang tersimpan pada aplikasi.

 Caranya

Silahkan masuk menu perangkat, kemudian pilih setelan atau pengaturan. Berikutnya gulir dan masuk ke aplikasi manager.

Biasanya kalian akan dihadapkan ke dua pilihan klasifikasi apl yang terpasang pada perangkat.

Mengatasi Google play terhenti

Antara aplikasi sistem dan aplikasi terinstall, silahkan buka "Aplikasi terinstal" lalu scrol dan pilih "Play store".

cara mengaktifkan google play store yang telah berhenti

Berikutnya ,klik hapus data seperti gambar dibawah.

sayangnya aplikasi google telah berhenti
Kemudian tap, Hapus cache Play store kalian.
cara mengatasi layanan google play terus berhenti di hp xiaomi

Tunggu proses penghapusan, teknik di atas di simulasikan sebagai cara mengatasi layanan google play terus berhenti di hp xiaomi melalui hapus cache apl.

3. Update versi OS.

Cara yang ketiga ini justru bisa di karenakan oleh versi OS yang sudah tidak support pada aplikasi Play store. Kita tau bahwa setiap aplikasi, Operating sistem memiliki versi masing - masing, umumnya mempunyai versi requirement dari keduanya.

Tidak menutup kemungkinan akan menjadi masalah saat OS yang dibutuhkan oleh Playstore sudah tidak sesuai dan membutuhkan update.

Kalian dapat memperbarui sistem operasi melalui fitur yang disediakan atau melalui flash ulang.

4. Update Google Play Store Ke Versi Terbaru atau Down garde

Inilah salah satu alasan kenapa google play store terus berhenti. Kalian bisa mengakali melalui update saat versi Playstore yang saat ini terpasang sudah usang. Dan sebaliknya saat versi OS yang sudah tidak bisa diperbarui maka yang harus di sesuaikan justru aplikasi google play yang harus down grade.

Cara update / Downgrade google play store

Kamu bisa  hapus terlebih dahulu aplikasi yang sudah terpasang terlebih dahulu. Buka pengaturan > Aplikasi manager > cari Google play > uninstall .

Berikutnya download apk Playstore terbaru / versi lawas , lalu install seperti biasa.

Baca juga , Cara mengubah bahasa Playstore

5. Update Google Play Services

"sayangnya aplikasi google telah berhenti" notifikasi yang tidak ingin kalian lihat. Bagaimana memperbaikinya ?

Google play service merupakan alat yang mengontrol layanan produk google. Saat Playstore tidak bisa di buka , kalian bisa mencoba melirik layanan aplikasi google di hp kalian. 

Kamu bisa mencoba memperbaiki via update Apps Google play service pada ponsel kalian.

Caranya hampir sama dengan update Play store, mulai dari hapus , download apk dan pasang ke smartphone.

6. Menambahkan akun Google

Cara mengaktifkan google play store yang telah berhenti yang ke enam adalah dengan menambah akun google yang terhubung pada perangkat ponsel kalian.

Gagal terhubung email google dapat menjadi salah satu penyebabnya. Berikut langkah menghubungkan email.

  • Buka menu kemudian pilih Pengaturan.
  • Tap Account lalu Pilih Akun Google, kemudian Hapus Akun lama.
  • Setelah terhapus, klik Tambahkan akun baru.
  • Tulis username dan password Gmail .

Baca Juga, Cara membuat akun google playstore

6. Reset Ulang Android

cara mengatasi sayangnya layanan google play telah terhenti berikutnya adalah melalui hard reset hp. Langkah ini sangat di rekomendasikan untuk memperbaiki berbagai masalah piranti lunak.

Semua isi hp akan di kembalikan ke pengaturan pabrik, menghapus file,aplikasi tambahan yang bukan dari bawaan.

Kabar buruknya , berkas akan terhapus permanen sehingga pastikan kalian terlebih dahulu melakukan full backup. Selain itu pastikan mengingat akun google user name dan password menghindari terkena ERP.

Cara reset ulang , Masuk menu> pengaturan > backup and reset > kemudian pilih resep pengaturan pabrik.

Itulah cara lengkap mengatasi google Playstore terhenti ,tidak bisa dibuka. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel