. Mengatasi hp Oppo tidak bisa download Aplikasi di Play store - IME Android -->

Mengatasi hp Oppo tidak bisa download Aplikasi di Play store

Konten [Tampil]

 Playstore adalah Platform gratis yang dapat diakses memakai semua perangkat android. Disana siapaun bisa menemukan berbagai jenis tools hanya membutuhkan akses akun gmail. Tetapi terkadang masalah tetap ada, beberapa ponsel mengalami tidak bisa download Aplikasi. Bagaimana cara mengatasi Hp Oppo tidak Bisa download Aplikasi Google Play store?

Sebagai alternaif anda juga bisa download dalam bentu File Apk, Kemudian lakukan install berkas tersebut hingga petujuk pemasangan selesai. Tetapi itu belum menyelesaikan masalah, anda akan terus meneurus melakukan pengunduhan memakai file apk.

Disinilah pentingnya segera mengatasi Hp Oppo tidak bisa download aplikasi di Playstore. Namun sebaiknya anda juga harus memeriksa beberapa syarat penting Seperti:

Harus terhubung dengan internet. Pastikan Ponsel Oppo anda memiliki paket data cukup untuk mengakses Plaay store.

Cek Memori Internal Oppo, Pastikan mempunyai free space yang memadai sebagai media penyimpanan berkas intsalasi. Berikut pembahasan lengkapnya.

Baca Juga: Cara Cek Spek Hp Oppo Lengkap

Mengatasi Hp Oppo Tidak Bisa Download Aplikasi Di Play Store

Cara mengatasi hp Oppo tidak bisa download aplikasi di play store

Ada beberapa cara dan penerapan saat mengalami masalah hp oppo tidak bisa download aplikasi play store. Tentu saja dan penyebab dan penyelesaian masalahnya.

Tenang saja, dari beberapa kasus tersebut kebanyakan tidak mengacu terhadap hardware. Namun kesalahan terdapat pada pengaturan ,aplikasi atau sistem.

Inilah cara memperbaiki hp Oppo tidak bisa download aplikasi di play store.

Baca juga : Cara mengatasi kamera hp Oppo tidak bisa di buka

1. Perbarui Play Store. 

Penting sekali memperbarui Aplikasi Playstore, dimana saat anda tidak bisa download karena beberapa masalah karena bug atau peranan Google play anda sudah tidak bisa berjalan dengan baik mengakses setiap apps yang akan didowwnload.

Masuk menu > Buka Google Play Store > tap > Lebih Banyak > Setelan > kemudian tap Versi Playstore. 

Jika pembaruan sudah tersedia, Play Store akan mulai proses update otomatis, tunggu sampai selesai. 

Namun apabila anda sudah memakai Play Store versi terbaru, maka anda akan melihat pesan "Versi Google Play Store sudah yang terbaru." 

Baca Juga: Cara mengatasi Play Store Terhenti

2. Bersihkan file cache dan data menumpuk di Google Play services, Google Play Store, dan Google Services Framework.

Kesalahan dapat dipengaruhi oleh berkas file porses yang terdapat pada sistem maupun aplikasi. Apabila masalah tidak bisa download tersebut dari sana, maka anda bisa mulai melakukan pembersihan file sampah pada setiap apps.

Perlu anda ketahui dengan proses clear cache dan data aplikasi , maka Akun Google Anda mungkin keluar setelah  otomatis.

 Sebaiknya pastikan anda ingat email dan kata sandi untuk login kembali sebelum menghapus data cache ponsel Oppo kalian.

  • Caranya, Masuk menu kemudian pilih [Pengaturan] > kemudian cari dan pilih [Manajemen Aplikasi] .
  • Selanjutnya tap opsi [Tampilkan Proses Sistem] > Temukan aplikasi [Google Play services].
  • Setelah itu klik [Penggunaan Memori] > lalu pilih [Hapus Cache] > lanjutkan tap [Hapus Data]. 

Sedangkan pada proses lainnya, anda cukup Ulangi tahapannya ke apps Google Play Store dan Google Services Framework.

Sedangkan di beberapa tipe Oppo mungkin bisa masuk menu > Settings > Additional settings > All > Google Play services >  Clear Cache > Delete Data.

 Baca juga : Cara split screen Oppo semua tipe

3. Cek Sambungan Internet Oppo.

 Terkadang tidak sadar aplikasi play store gagal dimuat dan tidak dapat mengunduh aplikasi Justru dari masalah paling sederhana. 

Anda harus mencoba memastikan kembali paket internet memiliki kuota data agar bisa mengunduh Apps Play store.

Setidaknya kalian dapat mengecek kecepatan internet juga , karena tidak hanya dipengaruhi oleh kuota. Internet dapat berjalan salah satunya dipengaruhi oleh jaringan, saat sinyal lemah bisa saja menjadi kendala ketika akan memuat play store.

Ada banyak cara menguatkan sinyal , nah untuk mengembalikan jaringan normal kembali dapat melalui reboot ponsel atau menonaktifkan jaringan sementara memakai fitur mode terbang.

Setelah semuanya kembali normal , silahkan buka kembali play store dan lakukan download aplikasi di hp Oppo anda sesuai keinginan.

4. Cek Preferensi Download Aplikasi

Setelah melakukan prosedur diatas sebagai upaya mengatasi hp Oppo tidak dapat mengunduh di  google play , kamu juga harus memastikan setelan preferensi download dapat keadaan mengizinkan dalam semua jaringan.

Masuk ke dalam menu lalu pilih aplikasi Google Play Store > tap  Lebih Banyak > Setelan > Preferensi Download Aplikasi dan pilih Melalui Jaringan Apapun.

5. Mengubah setelan izin jaringan pada Google Play services, Google Play Store and Google Services Framework.

Kemudian anda juga bisa memastikan layanan google play service, play store , Google Service Framework untuk bisa download dalam mode saluran internet Wi-Fi maupun paket data.

Caranya:

Silahkan buka ponsel Oppo dan  Masuk ke Pengaturan > SIM Ganda & Jaringan Seluler >  kemudian ubah jaringan Menggunakan Jaringan Wi-Fi & Seluler >  Google Play services dan pilih Wi-Fi dan Data Seluler.

 Lalu ulangi langkah diatas pada apps Google Play Store dan Google Services Framework.

Baca juga : Cara mengaktifkan Split screen Oppo

6. Cek Penyimpanan Internal ponsel Oppo. 

Sistem mampu membaca kondisi penyimpan ponsel kalian , sehingga saat ruang simpan telah tidak mencukupi maka setiap kali download apapun akan terhenti.

Termasuk ini menjadi penyebab hp Oppo tidak bisa download play store. Setidaknya anda harus menyediakan ruang bebas untuk pengunduhan dan pemasangan apps yakni 1GB.

Silahkan periksa memori internal ponsel, lalu mulai melakukan pembersihan berkas tidak terpakai, foto, apps, apk, video dan lain sebagainya.

7. Reboot hp Oppo .

Ini adalah metode paling sederhana untuk memperbaiki sistem dari kesalahan kecil. Jika masalah tidak bisa mengunduh aplikasi di play store dikarenakan oleh masalah gangguan kecil terhadap sistem maka reboot jadi solusi terbaik.

Caranya seperti biasa, cukup tekan tombol power lalu pilih reboot. Hinga hp Oppo mulai ulang dan siap digunakan, lanjutkan kembali buka play store.

8. Reset Pengaturan Sistem ponsel Oppo

 Saya kira ini adalah opsi terakhir pemulihan ponsel saat bermasalah terhadap pengunduhan di play store. Dengan reset pengaturan pabrik maka setelan perangkat akan di kembalikan secara default.

Seharusnya semua akan kembali normal dan anda bisa mulai download aplikasi di play store.

Berikut caranya:

Pada hp Oppo dengan versi ColorOS 3.2 dan diatasnya silahkan Masuk ke menu dan pilih Pengaturan > Pengaturan Tambahan > kemudian tap Cadangkan dan Reset.

Langkah terakhir pilih Reset ke Setelan Pabrik > dan pastikan pilih [Reset Pengaturan Sistem Saja] supaya data file tidak terhapus permanen.

Baca juga: Cara cek Hp Oppo bekas secara detail

Penutup :

Itulah beberapa cara mengatasi hp Oppo tidak bisa download aplikasi di play store. Pastikan anda mencoba pemecahan masalah diatas satu persatu, maka dapat dipastikan terselesaikan. 

Saya kira untuk masalah ini sudah seharusnya teratasi tanpa harus flash ulang. Tapi, jika masih belum pulih tidak ada jalan lain kecuali perbaikan keseluruhan dengan Hard reset atau Flash ulang. Jika perangkat masih garansi, kunjungi Oppo service center.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel