. Jenis Pelindung layar Hp Lengkap Semua Merek - IME Android -->

Jenis Pelindung layar Hp Lengkap Semua Merek

Konten [Tampil]

Jenis Pelindung Layar hp - Smartphone saat ini sangat berbeda dengan model lama, terlihat sekali di bagian layar. Keluaran terbaru rata-rata telah memakai layar kaca, cenderung mudah pecah tetap tahan terhadap goresan.

Kekuatannya relatif , tergantung dari jenis proteksi dan generasi yang dipakai pada ponsel tersebut.

 Peranan layar sangat vital , jendela infomasi dan transaksi yang di tuangkan pada telepon genggam. Saat display yang tampak pada pengguna buram , terdapat banyak scratch pastinya memberikan efek tidak nyaman.

Pemakaian ponsel dalam sehari-hari tidak lepas menjadi sebuah kebutuhan masyarakat di era milenial. Kemanapun dan dimana pun, bahkan bukan tidak mungkin smartphone terjatuh menyebabkan layar tergores , retak , pecah dan lain sebagainya.

Disinilah peranan pelindung layar hp yang saat ini telah berkembang terus. Pelindung tersebut menyatu menjadi material yang tertanam sekaligus sebagai layar sentuh ,maupun berupa tempered Glass tambahan.

Berbeda pada pelindung tambahan, yang biasa disebut Tempered Glass atau screen proyektor.

Dewasa ini peranan screen protector secara langsung sudah tertanam pada display. Artinya material yang dikenakan sudah memakai bahan pilihan ,kuat benturan , goresan, bahkan hp tetap utuh meskipun terjatuh.

Sadar atau tidak pelindung layar itu biasanya tersemat pada smartphone keluaran terbaru, terlebih Flagship pastinya telah memakai jenis kaca terbaik.

Harga kaca mempunyai kekuatan tinggi secara umum menambah nilai. Sehingga tidak heran pada hp bermaterial khusus dengan screen protektor harganya terbilang tidak murah.

Pada prinsipnya pelindung layar tersebut bekerja mengurangi kemungkinan terjadi hal yang tidak diinginkan menimbulkan kerusakan fatal.

Jenis pelindung layar Smartphone.

Jenis pelindung layar Smartphone.

Ada beberapa jenis pelindung layar yang banyak dipakai pada ponsel cerdas. Biasa kita hanya mengenal produk dari Corning yakni Gorilla glass dan tingkatan versinya.

Pada ulasan kali ini disini akan di bahas beberapa perusahaan maupun nama produk kaca pelindung. Dari masing-masing mempunyai metode tersendiri untuk menciptakan layar ponsel yang kuat terhadap kerentanan gores , pecah.

Layar menjadi bagian penting sebagai interface user .Selain itu pula secara ketahanan yang paling riskan.

Hal ini menjadi salah satu konsentrasi para produsen smartphone untuk melakukan improvement perbaikan , menghasilkan produk berkualitas dan kuat.

Berbeda dengan bagian lain , seperti body belakang. Mungkin goresan hanya berdampak pada tampilan saja. Sebaliknya bagian layar, tergores membuat tampilan tidak nyaman, bahkan dapat berpengaruh pada performa saat retak. Misalanya sentuhan tidak responsif ,dan lain sebagainya.

Karakteristik hp dengan pelindung layar yang baik biasanya tidak akan membekas meskipun di gores memakai benda keras. Biasanya pada ponsel lama belum mengenakan spesifikasi pelindung kaca khusus (bawaan), sehingga harus memasang Tempered Glass tambahan.

Dalam hal ini kalian harus mengecek spesifikasi hp , apakah sudah ada pelindung layar , atau hanya pakai model standar.

Dan berikut jenis-jenis pelindung layar hp uang bisa kalian ketahui.

Baca Juga, Penyebab Layar Sentuh Hp Eror

1. Scratch-Resistant Glass

Scratch-resistant glass salah satu jenis pelindung layar hp terbilang kurang kuat. Dinilai hanya bertahan pada goresan kecil saja.

Secara kekuatan smartphone dengan spesifikasi pelindung scratch Resistant Glass terbilang masih rentan. Disarankan untuk memberikan proteksi tambahan tempered Glass agar tetap aman.

2. Oleophobic Coating

Memungkinkan tampilan ponsel tetap mulus pada hp yang sudah memakai pelindung layar Oleophobic coating.

Merupakan tipe proteksi layar yang memiliki ketahanan terhadap potensi goresan halus yang bisa menimbulkan layar buram. Layar yang sudah pakai pelindung ini layar tetap jernih dari kotoran , sidik jari.

Display ponsel mengkilap untuk perangkat yang sudah memakai Oleophobic coating. Nah lapisan terdapat pada bagian permukaan ,sehingga tidak disarankan membersihkan permukaan layar memakai bahan kimia.

Selain itu kekurangan lainya yakni bisa dibilang ini adalah proteksi layar bersifat sementara. Seiring lamanya pemakaian lapisan pelindung akan terkikis dan hilang.

Smartphone yang memakai tipe proteksi ini sebaiknya memasang Tempered Glass.

3. Sapphire Glass

Sapira Glass menjadi salah satu jajaran proteksi layar yang kuat melindungi perangkat smartphone tetap mulus. Apple pernah memakai proteksi ini untuk bagian lensa kamera iPhone nya.

Tidak hanya itu ,Sapire Glass juga pernah di pakai pada beberapa merek smartphone melindungi layar. Entah alasan apa saat ini Sapire Glass terbilang jarang di gunakan , padahal salah satu kaca pelindung kuat setelah berlian.

Baca juga, Urutan Jenis Layar Smartphone

4. Corning Concore Glass

Concore Glass

Merupakan produk dari Corning yang diberi nama concore glass. Pelindung layar yang membawa teknologi OGS (one Glass Solution ). Konsepnya menyatukan pelindung layar dengan bagian touchscreen manjadi satu dan langsung terintegrasi sama layar utama perangkat.

Hal ini menghasilkan layar tidak mempunyai banyak lapisan memungkinkan perangkat menjadi lebih ramping. Dengan adanya teknologi ini layar smartphone mempunyai kemampuan ketahanan terhadap goresan. Tampilan smartphone ramping  lebih bagus , warna lebih banyak.

Teknologi ini jarang digunakan, pasalnya ongkos produksi relatif mahal memungkinkan berpengaruh terhadap harga hp yang harus dijual lebih mahal juga.

5. Dragontrail Glass

Dragontrail Glass

Dibuat oleh perusahaan Asahi Glass dengan merek dagang Dragontail Glass. Merupakan jenis proteksi display smartphone yang terbilang kuat terhadap goresan dan benturan.

Memungkinkan layar tetap mulus tanpa goresan meskipun terkena besi, Seperi kunci ,maupun besi lain yang memungkinkan terjadi gesekan tidak sengaja.

Selain itu Dragontrail Glass juga terbilang laris dipasaran dengan di buktikan banyak vendor yang mengenakan tipe ini.  Hal itu di buktikan dengan adanya pemakaian di berbagai merek ponsel dan tipe.

Seperi Samsung M10, M20, meize , Sony Xperia Z series, Polytron serta masih banyak lagi.

Memungkinan gadget mulus dari berbagai gesekan sengaja atau tidak sengaja, benturan dan human error' lain.

Baca juga, Cara cek layar dan LCD Oppo

6. Gorilla Glass

Gorilla Glass

Gorilla glass sangat populer di berbagai merek smartphone. Kekuatannya sudah tidak diragukan lagi dan disesuaikan dengan jenis gorilla glaas yang pakai. Merek dagan dari corning ini terpasang pada merek hp yang populer seperti iphone,samsung, Oppo ,Xiaomi, Realme dan lain sebagainya.

Kalangan pengguna indonesia sangat familiar dengan Gorilla glass. Kaca yang tipis tahan terhadap benturan , goresan telah di pakai oleh iphone sejak pertama kali. Dalam hal ini corning telah merilis berbagai jenis gorilla glass, berikut:

Versi pertama.

Kaca pelindung layar pertama dari corning di sebut sebagai Gorilla glass 1 yang di rilis pada 2005 dan di gandeng oleh apple untuk iPhone pertamanya. Memiliki ketebalan 1.5mm dan dilapisi oleophonik yang dipercaya dapat menghilangkan noda dan sidik jari pada layar agar tetap bersih.

Kekuatan gorilla glass 1 mampu tahan terhadap goresan halus, memungkinkan layar tetap mulus meskipun tergesek oleh kunci maupun benda keras lain.

Versi ke 2

Versi keduanya diberi nama dengan gorilla glass 2 sebagai generasi lanjutan dari yang pertama. Jika awalnya mempunyai tebal 1.5 , pada versi keduanya corning mampu memproduksi pelindung jauh lebih tipis 20% dari yang pertama.

Di rilis pada tahun 2012 menawarkan kekuatan lebih baik dari pendahulunya,di klaim mampu menahan beban hingga 50 kg tanpa membuat retak. Tidak hanya iphone saja yang mengenakan Gorilla Glass dua , hal ini juga dimanfaatkan oleh produsen smartphone lain dengan menggandeng spesifikasi kaca pelindung dari corning.

Versi Ke 3

Kepopulerannya dalam sisi kekuatan display juga terus berkembang hingga meluncurkan generasi ketiga yang tetap eksis hingga saat ini. Banyak di pakai pada merek ponsel Flagship, mid range dari samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo maupun merek lain.

Di beri nama sebagai Gorilla Glass 3 yang memakai teknologi Native damage Resistance atau NDR  yang lebih kuat terhadap goresan 35%. Secara kekuatan jelas jenis ini lebih baik dari yang sebelumnya, biasa di pasang pada hp yang mempunyai harga 1.5 Juta keatas.

Versi Ke 4

Tidak hanya berhenti sampai versi 3 saja, Munculnya gorilla glass 4 mulai diluncurkan pada tahun 2014. Dinilai mampu melindungi layar dari potensi pecah , baret saat terjatuh dari permukaan kasar sekalipun.

Sama halnya dengan gorilla Glass 3, jenis ini juga banyak diterapkan sebagai layar anti gores dan pelindung pada berbagai merek hp. Termasuk samsung ,Asus, Iphone yang hingga saat ini masih banyak kita temukan.

Versi Ke 5

Gorilla Glass 5 merupakan versi terbaik dari sebelumnya dengan kemampuan peningkatan ketahanan yang dinilai hingga 4X lebih kuat dari versi ke empatnya. Memungkinkan perangkat tetap aman saat terjatuh, tergores benda tajam, mencegah retak hingga 80% saat terjatuh dari ketinggian 1 Meter.

Gorilla glass 5 banyak terpasang pada smartphone kelas atas, bahkan tidak jarang produk corning di gunakan tidak hanya untuk layar namun sebagai pelindung untuk bodi sekaligus.

Versi Ke 6

Berlanjut ke versi ke enam dari corning yang di beri nama dengan Gorilla glas 5. Kekuatannya diklaim 2X lipat lebih handal dibandingkan dengan versi ke limanya. Kemampuannya tidak diragukan saat di buktikan dengan pengujian tes dijatuhkan dari ketinggian 1 Meter 15 Kali.

Kalangan ponsel yang telah memakai corning gorila glass juga dari berbagai merek. Namun secara umum smartphonenya mempunyai harga relatif lebih mahal , mulai dari 3 Jutaan ke atas,

Gorilla Glass Victus

Versi ke tujuh di beri nama dengan Gorilla Victus , hal ini menjadi penutup versi angka dari 1-6, entah nanti saat ada kemunculan yang ke 8. Merupakan tipe pelindung terbaru besutan corning yang dirilis pada tahun 2020 lalu.

Secara kekuatan gorilla victus sangat baik  melebihi semua pendahulunya. Pelindung yang sangat kuat, memakai kaca Aluminosilicate telah di uji dengan menjatuhkan di permukaan kasar pada ketinggian 2 meter tetap aman.

Smartphone yang sudah memakai Gorilla Victus di bandrol rata-rata diatas 5 Juta . Seperti Samsung Galaxy Note 20 Ultra, Samsung S21 ultra, Xiaomi Mi 11 , Iphone Dan maupun dari produk lain.

Baca juga, Cara cek kerusakan layar Hp Samsung

7. Kingkong Glass

Kingkong Glass

Kingkong Glass menjadi salah satu jajaran produk pelindung layar yang mempunyai spesifikasi bahan kaca berukuran 0.3mmyang terdiri dari bahan kaca mirip dengan tempered glass. Secara fungsi hampir sama dengan tempered glas yang bekerja sebagai piranti extrernal pelindung layar.

Artinya kingkong glass dapat diterapkan kesemua model smartphone untuk memperkuat ketahanan dari pelindung bawaannya. Secara kekuatan kingkong glass tidak diragukan lagi, mampu menahan goresan dari gunting, logam , paku dan lain sebagainya. 

Kingkong glass juga terpasang secara permanen di merek ponsel tertentu, salah satunya evercross. Ketahanan evercross dalam pengujiannya tidak kalah menarik,menggunakan palu, lempar ke tembok.

Baca juga, Cara mengatasi layar sentuh tidak bergerak

8. Ceramic Shield

Ceramic Shield merupakan salah satu jenis pelindung sama sama besutan dari corning. Namun ini merupakan edisi khusus yang di produksi khusus iphone. Kerja sama antar Corning dan Apple salah satunya dengan menciptakan Ceramic Shield yang diklaim lebih kuat 4 Kali lipat dari kerusakan saat terjatuh.

Memakai material keramik kaca transparan di desain kristal nano keramik di olah dengan proses kristalisasi pada suhu tinggi. Struktur kristall yang saling mengait di pelindung tersebut membantu proteksi kerusakan atau goresan.

Hp iPhone yang sudah memakai jenis pelindung ceramic shield ini tentunya harus kalian dapatkan dengan harga relatif mahal. Seperti iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max.

Penutup'

Itulah daftar pelindung layar hp , terbilang banyak bukan? Namun saat ini terkesan hanya gorilla glass saja yang mampu menjadi primadona dan familiar terhadap pengguna smartpone.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel