. Maksud dari Layar Gorilla glass dan tingkatan versi - IME Android -->

Maksud dari Layar Gorilla glass dan tingkatan versi

Konten [Tampil]

Gorilla Glass - saat membaca spesifikasi smartphone , disana terdapat banyak penanaman yang terkadang masih asing. Umumnya informasi tersebut di buat sedetail mungkin ,baik itu hardware maupun terkait dari piranti lunak yang digunakan.

Contohnya saat membaca spesifikasi kamera lensa 8 MP ( Macro ) apa artinya lensa macro dalam lensa tersebut. 

Bagi yang belum mengetahui pastinya mengalami kebingungan. Hal tersebut juga dirasakan oleh setiap orang, termasuk pada layar gorilla Glass.

Pelindung kaca yang disematkan sebagai proteksi goresan ini banyak dipakai pada smartphone. Sepertinya hampir semua perangkat flagship membawa Gorilla Glass.

Jenisnya juga dipakai hampir semua merek perangkat, Samsung ,Vivo , Oppo , Lenovo , Xiaomi dan lain sebagainya.

Jenis kaca yang dinilai memiliki kekuatan khusus banyak digunakan pada perangkat ponsel genggam , terutama smartphone.

Pada smartphone lama yang belum memakai kaca tersebut, pastinya kalian pernah melihat kondisinya buram dengan adanya goresan halus.

Disitulah salah satu kelebihan dari kaca yang satu ini ,memungkinkan kondisi layar tetap mulus tidak mempan terhadap benda keras lain yang menyebabkan goresan.

Kaca ini diproduksi oleh Corning Inc yang sering digandeng samrtphone sebagai pelindung. Kekuatannya sudah tidak diragukan lagi, terutama gores .

Artinya sangat penting sekali membaca spesifikasi smartphone, mengetahui setiap detailnya termasuk informasi proteksi layar yang dikenakan.

Keterangan dalam setiap spek yakni berusaha mewakili isi dari sektor komponen, material , software hingga teknologi yang dikenakan oleh perangkat itu sendiri.

Proteksi Layar Corning Gorilla Glass 

Gorilla glass
img:pixabay

Saya akan membahasnya secara tuntas , sehingga kalian tidak penasaran. Dari sisi fungsi Gorilla Glass adalah bisa diartikan dengan seserahan adalah kaca yang kuat sebagai pelindung yang banyak digunakan oleh smartphone. Memiliki tingkat series dari yang terendah hingga tertinggi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa pada umunya semakin tinggi seri yang diterapkan maka kualitas nya juga semakin baik , dan berlaku sebaliknya.

Perusahaan yang menamakan dirinya Corning telah didirikan pada tahun 1960 Corning di Harrodsburg, Kentucky telah melakukan eksperimen memperkuat ketahanan produknya ( Kaca) dengan memperkuat terhadap goresan dan benturan.

Disebut sebagai projects muscle yang berjalan dalam beberapa tahun. Tidak serta Merta gagal begitu saja, akhirinya menuai hasil  mendapatkan kaca yang kuat dengan nama "Chemcor Glass".

Kaca jenis Chemcor Glass ini tidak pernah maspro , pasalnya pasar yang diharapkan tidak kunjung didapat. Tentunya hal itu circle sederhana, masal produksi terjadi karena demand pasar. Jenis ini hanya dibuat hanya 100 unit untuk Race Car Dodge Dart dan Plymouth Barracuda.

Pada mobil Race Car Dodge Darat dan Plymounth Barracuda Chemcor dipergunakan pasalnya jenis kendaraan tersebut membutuhkan beban yang ringan.

Hal tersebut menjadi teknik sekaligus salah satu kunci supaya menghasilkan kecepatan maksimal. Tidak berhenti sampai disini saja , karena kualitasnya sangat baik hingga digandeng oleh Apple.

2006 menjadi tahun pengembangan pertama model iPhone bagi Apple dari memakai layar jenis asyik keras. Tetapi hal ini bukan sebuah ujung, Steve Jobs mendapati iPhone prototipe miliknya tergores kunci ketika memasukan ke dalam saku.

Inilah momen mulai kerja sama. Steve jobs menginginkan iphone-nya lebih berkualitas, dimulai dari menghubungi CEO Corning "Wendl Weeks" dan mengatakan Apple nya butuh kaca kuat dan ringan yang akan diterapkan pada iPhone.

Week mengatakan produksinya sudah dihentikan pada tahun 1960. Steve Jobs berusaha meyakinkan supaya segera memproduksi kaca tersebut dan diperuntukan iPhone terbarunya.

Baca juga, Jenis - Jenis Layar Smartphone

iPhone dan Corning Gorilla Glass.

Weeks akhirnya setuju permintaan Steve job dan berusaha menyelesaikan dalam waktu 6 bulan untuk iPhone terbaru yang akan dirilis pihak Apple.

Juni 2007 akhirinya Corning dapat menyediakan Gorilla Glass yang diterapkan pada iPhone pertama kali. Hingga kini sudah banyak jenis kaca gorilla Glass yang telah dibuatnya ,seperti versi 2 , 3 , 5,6 , sampai gorila Glass victus  yang dipakai pada model iPhone 12 2020.

iPhone menjadi magnet dan tolok ukur kekuatan hingga berkembang berbagai vendor mengikuti jejaknya untuk menggunakan kaca ini. 2010 kaca buatan Corning diketahui sudah digunakan sekitar 20% perangkat mobile di seluruh dunia sekita 200 juta unit.

Pemakainya terus meningkat , hingga tahun 2012 telah diterapkan ke lebih dari 1Milyar di berbagai negara.

Jenis Kaca Gorilla Glass.

img:pixabay

Apa arti Gorilla Glass , Bisa disebut sebagai jenis kaca. Adalah merek dagang dari jenis kaca yang di desain khusus tahan terhadap goresan dan benturan dari bahan alkali-alumninosilikat produk dari perusahaan bernama Corning yang berlokasi di negara Amerika serikat.

Produknya berupa lembaran kaca yang telah disesuaikan , pengujian , ringan , tipis ,kuat , dan mendukung dengan teknologi layar sentuh.

Jenis Gorilla Glass banyak diterapkan pada perangkat seperti laptop, wearable , televisi , dan jenis lainya termasuk smartphone. Pada prinsipnya karakteristiknya hampir sama dengan kaca pada umumnya yang biasa kita lihat , namun gorilla Glass selain kuat dan ringan mendukung pada sensitifitas sentuhan.

Rekayasa membuatnya dari kaca yang telah dimodifikasi bahan kimia melakukan pergantian ion dari alkali-alumninosilikat. Penukaran ion tersebut lah menjadi kunci dari proses pembuatan kaca gorilla Glass dari Corning.

Treatment nya tidak hanya sampai disitu saja , kaca yang telah dibuat kemudian di rendam kedalam air garam yang mempunyai temperatur 400 °C.  Sehingga terjadi pertukaran ion kalium dari air garam dengan ion natrium yang lebih rendah.

Setelah kaca telah dingin , ion-ion lebih besar akan di tekan bersama-sama sehingga menghasilkan kompresi ion kalium menyebar ke seluruh permukaan , menciptakan tegangan besar ke kaca.

Lapisan kompresi tersebut yang membuat kaca lebih kuat dan tahan gores akibat benturan maupun gesekan.

Versi tingkatan proteksi Gorilla Glass

Mengenal versi Gorilla Glass mulai dari terendah hingga tertinggi. Sering membaca spesifikasi smartphone yang menyertakan penyebutan proteksi layar.

Memiliki beberapa jenis versi yang sudah dirilis oleh Corning. Setiap tingkatnya mempunyai kepasitas kemampuan berbeda. Pada prinsipnya semakin keluaran terbaru atau tertinggi memungkinkan mempunyai kualitas lebih baik dari yang sebelumnya.

Mulai dari generasi pertama hingga yang saat ini terbaru dari versi Gorilla Glass , iPhone menjadi salah satu perangkat yang memakainya.

Generasi pertamanya yang digunakan mulai 2006 silam. Berikut beberapa versi Gorilla Glass dari Corning.

Gorilla Glass Pertama

Gorilla Glass Pertama
img:pixabay

Penamaan pada jenis yang pertama memakai angka "1" yang telah di produksi dan dirilis pada sekitar tahun 2005-2006 yang menjadi anak tangga kesuksesannya dalam menyediakan layar perangkat yang kuat.

Ketenarannya mulai bersinar saat telah digandeng iPhone pertama yang diluncurkan di tahun 2007. Kaca ini mulai diperhitungkan dan dikenal dunia dipercaya mempunyai kualitas dan ketahanan yang baik.

Corning mempunyai tebal 1.5mm yang diterapkan iPhone dilapisi oleophobic yang berperan meminimalisir sidik jari dan noda pada layar memungkinkan terlihat kotor.

Bersamaan dengan itu, iPhone bukan pengguna produk Gorilla glass satu-satunya , Dari pernyataan Corning  menyebutkan bahwa ada 250 perangkat lain telah menerapkan pemakaian Gorilla Glass 1.

Secara umum kualitas Gorilla Glass 1 sangat baik kala itu dibandingkan layar sentuh memakai plastik. Ponsel diproteksi layar dari Corning tidak mengalami secretch halus seperti pada umumnya smartphone low end kala itu.

Lebih tepatnya banyak di pasangkan pada smartphone yang mempunyai harga relatif lebih mahal.

Versi Gorilla Glass 2

Versi Gorilla Glass 2

Versi keduanya mulai dirilis pada tahun 2012 bersamaan dengan ajang CES 2012. Pada prinsipnya menyuguhkan kaca pelindung yang kuat dari gesekan dan goresan. Namun pada versi kedua menghadirkan ukuran yang lebih tipis dan tidak mengkesampingkan kualitas utama.

Versi Corning Gorilla Glass kedua diproduksi,lebih bening /transparan serta extra tipis 20% dari Gorilla Glass 1. Sehingga penerapan pada smartphone dapat memiliki perangkat yang ramping ,ringan dan tipis. Gorilla Glass 2 dipasang pada iPhone , Nexus 4 , galaxy S3 dan lain sebagainya.

Didamping itu kemampuannya meningkat jadi lebih sensitif mengingat keperluan penerapan pada hp layar sentuh.

Hasil pengujian nya kaca ini diklaim mampu menahan beban tekanan hingga 50kg tetap aman , tidak pecah maupun retak.

Versi Gorilla Glass 3

Versi Gorilla Glass 3

Versi Gorilla Glass 3 menjadi lebih kuat, memungkinkan dapat menahan goresan lebih dalam. Diperkenalkan Native Damage Resistance (NDR). Hal itu menekan terjadi resiko kerusakan fatal terhadap display yang di sebabkan oleh human eror , terjatuh maupun tindakan yang berpotensi kerusakan pada perangkat.

Diklaim mempunyai kekuatan hingga 35% goresan tehadap layar. Memberikan perlindungan display tetap mulus meskipun sudah mempunyai masa pakai cukup lama.

Pada ajang CES (Consumer Electronika Show) 2013 , Voting Gorilla Glass 3 mulai di perkenalkan. Sebagai generasi lanjutan versi kedua dengan banyak perubahan dari versi sebelumnya.

Versi ketiga tidak menyinggung aspek ketebalan. Konsentrasi terhadap peningkatan potensi gores lebih rendah, kekuatan lebih tinggi 3x lipat dari generasi pendahulu.

Corning melakukan proses manufaktur baru yang telah dikembangkan untuk memuat produksi kaca pelindung terbaik. Beberapa model smartphone yang sudah mengenakan ini cukup banyak , dari Samsung ,iPhone, Oppo ,maupun brand lain.

Versi Gorilla Glass 4

Versi Gorilla Glass 4

Corning memperkenalkan versi lanjutnya Di tahun 2014 dengan hadirnya Gorilla Glass 4 yang lebih kuat 2 kali lipat dari versi ketiganya.

Mereka menetapkan fokus ketahanan perangkat saat jatuh agar tidak rusak. Corning memaparkan hasil uji lab versi Gorilla Glass 4 menambah kekuatan 2 kali lipat dari jenis sebelumnya. Pentuturannya versi ke empat many bertahan jatuh di ketinggian 0.8m ke permukaan kasar dan keras. Tipe Gorilla Glass 4 bisa kalian temukan di smartphone berbagai merek.

Baca Juga , Perbedaan layar AMOLED Dan IPS LCD

Gorilla Glass 5

Gorilla Glass 5

Tingkatan gorila Glass 5 secara umum mempunyai kekuatan yang lebih baik dari para pendahulu. Mulai di publikasikan 2016 sebagai generasi kelima.

Pada versi ini Corning menghadirkan produk yang lebih kuat. Fokus terhadap memproduksi kaca yang kuat terjatuh dari ketinggian . Dinyatakan pihaknya bahwa gorilla Glass 5 mengadopsi kekuatan hingga 4x lipat dari versi sebelumnya.

Penjelasan Corning terkait hasil uji lab mempertontonkan kaca tersebut mampu bertahan di jatuhkan dalam dalam ketinggian 1.6m. Dapat mencegah keretakan sampai 80% saat ketinggian 1m Diatas permukaan kasar.

Memungkinan memberikan perlindungan dari kerusakan terhadap berbagai perangkat smartphone.

Versi Gorilla Glass 6.

Versi Gorilla Glass 6.

versi kaca pelindung ke 6 ini diklaim dua kali lebih kuat dari kaca generasi ke 5. Banyak dipasang pada berbagai model dan merek smartphone. Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme dan hingga iPhone.

Pada tahun 2018 bulan Juli lalu. Pihak Corning meningkatkan kualitas produknya melalui metode baru untuk memperkuat kaca buatan mereka.

Tidak diragukan lagi,  anti gores sekaligus pelindung hp ini dapat di jatuhkan 15 kali berturut dari ketinggian 1meter ke atas permukaan kasar sebelum akhirnya benar-benar retak.

Saat membaca spesifikasi smartphone telah mengenakan versi ke 6 , pastinya lebih baik secara kualitas dibandingkan para pendahulu.

Gorilla Glass Victus

Gorilla Glass Victus

2020 menjadi tahun peluncuruan versi Gorilla Glass terbaru dengan menamakan Victus. Berbeda dalam sektor penamaan yang sebelumnya memakai angka 1,2,3,4,5,6. Bulan Juli  telah mengakhiri tradisi versinya memakai angka, entah apa alasannya.

 Bukan menetapkan versi Gorilla Glass 7,  namun Gorilla Victus adalah yang terbaru setelah ke 6 dari sisi penamaan. Victus fokus terhadap ketahanan terhadap goresan dan benturan saat terjatuh.

 Pengujian lap yang telah diperlihatkan mampu terjatuh dari ketinggian 2 meter diatas permukaan keras dan kasar. Kekuatannya di ciptakan dua kali lebih kuat di terhadap versi 6.

Corning Gorilla Victus mempunyai ketahanan dan kualitas lebih baik dibandingkan buatan para pesaingnya yang sama-sama memakai Auminosilikat.

Mereka mengatakan kaca tahan gores produk kompetitor akan rusak pecah bila terjatuh pada ketinggian kurang dari 0.8m.

Corning bukan satu satunya yang memproduksi kaca pelapis anti gores untuk gadget. Terdapat produk serupa seperti Dragontrail glass dari Jepang, Asahi , sapphire screen dari GT Advanced.

Gorilla Glass terbilang familiar pada pengguna smartphone Indonesia , tetap dalam urusan ketahanan juga banyak di sebut-sebut sapphire punya ketahanan lebih baik.

Itulah berbagai tinggalkan Gorilla Glass mulai dari pertama hingga versi terbaru saat ini.

Baca juga,Cara mengaktifkan layar ketuk 2 Kali

F.A.Q.

Apa fungsi Gorilla Glass?

Gorilla Glas merupakan kaca berkekuatan tinggi sebagai pelindung layar dari goresan maupun benturan yang telah disesuaikan kekuatannya berdasarkan sepsifikasi setiap tingkatan versi diatas, Sehingga semakin tinggi (Keluaran terbaru) Memungkinkan lebih kuat dari yang sebelumnya. Kaca Gorilla Glass diprodukis oleh corning, biasa di pakai oleh perangkat protable seperti laptop, Tablet, Smartphone.

Apakah Gorilla Glass perlu anti gores?

Gorilla Glass dan tempered glass itu berbeda, secara umum smartphone yang telah dibekali dengan kaca pelindung dari corning ini sudah tahan terhadap goresan yang memungkinkan membuat layar tambak buram. Sama halnya prinisp dari Anti Gores Tempered glass yang di pasang external , Sebagai pelindung layar dari benturan, tergores memungkinkan layar utama aman. Sehingga saat ponsel sudah berspesifikasi gorilla glass sebenarnya tidak perlu anti gores tambahan. Namun hal tersebut dikembalikan minat pemilik smartphone.

Apakah Gorilla Glass bisa diganti?

Gorilla glass yang terpasang pada smartphone terpasang default menjadi spesifikasi yang telah ditetapkan oleh vendor sekaligus menjadi touchsceen. Sehingga bukan dari bagian aksesoris tambahan dan tidak bisa dipasang / ganti upgrade ke versi gorilla glass lebih tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel