. Perbedaan layar Amoled vs IPS Lcd Perlu anda Tahu sebelum Beli HP - IME Android -->

Perbedaan layar Amoled vs IPS Lcd Perlu anda Tahu sebelum Beli HP

Konten [Tampil]

Layar Hp AMOLED vs IPS Lcd - Banyak jenis layar pada hp android yang di gunakan, mungkin bagi kita yang awam secara umum disebut sebagai LCD. Namun Jika pahami lebih jauh sebenarnya LCD yakni salah satu jenis layar Hp.

Jika ada pertanyaan layar Ips Lcd dan Amoled bagus mana?

Dari keduanya sama sama bagus dan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun jika dihadapkan dengan dua pilihan tipe layar tersebut secara keseluruhan AMOLED lebih unggul.

Pada artikel kali ini saya akan sedikit membahas beberapa perbedaan layar amoled vs ips Lcd .

Disini anda dapat melihat beberapa perbedaan berdasarkan teknologi yang digunakan serta kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Saat ini sudah banyak hp yang telah menggunakan layar AMOLED dengan harga murah, seperti dari samsung, yakni hp di bandrol relatif murah namun sudah menggunakan layar super amoled.

Samsung M20, hp layar super amoled ini menjadi buruan para penggemar smartphone dan memiliki banyak kelebiha, salah satunya kapasitas baterai hingga 5000mAh.

Tidak hanya samsung, mungkin nanti akan banyak vendor lain yang menggunakan jenis ini, tentu siap siap dengan harga mahal.

Jika harga layar LCD relatif di bandrol dengan harga murah namun bukan berarti tidak mempunyai kelebihan, untuk itu mari kita simak perbedaan dari keduanya dari sisi kualitas.

Layar Amoled vs ips Lcd .

Kekurangan dan kelebihan Layar AMOLED dan IPS LCD


Kekurangan dan Kelebihan Layar AMOLED 

Baca juga : Merekam layar hp Tanpa Aplikasi pada Vivo Y53 [Screen Record]

# Kelebihan Amoled


Cukup banyak Kelebihan dari Jenis layar ini , dengan teknologi yang lebih tinggi dari IPS LCD dinyatakan lebih hemat baterai.

Konsumsi daya yang sedikit ini tidak mengurangi kualitas rasio kontras yang lebih baik bahkan AMOLED justru lebih baik.

Selain kemampuan Kontras yang hampir 10 Kali lipat display type ini dapat melakukan update warna piksel independent, ini berbanding terbalik dengan IPS yang meng update semua piksel setiap terdapat perubahan warna.

Tipe layar ini dibekali FPS serta kemampuan respon time yang cepat yang dipengaruhi oleh setiap piksel adalah RGB LED independent.

Layar ini bekerja untuk menampilkan warna hitam akan mengnonaktifkan piksel tersebut, sehingga jika kita lihat Hp Layar Amoled ketika menampilkan warna hitam benar benar seperti Hp mati yang kemampuan ini hanya dimiliki AMOLED.

Sebaliknya dalam menampilkan warna putih, Jika pada jenis IPS relatif ke biru-biruan maka tidak pada amoled yang mampu mempresentasikan dengan sempurna.

#Kekurangan Amoled

Salah satu kekurangan yakni pada tipe ini Rawan terjadi screen burn in lcd (Penyebutan umum).

Apa itu screen burn in,? Suatu kejadian jika kita menggunakan aplikasi dalam waktu lama maka icon tersebut tertinggal di layar.

Burn in Amoled ini bisa terjadi, inilah kekurangan yang pertama.

Kekurangan kedua yakni harga relatif lebih mahal dibandingkan tipe IPS, nah untuk itu untuk hp berlayar tipe amoled biasanya lebih mahal.

Baterai boros jika menggunakan wallpaper dengan didominasi warna putih, untuk itu tips hemat baterai sebaiknya gunakan tema bernuansa gelap.

Layar AMOLED adalah teknologi yang lebih baru dari jenis layar Ips Lcd.Kepanjangan Active Matrix Organic Light-Emitting Diode teknologi layar yang m3nggunakan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui film yang sangat tipis.

Kecerahan dipengaruhi oleh kuatnya elektron yang mengalir, dan sedangkan warna diatur oleh emitting dioda merah, hijau, serta biru yang tertanam di layar.
Baca juga : Cara merekam layar Android dengan Mudah pada Hp android

Kekurangan dan kelebihan IPS LCD. 

Layar jenis ini cukup familiar digunakan untuk kebanyakan hp dari berbagai merek, xiaomi, oppo, samsung, lenovo dan lainya.
Bukan hanya hp saja bahkan sudah digunakan pada tv, monitor komputer, tablet dan lainya.

LCD kepanjangan dari Liquid Crystal display yang artinya layar jenis ini menggunakan teknologi kristal cair
Yakni terdiri dari susunan kristal cair yang disinari melalui backlight yang menjadi pengarangnya.

Cahaya yang lewat ke liquid crystall selanjutnya terpolarisasi kemudian dikontrol oleh filter vertikal dan horizontal yang berada di sisi kristal kemudian beberapa warna akan diteruskan lalu warna lain di saring.

IPS LCD adalah jenis yang paling banyak digunakan, dan berikan beberapa kelebihan dan kekurangan.

# Kelebihan IPS LCD

Harga layar lcd relatif lebih murah karena biaya produksinya juga lebih murah dibandingkan AMOLED.
Mempunya warna gamut yang lebih baik sehingga mampu menghasilkan warna alami.
Kelebihan kedua yakni jenis layar ini tidak mengalami permasalahan terhadap burn-in yang jauh lebih awet dalam penggunaan yang lama.
Selain itu kelebihan lainnya yakni gambar yang dihasilkan lebih tajam dan detail.

#Kekurangan Ips LCD

Rasio kontras yang tidak sebaik amoled, yang jika warna hitam tidak sepenuhnya hitam dan jika putihpun sedikit kebiruan.

Memiliki respon time dan Refresh rate yang lebih rendah.
Penggunaan daya yang lebih boros, dibandingkan amoled.

Mana yang lebih baik antara keduanya?

Dari jenis keduanya memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing.

Dari urutan jenis layar hp terbaik mungkin amoled dinilai sebagai layar hp yang memiliki kelebihan dan lebih unggul dari Ips. Layar amoled vs ips jika mengacu terhadap penampilan gambar / visualisasi banyak yang mengatakan bahwa amoled lebih unggul.
Baca Juga : Aplikasi Merekam Layar tanpa Watermark

Penutup
Demikian perbedaan jenis layar Amoled vs Ips LCD, nah untuk penilaian dari keduanya mana yang lebih baik saya kira akan lebih bijak jika di kembalikan pada anda sebagai pengguna.
Sekian, terimakasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel