. 6+ Cara mengatasi tombol Home,back,power,volume Hp Oppo Tidak berfungsi. - IME Android -->

6+ Cara mengatasi tombol Home,back,power,volume Hp Oppo Tidak berfungsi.

Konten [Tampil]

 Mengatasi Tombol OPPO Tidak Berfungsi - Ketika mengalami masalah ini ,banyak kemungkinan yang terjadi dan tidak bisa langsung begitu saja menunjuk kepada satu objek masalah.

Sama dengan kemungkinan lainya, yakni bisa di pengaruhi oleh faktor hardware dan software.

Tombol home pada hp Oppo tidak bisa berfungsi merupakan masalah yang cukup menyebalkan pastinya.

Tidak hanya itu, peranannya sama pentingnya tombol power, back ,volume. Bagaimana cara mengatasi tombol tersebut pada saat rusak .. ?

Tombol home oppo tidak berfungsi

Cara mengatasi Tombol Hp Oppo Tidak berfungsi.

Ada berbagai kemungkinan yang menyebabkan tombol home macet dan tidak bisa di gunakan.

Hal ini di karenakan oleh faktor tidak normal, entah dari komponen perangkat yang telah rusak atau piranti lunak yang mengalami masalah.

Hal tersebut bukan hanya terjadi di smartphone Oppo saja, bahkan pada perangkat lain seperti Xiaomi, Vivo dan lain sebagainya.

Biasanya pada saat tombol home macet , fitur lain juga mengalami hal yang sama. Umumnya bersamaan dengan recent proses dan tombol back.

Hal ini akan cukup merepotkan , karena fitur kembali maupun tombol menuju halaman utama Oppo anda tidak berfungsi.

Tetapi bukan berarti ponsel tidak bisa di gunakan sama sekali, karena masih ada alternatif lain yang dapat di gunakan sebagai mengatasi tombol back dan kembali tidak berfungsi.

Baca Juga: Fitur tersembunyi di hp Xiaomi Redmi 5A

1. Memakai Aplikasi Bantuan.

Ini merupakan bukan tentang memperbaiki masalah utama dari tombol yang macet. Namun sebagai alternatif, pengganti tombol home dan kembali yang sedang bermasalah.

Setidaknya dengan menggunakan aplikasi , pengguna bisa tetap memiliki fungsi back dan home yang bersifat virtual ( Aplikasi).

Fungsinya sama saja, aplikasi tersebut akan mampu menggantikan fitur utama.

Kemampuannya sudah tidak diragukan, mampu menjadi solusi pada saat sedang urgent. 

1.1. Aplikasi Assistive Touch.

Mengatasi tombol home macet

Aplikasi ini dapat di pasang pada semua perangkat Android tanpa harus melakukan root terlebih dulu.

Bekerja cukup efektif mengatasi tombol home , back macet ,bukan hanya di ponsel Oppo melakukan bisa di install di berbagai merek. Xiaomi, Lenovo,Vivo dan lain sebagainya.

Melalui tools ini penguna dapat mengatur tombol yang di inginkan. Tampilan nya juga keren, setalah selesai terinstall akan ada bola melayang (Quiq ball) seperti iPhone.

Baca juga, Cara mengaktifkan Quiq ball hp Xiaomi.

Fitur Assistive Touch for Android dan fungsi yang bisa di gunakan:

Mengaktifkan virtual tombol home , sangat cocok untuk Oppo ketika macet.

Virtual tombol volume, tidak hanya fitur back dan beranda saja. Ketika tombol volume mengalami masalah aplikasi ini juga bisa membantunya.

Bersihkan ram, mampu menjadi alat bantu untuk membersihkan ram hanya dalam sekali sentuh.

Mengatur fungsi sesuai kebutuhan Seperi, Screenshot yang bisa bekerja di ponsel dengan OS 5.0 keatas.

Pengganti tombol power, memungkinkan dapat matikan hp Oppo tanpa pencet tombol sangat membantu pada saat swicth power rusak.

Aktifkan short cut tombol kembali yang bisa di pasang pada android versi 4.1.2 keatas. Atau fitur lain yang bisa di setel yakni WiFi,bluetooth ,GPS,senter, mode pesawat dan lain sebagainya.

Baca juga: Aplikasi pelindung Hp Terbaik

2.2. Menggunakan Aplikasi easy touch.

Tools ini juga berperan mampu menjadi solusi ketika tombol pada ponsel Oppo error'.

Mampu menggantikan fungsi tombol home, back dan bisa di download secara gratis melalui Google play.

Easy Touch merupakan aplikasi alternatif dari berbagai jenis lainya yang terbilang populer. Memiliki rating dan respon yang bagus dari penggunanya.

Sama halnya aplikasi di atas, sebagai pengganti aksesibilitas untuk berbagai keperluan hp yang sedang mengalami tombol rusak. Sepeti Kembali, home,recent apps dan lainnya.

Cara pemakaiannya cukup mudah , tinggal download dan install lalu buka pengaturan ponsel >aksesibilitas > layanan > aktifkan Assistive Touch.


2.3 Menggunakan Aplikasi Assistive Navigation Bar.

Pilihan aplikasi yang ketiga yakni sebagai pengganti navigasi kembali , home dan lainya .

Sangat cocok di pakai ketika dalam keadaan darurat ,hp Oppo rusak namun belum sempat memperbaiki.

Sama halnya dengan tools lainya, pemasangannya tidak membutuhkan akses root. Cukup dengan unduh dan install melalui google play kemudian ponsel sudah bisa digunakan secara normal.

Sebenarnya masih banyak sekali alternatif tools lain, namun saya hanya menampilkan tiga dari yang terbaik sebagai pilihan anda.

 Baca Juga: Cara mengaktifkan Ketuk layar dua kali untuk menghidupkan Hp

2. Hapus Aplikasi Baru di install.

Jika tombol pada ponsel Oppo anda mengalami masalah , tidak berfungsi ada kemungkinan di karenakan aplikasi yang rusak sehingga mengganggu sistem.

Sepeti mengandung virus, Malware atau hal lain yang menyebabkan fungsi tombol menjadi macet.

Hal seperti ini cukup sering saya alami pada komputer, pada saat kena virus keyboard tiba tiba stuck.

Nah dari sini kamu bisa ingat-ingat, aplikasi apa yang terakhir di install. Silahkan hapus terlebih dulu untuk memastikan sebagai upaya memperbaiki tombol smartphone Oppo anda.

Jika tidak berhasil bisa ke tahap selanjutnya .

Baca Juga: Cara mengecek Full spesifikasi Oppo

3. Restart hp Oppo.

Tidak serta Merta mengacu terhadap kerusakan software atau hardware. Jika kita teliti memang keduanya tidak bisa terlepas begitu saja terkait dengan berbagai faktor yang menyebabkan macet.

Diantaranya layar sentuh yang sudah tidak bisa berfungsi, sehingga apapun yang ada pencet tidak menghasilkan perintah apapun.

Atau hal lain yang di sebabkan karena terjatuh sehingga ponsel bermasalah.

Nah , dari berbagai contoh di atas kamu bisa analisa smartphone Oppo yang kamu miliki. Jika tidak memiliki riwayat jatuh ,atau hal lain yang memicu error' maka bisa di sederhanakan saja masalahnya.

Tidak perlu khawatir dengan apapun, coba dengan langkah sederhana melalui restart. Sistem akan kembali segar dan memulihkan berbagai aktifitas smartphone.

4. Factory Reset

Factory reset adalah proses mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik . Semua aplikasi maupun file yang tidak dalam standard pabrik akan di hapus secara permanen.

Artinya, menggunakan teknik ini mampu menjadi solusi mengatasi tombol home, back atau segala urusan kerusakan sistem menjadi normal kembali tanpa flash.

Pada dasarnya sistem hp Oppo yang memiliki masalah ,baik kena virus ,salah pengaturan ,atau teknis lain akan menjadi normal.

Untuk langkahnya dapat mengikuti panduan , cara mereset hp Oppo.

5. Flash ulang hp Oppo.

Sama halnya dengan mereset ke pengaturan pabrik hp Oppo. Flash ulang juga menjadi bagian solusi berbagai masalah ponsel yang berkaitan sama kerusakan software.

Ponsel akan di flash menggunakan file Rom yang sesuai dengan tipe.

Prosesnya yakni mengganti Rom, menghapus semua file dan aplikasi yang bukan standar pabrikan.

Flash hp Oppo menjadi cara ampuh mengatasi bootloop, error' ,cepat panas, kena virus dan kerusakan tombol (Software).

Tetapi teknik ini akan gagal atau tidak akan efektif ketika ponsel rusak pada sisi hardware nya. Contohnya IC yang menyebabkan touch tidak merespon.

6. Service.

Pilihan ke enam yakni membawa smartphone ke service center Oppo terdekat. Atau ke konter yang bisa menangani perbaikan hardware.

Seharusnya jika semua langkah diatas telah berhasil di lakukan, maka semuanya akan berfungsi normal kecuali ada kerusakan komponen.

Mengapa harus di bawa ke service center, ? Hal ini mnejadi upaya jika ada kemungkinan kerusakan pada komponen.

Logika nya sih flashing akan memulihkan semua nya. Jadi jika masih belum berhasil ya harus di bawa ke konter atau perbaikan resmi Oppo.

Di sana dapat di uji semua komponennya ,dan di analisa bagian mana yang sudah tidak berfungsi menyebabkan tombol hp Oppo macet.

Sekian pembahasan kali ini tentang cara mengatasi tombol di hp Oppo tidak berfungsi atau rusak. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel