. 11 Cara terbaik menghemat baterai hp Samsung Jadi super Awet - IME Android -->

11 Cara terbaik menghemat baterai hp Samsung Jadi super Awet

Konten [Tampil]
Cara menghemat baterai samsung - Pentingnya daya dalam sebuah smartphone merupakan hal vital . Kelangsungan nya untuk tetap bisa di gunakan yakni tergantung dari baterai.

Dan salah satu bentuk keseriusan nya adalah dengan hadirnya Samsung galaxy yang mengusung baterai kapasitas besar.  Sebut saja seperti Samsung A50 ,menjadi produk anyar yang memiliki kapasitas baterai cukup banyak.

.. produsen tau tentang pentingnya daya. Namun sangat di sayangkan jika penggunanya boros . Sebesar apapun ,maka tetap saja kehabisan dan drop.
Disinilah pentingnya melakukan strategi supaya konsumsi daya ponsel lebih hemat.

Ada beberapa tips menghemat baterai samsung. Dan postingan kali ini kami ingin berbagi tentang yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai Samsung.

Cara menghemat baterai Hp Samsung.


Mengatur agar konsumsi daya pada peangkat samsung menjadi lebih irit dapat dilakukan oleh penggunanya . Terutama pada saat darurat dan tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian.

Bayak faktor yang menyebakan konsumsi nya meningkat,sehingga menjadikan baterai cepat hais meskipun kapasitasnya relatif besar. Dan kabar baiknya untuk beberapa perangkat samsung terbaru sudah di bekali dengan fitur penghemat. Cara mengaktifkan mode hemat daya samsung sangat mudah kok,saya akan bahas lengkap.

Dan tidak perlu khawatir untuk pengguna perangkat lama seperti samsung J1 Ace,Samsung J2 tentu ada cara lainya yang memungkinkan baterainya menjadi lebih irit.

Mari kita simak langkah dan panduannya untuk menekan konsumsi daya pada smartphone.
Baca juga , Jenis dan tipe Baterai yang di gunakan Smartphone

Cara Agar konsumi daya Hp samsung Menjadi Hemat Tanpa aplikasi

Dan pada trik yang pertama yakni perlakuan menyiasati supaya konsumsi daya pada perangkat menjadi lebih irit. 

Pada prinsipnya sama , Setiap merek hp baik lenovo,samsung,oppo dan lain sebagainya sudah memiliki spesifikasi dan kapasitas baterai sesuai dengan ketentuan nya masing-masing.

Dalam satuan kapasitas mAh,

Terlepas baterai nya sudah rusak,maka potensi cepat habis yakni bergantung pada kondisi masing masing ponsel.

Ketentuan kapasitasnya memiliki masa aktif yang telah di ukur oleh produsen, contohnya  samsung Galaxy A20. Dengan dua ponsel dalam satu tipe yang di miliki oleh dua orang yang berbeda maka hal masa pakai baterainya juga berbeda.

Banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari Aplikasi terinstall, cara penggunaan nya, atau settingan lain yang menimbulkan menjadi boros. 

Semuanya di kembalikan kepada perilaku dan penggunaan user, dalam hal ini spek baterai sudah disandarkan.

Dan apa saja yang dapat di lakukan untuk mengirit nya dan menekan pemakaian daya yang boros di hp samsung?  Berikut faktor penting dapat anda lakukan .
Cara agar baterai hp Samsung jadi irit

1. Kontras layar.

Selain dapat memicu ponsel menjadi cepat panas ,lampu dan kecerahan layar juga perlu menjadi poin turut menyumbang menghabiskan daya.

Untuk itu ,jika menginginkan baterainya lebih awet anda bisa mengaturnya di bawah 50%

Rekomendasi bisa di angka kontras layar sekitar 20% Saja. Apalagi untuk perangkat yang sudah menggunakan layar AMOLED tentunya akan tetap nyaman meskipun dalam pengaturan Brigthness yang rendah.

Penggunaan malam hari, ? Se-minimal mungkin,selain itu hal tersebut juga menjadikan lebih ramah terhadap mata. Sinar yang memantul akan lebih aman tehadap pandangan, menjadikan mata tidak cepat lelah.

2. Mengaktifkan Power Mode.

Salah satu kelebihan OS android yakni selain Sistem Operasi yang Open Source dan Dukungan aplikasi gratis, juga dilengkapi dengan banyak fitur menarik serta bermanfaat untuk penggunanya.

Salah satunya Power mode, . Yakni fitur penghemat daya agar konsumsinya lebih stabil dan terkontrol yang sudah di kendalikan oleh sistem.

Penggunanya memungkinkan mengatur pemakaian baterai sesuai dengan yang di perlukan, tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Mengolahnya mudah, cukup dengan menentukan mode power yang telah disediakan sesuai pilihan. Maka hal tersebut pekerjaannya di lakukan oleh sistem.

Pilihan mode nya Seperti, Maximum Power Saving, High Performance, Optimized, Medium Power Saving.

Settingan dari ke empat mode tersebut sudah di bekali ke hampir semua handphone samsung.

Terutama varian terbarunya, Namun seperti yang telah saya sampaikan,bahwa hal ini tidak bisa secara otomatis melainkan harus di aktifkan terlebih dulu.

Cara mengaktifkan mode hemat daya samsung tersebut,pertama masuk "Menu,Settings "dan pilih "Device core".

Selanjutnya pilih "Baterai",di sana kita bisa temukan pilihan mode penggunaan daya supaya irit. Tetapi pada hp samsung yang menggunakan OneUI 1.0 dapat menemukanya melalui Menu "Settings >> Device Manitenace".

Cara mengaktifkan nya cukup mudah,dari ke empat mode hemat di atas memiliki karakteristik pengaturan daya yang berbeda beda. Agar lebih optimal bisa memilih Maximum Power Saving,artinya tingkat maksimal menghemat konsumsi daya.

Atau bisa memilih "Medium Power Saving" , ini merupakan pilihan sederhana yang bisa membantu penggunanya dalam menekan baterai lewat pengaturan otomatis, kecerahan layar,resolusi dan lainya.

Selain itu kelemahannya dengan mode max,bukan hanya mengurangi kecerahan dan resolusi saja. Dalam hal ini kecepatan prosesor juga di kurangi,serta fitur always on akan di matikan. 

Bukan hanya itu saja,demi menyelamatkan dan penggunaan yang awet harus merelakan beberapa fitur menarik seperti membatasi jumlah aplikasi yang berjalan,sensor sidik jari dan lainnya.

3. Nonaktifkan Sinkronasi.

Terkadang tidak di sadari oleh pengguna nya ,pada setiap ponsel di bekali dengan fitur Sinkronisasi akun. Berbagai fitur yang dapat secara otomatis terhubung dan tersinkronasi pada saat terhubung dengan internet.

Sayangnya hal tersebut memakan cukup besar daya yang tersimpan di baterai. Dan .. untuk menekan supaya irit  yakni salah satunya menonaktifkan sikronasi otomatis .

4. Tidak mengaktifkan GPS secara terus menerus.

Dan yang ke empat yakni mengulas terkait fitur koordinat lokasi atau GPS. Layanan ini juga menjadi salah satu aplikasi yang secara real-time melacak koordinat penggunanya melalui internet .

Proses PING perangkat ke server membutuhkan daya relatif besar. Untuk itu cara agar baterai hp Samsung irit salah satunya dengan mematikan fitur tersebut pada saat tidak di gunakan.

Selain itu aplikasi ini juga memicu perangkat menjadi cepat panas,..
Jadi pengalaman penggunaan GPS dalam jangka waktu yang lama adalah pengalaman saya ketika menjadi driver ojek online.

Disitu sangat terasa bahwa baterai menjadi cepat habis dan sering melakukan charging.

5. Penggunaan adapter Charger.

Terkesan sepele dan tidak berpengaruh apa apa terhadap resiko baterai cepat habis dan drop .

Adaptor charger ini sangat penting pengaruhnya terhadap kualitas daya yang tersimpan didalam baterai . Arus yang tersuplai ke baterai dengan tipe charger original sudah teruji ,selain aman untuk juga menghasilkan daya yang bagus .

Dan penggunaan charger palsu ini cukup buruk terhadap kualitas daya dan mengancam potensi baterai cepat rusak .
Untuk itu tipsnya ,pastikan menggunakan tipe cas and asli sesuai merek dan tipe yang anda miliki.

6. Manage Aplikasi terinstall.

Jangan heran jika aplikasi juga turut menyumbang kelangsungan daya.  Ini sepele saja,setiap apps kini sudah dapat dipastikan terhubung dengan internet .

Terlebih pada apps online seperti sosial media,game ,dll. Tentu akan membuat kinerja hp menjadi lebih extra dan menguras daya . 

Meskipun Secara visual tidak terlihat kerjanya,tetapi perlu anda ketahui bahwa semakin banyak apk terinstall maka beban chipset hp anda menjadi besar.

Dan tips cara menghemat baterai Samsung yang dapat di terapkan paling mudah adalah melalui mengurangi penggunaan apl.

Selain itu perangkat akan lebih ringan ,silahkan install program yang tidak di gunakan.

8. Update fitur dan software.

Jangan abaikan begitu saja notifikasi update ,lakukan secara rutin pembaharuan software yang ada di perangkat Anda .

Hal ini bukan semata karena agar lebih kece saja,melainkan sisi update salah satunya adalah memperbaiki bugs yang bisa menyebabkan baterai boros.

Error' program menjadikan sistem bekerja sangat keras,efek buruk lainya yakni ponsel menjadi cepat panas dan masih banyak lagi masalah lainya .

9. Mengaktifkan Dark Mode.

Selain jadi salah satu trend tema  pada hp Samsung dan perangkat lainya ,mode gelap juga di nilai sangat minim penggunan daya.

Minim cahaya,secara menyeluruh dengan efek gelap ini menjadi alasannya. Kecerahan dan pemakaian daya yang sedikit memungkinkan konsumsi daya nya lebih rendah.

Antar muka yang menjadi dominan gelap selain irit baterai juga menjadikan mata pengguna nya nyaman.

Tetapi di sisi lain sayangnya masih ada beberapa aplikasi yang belum mendukung mode tersebut. Nah kecuali IG ,FB kini Instagram mode gelap sudah bisa di aktifkan pada semua perangkat.

10. Live Wallpaper.

Animasi bergerak yang di gunakan menjadi wallpaper memang selalu tampak menarik.

Saat ini sudah sangat banyak sekali Janis wallpaper aktif yang bisa di download secara gratis bawaan dari sebuah tema.

Tampilannya yang keren dan menarik sayangnya tidak seiring dengan program hemat baterai,pasalnya bisa anda cermati dan bandingkan masa pakainya di banding pakai wall pasif ketimbang aktif.

Tips agar daya lebih awet tidak di rekomendasikan penggunaan live wallpaper. Jadi untuk menemukannya anda bisa mengubah ke wall pasif.

11. Bantuan aplikasi penghemat baterai.

Cukup banyak jenis tools yang bisa membantu mengamankan konsumsi baterai agar menjadi irit.

Selain ini akan menjadikan perangkat lebih enteng,juga menekan penggunaan baterai. Iya,,jelas lebih hemat karena pemakaian yang di anggap tidak penting akan di matikan secara otomatis .

Jenis aplikasi penghemat baterai cukup beragam kok, jadi bisa di pilih sesuai selera untuk hp Samsung kamu.

Penggunanya dapat dengan mudah mengatur beberapa aplikasi atau widget agar baterai hp Samsung milik anda menjadi lebih irit.

12. Mengurangi widget.

Trik agar baterai hp Samsung awet tidak cepat habis salah satunya adalah dengan mengurangi jenis widget home page yang tidak di perlukan.

Banyak fitur widget keren sih,sepeti jam ,cuaca,atau lainya yang menguras stock daya.

Tetapi perlu diketahui bersama,hal tersebut dapat mengakibatkan perangkat mengalami banyak kebutuhan energi . Bekerja membantu mematikan aplikasi yang bekerja di belakang layar dan mengoptimalkan yang sedang digunakan saja.

13. Melakukan kalibrasi baterai hp secara berkala.


Komponen baterai semakin lama akan mengalami penurunan performanya. Ini merupakan hal wajar,terlebih jika sering cas menggunakan adaptor charger palsu .

Kualitasnya dan daya tampung melemah ,kapasitasnya menyusut jadikan smartphone Samsung anda menjadi cepat ngedrop.

Jika baterai belum rusak ,atau secara fisik masih sempurna anda bisa coba melakukan kalibrasi .

Fungsinya secara umum akan mengembalikan performa baterai ke kondisi maksimal nya. Bisa di katakan semacam mereset ulang .

14. Mengganti Baterai 

Ini merupakan bagian terburuk dalam sejarah upaya menghemat baterai hp Samsung .

Pasalnya ,bukan malah mengiritkan nya malah mengganti . Namun hal tersebut berlaku hanya untuk baterai yang telah rusak saja.

Dan tidak ada solusi lain selain menggantinya. Ide memperbaiki baterai rusak menurut kami sedikit konyol,hal tersebut tidak di rekomendasikan mengingat berbahaya .

Selain itu juga harus menggunakan yang original ya,, baterai Samsung original.

Selain daya serta kapasitasnya sudah standar,faktor keamanan juga telah di sesuaikan kondisi tipe perangkat oleh pihak produsen.

Penutup
Itulah beberapa tips menghemat baterai hp Samsung  lebih irit dan tahan lama . Jika semua points di atas di lakukan pastinya akan daya tersimpan akan lebih awet tanpa harus bolak balik nge cas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel