. Cara menghemat baterai hp android agar tidak boros - IME Android -->

Cara menghemat baterai hp android agar tidak boros

Konten [Tampil]

Cara menghemat baterai hp - kesal rasanya jika memiliki smartphone baterainya boros. Dan pada ulasan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya agar baterai hp menjadi awet.

Artikel dibawah adalah membahas cara menghemat baterai hp Samsung ,Oppo,Xiaomi ,Oppo ,Vivo,Advan ,lenovo dan lainya. Selain itu pengguna juga diharapkan mengerti apa yang menyebabkan ,solusi untuk perangkat baterainya cepat habis.

Baterai merupakan menjadi komponen vital untuk kelangsungan maupun kehidupan perangkat . Tanpanya tidak bisa di nyalakan,tidak bisa beroperasi karena hanya di sanalah daya dapat tersimpan serta di distribusikan ke semua komponen untuk bisa bekerja.

Penyebab baterai cepat habis?

Banyak faktor yang mempengaruhinya, yakni konsumsi berlebih dengan kapasitas baterai yang tidak seimbang. Hal ini harus di perhatikan oleh pemiliknya , agar daya bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Selain itu tidak lepas dari kesehatan baterai,atau kondisinya yang masih bagus atau sudah rusak .

Artinya ,tidak serta Merta memvonis satu sisi begitu saja, mungkin artikel di bawah tidak semuanya menjadi faktor di perangkat Anda . Atau sebaliknya justru masih ada penyebab lain.

Seberapa cepat ngedrop?

Oke,istilah ngedrop pasti sudah tidak asing lagi yakni daya yang terlalu cepat habis,atau secara tiba tiba. Intensitas dan durasi masa pakai adalah acuan nya yang bisa menjadi tolak ukur ,..

Jika terdapat komponen yang rusak , biasanya ciri ciri terdapat kerusakan komponen di tandai dengan baterai cepat habis dalam waktu singkat ( Tiba tiba kosong) ,sebaliknya ketika di cas cepat penuh.

.. faktor lainya  yang berkaitan dengan hardware seperti IC charger, adaptor charger sudah lemah dll.

Terlepas dari beberapa kondisi tidak normal di atas, mari kita bahas dengan baterai normal namun boros.

Baterai dan kapasitas memiliki peranan penting terkait dengan masa pakai atau life time. Dengan hadirnya spesifikasi hp hingga 5000mAh seharusnya ini cukup untuk pemakaian selama seharian.

Jika cepat habis ,pasti ada yang salah dari pemakaian maupun kondisi ponsel.

Kapasitasnya (mAh) biasanya akan menghasilkan masa pakai (Talk time). Disni kita tidak perlu repot mengukur dan menganalisanya . Tentu sebagai pengguna akan sadar pada saat baterai boros .

Cara menghemat baterai hp agar tidak cepat habis.

Cara menghemat baterai hp android yang cepat habis
Ada beberapa tips dan trik mengiritnya,ini berlaku untuk semua merek perangkat. Menjadikan daya pada ponselnya menjadi lebih awet untuk seharian.

Oke,agar tidak siap siap pastikan anda sudah mengetahui kesehatan baterai. Dalam kondisi normal,tidak melembung atau bocor.

Bagaimana caranya agar batre awet?

Secara sederhana untuk menghematnya agar awet adalah dengan menganalisa,memperbaiki dan menerapkan. Menganalisa semua hal yang membutuhkan konsumsi daya besar,menerapkan konsep penggunaan yang wajar dan memperbaiki kerusakan jika ada yang bermasalah dengan Hardwarenya.

Sederhana bukan,? Yap,pada dasarnya memang seperti itu,intinya adalah konsumsi daya,disebabkan oleh ,dan mengatasinya

1. Internet dan Aplikasi.

Upaya menghemat agar tidak cepat habis yang pertama adalah mengerucut terhadap internet. Koneksi internet disebut sebagai hubungan antara client dan server dengan kebutuhan daya cukup tinggi.

Ini serius,mari sedikit flash back ketika zaman telpon seluler yang tidak membutuhkan koneksi internet. Hanya berbekal 150 - 300mAh saja ponsel sudah bisa aktif selama seharian.

Seperti Nokia,Samsung jadul ,Motorola ,atau merek lainya yang notabene belum menyandang sebagai ponsel pintar kala itu.

Bisa sampai 1 Minggu loh,saking iritnya jarang nge cash.

Evolusinya berlanjut ke hp semboyan,Dari sinilah mulai dengan hadirnya berbagai aplikasi dan terhubung dengan internet . Dan dari sini pula baterai hp kapasitasnya sudah mulai besar .

Apa yang terjadi, praktis konsumsi daya juga relatif besar karena beban nya dan kebutuhannya besar pula.

Nah berkaitan dengan teknik mengirit baterai hp yang pertama adalah dengan memperhatikan 2 hal tersebut (Internet dan Aplikasi).

Apa yang harus dilakukan,..

Oke,mulai dari aplikasi yang dapat menyebabkan baterai cepat habis.

Aplikasi dan pemakaian daya.


Banyaknya aplikasi yang terinstall di hp android memang membuat penggunanya terkesan keren . Iya.. bayangkan saja,saat ini sistem operasi Android maupun iOS Menjadi sangat populer di kalangan ponsel pintar .

Banyak sekali jenis aplikasi yang bisa membantu penggunanya dalam melakukan banyak hal,mulai dari penunjang Hobi maupun alat mendukung pekerjaan .

Penggunanya bisa meng-install sesuka hati,tetapi di sisi lain ini menjadi masalah serius . Beban smartphone menjadi berat,semakin banyak aplikasi di install maka semakin besar daya yang butuhkan serta hp menjadi semakin lambat .

Yak.. analogi tersebut memang sangat tepat,faktanya aplikasi menjadi dua hal yang bertentangan. Disisi lain membantu serta di sisi lain menjadi beban.

Jawabannya adalah sederhana , bijak install dan memilih sesuai kebutuhan saja, ..

Jadi Cara agar batre nya lebih irit dan awet lakukan hal berikut .

Uninstall aplikasi yang tidak terpakai.

Secara kasat mata aplikasi yang tidak pernah digunakan adalah pasif,tidak merugikan apapun namun hal ini justru beban perangkat .
... Dan , jika mau baterai bisa awet,salah satunya adalah untuk menghapus aplikasi yang tidak di gunakan.

Memilih aplikasi sesuai kemampuan.

Kesalahan yang sering terjadi adalah meng-install apps tanpa memperhatikan spek smartphone. Anggap mentang mentang gratis, menjadi latah apapun di pasang tanpa peduli kemampuan perangkat.

Jadi.. ini tidak baik untuk kesehatan smartphone dan baterai anda,pastikan hanya install apps yang tergolong mampu di operasikan oleh hp anda.

Selain  bisa menyebabkan hp lemot juga bisa fatal overload menjadi bootloop loh, jangan paksakan install game berat ,grafis tinggi jika ponselmu spek rendah.

Apalagi yang harus di evaluasi ..

Membatasi aplikasi sosial media, atau yang membutuhkan selalu terhubung secara terus menerus pada internet.

Tidak memasang widget berlebihan.

Selain aplikasi unduhan dari google play juga widget ikut serta menyerap daya cukup banyak,terlebih widget yang konek internet seperti  perkiraan cuaca, kurs dolar atau jam internasional.

Tidak menggunakan live wallpaper.

Wallpaper yang bergerak memang terlihat lebih menarik,tetapi justru itu berlawanan dengan mengirit baterai.

Penggunaan dayanya relatif besar sehingga tidak sarankan menggunakan aplikasi tema yang mengandung gambar bergerak.

Mematikan GPS.

Cara agar baterai hp menjadi hemat dan irit

Merupakan salah satu fitur yang hampir di miliki oleh smartphone,cara kerjanya sederhana yakni koordinat ponsel akan terdeteksi oleh dengan mengirim sinyal ke satelit .

Ini juga menghabiskan banyak energi , sehingga jika memungkinkan dan sudah tidak di gunakan sebaiknya dimatikan .

Menonaktifkan Hostpot Atau WiFi.


Tanpa kita sadari penggunaan ponsel dalam kondisi WiFi menyala / hotspot akan menguras energi . Sering terhubung dengan WiFi publik terkadang membuat pengguna lupa untuk menonaktifkan.

Aktifkan mode terbang.


Dari semua rentetan permasalahan yang bisa menimbulkan kehabisan daya,sebenarnya akar permasalahanya adalah koneksi internet / sinyal.

Jadi,untuk kamu yang benar benar sedang dalam kondisi darurat dan mengharuskan untuk menghemat daya langkah mengaktifkan mode terbang akan sangat membantu.

Tetapi kelemahannya adalah perangkat tidak bisa di hubungi baik melalui panggilan telpon,SMS,atau messenger lainya.

Meskipun cukup signifikan,harus dipertimbangkan kembali terkait dengan hal lain menyangkut komunikasi .

Gunakan aplikasi penghemat baterai.

Berikutnya menggunakan alat bantu aplikasi penghemat baterai. Cara kerjanya adalah membantu mengatur penggunaan baterai . Menutup aplikasi berjalan di belakang yang menyerap daya dan mengoptimalkan ke sisi pemakaian utama.

Itulah beberapa Penyebab baterai cepat habis di timbulkan oleh konsumsi daya yang besar.

Kapasitas baterai dan konsumsi yang tidak seimbang / berlebih akan mengakibatkan pengunaan ponsel sering nge charge.

Update software.

Jangan abaikan memperbaharui software,ini bisa menimbulkan masalah kuras energi karena bugs.

Dengan mengupdate,biasanya versi terbaru nya telah di lengkapi dengan perbaikan masalah yang terjadi. Hal lain disebabkan oleh versi yang tidak update biasanya cepat panas,lemot serta lainya .

Tidak ada jaminan persis bagaimana ini bugs menguras baterai,tetapi ini di nilai turut menyumbang nya.

2. Hardware .

Penyebab lain dari aplikasi dan internet adalah sektor hardware. Kesehatan baterai seringkali terabaikan diantara yang lainya ,padahal tanpanya ponsel yang kita miliki tidak bisa bekerja sama sekali.

Apa saja komponen hardware yang mempengaruhi baterai dan pengisian nya?

Peranan komponen pada handphone cukup beragam ,semuanya bersinergi membentuk suatu fungsi. Jadi apabila salah satunya sudah ada yang tidak optimal / tidak berfungsi maka akan berpengaruh terhadap lainya.

Sebut saja komponen perangkat keras baterai,sangat penting.

Baterai 

Banyak jenis dan tipe nya, secara fungsi sih sama saja yakni media tampung daya. Selain kapasitasnya sudah di tentukan oleh produsen berdasarkan tipe dan model ponsel nya.

Terkadang mengira baterai boros,atau hal lain yang tanpa sadar justru hal tersebut adalah sebab akibat dari kerusakan.

Sel baterai melemah karena usia memungkinkan sudah tidak lagi awet. Untuk itu,setelah memastikan hal diatas yang berkaitan dengan aplikasi dan internet ,jika masih boros maka perlu juga di cek kondisi baterainya .

Langkah sederhana yang bisa di lakukan adalah..

  • Mengecek kesehatan baterai,ini simple kamu bisa menggunakan aplikasi yang mampu menganalisa kesehatannya . sebut saja seperti CPU Z,secara gratis bisa di unduh via playstore.
  • Mengkalibrasi ulang, yakni memulihkan fungsi agar kembali seperti semula.
  • Mengganti ,jika sudah rusak tidak ada pilihan lain menggantinya dengan produk original agar lebih aman.

Charger 

Perannya tidak terlalu dominan menentukan baterai boros atau tidak ,namun hal ini tidak menutup kemungkinan .

Kualitas adaptor cas tidak dapat di abaikan,pastikan anda gunakan produk original.

Komponen lain.

Apabila semuanya sudah terkondisikan ,namun masih boros / cepat habis maka bisa di konsultasi kan ke teknisi ponsel terdekat. Mungkin harus mengecek komponen dalam seperti dioda,IC dll.

Itulah beberapa penyebab baterai hp boros yang bisa anda tekan untuk menghemat nya. Cara menghemat baterai hp diatas apabila dilakukan dan tidak ada kerusakan komponen ,maka sudah dapat di pastikan menjadi lebih awet masa pakainya

Penutup
Sekian ulasan yang bisa kami sampaikan,semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel